Warga Indonesia kini lebih mudah mendapat Green Card

Kabar gembira dari milis indo-svjobs@yahoogroups.com, kini WNI lebih mudah untuk mendapatkan Green Card.

Detail selengkapnya :

Ini ada update dari usgov http://www.murthy.com/visadate.html mengenai kemajuan retrogression EB3 untuk Indonesia , penting untuk temen2 yang mo datang tahun depan:

Employment -Based Preference
All Chargeability Areas Except Those Listed China (Mainland Born) India Mexico Philippines
1st C C C C C
2nd C 01 JAN 06 01 APR 04 C C
3rd 01 JUN 05

Cutoff EB3 untuk non-India/China (Indonesia) maju 3 tahun dalam 2 bulan terakhir…..artinya apa ?

artinya supply visa yang dialokasikan untuk engineer non-india/cina oleh US Gov ternyata lebih banyak dari demand ! kalau begini caranya mungkin 6 bulan lagi EB3 priority date bakal current. Dan kalau current, berarti engineer dari Indonesia CUMAN BUTUH WAKTU 6 BULAN – 12 BULAN SAJA dari pertma kali filing PERM case sampai dapatkan AoS atau GCnya.

Buat kita yang tahu arti peraturan dan dapat menginterpretasi update berita seperti ini, ini kabar yang sangat menggembirakan, apalagi ditambah data dimana banyak job hiring hitech di SV dalam 3 tahun terakhir ini.

Kalau kita bisa mencerna semua valid data points yang tersedia, mungkin kita jadi bingung kenapa gak semua engineer Indonesia (yang qualified) pindah tumplek ke Silicon Valley.

Carlos

3 thoughts on “Warga Indonesia kini lebih mudah mendapat Green Card

  1. Berita bagus atau buruk (bagi kemajuan Indonesia) ya? 🙂

  2. Kalau visa baru jenis “Z” di sahkan Congress (mungkin sekitar Juli 2007 atau sesudahnya), akan ada 400,000 visa baru yang masa lakunya 2 tahun (renewable). Meskipun visa ini tadinya di arahkan untuk imigran gelap asal Mexico (12 juta orang approx), fokusnya adalah untuk “skills-based migrant”. Sekarang debat masih berlangsung antara Republican dan Democrat mengenai lingkup visa Z yang baru ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *