mod_throttle : salah satu solusi detik / slashdot effect

Kemarin, sewaktu saya sedang dalam perjalanan ke seminar Fasilkom UI, tiba-tiba ban mobil saya kempes. Kelihatannya kena paku.
“Ah gak masalah”, pikir saya; ganti ban saja sendiri, hitung-hitung sambil olah raga.

Ternyata, dongkrak mobil bermasalah, alamak. (siapa sangka? “test your backup!” 🙂 )
Akhirnya, terpaksa minta tolong pada tukang tambal ban di dekat lokasi.

Jadi, kita tidak pernah akan tahu kapan akan terjadinya masalah. Karena itu, pepatah “sedia payung sebelum hujan” selalu relevan.

Baru-baru ini situs priyadi.net diserbu para pengunjung detik.com, berkaitan dengan topik Natasha (blogger yang, katanya, telah wafat). Karena ada sedikit glitch di situs tersebut (ada sebuah script yang lambat performanya), maka server menjadi overload. Maka situs priyadi.net sempat terpaksa ditutup selama beberapa waktu, sementara masalahnya dicari tahu.

Hal ini sering dialami oleh berbagai situs; mendadak mendapat serbuan pengunjung. Banyak juga yang menjadi overload.
Karena kita tidak tahu kapan ini akan terjadi, mungkin sebaiknya kita siapkan pencegahannya sejak sekarang.

Jika server Anda menggunakan Apache, maka salah satu solusi yang mudah digunakan adalah [ mod_throttle ]

Selamat mencoba.

11 thoughts on “mod_throttle : salah satu solusi detik / slashdot effect

  1. hmhmh jadi inget website jualtuyulku yang akhirnya aku drop aja…
    pernah suatu waktu..tiba-tiba trafficknya naik cepet banget…setelah aku cari tahu ternyata
    website jualtuyulku masuk di tabolid tentang dunia alam ghaib dan misteri….hahahaha…
    dan dibahas di suatu portal website….

  2. dalam kasus saya mod_throttle gak akan membantu. gara2 berita detik, ada satu posting yang komentarnya ratusan yang diakses banyak orang. untuk satu komentar, ada satu query sql yang gak pakai index. hasilnya load server jadi tinggi sekali. setelah 200 komentar, walaupun cuma satu orang yang akses halaman itu, load akan tetap meroket. karena itu, mod_throttle gak akan banyak membantu untuk kasus ini.

  3. mod_gzip juga cukup membantu, ketika kami mengalami Slashdot Effect pada salah satu situs yang populer mendadak setelah disinggung pada salah satu acara televisi.

  4. kalau kata gue sih, detik.com tuh gada kerjaan banget deh, hal yg seperti itu dibahas.
    I mean, gue juga termasuk orang yg agak menyangsikan kesahihan *halah istilah gue* kisah itu, tapi kayaknya ga penting juga ya sampe dijadikan “misteri” di detik.com

    udah gitu analisisnya tu amatiran banget deh. Seperti soal login, masalah last login.. it could be anyone. Bisa aja toh dia share password? dan soal website-nya terdaftar atas nama orang lain? itu juga too cheesy dijadikan misteri. Kayak web gue deh, kalo dicari2 terdaftar atas nama sapa.. pasti atas nama orang lain, secara gue dapet hostingan gratisan gitu yaaa
    huehue

    *sebuah komen yg tidak substansial dengan isi postingan :D*

    niwei, soal overload.. makanya gedein bandwidth *nyambung ga?* 😀

  5. #2 – “walaupun cuma satu orang yang akses halaman itu, load akan tetap meroket”; tapi servernya masih tetap bisa melayani pengunjung mungkin? karena kalau efeknya separah itu, tentu ini sudah ketahuan sama elo dari dulu-dulu (seingat gua juga ada beberapa posting elo yang cukup populer – roy? ahira?)

    detik.com memang setahu gua bisa mengirim sekitar 10000 user dalam waktu beberapa jam saja. jadi, masalahnya baru kelihatan setelah kena detik effect.

    supaya pasti, bagaimana kalau kita coba sekali lagi 🙂 bikin posting yang agak kontraversial lagi gih, misalnya; apakah roy suryo itu benar-benar ada ? (hi roy)

    #3 – mod_gzip sangat membantu untuk soal penghematan bandwidth, tapi bagaimana dampaknya ke load / beban kerja server ? apakah dampaknya minimal, atau bisa cukup signifikan per user ?

    #4 – yah namanya juga gosip, seru dan banyak yang suka, he he. jadi laris kan dagangannya detik (baca: iklan) 🙂

  6. eeehh…
    ada juga satu postingan gue yg dapet Hit terbanyak, tentang ahmadiyah. Ampe sekarang masih banyak yg komen, padahal udah lama banget, dan gue udah psoting entah berapa kali soal hal lain, masih ajaa gitu nambah komen. Atau walaupun komen ga terlalu banyak, tapi jumlah yg view-nya lebih buanyak lg loh. Tapi ga ampe overload juga sih.
    Thanks to bapak kost gue di http://jurnal.snydez.com yg memberikan bandwth gede
    *eh, beneran ga sih nyambungnya ke bandwith*

  7. Sok tau lu Sufehmi :P. Priyadi tuh langsung bilang mod throttle ga bakal bantu. 1 orang pun tetap lambat.
    Gimana ban mobilnya? Beres?

    Udah jelas tuh postingan dengan 200 komentar yg bikin lambat. Tanpa IP Country plugin bermasalah itupun tetap lambat.
    Lagian ga masuk akal juga sih, bikin plugin yang ada database query buat setiap komentar. Ancur lah.
    Ini contoh sesuatu yg nggak scalable.

  8. #5: mod_gzip (bisa, IIRC) memakai caching, sehingga relatif tidak meningkatkan load untuk akses ke isi statik. Barangkali kita perlu punya “slashdot effect handling” switch, yang langsung mematikan (sementara) berbagai fasilitas dinamik, misalnya komentar.

  9. #8 wah, gak asik dong klo gk ada komentar 🙁

    klo iptocountrynya pake caching gimana? di hook di setiap post, query all lalu di cache dgn metode:
    1. di-serialize ke disk dg trade off load IO, siapa tau load IO lebih bisa ditolerir atau malah udah di-cache sama PHP di memory 😉
    2. di-insertkan ke halaman sebagai kode (array)javascript dgn tradeoff gk akan available buat yg browser yang tdk mendukung javascript

    *usul ngasal*

  10. Blu Ray Disc Copy is a professional and practical software which supports Blu ray movies copying as well as DVD copying. You can use this Blu Ray Disc Copy software to copy Bluray disc, Bluray folder, or Blueray ISO file without any quality loss. All the contents can be copied to the target file/disc quickly and perfectly. Blu Ray Disc Copy supports all Blu ray and DVD discs and it can remove AASC, CSS, and region protection from them. So that enjoying your Blu ray discs and DVDs freely and conveniently is no longer a problem for you.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *