Pengenalan Virtualisasi

Dalam dunia IT ada 2 teknologi yang dapat meningkatkan manfaat IT dan menurunkan biayanya secara signifikan, yaitu centralized computing dan virtualisasi.

Centralized computing sudah banyak saya bahas di berbagai artikel saya, Anda bisa search keyword “LTSP” dan akan mendapatkan berbagai penjelasan serta panduan implementasinya.

Mengenai virtualisasi akan saya bahas di posting ini secara ringkas.

Virtualisasi adalah metode untuk membuat sesuatu menjadi lepas dari ketergantungan secara fisik. Contoh; virtual machine adalah komputer, yang sebetulnya hanya berupa sebuah file di hard disk kita. Dengan virtualisasi, maka sebuah komputer (fisik) bisa menjalankan banyak komputer virtual sekaligus pada saat yang bersamaan.

Berbagai kelebihan virtualisasi :

  1. Penghematan biaya : di sebuah komputer server saya pernah menjalankan 4 buah virtual machine sekaligus.
    1 buah menjalankan OS Windows sebagai database server Oracle, satu buah menjalankan OS Solaris 8, satu buah menjalankan OS Suse Linux Enterprise, dan satu lagi OS Windows 2000 server. Sehingga, alih-alih membeli 4 buah server fisik, saya cukup membeli 1 buah saja.
    Juga, VMware server kini juga sudah bisa diakses secara remote. Maka, kita tidak perlu lagi membeli monitor/keyboard/mouse untuk setiap server – server bisa headless, dan kita akses secara remote saja.
  2. Murah : VMware Server kini sudah disediakan cuma-cuma, tanpa biaya. Demikian juga dengan berbagai solusi virtualisasi lainnya; VirtualPC, QEMU, Xen, dan lain-lainnya.
  3. Kemudahan maintenance : Biasanya, untuk maintenance sebuah server, kita perlu berada di lokasi server, dan ada monitor/keyboard/mouse untuk setiap server. Kini VMware server sudah bisa diakses secara remote. Maka, kini dari komputer kita sendiri, kita bisa mengakses puluhan server sekaligus yang berada di belahan dunia yang lain sekalipun pada saat yang bersamaan.
  4. Reliabilitas : Makin banyak server fisik berarti semakin besar kemungkinan terjadi kerusakan. Jika jumlah server fisik dikurangi, maka infrastruktur kita akan menjadi lebih reliable.
  5. Kemudahan backup : Biasanya kita tidak bisa membackup sebuah server secara utuh, karena jika suatu saat backup tersebut di restore di komputer yang berbeda hardwarenya, maka Windows biasanya akan gagal booting. Sialnya, backup per layanan (database, fileserver, dst), membuat proses backup menjadi lebih rumit, dan proses restorenya juga lebih memakan waktu.

    Kontra dengan virtual machine, dimana semua konfigurasinya sama. Contoh; semua virtual machine di VMware akan selalu mendapatkan card VGA VMware, network card PCnet, dst.
    Karena itu, backupnya jadi sangat mudah. Cukup copy virtual machine tersebut (biasanya berupa beberapa file) ke tempat backup.
    Proses restorenya yang lebih mengagumkan lagi – menjadi sangat mudah dan cepat. Cukup install VMware di komputer yang lain, dan copy virtual machine tersebut ke komputer tersebut – presto, semua kembali berjalan normal.

Demikianlah berbagai kelebihan virtualisasi. Seperti yang dapat Anda lihat, kelebihannya sangat banyak dan signifikan.

Teknolgi yang dulunya hanya tersedia di komputer mainframe (server kelas atas) kini sudah tersedia bagi kita semua, tanpa biaya pula. Jangan sampai luput untuk memanfaatkannya demi keuntungan Anda pribadi.

95 thoughts on “Pengenalan Virtualisasi

  1. Virtualisasi secara fisik masih dapat memberikan solusi murah dan bahkan dapat dikatakan mengurangi tempat dimana satu mesin dapat digunakan untuk beberapa OS.

    Sisi lain dari yang perlu diperhatikan adalah masalah keamanan, dimana virtualisasi malah memberikan single-point-of-failure, apalagi jika kita dapat men-sniff paket yang masuk/keluar dan malah ketahuan bahwa beberapa OS yang dijalankan ternyata ‘hanya’ ditempatkan pada satu titik.

    Bagaimana juga dengan masalah ‘Race condition’ dan ‘Locking’?

    Untuk testing atau pre-production hal ini masih bisa dilakukan, bahkan kalau tidak salah, salah satu produk virtualisasi bisa ‘dipindahkan’ begitu saja sehingga apa yang sudah terjadi pada pre-production bisa langsung di-copy ke mesin produksi.

  2. Ada berbagai jenis virtualisasi :
    Kerangkeng virtual demi keamanan
    http://wiryana.pandu.org/?id=54

    Strategi virtualisasi yang tepat, dengan load balancer dan fail over malah bisa menghindarkan single-point-of-failure.

    Load balancer, murah meriah dengan Open Source
    http://wiryana.pandu.org/?id=56

    Dengan virtualisasi kita bisa dengan mudah melakukan live migration. Jadi mesin develop langsung disnapshot dan dipindahkan jadi mesin live bila perlu.

  3. 1. mengumpulkan banyak mesin vrtual dalam satu mesin real = Single Point of Failure?

    2. Virtualisasi belum bisa memberikan kinerja desktop yg bagus

  4. apa yang terjadi kalo vmware dikawinkan dengan ltsp @ ubuntu di mesin minimum spek p3 866 ram 512?
    apa bisa jalan? ltsp tapi tampilannya w2k server atau w2k3 server? jika klien 5 unit?

  5. dedhi :
    1. ya, karena itu backup policy nya harus bagus.
    2. betul, karena itu lebih banyak bermanfaat untuk scope server / riset.

    jimmy – bisa sih bisa, tapi apakah performanya akan bagus, silahkan anda coba sendiri 🙂

  6. Pingback: Catatan » VMWare
  7. Mengenai masalah performa desktop – jangan akses desktop VM dari console. Tapi, akses secara remote saja.
    Contoh; dengan menggunakan Remote Desktop, Remote Administrator, dll. Performanya menjadi JAUH lebih menyenangkan.

  8. mo ikutan sharing, kalo kita update kernel, maka vmware servernya ngga jalan karena librarynya harus pake linux-header kernel yang baru. jadi harus instal ulang vmware server dan MUI nya (Managemen User Interface) untuk konfigurasi via web.

    jadi, untuk temen2 yang pake vmware harus pertimbangkan masalah (baca: kerepotan download kernel dan linux header) yang akan timbul kalo kernel os nya di upgrade.

    berita baiknya ngga ada masalah dengan file2 di OS guest (vmware_machine) kalo vmware servernya error.

  9. mas , konsep virtual mesin, cara kerja dan aflikasi vitual mesin. tolong mintak penjelasannya. kirim ke email saya ……

  10. Blu-ray Burner software which can help you burn videos to Blu-ray Disc (BD),is a powerful and best video Blu-ray DVD burner and Blue-ray burner tool.It can also enable you to burn all these videos to Blu-ray disc and create your own Blu-ray movie.

  11. VOB Converter for Mac os x is really a great software which can help you convert vob files on Mac to various video formats such as mp4, avi, mov, mpeg-4 etc. It is an all-in-one mac vob converter that can both convert vob video files on your hard drive and convert vob files on dvd disc.

  12. saya ingin tanya nih,
    Saya sudah sering menggunakan vmware server. Yang jadi pertanyaan, apakah vmware server dapat menggunakan lebih dari 1 NIC. Kan biasanya di vmware hanya ada ifcfg-eth0 saja kan? Nah sekarang apakah bisa ditambahkan menjadi ifcfg-eth1 sehingga ada 2 ethernet di VMware? Kalau bisa apakah di komputer hostnya juga harus mempunyai 2 NIC? Lalu gimana caranya agar bisa mensetting agar vmware dapat menyediakan 2 NIC (ifcfg-eth0 dan ifcfg-eth1)

    Terima kasih atas jawabannya

  13. The ringtone maker for 3g iphone on mac can customarize ringtone when it is making ringtone for 3g iphone. That is to say, because of its clipping funcion, you can edit or crop the audio according to your will.

  14. This is a great inspiring article.I am pretty much pleased with your good work.You put really very helpful information. Keep it up. Keep blogging. Looking to reading your next post.

  15. FLV Joiner is a fast and easy-to-use FLV Video Joiner software. This online Flash FLV Joiner can join and convert FLV, SWF and any other videos to almost any other video or audio formats with super high conversion speed and excellent output quality, such as: convert FLV to WMV, convert FLV to MPEG, convert FLV to MP4, convert FLV to AVI, convert FLV to MP3, convert Youtube to iPod and so on.

    More Information: http://www.flipvideoconverter.org/

  16. Blu Ray Disc Copy is a professional and practical software which supports Blu ray movies copying as well as DVD copying. You can use this Blu Ray Disc Copy software to copy Bluray disc, Bluray folder, or Blueray ISO file without any quality loss. All the contents can be copied to the target file/disc quickly and perfectly. Blu Ray Disc Copy supports all Blu ray and DVD discs and it can remove AASC, CSS, and region protection from them. So that enjoying your Blu ray discs and DVDs freely and conveniently is no longer a problem for you.

  17. I know that computer is a necessary for most of people. People can’t work without computer. With the development of tech. More high speed computer was develped and people can improve the work easily. Happy every body.

  18. Actually have a very nice blog, I wish I could see everything you have all the time, I’m really entertained by your comments, and best wishes for your blog

  19. You have done a great job by sharing this informative post. I would like to appreciate your good work and also would like to encourage you to keep it up.

  20. I was very pleased to seek out this net-site.I needed to thanks on your time for this glorious read!! I definitely enjoying each little little bit of it and I’ve you bookmarked to take a look at new stuff you weblog post.

  21. btw, dari beberapa temen yang pernah nyoba VMware ada keluhan seperti mbikin laptop mereka jadi hang, blue screen dsb, apakah karena masalah pembagian resource RAM atau gimana? ada tips n trik buat mengatasi gangguan hardware akibat pemakaian VMwarenya n_n

  22. mas , konsep virtual mesin, cara kerja dan aflikasi vitual mesin. tolong mintak penjelasannya. kirim ke email saya ……

  23. Usually i will start boring when i have to read something. But here in your awesome site I do not have boring at all. I really enjoy reading your post, really informative and light writing style. Great job pal!! Keep it up pal… ^_^

    Cool Hairstyles
    Hairstyles with bangs

  24. btw, dari beberapa temen yang pernah nyoba VMware ada keluhan seperti mbikin laptop mereka jadi hang, blue screen dsb, apakah karena masalah pembagian resource RAM atau gimana?

  25. Gostei bastante deste site! As informações são bastantes uteis para nós. Importante compartilhar esse tipo de conteúdo.
    Congratulation!

  26. I just couldn’t depart your web site before suggesting that I actually enjoyed the standard information a person provide for your visitors? Is going to be back often in order to check up on new posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *