Cara berdakwah yang tidak simpatik

Zealot adalah istilah yang berarti seseorang yang terlalu fanatik terhadap kepercayaannya. Disebut zealot ketika kefanatikannya tersebut jadi sampai menutupi sifat-sifat kemanusiaannya, seperti empati, kasih sayang, dan akal sehat.

Kata “Zealot” sendiri pada awalnya adalah nama dari sebuah sekte Yahudi di abad pertama yang amat fanatik & radikal. Sekte ini, saking ekstrimnya, tidak segan membunuh sesama Yahudi sendiri yang berbeda pendapat dengan mereka; sesuatu yang amat ditabukan dalam tradisi mereka.
Bahkan gerakan Zionis di Israel pada saat ini, yang terkenal dengan kekejamannya kepada non-Yahudi dan banyak disamakan dengan gerakan Nazi, tidak membenarkan hal tersebut. Jadi bisa kita bayangkan sendiri bagaimana berlebihannya fanatisme mereka terhadap kepercayaannya.

Fanatisme yang amat keterlaluan ini juga dikecam dalam Islam. Nabi Muhammad saw memvonis orang-orang seperti Zealot ini, disebut dengan istilah Khawarij, sebagai penghuni neraka; walaupun mereka mengaku Islam & melakukan berbagai ritualnya. Mereka membaca Qur’an dan kelihatan beribadah lebih taat daripada muslim lainnya, namun menurut Nabi Muhammad saw, sebetulnya mereka keluar dari Islam bahkan lebih cepat daripada anak panah yang dilentingkan dari busurnya.

Zealots ada di berbagai tempat, waktu, dan agama / kepercayaan. Penganut Atheist pun banyak yang bersikap zealot (zeal / jealousy, iri, dengki), dan kadang justru sering tidak rasional. Dan tentu saja yang mengaku beragama pun juga tidak kalah banyaknya melakukan kesalahan ini.

Salah satu email spam yang banyak saya terima akhir-akhir ini adalah dari seorang zealot Nasrani. Sebetulnya, niatnya mungkin (menurut ybs) baik, yaitu menyebarkan kabar gembira dan informasi yang (menurutnya) bermanfaat untuk semua orang.
Namun, karena fanatismenya yang berlebih-lebihan, dia jadi terjerumus ke menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya tersebut. Misalnya : spamming, mencaci maki kepercayaan orang lain, dan berargumentasi secara emosional (bukan rasional).

Selama ini dia mencaci maki Islam, saya hanya balas dengan baik-baik, dan saya jelaskan berbagai kekeliruan dalam argumentasinya. Ketika dibalas dengan sangat emosional, saya pikir ya sudah, sepertinya saat ini cuma akan membuang-buang waktu berusaha berdialog dengan ybs.
Selanjutnya email dari ybs langsung saya hapus saja setiap tiba di mailbox saya. Oh ya, dia juga selalu berganti email setiap kali mengirimkan spamnya tersebut.

Sayangnya, ybs makin terjerumus dalam fanatismenya tersebut. Email terbaru dari ybs yang saya terima kali ini mencaci maki dan menjelek-jelekkan kepercayaan Buddha.
Saya saja yang bukan penganut Buddha meringis membaca emailnya tersebut. Amat sangat kasar & tidak menunjukkan sopan santun sama sekali.

Email ybs terlampir.

Mudah-mudahan kita jangan sampai terperosok menjadi zealot seperti ini juga. Rugi di dunia, tidak ada untungnya dan kita justru menyusahkan banyak orang. Dan rugi di akhirat, yaitu pada pengadilan yang terakhir.

Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua.

PAK GAO YANG MESAM-MESEM

Kalau kita dalam perjalanan Magelang – Jogja, kita pasti akan ketemu dengan sebuah desa yang menjadi industri kerajinan ukir dari batu gunung. Entah desa apa saya lupa namanya. Nah, ketika saya dalam perjalanan di daerah itulah saya ketemu dan sempat ngobrol lama dengan seseorang yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia, yaitu: Pak Gao.

“Pak Gao, selamat siang!” Sapa saya.
Pak Gao diam, hanya mesem aja. Maka saya ulang salam saya tadi: “Pak Gao, selamat siang!”
Untuk keduakalinya beliau hanya diam saja, nggak menyambut salam saya. Saya penasaran sekali dicuekin model begitu, maka saya bertanya: “Mengapa pak Gao mesam-mesem?”

Kali ini beliau mau menjawab pertanyaan saya; “Saya mesam-mesem? Banyak sekali alasannya! Yang pertama, saya mesem karena menemui orang se-toll all [tolol] kamu. Wong patung koq kamu ajak ngomong.”

“Hey, koq gitu pak Gao ini?! Belum apa-apa sudah toll all-toll all-in orang? Tersinggung donk perasaan saya?!” Kata saya agak gusar juga. Tapi saya pingin tahu juga apa alasan beliau mesam-mesem yang berikutnya; “Lalu, yang kedua?” tanya saya.

“Yang kedua, saya mesem ini ‘kan sudah takdir saya. Saya ini “Batu” asli kelahiran gunung Merapi, masih terhitung keponakannya mbah Marijan. Suatu kali saya ini diboyong kemari oleh pak Parno dan sekaligus beliau pula yang “menangani” saya. Saya dipecah menjadi 3 bagian, yang satu dijadikan saya, lalu yang kedua dijadikan “Layah” dan yang bungsu adalah “Ulek-ulek.” Jadi, saudara saya adalah “Layah” [Cowek] dan “Ulek-ulek.” Kedua adik saya tersebut merantau ke Surabaya, kerja di warung “rujak cingur” dan “gado-gado.”
Keterangan: Layah dan Ulek-ulek adalah pasangan alat untuk melembutkan sambal.

Beliau melanjutkan: “Nah, pak Parno inilah pencipta saya. Dia mentakdirkan saya seperti ini. Jadi, saya mau bilang apa kecuali menerima nasib saja. Sebenarnya sih saya capek sekali disuruh mesem begini terus. Mau berdiri ke “toilet” saja nggak bisa. Bersila begini terus, kaki saya ya capek deh! Orang dibiarkan telanjang nggak dikasih baju seperti ini gimana perasaannya? Panas kepanasan, dingin kedinginan.”

Waah saya jadi semakin tertarik mendengarkan uneg-unegnya pak Gao ini; “Lho, maksudnya pak Parno membawa pak Gao ke mari itu apa?”

“Dijual. Pak Parno itu ‘kan pedagang Dewa-dewa. Dia jual-beli segala macam Dewa. Bahkan dia bisa membikin Dewa apa saja menurut pesanan orang.”
“Hah?!” Kaget sekali saya. “Jadi, Dewa-dewa itu semuanya bikinannya pak Parno?! Hebat! Jadi, pak Gao ini bukan kelahiran India?”

“Nah, ini ngawurnya kamu. Dari tadi kamu panggil saya pak Gao-pak Gao; siapa pak Gao itu?”
Pak Gao balik bertanya. Kini ganti saya yang dibuat bingung nggak karuan.

“Maksud saya adalah pak Gaotama – Budha Gaotama. Apa bapak bukan pak Gao yang saya maksudkan itu?”

“Wah-wah gawat sekali kamu ini rupanya. Apa rupa saya ini mirip dengan pak Gao itu? Apa kalau orang mirip itu berarti sama? Yang mikir sedikitlah! Di dunia ini ‘kan banyak sekali orang yang mirip, antara orang yang satu dengan orang yang lainnya? Wong orang kembar aja nggak mau disamain? Kamu ini nggak main!”

“Lagi pula derajat makhluk itu ‘kan ada kelasnya? Ada kelas Tuhan, ada kelas Malaikat, ada kelas Manusia, ada kelas Hewan, ada kelas Tumbuhan dan ada kelas benda mati. Nah, pak Gao itu ‘kan kelas Manusia, sedangkan kelas saya ‘kan Batu – benda mati? Masak mau Jendral kamu perlaku kan sebagai Kopral. Apa nggak ditembak jidat kamu?! Hua…ha…ha…. nggak mikir kamu ini!”

“Tapi pak,………..” Saya mencoba memberikan alasan;”Kalau bapak dianggap sebagai pak Gao oleh orang-orang pemeluk agama Budha ‘kan bukan masalah yang besar? Masak gitu aja bapak marah?”

“Jelas marah toh; pertama sudah pasti pihak pak Gao yang marah karena derajatnya direndahkan sebagai Batu. Yang kedua, saya sudah pasti lebih marah lagi, sebab harga diri dan martabat saya dihilangkan begitu saja. Memangnya saya ini bukan sebuah pribadi? Misalnya aja kamu sebagai karyawan bawahan, lalu tugas kamu itu dilangkahi begitu saja oleh boss kamu, apa kamu nggak merasa tersinggung? Jadi, kamu itu dikeroyok oleh kedua-belah pihak.”

“Tapi, orang Kristen ‘kan juga begitu; ALLAH-nya “dianggap” Manusia biasa oleh orang Kristen.”
Kata saya.

“Waah, ya beda sekali dong kasusnya. Coba kamu pelajari lagi kitab Injilmu. Bukankah di sana dikatakan bahwa YESUS KRISTUS itu Ciptaan ALLAH yang pertama-tamanya? Jadi, YESUS itu memang “bukan” ALLAH. YESUS KRISTUS itu aslinya ya memang MANUSIA, tapi diangkat oleh ALLAH menjadi ANAKNYA. Sehingga DIA disebut sebagai ANAK ALLAH.
Kej. 3:22: “Berfirmanlah TUHAN ALLAH: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti
salah satu dari KITA.”

Nah, misalkan di sorga itu ada 3 Oknum Makhluk; ALLAH, YESUS dan ROH KUDUS, sedangkan ayat itu menyatakan bahwa manusia itu “telah menjadi seperti salah satu dari KITA”, maka seperti siapakah manusia itu? Seperti YESUS, bukan?! YESUS sendiri seringkali katakan bahwa diriNYA itu ANAK MANUSIA. Ketika terjadi pergumulan dengan Yakub, dikatakan bahwa Yakub telah melawan ALLAH dan MANUSIA. Rasul Paulus bahkan menyatakan sebagai “Yang sulung di antara banyak saudara.”

Selanjutnya, pada awal-awal penciptaan Adam, dikatakan bahwa manusia itu dibuat menurut gambar dan rupa ALLAH. Sedangkan rasul Paulus dalam Korintus membuat jenjangan: ALLAH itu kepalanya YESUS, YESUS kepalanya bapak-bapak, dan bapak-bapak kepalanya istri-istri. Bu- kankah ini tentang suatu mata rantai yang saling berkaitan? Karena itu kalau YESUS kita perlaku kan sebagai MANUSIA adalah kebenaran, bukannya merendahkan. Kecuali umat Katolik yang membuatkan patungNYA. Lagi pula mana ada umat Kristen yang memperlakukan YESUS sebagai manusia biasa? Nggak ada! Semua Kristen memuliakan YESUS sebagai TUHAN dan ANAK ALLAH. Berbeda dengan umatnya pak Gao ‘kan?

Pak Gao itu asli manusia tapi dijadikan Batu oleh umatnya. Ini namanya ngawur di dalam memperlakukan orang, lebih-lebih yang menyangkut nabinya.”

Pak Gendut yang nggak punya baju itu melanjutkan lagi: “Tolong kalau kamu ketemu dengan umat Budha, sampaikan pesan saya ini: bahwa sekarang ini sudah nggak zamannya lagi bikin Patung. Sudah sangat ketinggalan zaman sekali. Wong Boneka mainan aja sekarang ini sudah ada yang bisa ketawa, menangis dan berjalan, koq pak Gao masih nggak bisa apa-apa?! Amerika dan Jepang sekarang ini sudah bisa bikin Robot, masak pak Gao masih primitif begini? Suruhlah mereka bikinkan Robot Gaotama yang serba bisa. Biar nggak diremehkan oleh agama-agama yang lainnya.”

“Umat Budha itu kebangetan sekali koq! Saya digambarkan dengan perut gendut kayak begini, maka orang pasti mengira saya ini orang yang rakus sekali. Padahal saya ini nggak pernah dikasih makanan sama sekali. Makanan Apel, Anggur, Pisang, Durian, Kue Pia, Kue Mangkok yang kata mereka itu dipersembahkan kepada pak Gao, itu bohong besar! Mereka itu hanya memamerkan [iming-iming] saja ke muka saya, lalu setelah itu mereka makan sendiri. Anak-anak itu kurangajar sekali koq, sukanya mempermainkan orangtua.”

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
ANTARA INDUK DENGAN TELOR

Jika anda menghadapi pertanyaan seperti di atas; mana yang lebih dahulu ada; telor atau induk?
Berhati-hatilah, sebab pertanyaan ini bisa menjerumuskan anda untuk menerima teori evolusi, yang ujung-ujungnya mengarahkan anda menjadi seorang Atheism yang menolak konsep KEALLAHAN.
Anda jangan terjebak pada perkataan: “telor” yang merupakan pertanyaan yang dibentuk sebagai salah satu pilihan dari induk. Sebab telor itu benda mati. Merupakan mata rantai yang terputus. Tidak ada keterkaitannya sama sekali antara telor dengan induk.

“Bahwa telor ada di dalam induk, tetapi induk tidak pernah ada di dalam telor.”
Maksudnya: Induk bisa bertelor, tetapi telor “sama sekali” bukanlah “calon” induk.

> Semua masyarakat indonesia “bisa” menjadi presiden, tetapi mereka bukanlah “calon” presiden.
Sebab yang disebut sebagai calon presiden hanyalah orang-orang tertentu yang memenuhi syarat
dan yang mendaftarkan dirinya, serta diterima. Itulah “calon” presiden.

Telor juga begitu; bisa menjadi Induk Ayam, tapi tak pernah sebagai “calon” anak ayam, apalagi Induk
Ayam. Ada tahapan yang harus dilalui oleh telor itu untuk disebut sebagai “calon” anak ayam, yaitu dierami!

Manakala telor dierami induknya, atau menerima “kehangatan” tertentu, maka mulai terjadilah “reaksi.” Ini masih merupakan “reaksi alamiah”, belum menjadi makhluk hidup. Belum menjadi “calon” anak ayam. Kehidupan baru mulai terjadi manakala “otak” sudah terbentuk secara sempurna, maka pada saat itu akan disertai dengan terjadinya pergerakan pertamanya. Sama seperti bayi manusia ketika di dalam kandungan ibunya. Pergerakan bayi baru terjadi pada saat otak bayi itu terbentuk secara sempurna. Pada saat itulah kehidupan bayi itu dimulai.

Nah, pertanyaan induk dengan telor itu bermaksud menggiring anda untuk menerima teori/konsep berpikir bahwa segala sesuatu itu dimulai dari “kecil.”
Dari “telor” menjadi “induk”, dari “tidak ada” menjadi “ada”, atau dari “nol” menjadi “satu.” Ini semua adalah teori konyol yang membodohi dan membohongi kita.

Bagaimana telor bisa menetas jika tanpa adanya induk? Bagaimana mungkin “yang tidak ada” bisa menjadikan “ada?” Bagaimana mungkin “nol” bisa melewati “satu?”

Teori evolusi berusaha menarik surut kehidupan manusia sebagai bermula dari Monyet, Monyet dari Katak, dan seterusnya. Sehingga kalau itu diurutkan ke diri ALLAH, maka teorinya akan berbunyi: “ALLAH itu pada mulanya adalah makhluk yang kecil atau tidak ada[nihilo].” Lha ini ‘kan konyol sekali? Lalu, bagaimana allah yang bayi itu bisa hidup jika tidak ada induk allah yang menyusuinya? Selanjutnya, jika dirunut lagi, maka kita akan menuntut bahwa ibunda allah itu harus juga dimulai dari tidak ada, menjadi ada, menjadi kecil, lalu menjadi induk.

Karena itu, jelas sekali bahwa teori demikian itu sangat tidak rasional! Alkitab telah menutup segala macam bentuk perbantahan dengan menyatakan bahwa: “Pada mulanya adalah ALLAH”
-ALLAH tidak ijinkan kita untuk mencari keterangan lebih lanjut mengenai Jatidiri ALLAH. Kita diminta untuk membatasi imajinasi kita agar menerima ALLAH sebagai permulaan segala sesuatu
nya. Itulah “tembok” pembatas keimanan kita. Kita hanya diijinkan untuk mengetahui bagaimana permulaan atau asal-usul kita, yaitu sebagai yang diciptakan oleh ALLAH YANG MAHA SEMPURNA. Sementara ALLAH menyatakan diriNYA: “AKULAH AKU……..” Keluaran 3:14.
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

111 thoughts on “Cara berdakwah yang tidak simpatik

  1. Terlampir adalah salah satu contoh header email dari zealot yang satu ini.
    .

    Received: from [124.108.114.83] by t1.bullet.mail.sg1.yahoo.com with NNFMP; 24 Aug 2008 13:48:01 -0000
    Received: from [127.0.0.1] by omp103.mail.sg1.yahoo.com with NNFMP; 24 Aug 2008 13:48:05 -0000
    X-Yahoo-Newman-Property: ymail-3
    X-Yahoo-Newman-Id: 343012.57829.bm@omp103.mail.sg1.yahoo.com
    Received: (qmail 10372 invoked by uid 60001); 24 Aug 2008 13:48:04 -0000
    DomainKey-Signature: a=rsa-sha1; q=dns; c=nofws;
    s=s1024; d=yahoo.co.id;
    h=X-YMail-OSG:Received:Date:From:Subject:To:MIME-Version:Content-Type:Content-Transfer-Encoding:Message-ID;
    b=qGNdfl8oRD/lB+2j6M7Pww0Na1xC073ZkXRA2zzvme8Khc2+TOSSA5/ZkKH17009G0PqNrxyeFoZ/n0f+XefS9L5QV0GACG5E68vSV3cuVoC8iHGt9kXWDxBK0yUlkDXPVZqcuf8Fpwhh1oIZZXCyNcDdwdlpDpxp91sREYuGtM=;
    X-YMail-OSG: CvagSMcVM1nsD0ek.Dsd0.2Ud.JClwLZYRD.53z040jQsJARpkE_FpdqnMQQSB8o3Q–
    Received: from [125.163.202.78] by web76008.mail.sg1.yahoo.com via HTTP; Sun, 24 Aug 2008 20:48:04 ICT
    Date: Sun, 24 Aug 2008 20:48:04 +0700 (ICT)
    From: Benslamet Tigaa
    Subject: PAK GAO YANG MESAM-MESEM
    Message-ID: <785481.7430.qm@web76008.mail.sg1.yahoo.com>

  2. Boleh dibilang senua aqam tu “egois” dalam artian semu agama bilang/berkata: kamilah satu-satunya jalan keselamatan, satu-satunya jalan kesalamatan, jadilah pengikut kami maka engkau akan selamat dunia akhirat,
    Boleh dibilang semua agama(terutama agama Ibrahimic(Jews,kristen,Isklam), punya doktrin seperti itu..
    Nak yang jadi masalah dengan dokrin seperti itu ada oknum-oknum pengikut agama yang merendahkan orang-orang diluarnya
    saya muslim, apa saya bakal masuk surga, apa temen2 saya yang kristen, hindu budha bakal masuk neraka?
    Woulohualam bisahab (hanya ALLAH yang tau)

  3. @proof – saya kira sih ini hanya karena kurang pemahaman saja. Sebetulnya ada berbagai perkecualian; contoh: jika suatu masyarakat tidak mendapat syiar Islam, maka mereka tidak terkena kewajiban untuk beragama Islam. Atau yang keliru akidahnya karena ketidak tahuan (sedangkan ybs sudah mencari tahu dengan ikhlas), maka ini juga tidak dipermasalahkan. Dst
    .
    Dan seperti yang saya tulis di posting tsb, atheists pun bisa arogan dalam soal monopoli kebenaran. Arogansi adalah salah satu sifat dasar manusia, apapun kepercayaannya.

  4. mmm.. zealot itu apakah termasuk para ustad yg berdakwah di depan mimbar dan menyebut2 semua orang yg bukan Islam itu halal darahnya?

  5. wah mas..
    dapat knowledge baru nih
    yagn saya tau tentang zealot hanyalah bahwa zealot itu tentara nya pasukan protos di game brood war hehehhe

    *Sesekali nge junk ngga apa apa ya uda 🙂

  6. Mas Harry 🙂

    Saya juga dibeberapa milis menemukan zealot. Tapi sekarang zealot yang lagi trend itu zealot spesies baru yang berkampanye bahwa betapa agama itu tidak penting dan tidak perlu.

    Contoh mereka adalah peradaban Barat yang maju karena meninggalkan agamanya.

    Mereka mengaku percaya Tuhan tapi tidak mau masuk agama. Lucu juga sih, padahal konsep Tuhan itu diperkenalkan oleh agama.

    Menurut mereka agama hanya membawa kesengsaraan pada peradaban manusia. Padahal jelas peradaban manusia berhutang pada agama.

    Senjata andalan mereka adalah pluralisme yang salah kaprah.

  7. Zealot adalah istilah yang berarti seseorang yang terlalu fanatik terhadap kepercayaannya. Disebut zealot ketika kefanatikannya tersebut jadi sampai menutupi sifat-sifat kemanusiaannya, seperti empati, kasih sayang, dan akal sehat.

    Apakah FPI termasuk Zealot…????

  8. As wr wb,

    Pak Harry, mohon mampir ke milis muslim bintaro bsd..lagi ada debat sunni syiah..

    wassalam wr wb

  9. @ardho – saya kira benar, itu adalah salah satu contoh zealot. Apalagi yang berkoar-koar demikian tanpa menyertakan konteksnya sama sekali (kenapa Nabi saw memerangi non-muslim, apa latar belakangnya, justifikasinya, dst).
    .
    Yang begini hasilnya cuma memicu emosi orang lain. Dan jelas tidak ada manfaatnya.

  10. @Wibisono – betul, saya juga cukup sering ketemu yang model begini. Secara rasional saja berbagai pendapat mereka bisa dengan mudah di debunk, karena memang secara fakta sejarah saja sering keliru 🙂
    .
    Tapi kasihan juga sih, kadang mereka berpendapat demikian karena terpengaruh kawan / lingkungannya saja.
    Kalau kemudian kita bisa menjelaskan dengan baik-baik, kadang mereka bisa menerima dan memahami yang kita sampaikan tersebut dengan baik.

  11. @Empat Mata – FPI itu pelangi lho 🙂
    .
    Di dalam FPI ternyata ada yang dari ekstrim super keras, sampai ke yang moderat. Ada semuanya di FPI.
    .
    Habieb Rizieq sendiri setahu saya cukup tinggi toleransinya untuk soal non-akidah. Misalnya, beliau tidak terlalu ambil pusing soal qunut, jumlah azan pada sholat Jumat, dst. Pada urusan khilafiah tsb, beliau tidak mempermasalahkannya sama sekali.
    .
    Tapi, yang super ekstrim keras pun juga ada di FPI. Nah, ini yang sering jadi makanan empuk media massa 🙂 eh atau 🙁
    .
    Bahkan ketika FPI membela masyarakat pun tetap saja kena fitnah juga di media.
    Contoh; suatu hari pernah FPI membabat preman-preman yang sering meresahkan warga di suatu daerah. Keesokan harinya muncul berita di koran “FPI bentrok dengan warga”.
    .
    Sedapp…. 🙂
    .
    Anyway, dengan kawan-kawan di FPI saya selalu coba memberikan masukan-masukan. Memang pada saat ini sepertinya yang ekstrim keras ini sedang diatas angin di struktur internal FPI. Mudah-mudahan bisa berubah menjadi lebih baik lagi di masa depan.

  12. @sutomo – wsww, kalau boleh tahu nama / alamat milisnya, nanti saya coba ikutan urun rembuk juga. Terimakasih.

  13. Salut dengan mas Harry yang masih punya energi untuk debat soal agama. Saya sendiri terus terang sekarang sudah tidak berminat lagi dg debat agama/sekte. Kapok! 😀

  14. Eh, kalau debat biasanya saya juga mundur. Males, cuma menghabis-habiskan waktu saja.
    .
    Tapi kalau bisa berdiskusi, nah biasanya selalu ada sesuatu yang baru & bermanfaat yang bisa saya dapatkan dari situ.
    .
    Sekitar 3 tahun yang lalu saya berdiskusi di forum milik para Atheis 🙂
    Alhamdulillah, sampai sekarang saya masih terus merasakan manfaatnya.

  15. @kang harry,
    boleh dong di share hasil diskusi di forum atheisnya? 😀 siapa tahu ada manfaatnya jg buat yang lain.

    Baca email di atas, ngeri juga … soalnya banyak ‘hole’-nya juga, yang sesungguhnya bisa jadi boomerang buat yang bikin ntu email ;))

  16. @Donny – hasilnya adalah hal-hal seperti cara berpikir kritis, penambahan wawasan, pelajaran tentang tenggang rasa & cara berdiskusi yang baik, latihan menahan emosi & ego 🙂 dll.
    .
    Iya, saya sampai geleng-geleng kepala juga membaca email itu. Kok bisa pede mencaci maki agama orang lain, padahal logikanya kacau balau tidak keruan begitu.

  17. halo lagi Bang….met puasa yah 🙂
    .
    sepertinya banyak orang yang mencari kesenangan melalui debat emosional, zealot, bullying orang lain yang berbeda pendapat dengan mereka dengan cara menyebarkan hinaan dan fitnah melalui blog, forum, milis, dll. zealot gini ada di tiap agama katanya, kalo udah ketemu orang kaya gini biasanya yonna menghindar, pura2 sibuk, pura2 nerima telpon, sms, atau kalo udah kejebak banget cuma bisa dzikir dalam hati baca ta’awudz deh, abis kelakuannya kaya setan sih?! 🙂
    .
    I’ve met people like this, and at the end i would like to say with smile to them “Bagimu Pendapatmu, Bagiku Pendapatku” peace wae lah hehe.

  18. @Yonna – iya, panasan sekali, dan jadinya cenderung membuat kita ikut-ikutan gerah juga 🙂
    .
    Yang di milis Muslim_BintaroJaya_BSD@yahoogroups.com itu langsung ketahuan ternyata para anggota pro Syiah nya adalah orang yang sama 🙂 tapi posting dengan menggunakan identitas yang berbeda-beda.
    .
    Alamak, dan posting-postingnya juga cukup provokatif. Jadi sepertinya belum kesampaian tujuan saya untuk bisa berdiskusi disitu.

  19. Hehehe… jadi ajang SARA nih, tapi begitulah kalau kita dah yakin bener dengan agama kita. Kalau semua agama benar, napa cuman punya agama satu, napa gak semuanya aja?! 😉

  20. ini saya dapet juga dari milis tetangga..kalo dibaca ramalanya sih harusnya bakal kejadian sekitar taun 2200 -2300an….apa ini termasuk kategori zealot juga ya mas..

    RAMALAN SABDA PALON NAYA GENGGONG
    Terjemahan bebas bahasa Indonesia

    1. Ingatlah kepada kisah lama yang ditulis di dalam buku babad tentang negara Mojopahit. Waktu itu Sang Prabu Brawijaya mengadakan pertemuan dengan Sunan Kalijaga didampingi oleh Punakawannya yang bernama Sabda Palon Naya Genggong.

    2. Prabu Brawijaya berkata lemah lembut kepada punakawannya: “Sabda-Palon sekarang saya sudah menjadi Islam. Bagaimanakah kamu? Lebih baik ikut Islam sekali, sebuah agama suci dan baik.”

    3. Sabda Palon menjawab kasar: “Hamba tak mau masuk Islam Sang Prabu, sebab saya ini raja serta pembesar Dah Hyang se tanah Jawa. Saya ini yang membantu anak cucu serta para raja di tanah jawa. Sudah di garis kita harus berpisah.

    4. Berpisah dengan Sang Prabu kembali ke asal mula saya. Namun Sang Prabu kami mohon dicatat. Kelak setelah 500 tahun saya akan mengganti agama Buda lagi, saya sebar seluruh tanah Jawa.

    5. Bila ada yang tidak mau memakai, akan saya hancurkan. Menjadi makanan jin setan dan lain-lainnya. Belum legalah hati saya bila belu saya hancur leburkan. Saya akan membuat tanda akan datangnya kata-kata saya ini. Bila kelak Gunung Merapi meletus dan memuntahkan laharnya.

    6. Lahar tersebut mengalir ke barat daya. Baunya tidak sedap. Itulah pertanda kalau saya datang. Sudah mulai menyebarkan agama Buda. Kelak Merapi akan bergelegar. Itu sudah menjadi takdir Hyang Widi bahwa segalanya harus bergantian. Tidak dapat bila diubah lagi.

    7. Kelak waktunya paling sengsara di tanah Jawa ini pada tahun: Lawon Sapta Ngesthi Aji. Umpama seorang menyeberang sungai sudah datang di tengah-tengah. Tiba-tiba sungainya banjir besar, dalamnya menghanyutkan manusia sehingga banyak yang meninggal dunia.

    8. Bahaya yang mendatangi tersebar seluruh tanah Jawa. Itu sudah kehendak Tuhan tidak mungkin disingkiri lagi. Sebab dunia ini ada ditanganNya. Hal tersebut sebagai bukti bahwa sebenarnya dunia ini ada yang membuatnya.

    9. Bermacam-macam bahaya yang membuat tanah Jawa rusak. Orang yang bekerja hasilnya tidak mencukupi. Para priyayi banyak yang susah hatinya. Saudagar selalu menderita rugi. Orang bekerja hasilnya tidak seberapa. Orang tanipun demikian juga. Penghasilannya banyak yang hilang di hutan.

    10. Bumi sudah berkurang hasilnya. Banyak hama yang menyerang. Kayupun banyak yang hilang dicuri. Timbullah kerusakan hebat sebab orang berebutan. Benar-benar rusak moral manusia. Bila hujan gerimis banyak maling tapi siang hari banyak begal.

    11. Manusia bingung dengan sendirinya sebab rebutan mencari makan. Mereka tidak mengingat aturan negara sebab tidak tahan menahan keroncongannya perut. Hal tersebut berjalan disusul datangnya musibah pagebluk yang luar biasa. Penyakit tersebar merata di tanah Jawa. Bagaikan pagi sakit sorenya telah meninggal dunia.

    12. Bahaya penyakit luar biasa. Di sana-sini banyak orang mati. Hujan tidak tepat waktunya. Angin besar menerjang sehingga pohon-pohon roboh semuanya. Sungai meluap banjir sehingga bila dilihat persis lautan pasang.

    13. Seperti lautan meluap airnya naik ke daratan. Merusakkan kanan kiri. Kayu-kayu banyak yang hanyut. Yang hidup di pinggir sungai terbawa sampai ke laut. Batu-batu besarpun terhanyut dengan gemuruh suaranya.

    14. Gunung-gunung besar bergelegar menakutkan. Lahar meluap ke kanan serta ke kiri sehingga menghancurkan desa dan hutan. Manusia banyak yang meninggal sedangkan kerbau dan sapi habis sama sekali. Hancur lebur tidak ada yang tertinggal sedikitpun.

    15. Gempa bumi tujuh kali sehari, sehingga membuat susahnya manusia. Tanahpun menganga. Muncullah brekasakan yang menyeret manusia ke dalam tanah. Manusia-manusia mengaduh di sana-sini, banyak yang sakit. Penyakitpun rupa-rupa. Banyak yang tidak dapat sembuh. Kebanyakan mereka meninggal dunia.

    16. Demikianlah kata-kata Sabda Palon yang segea menghilang sebentar tidak tampak lagi diriya. Kembali ke alamnya. Prabu Brawijaya tertegun sejenak. Sama sekali tidak dapat berbicara. Hatinya kecewa sekali dan merasa salah. Namun bagaimana lagi, segala itu sudah menjadi kodrat yang tidak mungkin diubahnya lagi.

  21. iya pak hari, berkat debat wawasan jadi kritis, menguji kesabaran, belajar literatur jadi cepet nangkep karena sesuatu masalah yang lagi diperbincangkan. Cuman energy yang terkuras cukup banyak..soalnya langsung pake mobil F1, bukan sepeda onthel lagi ngejarnya..

  22. saya juga mendapatkan spam seperti itu mas. sudah dimasukkan daftar spam dia ganti pake email laen. daripada pusing langsung delete aja. sudah males ngurusinnya.

  23. Buat rekan2 aktivis apapun dlm organisasi islam, selama misi perjuangannya menegakkan kebenaran dan memberantas kemungkaran dg cara-cara yang elegan dan simpatik, saya pikir oke-oke saja. Tapi tekadang sayang pembelokan informasi yg sesungguhnya oleh media2 malah menimbulkan kesan pencitraan yg keliru dan informasinya bias. Harus ada PR yg bisa menyeimbangkan informasi dari 2 pihak’ Kalau tidak balance seperti kasus FPI di Monas tempo hari. Akhirnya image negatif-lah yg lebih banyak terdengar ke masyarakat terhadap perjuangan rekan2 FPI.

  24. ———–
    mfajrinet
    September 1st, 2008 12:27

    Hehehe… jadi ajang SARA nih, tapi begitulah kalau kita dah yakin bener dengan agama kita. Kalau semua agama benar, napa cuman punya agama satu, napa gak semuanya aja?! 😉
    —————————————————————————

    mnurut sya kurang “bijaksana”, klo punya agama lbih dri satu. pemahaman “semua agama itu benar” itu sma aja dengan pikiran seorang atheis.

    klo anda seorang muslim, yakinlah bahwa islam lebih baik dari yg laen. dan silahkan jga klo anda seorang kristen, budha, katolik atau hindu. anda bebas katakan agama anda lebih baik dari yg laen. daripada anda berpaham “semua agama itu benar”

    asal satu hal yg harus dipegang: “toleransi beragama”. ini beda sm paham “semua agama itu benar”

    bang sami’un

  25. Sebenarnya yang ditulis si X itu bukan berda’wah, tetapi lebih menunjukkan ke-ego-annya saja. Saya yakin kalau diajak ber-“diskusi” secara logis dijamin dia tidak akan menerima. Yah, ini sih bukan masalah zealot kayaknya tapi masalah kekerasankepala yang bersangkutan.
    Yang begini mah diajak main logika trus dihajar deh cara berpikirnya…

  26. @tazlucu – Saya yakin kalau diajak ber-”diskusi” secara logis dijamin dia tidak akan menerima.
    .
    si X itu saya ajak berdialog lho, saya ngobrol saja baik-baik. Ternyata ybs sepertinya bisa menerima argumentasi saya. 🙂
    Alhamdulillah.
    .
    Memang seringkali “cara” itu lebih penting daripada “content”.
    .
    Karena itu juga banyak penipu yang sukses menipu orang lain 🙁 walaupun para penipu itu berjualan (“isi”) nya adalah pepesan kosong, namun karena “cara” nya memikat – akhirnya banyak yang percaya, dan menjadi korban.
    .
    Anyway, satu lagi pelajaran bagi saya, bahwa dalam berdakwah itu kita harus betul-betul memperhatikan “cara”-nya.

  27. Syukur deh klo ketemu Si X yang begitu. Ga ada masalah kalau kita menerangkan dengan santun. Tapi lain cerita kalau ketemu si X yang logika dan daya nalarnya hancur, dikasih tahu baik2 malah ngeles….

  28. Syukur kalo gitu si X bisa diajak diskusi baik2. Yang susah kalau jumpa si X yang pendapatnya ngawur, logikanya jungkir balik, diterangin baik2 malah ngeles.

  29. kagum sama pak harry.
    ada tenaganya untuk mbuat / nyantumin plus ngerespon isu2 tentang agama ini.
    Salut lah
    Semoga diberi kekuatan oleh Allah SWT untuk menjadi salah satu penegak agama Allah. Jihad fi sabilillah.
    Amiin.

    kapan2 kontak lagi , pak

  30. Kalo sudah bicara soal SARA, ga boleh pake emosi. Itu adalah masalah kepercayaan, dan kita seharusnya saling tolerasi. Tidak bole saling menjelek2xan. Tidak ada gunanya.

  31. Mas Harry,
    Ada yang menggelitik….
    Menurut anda apakah tindakan Nabi Ibrahim AS menghancurkan berhala2 di Babilonia jaman King Nimrod dapat dikategorikan tindakan Zealots?

    Bagi pihak Nimrod pasti tindakan Ibrahim AS ini adalah tindakan anarkis, egois dan zealots, tapi bagi Ibrahim ini adalah rasa sayang beliau kepada kaumnya agar tidak berlarut2 dalam kesesatan

    Bahkan Tuhan Semesta Alam memuji Beliau AS atas tindakannya.

  32. @fey – haha…. menarik. 🙂
    .
    Saya lihat itu semata-mata karena darah muda beliau yang menggelegak saja, melihat bagaimana kaumnya terbutakan oleh “tradisi nenek moyang”, padahal sudah dibuktikan kekeliruannya oleh beliau.
    .
    Jika beliau ketika itu sudah agar dewasa, mungkin kisah itu tidak akan terjadi 🙂

  33. membahas agama terlihat terlalu sensitif..
    krn pada dasarnya hanya ada satu dasar. IMAn.

    klo seseorang dasar yg paling dasar hatinya sudah berbeda. Ga ada gunanya utk didebatkan mana yg betul ato salah. ga ada habisnya. pasti ada sangkalan,.
    CUma utk menjaga kerukunan dibangsa Indonesia tercintaku ini. MAri kita saling menghormati aja. Simpel kan.

  34. Wah, kalau gitu Abu Dzar zealots abis ya? Begitu masuk Islam beliau langsung teriak-teriak ngajakin Islam di depan Ka’bah… dan dipukulin sampai babak belur…. (kasihan atau menakjubkan ya?). Sikapnya tidak berubah sampai akhir hayatnya… dan dijamin masuk surga! Mau deh jadi zealots seperti itu sih 😀
    Menurut saya, untuk menerapkan suatu istilah pada seseorang ataupun organisasi kita harus hati-hati. Karena setiap istilah muncul berdasarkan konteks dan latar belakang tertentu. Kasus nabi Ibrahim dan Abu Dzar adalah sekedar contoh. 😀
    Contoh lain yang lebih ekstrim adalah kasus bom bunuh diri di hotel mariot, tentu tidak sama dengan bom bunuh diri para mujahidin Palestina dan kasus Mochamad Toha pahlawan kita dari Bandung Selatan. Wallahu a’lam.

  35. @Gamat – Apakah Abu Dzar mencaci maki dan menghina seperti contoh di artikel ini? Saya rasa tidak, dan seperti Anda katakan sendiri, “…ngajakin Islam”. Bukan menghina atau mencaci maki kan ?
    .
    Ini bukan zealot. Ini adalah ghirah, semangat beragama yang positif.
    .
    Zealotry dan ghirah itu berbeda total.
    Bagaikan siang dan malam 🙂

  36. sekarang malah ada email spaming yang awalnya bagus berdakwah menjauhi terorisme karena bukan ajaran islam katanya, tapi anehnya di akhir email dia malah mengajak membuat blog yg baik dan benar terus di bawahnya beberapa link punya dia agar di klik… aneh2 aja cara orang ya…. 🙂

  37. Boleh dibilang senua aqam tu “egois” dalam artian semu agama bilang/berkata: kamilah satu-satunya jalan keselamatan, satu-satunya jalan kesalamatan, jadilah pengikut kami maka engkau akan selamat dunia akhirat,
    Boleh dibilang semua agama(terutama agama Ibrahimic(Jews,kristen,Isklam), punya doktrin seperti itu..
    Nak yang jadi masalah dengan dokrin seperti itu ada oknum-oknum pengikut agama yang merendahkan orang-orang diluarnya
    saya muslim, apa saya bakal masuk surga, apa temen2 saya yang kristen, hindu budha bakal masuk neraka?
    Woulohualam bisahab (hanya ALLAH yang tau)

  38. kalau boleh saya membayangkan…

    Tuhan (apapun kita menyebutnya), sedih tidak ya, melihat semua manusia ciptaaNya saling curiga….

    ….pasti Beliau akan senang sekali melihat semua orang saling akur…

  39. saya kalo ketemu orang seperti itu akan merasa malu sama diri sendiri…karena saya pun belum tentu sebaik dirinya

  40. saya ingin menanggapi yang “telur sama ayam”, kalo berdasarkan teori darwin, pertanyaan yg benar bukan dulu mana antara ayam dan telur, tapi dulu mana antara telur ayam dan telur dinosaurus, hehehe…

  41. memang kita harus mengembangkan kepercayaan yang dalam dalam keyakinan kita, tapi kita jangan sampai fanatik dan extrim, dengan kepercayayn kita, sehingga berlebihan dalam hidup melalui cara yang tidak sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku

  42. Paham seperti ini memang berbahaya, karena merasa benar sendiri tanpa mempedulikan keberadaan orang lain. Bukannya menjaga persatuan dan kesatuan itu wajib?

  43. justru kasihan agama orang yang melakukan pelecehan agama karena bisa membuat pandangan buruk. belum lagi kalau dilaporkan ke polisi orang yang membuat email spam tersebut bisa kena hukuman penjara dan Tuhan serta pemuka agama dia sekalipun tidak akan menolong dia sama sekali.

  44. Saya mengaku, saya tidak mengunjungi website ini dalam waktu lama karena blog saya, namun itu menyenangkan lain untuk melihat seperti subjek yang signifikan pada jarak jauh berjalan dan aku berterima kasih untuk membuat orang lebih perhatian pada isu-isu yang mungkin

  45. akan jauh lebih indah damai dan tenang bila hidup saling berdampingan dengan kepercayaan kita masing-masing daripada menjadi pahlawan kesiangan yg justru membuat suasana keterpurukan yg tidak menentu….Tuhan mencintai semua umatnya tidak terkecuali…

  46. Fanatik boleh2 saja asalkan jangan fanatik sempit yang berpikiran bahwa hanya dirinya yang baik. Terima kasih utk artikel yg menarik ini.

  47. Pingback: jaket kulit
  48. wah.. parah juga..
    menurut saya, kebenaran ada perlunya untuk disebarluaskan. Itu merupakan hal doktrin.
    tapi juga harus diikuti dengan etika. Seoapn tanpa menyinggung yang lain

  49. totomidas, toto midas, midas, Deposit Pulsa Totomidas, Depo Cepat Totomidas, Bonus Deposit Totomidas, Tanpa Deposit Totomidas, Demo Tanpa Deposit Totomidas, Botemtogel Totomidas, Tembus Togel Totomidas, Pamantogel Totomidas, bandar jaya togel totomidas, shio togel 2023 totomidas, daya4d totomidas, yowestogel totomidas, yotogel totomidas, popotogel totomidas, ohtogel totomidas, asian4d totomidas, haotogel totomidas, javtogel totomidas, kebaya4d totomidas, sikat88 totomidas, semarjitu totomidas, tumi123 totomidas, limatogel totomidas, meme4d totomidas, koin138 totomidas, indratogel totomidas, nana4d totomidas, pedetogel totomidas, ratutogel totomidas , linitoto totomidas, taringbet totomidas, gonang togel totomidas, dunia777 totomidas, datamacau2023 totomidas, kediritoto totomidas, seributoto totomidas, mastertoto totomidas, togel279 totomidas, ulartoto totomidas, kartutoto totomidas, sumbartoto totomidas, nadimtogel totomidas, ceri123 totomidas, sakautoto totomidas, lektoto totomidas, marettoto totomidas, patihtoto totomidas, persiktoto totomidas, congtogel totomidas, hoki777 totomidas, mentol 4d totomidas, sorongtoto totomidas, datatogel totomidas, langit 69 slot totomidas, unyil4d totomidas, fairtoto totomidas, lampiontogel totomidas, bingo89 totomidas, jitutoto totomidas, totomidas, totomidas, toto 2D, toto 3D, toto 4D, togel, toto, totomidas, totomidas, keluaran togel harian, SYD Sydney Totomidas, Togel HK Totomidas, SGP Singapore Totomidas, Paling Gacor Totomidas, Sosial Media Totomidas, Situs Togel Totomidas, hk totomidas, sgp totomidas, prediksi togel, kode alam, keluaran totomidas, cam totomidas, keluaran hari ini, agen togel, togel cepat dan lengkap, jajan togel, totomidas salam togel, totomidas paman togel, singapore hongkong sidney, login totomidas, daftar totomidas, paus toto, aplikasi toto dan togel, aplikasi primbon, SGP HK MC, HK Live Draw, Bandar Darat, agen toto, game toto, game togel, jamu totomidas, jp paus, nadim togel totomidas, jebol togel totomidas, luna togel totomidas, dingdong togel totomidas, yok togel totomidas, ratu togel totomidas, opal togel keluaran totomidas, yowes togel sgp totomidas, tv togel hk totomidas, abu togel syd totomidas, partai togel totomidas, opal togel totomidas, yowes togel sgp totomidas, tv togel hk totomidas, abu togel keluaran totomidas, raja togel totomidas, togel on totomidas, dolan togel totomidas, togel macau keluaran totomidas, woles togel totomidas, shio togel hk totomidas, royal togel update totomidas, alexis togel keluaran totomidas, togel cc totomidas, pintu togel keluaran totomidas, togel totomidas, kapal togel totomidas, maria togel totomidas, togel kamboja totomidas, dota togel totomidas, shio togel 2023 totomidas, oh togel totomidas, pt togel macau totomidas, dul togel totomidas, togel taiwan totomidas, zia togel totomidas, dewa togel midas, togel hongkong live totomidas, misteri togel totomidas, magnum togel totomidas, ina togel totomidas, cong togel totomidas, kepri togel totomidas, togel timur sgp totomidas, elite togel totomidas, edm togel totomidas, jago togel totomidas, bandar jaya togel totomidas, asus togel totomidas, wni togel sgp totomidas, on togel hk sgp totomidas, kubu togel cam totomidas, space togel totomidas, best togel totomidas, ngamen togel totomidas, good togel totomidas, chu togel totomidas, asia togel totomidas, joni togel totomidas, jebol togel login totomidas, sedap togel totomidas, tiktak togel totomidas, pentas togel totomidas, macau togel totomidas, al togel totomidas, villa togel totomidas, ktv togel totomidas, pub togel totomidas, togel 279 totomidas, togel barat totomidas, robin togel totomidas, gua togel totomidas, togel sidñey hari ini totomidas, keluaran semua togel hari ini totomidas, macan togel totomidas, peduli togel totomidas, irama togel totomidas, afc togel totomidas, pakde togel totomidas, ojol togel totomidas, putu togel totomidas, gas togel totomidas, mitra togel totomidas, asep togel totomidas, togel 178 totomidas, togel sydnèy hari ini totomidas, shio togel 2022 totomidas, kota togel totomidas, togel singapura totomidas, vespa togel totomidas, iwan togel totomidas, home togel totomidas, mulan togel totomidas, gta togel totomidas, pt partai togel totomidas, togel macau hari ini keluar totomidas, gerai togel totomidas, aries togel totomidas, gold togel totomidas, javtogel togel totomidas, data togel macau totomidas, hao togel totomidas, taysen togel totomidas, situs togel 88 totomidas, bandar jaya togel totomidas, shio togel 2023 totomidas, daya4d totomidas, yowestogel totomidas, yotogel totomidas, popotogel totomidas, ohtogel totomidas, asian4d totomidas, haotogel totomidas, javtogel totomidas, kebaya4d totomidas, sikat88 totomidas, semarjitu totomidas, tumi123 totomidas, limatogel totomidas, meme4d totomidas, koin138 totomidas, indratogel totomidas, nana4d totomidas, pedetogel totomidas, ratutogel totomidas , linitoto totomidas, taringbet totomidas, dunia777 totomidas, datamacau2023 totomidas, kediritoto totomidas, seributoto totomidas, mastertoto totomidas, togel279 totomidas, ulartoto totomidas, kartutoto totomidas, sumbartoto totomidas, nadimtogel totomidas, ceri123 totomidas, sakautoto totomidas, lektoto totomidas, marettoto totomidas, patihtoto totomidas, persiktoto totomidas, congtogel totomidas, hoki777 totomidas, mentol 4d totomidas, sorongtoto totomidas, datatogel totomidas, langit 69 slot totomidas, unyil4d totomidas, fairtoto totomidas, lampiontogel totomidas, bingo89 totomidas, jitutoto totomidas, raja cuan totomidas, super cuan 88 totomidas, pusat cuan slot totomidas, halo cuan 98 totomidas, 69 cuan totomidas, matahari88 cuan totomidas, togel4d cuan totomidas, togel 4d cuan totomidas, nyonya cuan 303 totomidas, cari cuan online totomidas, game cuan totomidas, cuan slot 138 totomidas, cuan online totomidas, pusat cuan login totomidas, cuan web totomidas, gg cuan totomidas, cuan 69 totomidas, super cuan 889 totomidas, cuan toto wap totomidas, cari cuan lewat hp totomidas, saham cuan hari ini totomidas, panda cuan 88 totomidas, aplikasi penghasil cuan totomidas, cuan 4d totomidas, game penghasil cuan totomidas, cara dapat cuan di tiktok totomidas, cara cari cuan di tiktok totomidas, hobi cuan login totomidas, cara dapat cuan totomidas, cara mendapatkan cuan di tiktok totomidas, penghasil cuan totomidas, cuan dari internet totomidas, sky77 cuan totomidas, cuan toto slot totomidas, cari cuan tanpa modal totomidas, apk cuan dana totomidas, cara mendapatkan cuan totomidas, cuan online tanpa modal totomidas, bayan cuan slot totomidas, cuap cuap cuan totomidas, web cuan totomidas, cara cari cuan di hp totomidas, situs cuan totomidas, cari cuan di internet totomidas, cara mendapat cuan dari tiktok totomidas, cara cuan di tiktok totomidas, cara cari cuan totomidas, ide cuan totomidas, situs slot cuan totomidas, link cuan gratis totomidas, cara mendapatkan cuan dari tiktok totomidas, cara mendapat cuan totomidas, cuan dari tiktok totomidas, cara cuan dari internet totomidas, tarik4d cuan totomidas, untung pasti cuan totomidas, cara dapat cuan dari tiktok totomidas, cari cuan 88 totomidas, cuan di internet totomidas, cari cuan lewat internet totomidas, cuan toto web totomidas, mencari cuan totomidas, website cuan totomidas, cara mencari cuan di internet totomidas, mencari cuan di internet totomidas, cuan dari hp totomidas, cara mencari cuan di tiktok totomidas, cari cuan online tanpa modal totomidas, cara cari cuan di internet totomidas, cincai cuan cengli totomidas, ide pasti cuan totomidas, cara cuan totomidas, cara menghasilkan cuan totomidas, cara mendapatkan cuan di internet totomidas, cengli cincai cuan totomidas, cuan travel lampung totomidas, dapat cuan dari tiktok totomidas, cuan store top up ml totomidas, istana cuan login totomidas, cuan cengli cincai totomidas, cuan cuan 303 totomidas, dapat cuan online totomidas, cara mencari cuan totomidas, judi cuan totomidas, cuan internet totomidas, cuan adalh totomidas, app penghasil cuan totomidas, cara dapat cuan online totomidas, cuan toto wap login totomidas, roma4d cuan totomidas, apk cuan terbaru totomidas, dapat cuan totomidas, cara dapet cuan totomidas, cuan tanpa modal totomidas, cara mendapatkan cuan di hp totomidas, cari cuan dari internet totomidas, wap cuan totomidas, aplikasi cuan terbaru totomidas, qq1221 cuan totomidas, arti cincai cuan cengli totomidas, apa itu deposit totomidas, minimal deposit 5000 totomidas, deposit minimal 5000 totomidas, deposit pulsa 5000 totomidas, no deposit bonus totomidas, mpo777 deposit 10rb totomidas, apa arti deposit totomidas, minimal deposit 1rb totomidas, minimal deposit 1k totomidas, deposit pulsa smartfren totomidas, uang deposit adalah totomidas, link deposit 5000 totomidas, deposit pulsa im3 totomidas, deposit minimal 1000 totomidas, deposit qris 5000 totomidas, deposit 5000 dana totomidas, deposit 5000 togel totomidas, deposit via qris totomidas, pkv deposit 5000 totomidas, cantikqq login deposit totomidas, deposit pulsa 5rb totomidas, deposit pakai shopeepay totomidas, deposit pakai qris totomidas, igamble247 deposit online totomidas, game tanpa deposit totomidas, batman toto deposit totomidas, deposit box bca totomidas, bonus no deposit totomidas, freebet no deposit totomidas, situs deposit qris totomidas, agen 5758 deposit totomidas, minimal deposit fbs totomidas, deposit pakai seabank totomidas, megawin188 deposit dana totomidas, game deposit 5000 totomidas, exness minimum deposit totomidas, no deposit bonuses totomidas, ludo deposit dana totomidas, freechip no deposit totomidas, biaya deposit adalah totomidas, cara deposit fasapay.co.id totomidas, dewavegas net deposit totomidas, deposit 5000 pulsa totomidas, cara deposit vava4d totomidas, pkv deposit dana totomidas, ngamen jitu deposit totomidas, deposit garansi kekalahan totomidas, pkv deposit pulsa totomidas, deposit bonus forex totomidas, deposit via paypal totomidas, kartu deposit adalah totomidas, bosslot168 deposit pulsa totomidas, cara deposit kaisar888 totomidas, bo deposit shopeepay totomidas, minimal deposit bca totomidas, forex deposit bonus totomidas, pkv deposit 1000 totomidas, deposit pulsa adalah totomidas, minimal deposit ajaib88 totomidas, binary tanpa deposit totomidas, sky777 deposit pulsa totomidas, trading no deposit totomidas, fbs minimum deposit totomidas, cara deposit paypal totomidas, deposit pakai paypal totomidas, deposit shopeepay 5000 totomidas, no deposit forex totomidas, octafx minimum deposit totomidas, pengertian deposit uang totomidas, pepperstone minimum deposit totomidas, qq deposit dana totomidas, oanda minimum deposit totomidas, selot deposit 5000 totomidas, forex no deposit totomidas, mpo deposit qris totomidas, togel deposit shopeepay totomidas, deposit higgs domino totomidas, minimal deposit hsb totomidas, tembak ikan deposit totomidas, minimum deposit fbs totomidas, nusaplay deposit pulsa totomidas, deposit bca minimal totomidas, maksud dari deposit totomidas, sky77 deposit pulsa totomidas, payid deposit casino totomidas, minimal deposit pintu totomidas, qqslot deposit pulsa totomidas, deposit 100% totomidas, payid deposit pokies totomidas, higgs domino deposit totomidas, vegas88 deposit pulsa totomidas, poker deposit 10rb totomidas, free deposit forex totomidas, minimum deposit pepperstone totomidas, broker tanpa deposit totomidas, domino deposit pulsa totomidas, game deposit uang totomidas, ludo online deposit totomidas, cara deposit pulsa totomidas, ratu303 deposit pulsa totomidas, hoki slot totomidas, sangat hoki totomidas, hoki totomidas, spin hoki 88 totomidas, si hoki totomidas, wow hoki slot totomidas, slot hoki asia totomidas, twslive hoki totomidas, hoki vip slot totomidas, hoki turbo totomidas, kampung hoki totomidas, hoki togel totomidas, togel hoki totomidas, togel hoki 8 totomidas, pas hoki slot totomidas, hoki 138 totomidas, hoki adalah totomidas, rtp sang hoki totomidas, anda hoki totomidas, jam hoki main slot pragmatic hari ini totomidas, hoki 88 totomidas, hoki slot88 totomidas, mpo hoki totomidas, hoki slot 88 totomidas, 4d hoki totomidas, takuro hoki totomidas, dewa hoki slot totomidas, hoki 311 totomidas, receh hoki totomidas, tws live hoki totomidas, hoki artinya totomidas, hoki slot 369 totomidas, arti hoki totomidas, hoki togel 8 totomidas, apa itu hoki totomidas, hoki jos totomidas, raja hoki 899 totomidas, hoki win77 totomidas, 1121 slot hoki totomidas, hoki slot 77 totomidas, sang hoki slot login totomidas, jam hoki main slot hari ini totomidas, pp hoki totomidas, aura hoki slot totomidas, hoki caraka totomidas, hoki 188bet totomidas, wew hoki totomidas, hoki 29 login totomidas, hoki games totomidas, sang hoki rtp totomidas, hoki 777 login totomidas, sangat hoki com totomidas, mpo303 hoki totomidas, pasti hoki slot totomidas, king hoki totomidas, bet hoki totomidas, hoki togel 4d totomidas, dora hoki toto totomidas, 777 hoki totomidas, wow hoki slot login totomidas, bintang hoki 4d totomidas, hoki aries hari ini totomidas, hoki 805 totomidas, lapak hoki 88 slot totomidas, prediksi cambodia master hoki totomidas, vegas hoki totomidas, pas hoki 88 totomidas, asia hoki 88 totomidas, pas hoki. top totomidas, qq hoki totomidas, lapak hoki 88 login totomidas, hoki alexistogel totomidas, hoki judi totomidas, hoki gacor totomidas, pas hoki top totomidas, hoki slot365 totomidas, gudang hoki 88 totomidas, 1 hoki vip totomidas, 29 hoki link alternatif totomidas, lapak hoki 888 totomidas, hoki 188 totomidas, hoki raja login totomidas, qq hoki slot totomidas, hoki qq totomidas, sang hoki 88 totomidas, i hoki bet totomidas, bd hoki totomidas, asian hoki totomidas, bibit4d hoki totomidas, bulantogel hoki totomidas, hoki bet totomidas, hoki login totomidas, hoki itu apa totomidas, hoki 88 cek totomidas, slot29 hoki totomidas, dream hoki totomidas, hoki 633 login totomidas, janji hoki totomidas, hoki hoki slot totomidas, hoki artinya apa totomidas, keluaran taiwan totomidas, keluaran kamboja totomidas, keluaran macau 5d totomidas, keluaran kamboja hari ini totomidas, keluaran sydney 6d totomidas, keluaran japan totomidas, keluaran jepang totomidas, data keluaran taiwan totomidas, keluaran kamboja tercepat totomidas, keluaran toto macau 5d totomidas, data keluaran cambodia totomidas, keluaran cambodia totomidas, keluaran china totomidas, data keluaran china totomidas, data keluaran hk 6d totomidas, keluaran kl hari ini totomidas, angka keluaran kamboja totomidas, keluaran china hari ini totomidas, keluaran cambodia hari ini totomidas, keluaran korea totomidas, keluaran hk 6d totomidas, keluaran 5d toto macau totomidas, data keluaran kamboja totomidas, data keluaran macau 5d totomidas, keluaran togel china totomidas, keluaran kbj totomidas, data keluaran kamboja hari ini totomidas, data keluaran jepang totomidas, keluaran japan hari ini totomidas, keluaran 5d macau totomidas, keluaran hk 6 digit totomidas, hasil keluaran kamboja totomidas, keluaran togel kamboja hari ini totomidas, keluaran hk 6 angka totomidas, data keluaran sydney 6d totomidas, keluaran togel jepang totomidas, keluaran sydney 6d hari ini totomidas, keluaran angka kamboja totomidas, keluaran macau jam 10 totomidas, keluaran sgp 49 togel master totomidas, keluaran kl sore totomidas, keluaran taipei totomidas, keluaran kuda lari totomidas, keluaran cina totomidas, keluaran japan pools totomidas, keluaran kl semarang totomidas, keluaran korea hari ini totomidas, togel keluaran kamboja totomidas, keluaran hongkong 6d totomidas, keluaran jepang hari ini totomidas, keluaran sydney 6 angka totomidas, keluaran hk 6d paito totomidas, keluaran hk hari ini 6d totomidas, keluaran taiwan lengkap totomidas, keluaran toge? hk 6d totomidas, keluaran kl malam ini totomidas, togel kuda lari yang keluaran hari ini totomidas, keluaran cambodia tercepat totomidas, tabel keluaran cambodia totomidas, keluaran 6d sydney totomidas, data keluaran ttm totomidas, keluaran 6d sdy totomidas, keluaran cambodia live totomidas, keluaran bullseye totomidas, keluaran hk6d totomidas, xiaomi keluaran terbaru totomidas, nomor keluaran japan totomidas, keluaran sdy 6d totomidas, tabel keluaran taiwan totomidas, keluaran hk6 totomidas, keluaran togel cambodia totomidas, keluaran sdy prize 123 totomidas, keluaran shanghai pools totomidas, keluaran toto kl totomidas, keluaran toto 5d totomidas, keluaran beijing totomidas, keluaran china togel totomidas, keluaran burma totomidas, keluaran togel japan totomidas, keluaran pcso tercepat totomidas, samsung a04 keluaran tahun berapa totomidas, keluaran macau jam 4 totomidas, keluaran sydney 6 digit totomidas, keluaran cambodia lengkap totomidas, taiwan keluaran hari ini totomidas, data keluaran bullseye totomidas, yamaha keluaran terbaru totomidas, ip 11 keluaran tahun berapa totomidas, keluaran toto macau dewa togel totomidas, keluaran angka taiwan totomidas, poco keluaran terbaru totomidas, keluaran hk malam ini 6d totomidas, keluaran hongkong 6 angka totomidas, keluaran kamboja live totomidas, keluaran japan togel totomidas, keluaran kamboja kemarin totomidas, keluaran nomor taiwan totomidas, keluaran jakarta pools totomidas, keluaran angka kamboja hari ini totomidas, keluaran macau 5 d totomidas, ultraman nexus totomidas, lg nexus 5 totomidas, slot nexus totomidas, banteng merah nexus totomidas, bantengmerah nexus totomidas, ibosport nexus totomidas, gt nexus totomidas, situs nexus totomidas, slot nexus engine totomidas, google nexus community indonesia totomidas, link nexus totomidas, ultraman nexus ps2 totomidas, nexus toto totomidas, nexus games totomidas, slot nexus engine terbaru totomidas, kumpulan situs nexus totomidas, nexus 5 totomidas, slot nexus gacor totomidas, situs nexus engine totomidas, slot demo nexus totomidas, nexus pc bang totomidas, download ultraman nexus totomidas, server nexus totomidas, mega188 slot nexus totomidas, ultraman nexus ps2 iso totomidas, hp lg nexus 5 totomidas, lg nexus 5 harga totomidas, mega188 nexus totomidas, game ultraman nexus totomidas, lg nexus totomidas, madness project nexus totomidas, ultraman nexus ppsspp totomidas, tradecard gt nexus login totomidas, slot banteng merah nexus totomidas, slot server nexus totomidas, cheat ultraman nexus ps2 totomidas, skyrim se nexus totomidas, rtp nexus totomidas, nexus gates of olympus totomidas, skyrim nexus totomidas, kumpulan situs nexus engine totomidas, ultraman nexus psp totomidas, situs nexus slot totomidas, nexus cafe pc bang totomidas, banteng merah by nexus totomidas, rtp nexus engine totomidas, situs slot nexus totomidas, download ultraman nexus ppsspp totomidas, ps2 ultraman nexus japon playstation 2 totomidas, nexus meaning totomidas, link slot nexus totomidas, nexus login totomidas, bantengmerah by nexus totomidas, lg nexus 5 instagram login totomidas, dragon dogma nexus totomidas, nexus 88 totomidas, nexus slot 88 totomidas, infor nexus totomidas, gt nexus login totomidas, demo nexus gates of olympus totomidas, foto ultraman nexus totomidas, huawei nexus 6p totomidas, demo slot nexus gates of olympus totomidas, gambar ultraman nexus totomidas, nexus adalah totomidas, cdj 2000 nexus totomidas, slot nexus terbaik totomidas, ultraman nexus ps2 download totomidas, ibosport nexus login totomidas, nexus criteria totomidas, pemeran di ultraman nexus totomidas, nexus 6p totomidas, download game ultraman nexus totomidas, google nexus totomidas, scarlet nexus anime totomidas, nexus engine slot bonus 100 totomidas, nexus gacor totomidas, video ultraman cosmos vs ultraman nexus totomidas, download ultraman nexus ps2 totomidas, nexus-sg20 totomidas, lg nexus 5 adalah totomidas, huawei nexus 6p indonesia totomidas, slot nexus bonus 100 totomidas, download game ultraman nexus ppsspp totomidas, nexus 6 totomidas, spesifikasi nexus 6 totomidas, slot nexus terbaru totomidas, vantec mrk-401st-bk nexus ez totomidas, situs nexus engine slot totomidas, slot gacor nexus engine totomidas, nexus 5x totomidas, nexus sg20 totomidas, ultraman nexus iso totomidas, nexus 5 indonesia totomidas, download game ultraman nexus apk android totomidas, samsung galaxy nexus sc 04d totomidas, cdj 2000 nexus 2 totomidas, nexus warnet totomidas, spesifikasi lg nexus 4 totomidas, mega118 slot nexus totomidas, lilitogel totomidas, umitogel totomidas, link slot alternatif paling hoki totomidas, link alternatif login totomidas, totomidas link alternatif login, login link alternatif totomidas, deposit slot minimal pulsa 5000 totomidas, minimal deposit cashback totomidas, deposit pulsa cashback maxwin totomidas, slot freebet tanpa deposit totomidas, naga cuan hoki link alternatif totomidas, login slot link alternatif cuan totomidas

  50. Togel, Keluaran hari ini, Nadim Togel, SHIOTOGEL4D Togel, Jebol Togel, togel viral, Luna Togel, betogel login, Dingdong Togel, space togel, Yok Togel, Togel JP, Ratu Togel, Togelup, Partai Togel, Togel wap, Opal Togel, Togel 389, Yowes Togel, Togel Master Hk, TV Togel, Abu Togel, mobile togel, Raja Togel, togel kamboja live, Togel On, Togel Uno, Dolan Togel, togel korea, Togel Macau, Woles Togel, togel master sdy, Shio Togel, togel master sgp, Royal Togel, togel adalah, Alexis Togel, togel jawa, Togel CC, Pintu Togel, togel jitu, Kapal Togel, togel pcso, Maria Togel, togel filipina, Togel Kamboja, togel china live, Dota Togel, Pintu Togel, tstoto, bulbulTogel, totomaniac, Kepri Togel, totoakurat, Togel Kamboja, togel timur, Cara bermain togel, midas, hujan membawa cuan, berkah cuan hoki, banjir cuan link hoki, link alternatif banjir cuan, boytogel, boytogel, cuanramadhan, bocoran cuan, mbahtoto togel, kapan puasa togel, kapan puasa togel, togel cepat, bocoran togel, padi togel, ramadhan, cara hitung togel, rumus master, bisikantogel, trik licik menang togel, rahasia togel yang akan keluar, colok bebas paling jitu, bocoran bbfs malam ini, trik jitu tembus hk, bandot pasti bayar, paus bocoran bandot, cs 24 jam, depo via emoney, dibantu cs sampai maxwin, janji cs di bantu sampai jackpot, di pandu dari depo sampai wd, bocoran langsung dari agen , trik jitu menang bisikan bandot, situs baru pasti langsung menang, promo situs baru pasti cuan, togel apk anti blok, ramadhan, pasti hoki, bebas depo, togel hari ini, aratogel, aratogel, midas toto togel, bocoran pasti jp, marbuntogel, doblehtogel, doblehtogel, halotogel, tembus cuan, depo 5000 rupiah, cuan maxwin banjir hoki, Deposit Pulsa, Depo Cepat, Bonus Deposit, Tanpa Deposit, Demo Tanpa Deposit, lilitogel, Arti Hujan Menurut Shio Naga, Botemtogel, Hujan cuan hoki hari ini, Tembus Togel, apakah besok akan hujan cuan, ramalan cuaca togel, lapak hoki cari cuan, pasti cuan, cuan tanpa batas, link cuan tanpa batas, cheat cuan togel, regentogel, link togel slot, link alternative cuan, link cuan bebas deposit, link deposit pasti cuan, bulbultogel, cuan777, jaya 777 link, depo xl m3, depo pasti cuan, kongmamantogel, hoki168, coytogel, lgbttogel, togel live youtube, cuan138, apriktogel, seblaktogel, fifatogel mudah menang, udah lama gak gitu, weekend hoki banjir cuan, monyet pakai jas hujan togel, doa hujan tembus togel, monyet pake jas hujan, Pamantogel, bandar jaya togel, shio togel 2023, daya4d, yowestogel, yotogel, ramalan cuaca, artistogel, bocoran ramalan togel, ramalan zodiak togel, bocoran togel jitu, slot gampang maxwin, cheat slot maxwin, pola maxwin slot, pola slot pasti maxwin, rtp maxwin zeus, cheat togel tembus, pasti tembus togel, salam togel hoki, togel tanpa deposit, deposit 5000 togel, bajigurtogel, banjirtogel pasti cuan, hujantogel hoki pasti cuan, abudtogel, ipengtogel banjir cuan, deposit 5000 pasti cuan, tanpa deposit bisa cuan, cuma login bisa cuan, deposit emoney, deposit dikit cuan selangit, hujan membawa berkah cuan, berkah cuan hoki, banjir cuan link hoki, link alternatif banjir cuan, cuan maxwin banjir hoki, popotogel, ohtogel, asian4d, haotogel, javtogel, kebaya4d, sikat88, semarjitu, tumi123, limatogel, meme4d, koin138, indratogel, nana4d, pedetogel, ratutogel , linitoto, taringbet, gonang togel, dunia777, datamacau2023, kediritoto, seributoto, mastertoto, togel279, ulartoto, member baru pasti wd, wd hoki, cuan langsung wd, wd anti ribet, wdtogel, situs depo paling cuan, cashback slot 100 persen, depo kilat cuma 1 detik, depo instant cuma 1 detik, deposit 1x langsung tembus, angka main, angka main jitu, erekerektogel, jitutoto, shio hoki, depo langsung cashback, cashback langsung wd, baru deposit langsung wd, deposit anti ribet, depo cuan langsung hoki, cara hitung togel, rumus master, bisikantogel, trik licik menang togel, rahasia togel yang kan keluar, colok bebas paling jitu, bocoran bbfs malam ini, trik jitu tembus hk, bandot pasti bayar, paus bocoran bandot, cs 24 jam, depo via emoney, dibantu cs sampai maxwin, janji cs di bantu sampai jackpot, di pandu dari depo sampai wd, bocoran langsung dari agen , trik jitu menang bisikan bandot, situs baru pasti langsung menang, promo situs baru pasti cuan, togel apk anti blok, kartutoto, sumbartoto, nadimtogel, ceri123, sakautoto, lektoto, marettoto, patihtoto, persiktoto, congtogel, hoki777, mentol 4d, sorongtoto, datatogel, langit 69 slot, unyil4d, fairtoto, lampiontogel, bingo89, jitutoto, toto 2D, toto 3D, toto 4D, togel, toto, keluaran togel harian, SYD Sydney, Togel HK, SGP Singapore, Paling Gacor, Sosial Media, Situs Togel, hk, sgp, prediksi togel, kode alam, keluaran, cam, keluaran hari ini, agen togel, togel cepat dan lengkap, jajan togel, salam togel, paman togel, singapore hongkong sidney, login, daftar, paus toto, aplikasi toto dan togel, aplikasi primbon, SGP HK MC, HK Live Draw, Bandar Darat, agen toto, game toto, game togel, jamu, jp paus, nadim togel, jebol togel, luna togel, dingdong togel, yok togel, ratu togel, opal togel keluaran, yowes togel sgp, tv togel hk, abu togel syd, partai togel, opal togel, yowes togel sgp, tv togel hk, abu togel keluaran, raja togel, togel on, dolan togel, togel macau keluaran, woles togel, shio togel hk, royal togel update, alexis togel keluaran, togel cc, pintu togel keluaran, togel, kapal togel, maria togel, togel kamboja, dota togel, shio togel 2023, oh togel, pt togel macau, dul togel, togel taiwan, zia togel, dewa togel midas, togel hongkong live, misteri togel, magnum togel, ina togel, cong togel, kepri togel, togel timur sgp, elite togel, edm togel, jago togel, bandar jaya togel, asus togel, wni togel sgp, on togel hk sgp, kubu togel cam, space togel, best togel, ngamen togel, good togel, chu togel, asia togel, joni togel, jebol togel login, sedap togel, tiktak togel, pentas togel, macau togel, al togel, villa togel, ktv togel, pub togel, togel 279, togel barat, robin togel, gua togel, togel sidney hari ini, keluaran semua togel hari ini, macan togel, peduli togel, irama togel, afc togel, pakde togel, ojol togel, putu togel, gas togel, mitra togel, asep togel, togel 178, togel sydney hari ini, shio togel 2022, kota togel, togel singapura, vespa togel, iwan togel, home togel, mulan togel, gta togel, pt partai togel, togel macau hari ini keluar, gerai togel, aries togel, gold togel, javtogel togel, data togel macau, hao togel, taysen togel, situs togel 88, bandar jaya togel, shio togel 2023, daya4d, yowestogel, yotogel, popotogel, ohtogel, asian4d, haotogel, javtogel, kebaya4d, sikat88, semarjitu, tumi123, limatogel, meme4d, koin138, indratogel, nana4d, pedetogel, ratutogel, linitoto, taringbet, dunia777, datamacau2023, kediritoto, seributoto, mastertoto, togel279, ulartoto, kartutoto, sumbartoto, nadimtogel, ceri123, sakautoto, lektoto, marettoto, patihtoto, persiktoto, congtogel, hoki777, mentol 4d, sorongtoto, datatogel, langit 69 slot, unyil4d, fairtoto, lampiontogel, bingo89, jitutoto, raja cuan, super cuan 88, pusat cuan slot, halo cuan 98, 69 cuan, matahari88 cuan, togel4d cuan, togel 4d cuan, nyonya cuan 303, cari cuan online, game cuan, cuan slot 138, cuan online, pusat cuan login, cuan web, gg cuan, cuan 69, super cuan 889, cuan toto wap, cari cuan lewat hp, saham cuan hari ini, panda cuan 88, aplikasi penghasil cuan, cuan 4d, game penghasil cuan, cara dapat cuan di tiktok, cara cari cuan di tiktok, hobi cuan login, cara dapat cuan, cara mendapatkan cuan di tiktok, penghasil cuan, cuan dari internet, sky77 cuan, cuan toto slot, cari cuan tanpa modal, apk cuan dana, cara mendapatkan cuan, cuan online tanpa modal, bayan cuan slot, cuap cuap cuan, web cuan, cara cari cuan di hp, situs cuan, cari cuan di internet, cara mendapat cuan dari tiktok, cara cuan di tiktok, cara cari cuan, ide cuan, situs slot cuan, link cuan gratis, cara mendapatkan cuan dari tiktok, cara mendapat cuan, cuan dari tiktok, cara cuan dari internet, tarik4d cuan, untung pasti cuan, cara dapat cuan dari tiktok, cari cuan 88, cuan di internet, cari cuan lewat internet, cuan toto web, mencari cuan, website cuan, cara mencari cuan di internet, mencari cuan di internet, cuan dari hp, cara mencari cuan di tiktok, cari cuan online tanpa modal, cara cari cuan di internet, cincai cuan cengli, ide pasti cuan, cara cuan, cara menghasilkan cuan, cara mendapatkan cuan di internet, cengli cincai cuan, cuan travel lampung, dapat cuan dari tiktok, cuan store top up ml, istana cuan login, cuan cengli cincai, cuan cuan 303, dapat cuan online, cara mencari cuan, judi cuan, cuan internet, cuan adalh, app penghasil cuan, cara dapat cuan online, cuan toto wap login, roma4d cuan, apk cuan terbaru, dapat cuan, cara dapet cuan, cuan tanpa modal, cara mendapatkan cuan di hp, cari cuan dari internet, wap cuan, aplikasi cuan terbaru, qq1221 cuan, arti cincai cuan cengli, apa itu deposit, minimal deposit 5000, deposit minimal 5000, deposit pulsa 5000, no deposit bonus, mpo777 deposit 10rb, apa arti deposit, minimal deposit 1rb, minimal deposit 1k, deposit pulsa smartfren, uang deposit adalah, link deposit 5000, deposit pulsa im3, deposit minimal 1000, deposit qris 5000, deposit 5000 dana, deposit 5000 togel, deposit via qris, pkv deposit 5000, cantikqq login deposit, deposit pulsa 5rb, deposit pakai shopeepay, deposit pakai qris, igamble247 deposit online, game tanpa deposit, batman toto deposit, deposit box bca, bonus no deposit, freebet no deposit, situs deposit qris, agen 5758 deposit, minimal deposit fbs, deposit pakai seabank, megawin188 deposit dana, game deposit 5000, exness minimum deposit, no deposit bonuses, ludo deposit dana, freechip no deposit, biaya deposit adalah, cara deposit fasapay.co.id, dewavegas net deposit, deposit 5000 pulsa, cara deposit vava4d, pkv deposit dana, ngamen jitu deposit, deposit garansi kekalahan, pkv deposit pulsa, deposit bonus forex, deposit via paypal, kartu deposit adalah, bosslot168 deposit pulsa, cara deposit kaisar888, bo deposit shopeepay, minimal deposit bca, forex deposit bonus, pkv deposit 1000, deposit pulsa adalah, minimal deposit ajaib88, binary tanpa deposit, sky777 deposit pulsa, trading no deposit, fbs minimum deposit, cara deposit paypal, deposit pakai paypal, deposit shopeepay 5000, no deposit forex, octafx minimum deposit, pengertian deposit uang, pepperstone minimum deposit, qq deposit dana, anda minimum deposit, selot deposit 5000, forex no deposit, mpo deposit qris, togel deposit shopeepay, deposit higgs domino, minimal deposit hsb, tembak ikan deposit, minimum deposit fbs, nusaplay deposit pulsa, deposit bca minimal, maksud dari deposit, sky77 deposit pulsa, payid deposit casino, minimal deposit pintu, qqslot deposit pulsa, deposit 100%, payid deposit pokies, higgs domino deposit, vegas88 deposit pulsa, poker deposit 10rb, free deposit forex, minimum deposit pepperstone, broker tanpa deposit, domino deposit pulsa, game deposit uang, ludo online deposit, cara deposit pulsa, ratu303 deposit pulsa, hoki slot, sangat hoki, hoki, spin hoki 88, si hoki, wow hoki slot, slot hoki asia, twslive hoki, hoki vip slot, hoki turbo, kampung hoki, hoki togel, togel hoki, togel hoki 8, pas hoki slot, hoki 138, hoki adalah, rtp sang hoki, anda hoki, jam hoki main slot pragmatic hari ini, hoki 88, hoki slot88, mpo hoki, hoki slot 88, 4d hoki, takuro hoki, dewa hoki slot, hoki 311, receh hoki, tws live hoki, hoki artinya, hoki slot 369, arti hoki, hoki togel 8, apa itu hoki, hoki jos, raja hoki 899, hoki win77, 1121 slot hoki, hoki slot 77, sang hoki slot login, jam hoki main slot hari ini, pp hoki, aura hoki slot, hoki caraka, hoki 188bet, wew hoki, hoki 29 login, hoki games, sang hoki rtp, hoki 777 login, sangat hoki com, mpo303 hoki, pasti hoki slot, king hoki, bet hoki, hoki togel 4d, dora hoki toto, 777 hoki, wow hoki slot login, bintang hoki 4d, hoki aries hari ini, hoki 805, lapak hoki 88 slot, prediksi cambodia master hoki, vegas hoki, pas hoki 88, asia hoki 88, pas hoki. top, qq hoki, lapak hoki 88 login, hoki alexistogel, hoki judi, hoki gacor, pas hoki top, hoki slot365, gudang hoki 88, 1 hoki vip, 29 hoki link alternatif, lapak hoki 888, hoki 188, hoki raja login, qq hoki slot, hoki qq, sang hoki 88, i hoki bet, bd hoki, asian hoki, bibit4d hoki, bulantogel hoki, hoki bet, hoki login, hoki itu apa, hoki 88 cek, slot29 hoki, dream hoki, hoki 633 login, janji hoki, hoki hoki slot, hoki artinya apa, keluaran taiwan, keluaran kamboja, keluaran macau 5d, keluaran kamboja hari ini, keluaran sydney 6d, keluaran japan, keluaran jepang, data keluaran taiwan, keluaran kamboja tercepat, keluaran toto macau 5d, data keluaran cambodia, keluaran cambodia, keluaran china, data keluaran china, data keluaran hk 6d, keluaran kl hari ini, angka keluaran kamboja, keluaran china hari ini, keluaran cambodia hari ini, keluaran korea, keluaran hk 6d, keluaran 5d toto macau, data keluaran kamboja, data keluaran macau 5d, keluaran togel china, keluaran kbj, data keluaran kamboja hari ini, data keluaran jepang, keluaran japan hari ini, keluaran 5d macau, keluaran hk 6 digit, hasil keluaran kamboja, keluaran togel kamboja hari ini, keluaran hk 6 angka, data keluaran sydney 6d, keluaran togel jepang, keluaran sydney 6d hari ini, keluaran angka kamboja, keluaran macau jam 10, keluaran sgp 49 togel master, keluaran kl sore, keluaran taipei, keluaran kuda lari, keluaran cina, keluaran japan pools, keluaran kl semarang, keluaran korea hari ini, togel keluaran kamboja, keluaran hongkong 6d, keluaran jepang hari ini, keluaran sydney 6 angka, keluaran hk 6d paito, keluaran hk hari ini 6d, keluaran taiwan lengkap, keluaran togel hk 6d, keluaran kl malam ini, togel kuda lari yang keluaran hari ini, keluaran cambodia tercepat, tabel keluaran cambodia, keluaran 6d sydney, data keluaran ttm, keluaran 6d sdy, keluaran cambodia live, keluaran bullseye, keluaran hk6d, xiaomi keluaran terbaru, nomor keluaran japan, keluaran sdy 6d, tabel keluaran taiwan, keluaran hk6, keluaran togel cambodia, keluaran sdy prize 123, keluaran shanghai pools, keluaran toto kl, keluaran toto 5d, keluaran beijing, keluaran china togel, keluaran burma, keluaran togel japan, keluaran pcso tercepat, samsung a04 keluaran tahun berapa, keluaran macau jam 4, keluaran sydney 6 digit, keluaran cambodia lengkap, taiwan keluaran hari ini, data keluaran bullseye, yamaha keluaran terbaru, ip 11 keluaran tahun berapa, keluaran toto macau dewa togel, keluaran angka taiwan, poco keluaran terbaru, keluaran hk malam ini 6d, keluaran hongkong 6 angka, keluaran kamboja live, keluaran japan togel, keluaran kamboja kemarin, keluaran nomor taiwan, keluaran jakarta pools, keluaran angka kamboja hari ini, keluaran macau 5 d, ultraman nexus, lg nexus 5, slot nexus, banteng merah nexus, bantengmerah nexus, ibosport nexus, gt nexus, situs nexus, slot nexus engine, google nexus community indonesia, link nexus, ultraman nexus ps2, nexus toto, nexus games, slot nexus engine terbaru, kumpulan situs nexus, nexus 5, slot nexus gacor, situs nexus engine, slot demo nexus, nexus pc bang, download ultraman nexus, server nexus, mega188 slot nexus, ultraman nexus ps2 iso, hp lg nexus 5, lg nexus 5 harga, mega188 nexus, game ultraman nexus, lg nexus, madness project nexus, ultraman nexus ppsspp, tradecard gt nexus login, slot banteng merah nexus, slot server nexus, cheat ultraman nexus ps2, skyrim se nexus, rtp nexus, nexus gates of olympus, skyrim nexus, kumpulan situs nexus engine, ultraman nexus psp, situs nexus slot, nexus cafe pc bang, banteng merah by nexus, rtp nexus engine, situs slot nexus, download ultraman nexus ppsspp, ps2 ultraman nexus japon playstation 2, nexus meaning, link slot nexus, nexus login, bantengmerah by nexus, lg nexus 5 instagram login, dragon dogma nexus, nexus 88, nexus slot 88, infor nexus, gt nexus login, demo nexus gates of olympus, foto ultraman nexus, huawei nexus 6p, demo slot nexus gates of olympus, gambar ultraman nexus, nexus adalah, cdj 2000 nexus, slot nexus terbaik, ultraman nexus ps2 download, ibosport nexus login, nexus criteria, pemeran di ultraman nexus, nexus 6p, download game ultraman nexus, google nexus, scarlet nexus anime, nexus engine slot bonus 100, nexus gacor, video ultraman cosmos vs ultraman nexus, download ultraman nexus ps2, nexus-sg20, lg nexus 5 adalah, huawei nexus 6p indonesia, slot nexus bonus 100, download game ultraman nexus ppsspp, nexus 6, spesifikasi nexus 6, slot nexus terbaru, vantec mrk-401st-bk nexus ez, situs nexus engine slot, slot gacor nexus engine, nexus 5x, nexus sg20, ultraman nexus iso, nexus 5 indonesia, download game ultraman nexus apk android, samsung galaxy nexus sc 04d, cdj 2000 nexus 2, nexus warnet, spesifikasi lg nexus 4, mega118 slot nexus, lilitogel, umitogel, link slot alternatif paling hoki, link alternatif login, link alternatif login, login link alternatif, deposit slot minimal pulsa 5000, minimal deposit cashback, deposit pulsa cashback maxwin, slot freebet tanpa deposit, naga cuan hoki link alternatif, login slot link alternatif cuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *