IGOS Center @ Be Mall, Bandung

Kembali dari acara kopdar dengan kawan-kawan ubuntu-id di Blok M Plaza, saya menemukan ada banyak kabar gembira di Inbox saya. Antara lain adalah diresmikannya IGOS Center di Bandung, tepatnya di Be Mall, lokasi acara pameran Bandung Comtech s/d tanggal 18 November ini.
Detailnya terlampir di posting ini.

Ada beberapa komentar miring seputar IGOS Center ini. Tapi dari pengalaman saya, produk v1.0 pasti biasa ada saja kekurangannya.
Lalu saya cek dengan kawan yang tahu sedikit banyak ceritanya di balik layar, saya mendapat gambaran rencana kerja mereka s/d tahun 2008 saja, dan sudah sangat mengesankan.
Ada banyak kegiatan yang bisa menjadi pendobrak perkembangan open source di Indonesia.

Jadi dengan ini, saya ucapkan selamat kepada rekan-rekan di IGOS Center Bandung. Semoga ini menjadi awalan yang baik bagi kita semua.

RESS RELEASE
Pembukaan IGOS CENTER Bandung
Be-Mall Plaza, Rabu, 14 Nopember 2007, jam 11.00

Deklarasi Penggunaan & Pengembangan IGOS telah dilakukan pada tanggal 30 Juni 2004 dan mendapatkan dukungan dari lima (5) kementrian yaitu Menteri Riset dan Teknologi, Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Kehakiman dan HAM, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Menteri Pendidikan Nasional. Kebijakan program Indonesia Go Open Source (IGOS) bertujuan meningkatkan akselerasi pendayagunaan Open Source Software (OSS) dan memperkuat upaya infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Untuk itu komunitas TIK khususnya pengguna dan pengembang OSS beserta, pemerintah, kaum profesional dan pelaku bisnis mendirikan pusat kegiatan yang berhubungan dengan OSS di kota Bandung dengan nama : IGOS Center Bandung.

Dengan Visi : Menjadi penyedia secara “One Stop Service” untuk produk dan jasa yang berbasis teknologi “Open Source Software” (OSS). Dengan target untuk perbaikan daya saing bangsa secara Sistemik dengan memanfaatkan pendekatan OPEN INNOVATION (OI).

Adapun Misi IGOS Center Bandung adalah :
– Membantu pelanggan mencapai tujuannya (personal & bisnis) dengan menyediakan solusi berbasis teknologi OSS yang dapat meningkatkan produktifitas, efektifitas, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas.
– Mendorong terselenggaranya perilaku bisnis yang etis dan profesional secara sistemik di perusahaan & pemerintahan.
– Membangun kemampuan inovasi teknologi OSS yang berkelanjutan yang dapat memperbaiki daya saing nasional.
– Berpartisisipasi mewujudkan tujuan komunitas global yang tertuang dalam Millenium Development Goal.

IGOS Center Bandung, dikelola oleh Yayasan yang bergerak dalam bidang “Open Innovation” yang kegiatannya pada saat ini fokus dalam hal Penyediaan Produk & Jasa berbasis teknologi “Open Source Software” (OSS). Inisiatif IGOS Center Bandung bermula dari program Kantor Menteri Negara Riset & Teknologi, yang dimotori oleh kerjasama : Institut Teknologi Bandung [Eko Mursito Budi dkk], ZamrudTechnology [Hemat Dwi Nuryanto dkk], Penajati [Sofwandi Noor dkk], dan Klub Linux Bandung [Wisnu Manupraba dkk]. Sementara itu Showroom IGOS Center Bandung terwujud karena dukungan Be-Mall & Majalah BISKOM [Soegiharto Santoso-Pak Hoky dkk].
Semua pihak diatas bertekad menjadikan IGOS Center Bandung sekaligus sebagai inkubator bisnis yang meliputi business center, representative office, showroom, dan tempat koordinasi dan kegiatan komunitas. Juga layanan support seputar teknologi OSS bagi masyarakat luas, perusahaan swasta dan lembaga pemerintah. Tekad diatas juga sejalan dengan hasil survei yang dilakukan oleh BCG (Boston Consulting Group) yang menunjukkan bahwa motivasi utama mayoritas pengembang OSS adalah karena alasan tantangan intelektual. Source code yang terbuka menjadi tantangan tersendiri untuk meningkatkan kemampuan intelektual dan menciptakan nilai tambah terus menerus. Dari aspek psiko-demografis hasil survei BCG juga telah memperlihatkan bahwa usia pengembang OSS berada di produktivitas prima, yakni di kisaran usia 22-37 tahun. Aspek tersebut akan mendorong generasi muda khususnya di Bandung memiliki keunggulan inovasi OSS sebagai solusi bangsa. Upaya Ristek tersebut akan diperkuat dengan Inisiatif Depkominfo dengan pendirian Inkubator Inovasi Telematika Bandung (I2TB) di tempat yang sama [Be-Mall, Bandung] dan akan secara resmi di buka pada Akhir Tahun 2007 / Awal Tahun 2008.

Satu-satunya dewa penyelamat untuk menerobos berbagai persoalan pelik di daerah dengan kondisi suber daya yang serba terbatas adalah melalui langkah inovasi disegala lini. Pentingnya meningkatkan kapasitas inovasi daerah untuk menerobos stagnasi dan memotong durasi. Peningkatan kapasitas itu dengan memperbaiki Ekosistem OSS yang sesuai dengan kaidah best practice Open Innovation (OI). Sehingga berbagai pihak yang kesulitan berbisnis dengan OSS bisa diatasi. Begitu juga tentang bentuk model bisnis OSS hingga seluk beluk source code bisa diselesaikan secara win-win solutions. Pada Prinsipnya gelombang OI, seperti yang digambarkan dalam buku best seller karya Henry Chesbrough, yang berjudul Open Business Models, How to Thrive in the New Innovation Landscape. Model tersebut pada prinsipnya terdiri atas 5 jenis, yakni pertama; Model Distributing Open and Free OSS or Low Cost Hardware dengan contoh Distro Linux [IGOS Nusantara, Ubuntu, Unbreakable Linux, dll], DBMS [MySQL, PostGreSQL, dll], Standard eGovernment Portal, eBusiness Portal dll. Kedua, Model Selling : service, customization, installation, support , dll. Ketiga, Model Versioning atau menyediakan service untuk Entry Version yang sifatnya OSS dan Advanced Version yang non OSS, Keempat, Model Integrating [Service mengintegrasikan OSS dengan Legacy System], dan Kelima Model Complementing [menyediakan pelengkap bagi produk OSS yang mungkin saja sifatnya non OSS].

Perlu dicatat bahwa komunitas IGOS Center Bandung telah menghasilkan berbagai produk aplikasi yang mampu menjadi solusi persoalan bangsa terkini. Salah satu produk yang akan diperagakan dalam acara pembukaan IGOS Center Bandung adalah aplikasi e-Demokrasi yang mampu menyelesaikan persoalan proses dan tahapan Pemilu dan Pilkada secara murah, efektif, dan aman. Apliaksi e-Demokrasi juga disertai dengan produk the Next Generation Counting & Voting system yang merupakan perangkat e-voting generasi terakhir. Produk tersebut berpeluang diujicobakan pada TPS khusus atau TPS luar negeri pada pemilu 2009 atau pilkada 2008. Produk itu mencakup PC voting, i-voting, dan m-voting. Riset dan pengembangannya aplikasi tersebut didukung penuh oleh Kementerian Negara Riset dan Teknologi dan Zamrud Technology. Sudah saatnya KPU, Pemerintah dan DPR bersungguh-sungguh melakukan efisiensi biaya Pemilu 2009 dengan menggunakan trobosan teknologi informasi yang berbasis OSS.

Untuk menggelorakan dan mensosialisasikan eksistensi IGOS Center Bandung kami mengundang rekan-rekan wartawan media cetak dan elektronik untuk menghadiri acara Pembukaan IGOS Center Bandung, pada hari Rabu 14 Nopember 2007 jam 11.00 akan dilakukan oleh Menristek Kusmayanto Kadiman, via Teleconference sedangkan pembukaan BandungComtech akan dilakukan oleh Menkominfo Muhammad Nuh, juga via Teleconference. Akhirnya kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya.
Salam IGOS & Gemakan Semangat Open Innovation

Bandung, 14 Nopember 2007
Direktur Eksekutif IGOS Center Bandung
Dr.Ir. Estiyanti Ekawati
HP : 08882119991 atau (022) 2041796
www.igoscenter.org

77 thoughts on “IGOS Center @ Be Mall, Bandung

  1. Hai

    Terima kasih atas dukungannya. Mohon doa restu semoga kegiatan ini berjalan lancar. Kami berharap bisa menjadi tempat ngumpul dan ngerumpi komunitas OSS yang masih tersebar di Bandung. Silakan mampir, kalau ada kegiatan yang mungkin kami fasilitasi, dengan senang hati kami membantu, minimal menyediakan tempat :).

    Salam, Esti

  2. Halo ibu Esti, akhirnya kita tadi bisa ketemu di lokasi, kebetulan tadi saya berbicara di seminar “Migrasi ke Linux” di Bandung Comtech 2007.
    .
    Terimakasih banyak untuk penawarannya, kebetulan komunitas ubuntu di bandung sedang bangkit, kita juga mendukung dari Jakarta. Mudah-mudahan kita bisa saling berkolaborasi.
    .
    Pada saat ini produk kami (komunitas ubuntu indonesia) adalah jasa development. BlankOn2 (yang baru dirilis) itu sebagian besar anggota timnya adalah dari komunitas ubuntu-id. Lalu sebelumnya juga ada perusahaan yang minta customized distro untuk keperluan internalnya, dan kami mengirim satu orang ke Yogya untuk proyek tsb.
    .
    Beberapa anggota tim kami juga punya spesialisasi di bidang pendidikan – migrasi sekolah, pesantren, dll.
    .
    Demikian sedikit penjelasan dari saya. Mudah-mudahan kita semua (pemerintah, akademisi, praktisi, komunitas, corporate) bisa saling bekerja sama dengan baik dengan difasilitasi oleh IGOS Center. Trims.

  3. Kebetulan pada hari minggu, 18 November 2007, saya menghadiri seminar “migrasi ke Linux” yang dibawakan oleh pak Harry.

    Kemudian, menjadi surprise bagi saya, akhirnya “menemukan” suatu tempat, diantara sekian banyak tempat di Bandung, yang mudah2an bisa mengurangi dahaga saya akan informasi tentang Linux. Dan bagi saya, “penemuan” ini semakin meyakinkan hati bahwa open source bukanlah menjadi “mahkluk yang menyeramkan” namun justru menjadi hal baru yang, mungkin, cukup menentramkan.

    Bravo IGOS Center Bandung, dan mudah2an akan tetap terbangun dengan kerendahan hati dalam menumbuhkan berbagi inovasi

    Regards,

  4. salam kenal…….

    buat temen2 yang butuh tempat untuk acara meeting/seminar/presentasi atau cuma sekedar kumpul n’ nongkrong, silahkan hubungi saya di: ratna_kirei112@yahoo.com atau di 022- 91618936. mudah2an bisa jadi ajang silaturahmi n bisnis.
    tempatnya dijamin cozy, murah n strategis….

    thank’s a lot……

  5. salam kenal…
    saya sangat setuju bgt kegiatan ini…
    Saya juga lagi ada penelitian tentang IGOS…
    Rencananya akan saya lakukan di ITENAS…
    saya akan lebih senang lagi jika ada yang bisa membantu saya dalam penelitian ini….

  6. Meskipun isi dari posting ini sangat luas dan diperluas, maka akan sangat membantu banyak pemirsa tertarik dan pembaca.

  7. VLC Converter is so far the most easy-to-use conversion program to convert vlc files with super speed and lossless quality. If you happenly want to convert vlc files, I strongly recommend you this powerful VLC converter.

    If you need a VLC to MP3 converter, I strongly recommend you this powerful VLC to MP3 converter which can extract audio from vlc files and convert to audio formats like mp3, wma, wav, etc.
    vlc to dvd Creator is an easy-to-use DVD authoring software and the best VLC to DVD converter to convert VLC to DVD, burn DVD disc, DVD folder and ISO file from all popular media formats like MP4, AVI, WMV, MOV, MPG, MPEG, DAT, MKV, FLV etc.
    The almighty vlc to mp4 converter is specially designed for VLC users to convert vlc to mp4 and other video and audio formats like avi, wmv, mpeg, mpg, flv, mkv, mp3, wma, wav, etc with super speed and lossless quality.

  8. Cukup bagus pos. Aku hanya datang di blog Anda dan saya ingin mengatakan saya benar-benar menikmati membaca posting Anda. Pokoknya saya akan berlangganan feed Anda dan saya harap Anda posting lagi segera. http://www.essaywritingservices.com/

  9. Sangat menarik dan informatif artikel. Siswa sering membutuhkan sumber daya tersebut untuk menulis tugas-tugas akademik yang efektif. Sebenarnya, aku tahu satu lagi sumber sempurna berkat yang Anda akan memiliki nilai tinggi pada lewat kertas kustom Anda http://www.grand-essays.com/.

  10. I was wondering if you ever thought of changing the page layout of your website? Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having 1 or two images. Maybe you could space it out better?

  11. Your means of telling all in this piece of writing is in fact
    pleasant, all can easily understand it, Thanks a lot.

  12. But there are millions of skilled pros who want to operate for
    startups but just can not uncover them.

    Feel free to surf to my web site – Hilton

  13. With Summer time suitable about the corner you won’t want to miss out on the Sea-Doo Spring Swipe two Winn
    Drawing!

    Look into my webpage:??????

  14. These games function a true dealer and generally come with higher limits and an increased quantity of betting boxes.

    Here is myy blog post … ?????

  15. I still pay for any music I download, possibly as a result of I’ve identified plenty
    of proficient and starving musicians, and that i believe that unlawful
    file sharing takes cash from their pockets. Don’t sweat it out, as the
    registration barely takes a minute to finish. In a single heck of an ’80s love ballad, REO Speedwagon takes lyrics to a complete new stage with “Keep on Loving You.” This tune is about how even when you are
    harm, you’ll be able to still love the one that harm you.

    Perhaps certainly one of the best residing legends nonetheless with us at present is the one and solely Paul
    McCartney. The Australians started the band in 1973, however their hits from the ’80s are nonetheless properly-recognized and
    performed on rock radio stations to this day.
    The band was formed in 1977, and a couple of the members had been still of their teens.
    AC/DC was a rock band that merely did not care what anybody thought.
    Guns N’ Roses gave us lots of nice songs within the 1980s,
    but the most timeless of their library must be “Sweet Child O’ Mine.” The song is somewhere between a rock ballad
    and a hardcore epic, which makes it both distinctive and superior.

  16. Why Frontline Plus is a Must Have Pet Meds at Home?
    Now when we talk about using it practically, this is fairly a safe medicine to administrate on your pets.

  17. There are even special bags to hang your food aboveground, and in some camping areas, bear-proof bins are for rent.
    However, there are certain camping essentials, especially when traveling with your family.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *