WordPress, dan blogging, di Indonesia

Satu acara yang saya terpaksa lewatkan dengan penuh sayang adalah Wordcamp Indonesia. Tapi namanya deadline harus dikalahkan terlebih dahulu. Jadi saya gembira sekali ketika ada laporannya di blog Kun.co.ro.

Beberapa informasi yang menarik :

  1. B.Indonesia menduduki rangking ke #3 di WordPress.com, hanya kalah dari b.Inggris & Spanyol
  2. B.Indonesia adalah yang tumbuh tercepat nomor #2 di WordPress.com
  3. Pengguna WordPress.org dan WordPress.com cukup berimbang : ini kejutan yang cukup menarik. Ternyata cukup besar pengguna WordPress yang bisa memasangnya sendiri (download dari wordpress.org, lalu setup)
  4. Update: Ma.tt Mullenwegg mengatakan bahwa kini lebih besar kemungkinan kita mendapatkan uang KARENA blog – bukan DARI blog. Akur sekali, ini juga pengalaman saya selama ini.

Banyak kesimpulan menarik dan potensi peluang yang bisa ditarik dari beberapa data ini.
Satu contoh, jika traffic WordPress.com dari Indonesia menyamai traffic Detik.com (dan mengalahkan Kompas.com), maka dengan data dari poin 3 – berarti traffic WordPress.com DAN WordPress.org bisa 2x lipat dari traffic Detik.com. Wow.

Update: Detil & informasi lebih lanjut bisa dibaca di kanal Wordcamp di Twitter (trims mas Koen dkk).

Inilah kekuatan platform blog yang dimungkinkan dengan software open source. Beberapa dari kita mungkin masih ingat bagaimana blog dulu tidak terlalu meledak ketika toolsnya masih proprietary dan/atau mahal dan/atau tidak terbuka. Kini ketika platform blog telah dibebaskan dengan berbagai software blog open source yang nyaman digunakan, maka kita semua yang meraup manfaatnya.

Terus nge-Blog ! 🙂

223 thoughts on “WordPress, dan blogging, di Indonesia

  1. Mahal? Kayaknya dari dulu WordPress udah gratis deh (mulai dari masih pakai nama b2). GreyMatter juga gratis.

  2. Jika traffic dari Indonesia ke wordpress.com sedemikian besar….bahkan mengalahkan akses ke detik.com….hmmmm kira2 berapa uang yg melayang yah?

    ~pertanyaan gak penting di hr minggu

  3. wow sampe segitunya ya? Amazing! tp saya blm jd pngguna wp msih gratisan pake blogspot..hehe..

  4. Berimbang itu bukan 1:1 loh :), tetapi jumlahnya dianggap OK dan wajar. Di negara yang belum OK, hosting dan domain dianggap mahal, sehingga komposisi pemakai WordPress.com tinggi; sementara ekstrim yang lain dicontohkan Matt ada di RRC, dimana sensor dan blok dari negara mengakibatkan orang enggan memanfaatkan WordPress.com dan memilih hosting pribadi.
    Ikuti juga laporan yang di Twitter ya. Tagnya #wordcamp.

  5. Mengalahkan halaman depan detik.com-nya doank sih iya. Tapi kalau traffic properti detik yang tidak pakai top-domain \detik.com\ (i.e: Blogdetik, Detikhot, dll) seluruhnya digabung, WordPress.com masih kalah jauh :d

  6. WordPress emang lg jadi primadona nih sbg plattform blog di seluruh Dunia…kesannya lebih sophisticated dr blogger.com g tahu kenapa…hahahaha

  7. @Ben – dulu masih belum nyaman, hehe. Jadi, misalnya, saya sempat betah ngeblog dengan software buatan sendiri selama bertahun-tahun.
    .
    Tahun 2004 situasi sudah jauh lebih baik, dan saya pun pindah ke WordPress.

  8. @Andry – detik.com memang pintar lho. Doesn’t put all of its eggs in one basket. Salut.

  9. @Dhimas – Indonesia itu punya potensi besar, dan saat ini memang sedang bergerak bangkit. Walaupun dicemooh oleh sebagian kita sendiri.
    Banyak mata di seluruh dunia pada saat ini dengan diam-diam, kecuali Hillary Clinton yang keceplosan kemarin 🙂 , sedang mengamati Indonesia.
    .
    Mudah-mudahan tidak ada bencana / konspirasi yang jadi menggagalkan ini semua.

  10. Tweet dari Wordcamp di negara2 lainnya ternyata lumayan boring 😀 rata-rata cuma berisi “yay xxxxx was HERE !”, LOL.
    .
    Alhasil, sampai ada yang komplain, hehe
    .
    Salut untuk para Tweeter @ Wordcamp Indonesia.

  11. Salam kenal Harry,

    Saya mulai kenal blog dari multiply (jejaring sosial), lanjut ke blogger (blogspot). Bosan nebeng, lalu mulai nyobain hostingan sendiri, milih Joomla awalnya, lalu keterusan ke wp hingga sekarang. Bagusnya saya bisa 2x-nya 😀

  12. #andry.. masa wordpress mau bikin wordpresshot.com juga? atau bikin wordpressnet.com ? kalo emang ada, nanti detik juga kalah dong :p

  13. Luar biasa… jadi bangga punya blog wordpress dan blogspot bersamaan. 🙂 semangat teruss semuanya tuk .ngeblog

    Plz… bisa tukeran link? untuk website saya http://warnadunia.com
    nanti link blogmu saya masukkan di 5 semua blog milik saya: winsolu.wordpress.com, asianherbal.blogspot.com, padhepokananime.blogspot.com, senopatiarthur.wordpress.com, tamasya-tamasya.blogspot.com, kamu bisa check pageranknya semua 2 dan 3. ^^ itung-itung ningkatkan traffik pengunjung. bila berkenan post komentar aja di http://warnadunia.com/about/
    semoga sukses bersama.
    i will coming back again
    thanks yaw. 🙂

  14. luar biasa *bangga pake wordpress*… sukses juga atas terselenggaranya wordcamp Indonesia, sayang sekali ga bisa hadir. maju terus blog indonesia! mari isi blog kita dengan hal yg positif dan bermanfaat untuk semua…

  15. itu tandanya orang indonesia sudah melek teknologi. bagi yang kreatif banyak yg bisa dapet dollar “karena” blog

  16. Memang Indonesia sudah mulai berpengaruh dalam dunia internet. Contoh lain : Google Translate yang menyediakan pilihan bahasa Indonesia dan beberapa website lain yang menyediakan pilihan bahasa Indonesia.

  17. internet sudah jadi kebutuhan sebagian orang indonesia untuk menyambung silaturahmi dengan orang lain, so pasti akan terus berkembang, namun ada sedikit masalah tentang blogger, menurut gwe jadi blogger yang sejati susah, dari ratusan blog yang saya kunjungi sebagian besar ga keurus…emane rek…
    salam kenal.

  18. we love wordpress
    desain dan templatenya itu lho yg bikin nggak bosen
    karena ada buanyak sekali wp theme gratisannya
    bravo wp !!!

  19. wah ternyata masih kalah sama 2 negara itu ya?tapi ntar juga indonesia pasti megang juara 1 nya heheheh

  20. Ha.. ha.. ha.., tenyata wordpress memberikan sumbang juga bagi popularitas Indonesia 🙂

  21. Krn wordpress free dan selalu berkembang. Selain itu banyak dari pihak ke 3 yg nyediain plugin dan theme gratis. Jd ya booming lha.

  22. Mungkin nanti blog yg mendominasi dunia di rebut oleh wordpress. Smoga orang indonesia memimpin dunia blogger.

  23. Kemudahan dan penyedia servis & tutorial wordpress bnyk skl. So mari go WP …

  24. mendapatkan uang ‘karena’ blog dan ‘bukan’ dari blog…

    setuju, walau sekarang aku masih jauh dari mencari uang, hehehe

  25. Saya terkesan dengan tulisan artikel ini..khususnya kalimat Dapat Uang karena Blog,,,BUKAN dari Blog.

    Salam Hormat

  26. Informasi luar biasa. Indonesia akan makin dikenal dunia online. Mudah-mudahan kita bisa menjaga nama baik Indonesia walaupun melalui dunia online.

  27. I don’t know what to say except that I have enjoyed reading. Nice blog. I will keep visiting this blog very often.

  28. Hidup Open SOurce dan hidup blogging!! 😀

    Pengen make WP, tapi bingung domain ma hosting, pengen yg gratis dua2nya ada ga ya?? hihi..tapi ga mau make .co.cc (gratis aja byk mw’a..)

  29. Sebenarnya Indonesia memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Mental yang kuat dapat dilatih terus-menerus untuk memajukan negara dan bangsa ini. Apalagi saat ini sebenarnya merupakan waktu yang tepat bagi Indonesia meraih prestasi, ketika banyak negara maju sedang sibuk mencari cara mengatasi krisis ekonomi global.

  30. PEngguna wordpress.com lama-lama berkurang dan beralih ke wordpress.org dengan domain sendiri.

  31. Saya juga menggunakan wp, tp masih jarang di update, lg fokus dulu ke blogspot,, hehehe

  32. hayo, maju terus para blogger indonesia, terutma pecinta wordpress..

  33. wah, indonesia makin hebat aja, saya jadi pengen punya WP.
    cuman bingung cara makenya,,,
    salam kenal mas hary,

  34. wah bangga juga nie jadi bangsa indonesia, sebab ternyata bahasa indonesia udha jadi 3 besar di wordpress.com …
    semoga setelah ini bahasa indonesia jadi yang ke-2,, sibawah bahasa inggris dan diatas spanyol..

  35. Saya Blogger Baru, merasa sangat terinspirasi dengan Tulisan-tulisan Mas. Semoga Anda diberkati, krn telah menginspirasi banyak orang.
    Blog Saya : http://oddityroom.wordpress.com
    Jika berkenan, silahkan mampir ke gubuk maya saya..Saya belum paham mengenai Link, tetapi saya sudah memasang Link Mas di Blog saya. Terimaksih.

  36. Hidup nge-blog !!! Saya akur banget sama postingannya Mas. Blogging is now being my favorite activity, second place after gather around with my family.

  37. Aktivitas blogging memerlukan ketekunan dan kesabaran. Seperti juga aktivtias olahraga, seseorang harus terus berlatih secara rutin. Demikian pula, seorang blogger hendaknya rajin mencari inspirasi dan materi tulisan. Selamat buat para blogger Indonesia.

  38. wah wordpress emang keren deh. maju terus indonesia! bahasanya aja yangmaju tapi kok indonesianya kurang maju ya? tanya kenapa?

  39. Great info!
    Artikel sangat berguna dan bermanfaat!
    Semoga dapat membantu para JagoanInternet di Indonesia!

    Sukses untuk semua JagoanInternet Indonesia!
    Mampir2 dan saling tukar banner / text link yah!

    http://www.jagoaninternet.com
    “Makin Pintar, Makin Jago Internet!”

  40. you burn videos to Blu-ray Disc (BD) and also enable you to burn all these videos to Blu-ray disc and create your own Blu-ray movie.

  41. wah, semangat membaca dan menulis indonesia memang tinggi2. bahkan ada teman yang berangan, nanti nge-blog bisa jadi salahsatu solusi pengangguran

  42. interesting article, I really liked your article. I will keep visiting to read your article quality. if you’re willing I hope you can visit my blog. I am very excited to read and read your article. from your loyal fans.Tika

  43. I know that computer is a necessary for most of people. People can’t work without computer. With the development of tech. More high speed computer was develped and people can improve the work easily. Happy every body.

  44. Interesting perspective and cool site design. I like how you used facts and not just simply opinion.

  45. than the temporary direct traffic from the links. But since I kept the proper keyword in the title, people who linked to the post used the title as anchor text, and the post got more and more credibility in

  46. sedemikian lumayan mendominasi user bahasa indonesia, tapi kenapa masih aja dunia tidak mau mengakui, adsense saja gak mau terima blog bahasa indonesia sampe sekarang, napa ya?

  47. blogger2 di indonesia jago2 n kreatif2 kok… jadi nggk kalah ma orang bule… ^_^

  48. telah dibebaskan dengan berbagai software blog open source yang nyaman digunakan, maka kita semua yang meraup manfaatnya.

  49. mahal dan/atau tidak terbuka. Kini ketika platform blog telah dibebaskan dengan berbagai software blog open source yang nyaman digunakan, maka kita semua yang meraup manfaatnya.

  50. I worry that many paleophiles will fall into Mulder syndrome: wanting to believe in preserved T. rex soft tissue so much that they are les

  51. I’d love others to share their intersts with me. In that way, we can all make a wonderful community that says something to the world.

  52. More high speed computer was develped and people can improve the work easily. Happy every body.

  53. toolsnya masih proprietary dan/atau mahal dan/atau tidak terbuka. Kini ketika platform blog telah dibebaskan dengan berbagai software blog open source yang nyaman digunakan, maka kita

  54. sara and Schweitzer in their reply to the technical comment you linked to above

  55. mahal dan/atau tidak terbuka. Kini ketika platform blog telah dibebaskan dengan berbagai software blog open source yang nyaman digunakan, maka kita semua yang meraup manfaatnya.

  56. WordPress mantap bgt bro…
    Yang paling penting SEO friendly…
    Web bisnis saya juga pake WP…
    Index browser juga mantap bgt….

  57. dibebaskan dengan berbagai software blog open source yang nyaman digunakan, maka kita semua yang meraup manfaatnya.

  58. saja datanya sudah bisa tidak terbaca lagi – kalau tidak jamuran, maka karena kerusakan fisik akibat terlalu sering digunakan

  59. Ukraine. In the paper offered to government 4 years ago the case for it supporting social economic and democratic evolution is aligned with th

  60. Moreover, the obsessive focus of the Bush years on terrorism not only masked the rise of rival states and the growing importance of

  61. Hal ini musti dilakukan, karena disket termasuk ringkih. Beberapa bulan saja datanya sudah bisa tidak terbaca lagi – kalau tidak

  62. e obsessive focus of the Bush years on terrorism not only masked the rise of rival states and the growing importance

  63. s deben ser relevantes para la investigación con animales han hecho de este un lugar orugas se alimentan después de dar un giro en solitario, y los gusanos se alimentan de los hábitos de otros lugares están poniendo en y alrededor de kurtulamıyorlar están muriendo sin alimentos, ya sea t es muy extraño.?

  64. form the basis of each chapter. Even within sections there is sometimes the tendency to jump around, and as a whole the book lacks a strong narrative voice.

  65. form the basis of each chapter. Even within sections there is sometimes the tendency to jump around, and as a whole the book lacks a strong narrative voice.

  66. shares in this blog is really nice, actually,
    I no longer have to follow the internet world
    of blogs to take advantage of this style, I would
    like to set up a site, but recently I tried I could
    not have a friend View a school he did not know, but
    my room will help me more to move forward on cı I’m
    jealous already kurmayacağım also …

  67. shares in this blog is really nice, actually,
    I no longer have to follow the internet world
    of blogs to take advantage of this style, I would
    like to set up a site, but recently I tried I could
    not have a friend View a school he did not know, but
    my room will help me more to move forward on cı I’m
    jealous already kurmayacağım also ..

  68. For all of you who struggle to explain Social Bookmarking to your family and friends, there’s now an awesome video for you:

  69. Was it because gays waited for enough people to wake up and see the injustice of their situation?

  70. urther, embracing a big-tent approach will not prevent scientific or even atheistic values from taking over. While the majority of the American public is religious, the number of atheists is growing. New atheists will be created in the same way that new atheists have always been created

  71. When you adjust this gradient, start in the middle of the fold shape, hold Shift, and drag out to the bottom right of the fold at a 45 degree angle.

  72. Marble Floor Care marble floors, heavy favorite, but there is a special need for a delicate cleaning and protection.

  73. There are veterinary clinic Maltepe district of Istanbul. Provide emergency ambulance services to better serve you.

  74. berbagai software blog open source yang nyaman digunakan, maka kita semua yang meraup manfaatnya.

  75. Estado se siguen redactando excusaciones, las organizaciones de la sociedad civil continúan viendo la forma de paliar la situación.

  76. Good work! Thanks for these kinds of interesting article as I have been able to find here. I agree with most of whats written right here.

  77. urther, embracing a big-tent approach will not prevent scientific or even atheistic values from taking over. While the majority of the American public is religious, the number of atheists is growing. New a

  78. Continental
    Dünyanin en büyük fren sistemleri üreticisi ve 4. büyük lastik üreticisidir. Dünyada çoklu marka stratejisinin öncülerindendir. Halen Continental, Uniroyal (sadece Avrupa için),Semperit, General, Viking, Gislaved, Barum ve Mabor adlari altinda 8 degisik marka ile piyasalarda bulunmaktadir. Gelisen pazarlarda yeralmak stratejisi çerçevesinde Beyaz Rusya,Slovakya ve Arjantin’de yaptigi ortak girisim ve teknoloji anlasmalarinin yaninda 1998’de Meksika’da Grupo Carso, Pakistan’da General Tyre and Rubber ve G. Afrika’da Gentyre South Africa fabrikalarini ele geçirmistir. Avrupa pazarinda %21 ile Michelin’in hemen ardindan ikinci durumdadir.

  79. you issues in this sense is obviously a very good site is full suits me very carefully, but with are more intensive follow-up will have mixed commentss and are you teacher mothers ?

  80. wordpress adalah cms gratis dan powerfull untuk SEO, yang jelas gratisnya yang membuat orang suka bikin blog di wordpress seperti saya he he he, tapi selain gratis juga membuat blog di wordpress bisa cepat terindex di google, terima kasih sudah berbagi artikel yang menarik

  81. Memang apa sih kelemahan dari wordpress dibanding blogspot?
    kalau misalnya blogspot dan wordpress punya domain tersendiri apakalah sama dimata seo?
    Thanks postnya (y)

  82. Kalau bahasa Indonesia pringkat ketiga dan spanyol pringkat pertama, berarti pengguna internet di spanyol masih lebih banyak kali ya dari Indonesia. Soalnya pengguna internet sepertinya lebih banyak menggunakan wordpress untuk web pribadinya

  83. I have observed that car insurance providers know the automobiles which are vulnerable to accidents as well as other risks. In addition, they know what type of cars are inclined to higher risk and also the higher risk they may have the higher the actual premium fee. Understanding the simple basics regarding car insurance will assist you to choose the right sort of insurance policy that could take care of your needs in case you happen to be involved in any accident. Thanks for sharing the particular ideas for your blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *