Aa Gym Menjawab

Setelah heboh soal poligaminya, akhirnya Aa Gym kembali mau muncul di media massa untuk pertama kalinya.

Saya sendiri baru tahu ada interview ini. Bagi yang juga melewatkan acara ini, silahkan kita bisa tonton via Internet di website RadioDakwah.

Sepertinya menarik sekali; misalnya mengenai hikmahnya, yaitu beliau jadi bisa lebih banyak berkumpul dengan keluarganya. Mengharukan sekali, saya tahu dulu Aa Gym sering tidak tega menolak undangan sehingga kemudian memaksakan diri, sampai kesehatannya jadi cukup rapuh. Alhamdulillah sekarang jadi bisa lebih banyak berkumpul dengan keluarganya.
Juga saya dulu agak kurang senang dengan beberapa bisnisnya yang terlihat mengkultuskan diri beliau. Alhamdulillah itu juga kini sudah selesai masalahnya.

Mudah-mudahan selanjutnya dakwah beliau di masa depan bisa jadi lebih bermanfaat lagi bagi lebih banyak orang.

Enjoy.

53 thoughts on “Aa Gym Menjawab

  1. Blessing in disguise ya pak…

    Saya geli membaca salah satu post di Detik Forum “Jangan tonton video Aa Gym, nanti kita jadi terharu dan malah simpati…”

    Halah, fakta kok ditolak…

  2. kasian Aa Gym, ya? saya juga heran, kenapa juga dulu orang2 ribut sendiri gara2 aa gym nikah lagi. padahal mah biarin aja, urusan dia ini 😀

    aduh, kok mau komen berkali2 error yak?

  3. setuju ama vavai, pasti berita ini gag laku di infotaiment,
    tapi kalo sebaliknya pasti laris manis

  4. Maaf kalo keluar jalur…
    Saya merasa kalo Aa Gym itu mengambil jalan “emergency exit” ketika menikah yg kedua kali. Perumpamaannya adalah spt di dalam gedung yg terbakar, pilihannya adalah mencoba memadamkan api atau keluar lewat “emergency exit”. Memadamkan api hanya bisa dilakukan bila kita adalah seorang “fire fighter” atau terlatih untuk melakukan pemadaman itu.
    Tadinya saya merasa bahwa Aa adalah figur nyata “fire fighter” masa kini. Beliau saya pikir adalah org yg mampu menunjukkan bahwa godaan materi, kedudukan dan lawan jenis sebetulnya bisa ditaklukkan tanpa kita harus menjauhinya – dengan bekal ilmu tentu.
    Jalan paling aman adalah tentu saja tidak membiarkan terjadinya “api”, apalagi bila kita orang awam.
    Bila api itu terus membesar, maka tentu saja seorang “fire fighter” harus memadamkannya….
    Maaf berkepanjangan, saya hanya merasa saya kehilangan tokoh “fire fighter” nyata masa kini…….Ternyata “fire fighter” itu memilih keluar lewat “emergency exit”.

  5. Saya kok tidak terlalu kaget ya sewaktu AA Gym menikah lagi? Bukan karena stereotip ustadz atau ulama yang biasanya melakukan poligami, tapi karena rasanya bukan hal yang aneh saja. ALhamdulillah, saya berkesempatan menonton 2x acara tersebut, dan masih mengikuti ta’lim rutinnya di DT. Bagaimanapun, beliau masih memiliki karisma di mata para santrinya…:-)

  6. saya kebetulan udah nonton acara tv nya, kalo dipikirkan emang betul jawaban aa gym, terutama soal bisnis yang mengkultuskan dirinya.

    mudah-mudahan ke depan nya bisnis di group nya DT bener2 bisa independen dari figur aa gym… amin

  7. wah ternyata ada yang posting topik yang sama juga ya :), postingnya di sini,yup waktu itu Aa bisa dikatakan melakukan klarifikasi atas opini publik selama ini, dan isi dari perbincangannya memang menyentuh dan dimengerti…
    Semangat terus buat Aa, kami rindu tausyiahmu…
    Salam Kenal untuk harry.sufehmi

  8. memang benar apa kata antum smua. kita harus menyadari bahwa ini smua adalah sunnah kehidupan.
    ADA MUALI ADA AKHIR
    tapi saya yaqiiiiin klo yang haq itu aqhirnya aqan menanx

    Wsslmu’alaikum

  9. poligami bukan sesuatu yang aib bahkan dibolehkan oleh agama hanya ada persyaratan yang sehingga pelaku poligami tidak mudah untuk menjalaninya bahkan bisa saja tdk mesti dilakukan. sy tdk mengomentari apa yang dilakukan oleh aa gym. ttp sy melihat ada sesuatu pemahaman yg salah di masyarakat bahwa poligami itu sesuatu yang aib. wss wr wb

  10. banyak kejanggalan dalam proses berpoligaminya aa gym. mulai dari perkataannya yang tak akan berpoligami dalam ceramah di jak-sel, tak adanya restu dari istri ketika menikah kedua kali, saksi nikah yang diundang dengan “ditodong”, anak aagym yang depresi ketika bapaknya menikah lagi, tak mendaftarkan pernikahannya di KUA sebelum pernikahan, ah banyak deh. Saya rasa sih poligami tak dipandang sebagai aib di indonesia, hanya saja memang sebagian besar rakyat belum bisa menerima secara terbuka.

  11. @dede – Saya rasa sih poligami tak dipandang sebagai aib di indonesia, hanya saja memang sebagian besar rakyat belum bisa menerima secara terbuka.
    .
    Ya itu sih sama saja dengan menganggap poligami sebagai aib 🙂

  12. Aa Gym itu manusia biasa, beliau juga tidak mau dikultuskan. Ada indikasi kalo fitnah2 media itu untuk menjatuhkan beliau, ya memang pekerjaan media nge”Ghibah” buat nyari duit. Aku nyaranani ke media, kalo nyari duit yang halal aja, kasian anak bini dikasih uang dari hasil ngomongin orang, ibarat ngasih bangkai manusia di makan sekeluarga. Jangan membunuh karakter para Da’i di Indonesia hanya karena uang, lihat aja musibah silih berganti karena pemerintah telah melegalisir gosip menjadi tontonan formal. Buat para bloger, hati-hati jangan nge”Ghibah” apalagi nge”Fitnah”, kalo mau ngasih masukan dan saran lakukan dengan cara yang bener jangan nyakitin. OK, terima kasih Kang Harry atas dibukanya bloger ini, semoga tidak menjadi sarana perang pemikiran yang menjurus kepada gosip.

  13. Aaa saya sangat merindukan tausiah MU .. , yang seperti pernah dilihat di beberapa pesawat televisi tempo hari , seperti da`wah Aa yang setiap awal bulan saya lihat di salah satu stasiun TV swasta , ribuan umat mendengar nasehat mu , Aa . Bahkan ketika saya sedang ingkar saya sering mendengar nasehatmu melalui telpon seluler sehingga sedikit demi sedikit meningkatkat ghiroh dan perjuangan saya dalam meniti jalan Allah . saya hanya bisa berdoa semoga ini adalah pilihan terbaik buat Aa dan buat umat dengan tidak menghakimi dan memvonis Aa . Saya selalu yakin bahwa apa yang Aa lakukan adalah pilihan yang terbaik yang harus ditempuh . Seperti ketika dulu Aa saya kenal dikampus dengan seragam anehnya , dengan gaya khasnya yang baru dikenal umat ini . Semoga Allah memudahkan perjuangan Aa , memperkuat semangatmu sehingga suatu saat nanti umat mendengar kembali tausiah mu . Dari salah seorang pendengar Mu.

  14. Assalamu’alaikum wrwb

    Mungkin kasus Aa Gym ini adalah salah satu contoh ‘dakwah pop’ di Indonesia. Seorang penceramah hanya digandrungi jika dirasa cocok dan sesuai selera. Jika sudah tidak cocok, ya dibuang saja. Persis dengan cara ‘nge-fans’ terhadap group band. Kita masih pilih- pilih dalam hal beragama dan dakwah. Jika ustad-nya ganteng, lucu, dan lain sebagainya, maka kita akan menyukainya. Jika ada ustad yang hitam, jelek, maka tidak akan populer, walaupun dia mempunyai ilmu yang tinggi, hapal Qur’an, dsb.

    Hendaklah kita hanya meneladani Rasulullah SAW, beliau adalah sebaik-baik teladan. Walaupun beliau berpoligami contohnya, beliau melakukan itu semata- mata karena istri- istri beliau mempunyai keutamaan akhlak yang tinggi. Bukan karena lebih cantik, lebih mempesona dsb. Gak akan kecewa deh jika kita meneladani Rasulullah SAW.

    OK Broo ..

    Wassalamu’alaikum wrwb

  15. Ini juga karena orang Indonesia lebih tertarik pada Aa’ Gym sebagai figur, bukan ajarannya. Kalau seandainya ditanya apa salah menikah lagi dalam ajaran Islam, jawabannya tidak salah. Tapi apa salah Aa’ Gym menikah lagi, jawabannya adalah salah karena dia dianggap tidak bisa memberik contoh. Emang susah hidup di Indonesia, tapi tidak hidup juga belum tentu bahagia..

  16. Dengan minimnya acara siraman rohani di media, suatu saat orang akan kangen dg tausyiah AA Gym. Para ibu2 dan sebagian laki2 cuma emosional sesaat saja menyikapi langkah yg ditempuh AA Gym. AA Gym orang yg paling beruntung karena yg mendengki banyak shg pahala orang yg mendengki akan mengalir secara gratis ke dia.

  17. saya beragama non muslim…jujur saja saya merasa kehilangan figur dan tausiyah dari Aa Gym…..

    pada saat Beliau sering Tausiyah,itu adalah siraman rohani bagi saya.sekarang sudah htidak ada lagi tausiyah yg disampaikan oleh Beliau

    padahal di bulan ramadhan ini biasanya Aa sering memberikan tausiyah hampir tiap malam,dari kota-kota yg disiarkan langsung oleh stasiun TV.

    sekarang sudah tidak ada lagi,smoga allah mengampuni semua yg menghujat Aa Gym karna poligaminya.

  18. Anak baru lahir dari Aa Gym, tambah baru lagi persoalan..yang mau di contoh apanya…dari kiayi…

  19. terus berdakwah aa jangan pantang mundur apa pun omongan orang biarlah hanya allah yang tahu

  20. kami rindu Aa gym….buat yang menghujat mudah-mudahan dampuni dosanya..terus terang sekarang saya sulit nge-cas diri lagi kaau sedang down neh iman..dulu bisa tiap minggu denger tausiyah AA…ustad-ustad skr lebih ke teori lagi balik ke masa lalu…Aa Gym please come back Aa

  21. Ingin hafal al-Qur’an & al-Asma al-Husna secara mudah dan cepat ( nomor ayat, surat, bacaan dan terjemahan)????
    Ingin hafal al-Qur’an & al-Asma al-Husna secara urut maupun acak atau dibaca dari belakang kedepan??????
    Ingin tahu teknik / metode/ jurus menghafal secara mudah dan cepat???
    Apapun problem anda dalam menghafal kami siap membantu anda…..bersama dengan para trainer yang berpengalaman, teruji and sok pasti handal dalam bidangnya….!!!!????
    Master Trainer Pendiri La Raiba Training Center….. Penemu

    Keynote Speaker Drs. KH Muchtar Adam dan Ust.H.Fadhlullah M.Said, M.A

    Cocok Untuk Semua Kalangan…………
    Mau Ikut Jangan Lupa Catat Waktu Dan Tempatnya……..

    Waktu : Hari sabtu-senin, 3- 5 Januari 2009
    Tempat : Hotel Narapati & Kampus II Unisba Ciburial Dago Atas*
    Investasi : Rp. 650.000, (Bagi 20 Pendaftar awal, disc Rp. 100.000)
    Fasilitas : (Buku panduan, Makan, Snack & Setifikat)

    Pendaftaran : Mulai Bulan Nov-Des 2008
    CP : ka’ Timbul : 022-70243263
    Ka’ Adi Fikri : 081320182554
    Ka’ Irwin : 085283288410

    SEKRETARIAT
    BABUSSALAM DAGO
    PUSAT STUDI ULUM AL-QUR’AN & HADIS INKLUSIF
    Jl. Dago Elos 4 No.07( belakang POM Bensin Dago ) Telp: 022-70243263
    E-Mail : listaque@yahoo.com

    * Alternatif tempat dalam konfirmasi

  22. buat bsw (no 7)
    emergency exit ? anda sepertinya sudah mengasumsikan : aa gym poligami KARENA ga kuat nahan godaan wanita. poligami bukan ‘ajaran kepepet’! Poligami, seperti semua hal yg dihalalkan dalam Islam PASTI mengandung hikmah dan kebaikan yang luar biasa. Kenapa? karena DIATUR oleh YANG MAHA LUAR BIASA dan DICONTOHKAN oleh manusia paling mulia, Muhammada SAW.

    Kalau menurut saya, orang sebaik Aa Gym sebaiknya kawin sebanyak mungkin (4x) dan punya buaaanyak anak..Insya Allah jadi berkah buat lebih banyak orang… Wallahu’alam…

  23. ikut comment ya, aku pikir si ada konspirasi pihak luar (asing) yg ingin mengidentikkan islam itu dg sesuatu yg ga baik, liat aja di media2 aa gym poligami jadi gunjingan, fpi dituduh biang rusuh, uu ponoaksi yg berbelit2 n ditentang sana sini, dll, yg beritanya ga seimbang, yg dibesar2in cuma jeleknya aja, seakan ga ada bagus2nya, sedangkan yg bertentangan dg ajaran islam diagung2kan, majalah porno dihalalkan, tayangan2 yg menimbulkan kemaksiatan tidak boleh dilarang, dll… lama2 pasti kita bakal lupa sendiri sama ajaran agama, n menganggapnya sbg suatu yg hrs dipisahkan di kehidupan sehari2 macem di negara2 barat sana… so be careful atas pihak2 yg mo adu domba sesama muslim, satu pihak pingin islam yg betul2 islam, di lain pihak banyak umat yg dah diprovokasi untuk menjadi islam yg bebas, liberal…

  24. AA saya mau nanya, sya baru sekitar satu bulan yang lalu dikaruniai rizki dari Alla berupa kelahiran putra kedua dan insyaAllah kami akan melaksanakan aqiqah putra kami tersebut, dan saya berniat ingin menanam kepala kambing aqiqah putra kami tersebut di halaman rumah kami dengan niat untuk mengusir pengaruh buruk kepada keluarga kami. Yang akan kami tanyakan, apakah boleh hal tersebut diatas kami laksanakan menurut syari’ah islam? adakah surat didalam al-qur’an yg menjelaskan hal tersebut?

  25. memang sih kita harus hati hati mengambil keputusan, keputusan yang diambil oleh aa gym untuk berpoligami banyak yang tidak setuju, semenjak dia berpoligami maka turun kepopuleran dia, memang sih kalu menurut islam sih bisa tapi, kita negara majemuk dan penduduk permpuan juga banyak, otomatis itu juga menyinggung perasasan para wanita, siapa sih yang mau dimadu, pasti tidak ada.

  26. salah aa gim kenapa harus kawin lagi, baru baru ini aku dengar a agym mau diceraikan te ninih

  27. What an amazing story! It’s a good thing the police where there and ready for action!

  28. Assalammualaikum wr wb Profilnya Aa gym Bagus,silahkan saja berpoligami tapi ojo lali Aa Gym,ente disuruh cari orang,ternyata ente mendahulukan birahi contohnya dapat istri lagi,padahal yang nyuruh baginda.Gimana Akibatnya?dirimu terlena Aa Gym…..Ah yang benar memang Aa bisa ketemu Baginda….. kalau benar,sudah berapa tahun ente mencari orang?Ayolah Aa carilah dia,ajaklah pulang dia,kalau sudah ketemu?Apa perlu bantuanku untuk mencari?yang mana orang yang anda cari?

  29. @Nurwianto
    >saya berniat ingin menanam kepala kambing aqiqah putra kami
    >tersebut di halaman rumah kami dengan niat untuk mengusir
    >pengaruh buruk kepada keluarga kami. Yang akan kami >tanyakan, apakah boleh hal tersebut diatas kami laksanakan
    >menurut syari’ah islam? adakah surat didalam al-qur’an yg
    >menjelaskan hal tersebut?

    tuntunan yg ada di alquran bersifat umum, biasanya diperjelas dalam hadist (perkataan / perbuatan) rasul, dan ijma para ulama.
    Tindakan tersebut (menanam kepala kambing untuk tolak bala) bertentangan dengan aqidah islam, bahwa baik dan buruk yg dialami makhluk kecuali atas kehendak Allah.
    Maka meminta lah kepada Allah, tidak dengan menanam kepala kambing. Jika diniatkan untuk Allah dan kebaikan, ikutilah tata caranya, yaitu setiap idul qurban (dan tetap kepalanya tidak ditanam, tapi digule dan diberikan makan pada fakir miskin).
    Selain itu, pada aqiqah, bagian kambing yg bisa dimasak sunnahnya habis dibagikan kepada tamu (dalam bentuk matang)

    tuntunan aqiqah yg syari bisa lihat di sini:
    http://syiarislam.wordpress.com/2010/03/16/tatacara-aqiqah-untuk-anak-menurut-islam/

  30. ehm.. gmn ya ????
    pada dasarnya manusia tidak bisa berbuat seadil-adilnya kecuali Allah. SWT..so poligami kayaknya masih belum bisa diterapkan dech sekalipun ustad pelakunya…
    trims

  31. This is really admired for the nice services are visible in this blog that to using the amazing technology is visible in this blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *