Motherboard untuk Server

Kadang terjadi kami perlu merakit server sendiri untuk client. Misalnya karena spec yang dibutuhkan tidak terpenuhi dengan server build-up yang ada. Masalahnya, jika keliru dalam merakit & memilih komponennya, maka hasilnya bisa menjadi server yang jelek & tidak bisa diandalkan.

Salah satu yang sulit adalah memilih motherboard yang tepat. Pengalaman saya, bahkan merk motherboard terkenal (dan MAHAL) sekalipun sering bermasalah ketika dipakai sebagai server yang hidup 24 jam. Atau ketika selalu dihantam load yang besar. Yang memang adalah normal dialami oleh komputer server.

Bukan itu saja, motherboard yang berkualitas juga sulit ditemukan di pasaran. Ini karena memang pasar terbesar adalah untuk motherboard yang harganya murah. Bukan yang kualitasnya bagus. Sehingga kita sulit menemukan ini.

Pengalaman saya pribadi, biasanya motherboard merk MSI cukup bisa diandalkan.
Kualitasnya cenderung bagus. Sudah ada yang berumur bertahun-tahun, bekerja 24×7, beban / load kerja besar, dan tetap berfungsi dengan baik.

Merk ini juga masih bisa ditemukan di pasaran. Tidak seperti beberapa motherboard lainnya, yang cuma bisa saya baca reviewnya di Internet – tapi tidak ketahuan dimana bisa didapatkan di Indonesia.

Tapi tetap perlu dipilih-pilih juga. Seri Platinum motherboard MSI sepertinya bisa dijadikan acuan, silahkan bisa Anda cek lagi sebelum membelinya.
Jangan lupa motherboard bagus pun akan percuma kalau komponen lainnya jelek — pastikan Anda menggunakan power supply yang bagus ! Lalu pasangkan ke UPS yang berkualitas; merk APC kini ada seri BackUPS yang harganya terjangkau namun tetap bagus; baik kualitas maupun customer servicenya (pengalaman pribadi, bisa jadi bahan posting tersendiri :)  ).

Motherboard MSI juga menjadi pilihan Supercomputer FASTRA di Universitas Antwerp, Belgia. FASTRA adalah supercomputer dengan 8 core GPU Nvidia 9800GX2, Quad-core AMD Phenom CPU, dan 8 GB memory. Performanya mengalahkan supercomputer CalcUA yang berharga 3,5 juta Euro 🙂

Anda tahu motherboard lainnya yang juga bisa berfungsi dengan baik pada server? Do please share.

147 thoughts on “Motherboard untuk Server

  1. Kalo intel versi sever ada di Indonesia kan? Untuk Tyan, Fujitsu-siemens, memang susah nyarinya di Indonesia.

  2. Pakai Supermicro aja pak. Emang susah ya cari Supermicro ? Kalau mau saya minta tolong temen saya kasih kontak account managernya.

    *pengen punya blade supermicro nih*

  3. @haero + rendy – sayangnya tidak semua seri gigabyte itu bagus. Mungkin bisa lebih spesifik?
    .
    Seperti juga MSI – kalau sampai keliru membeli product low-end nya, maka ya bakalan bermasalah juga 🙂
    Jadi kalau membeli MSI, biasanya saya pilih seri Platinum nya.
    .
    @mk – Motherboard Intel untuk server ada, tapi sudah pernah ada satu yang saya gunakan yang jebol. Tentu ini sampling yang sangat tidak valid, karena sample nya hanya ada satu 🙂 jadi YMMV
    .
    Tyan – ini saya sudah susah payah mencarinya, tapi sama sekali tidak berhasil mendapatkannya 🙁
    Awalnya saya memang mencari Tyan, tapi karena tidak ketemu, akhirnya saya membeli MSI.
    .
    @Affan – Supermicro saya kira bagus pak. Kalau ada informasi kontak account manager / outletnya, langsung sharing disini saja. Jadi yang memerlukan bisa langsung kontak dengan mereka.
    .
    Terimakasih sebelumnya.

  4. Ini no kontak AM product Supermicro yang saya punya : Ruri Ekawanda, Channel Division, PT. Mega Komputindo Lestari (www.mkl.co.id), emailnya : ruri@mkl.co.id.

    Mudah2an bisa dimanfaatkan dengan baik.

  5. Rainer Server juga solusi murah meriah Pak…
    Rainer 2 Core Xeon 2.33GHz Cuma Rp 5.999.000
    Rainer 8 Core Xeon 2.0GHz Cuma Rp 12.999.000
    http://www.rainerserver.net/
    udah pake Seagate Barracudda ES 250GB SATAII 3G 32MB Up To 6 Terrabyte dan Intel S5000V Server Chipset

  6. Tolong dong temen2, aku lagi nyari server yang pake HD SCSI
    Merk apa aja, IBM, HP, Supermicro, Dell, Acer.
    Atau kalo yng bisa bantu rakitan juga gpp.
    Please Help Me …….
    email to beemwe24@gmail.com
    Thank’ssssss

  7. DImana saya bisa mendapatkan produk MSI seri Platinum khususnya di Bandung ??

  8. pak saya baru coba merakit sever sendiri tetapi timbul masalah overheating ketika saya coba jalankan, mohon bantuannya apa yang harus saya lakukan, terima kasih sebelumnya.

  9. repot dan rumit juga ya kalau mau bikin server
    dan harganya juga tidak murah
    nambah pengetahuan

  10. I know that computer is a necessary for most of people. People can’t work without computer. With the development of tech. More high speed computer was develped and people can improve the work easily. Happy every body.

  11. Thanks for taking the time to share this, I feel strongly about it and love reading more on this topic. It’s really a great one. Would be waiting for more stuff from yourside.

  12. I think the server configuration can be changed if the website needs more requirements. In fact, this can be a good opportunity to do all you can for a good server and a powerful website.

  13. I think hardware requirements for servers vary, depending on the server application. Absolute CPU speed is not usually as critical to a server as it is to a desktop machine

  14. I absolutely love your blog and find the majority of your post’s to be what precisely I’m looking for. In short: awesome blog! My website: Mobiles Internet

  15. Wah motherboard juga harus yang bagus yah kalo buat server.. Nice info gan. Makasih ya.

    Kalo berkenan berkunjung juga ya ke web ane.

    Pabrik Tas

  16. Pingback: Online LMS
  17. Wonderful VOB to MP4 Mac Converter brings Mac users much surprise to convert almost all video files like VOB, MPEG, FLV, MKV, MOD, WMV, ASF, MPEG1, MPEG2, MP4, 3GP, 3G2, MOV, AVI, M2TS, TOD, TS/TP (for HD Video), etc. Also can help you extract auido files MP3, MP2, MKA, M4A, AAC, AC3, APE, OGG, etc from videos.
    Perfectly played on all popular video/audio players like iPod touch, iPod classic, iPod nano, iPhone, Apple TV, PSP, PS3, Creative Zen, iRiver PMP, Archos, various video mobile phones and many other digital video and audio players.
    If you happenly want to convert VOB to MP4 on Mac, here I recommend this all-in-one Mac Video Converter — Emicsoft Video Converter Mac. It is the most professional VOB to MP4 Converting program running on Mac, which can convert not only VOB files to MP4 format, but also many other popular formats can be supported as input and output format, like AVI, MP4, MOV, MKV, WMV, DivX, XviD, MPEG-1/2, 3GP, 3G2, VOB Video, MP3, AAC, and AC3 Audio etc.

  18. Simply wanna tell that this is handy , Thanks for taking your time to write this. “The least of learning is done in the classrooms.” by Thomas Merton.

  19. Kenapa tidak menggunakan server tower sekalian aja gan,harganya bukannya relatif terjangkau ya kalau server tower 🙂

  20. Sepertinya memang motherboard MSI sudah terkenal bagus terutama untuk beban kerja yang besar dan sangat mendukung untuk gaming dan graphic design. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *