Keutamaan Hari Jum'at

:: Setiap pekan, umat Islam merayakan sebuah hari yang spesial, yaitu hari Jum'at. Ada banyak keutamaan hari ini, yaitu :

### Dinyatakan sebagai Hari Raya umat Islam.

"Wahai segenap kaum muslimin, sesungguhnya ini adalah hari yang dijadikan oleh Allah Subhanahu wata’ala sebagai hari raya bagi kalian.” (HR. ath-Thabarani)

### Wafat di hari ini adalah salah satu pertanda khusnul khotimah.

"Tiada seorang muslim yang mati pada hari Jum’at atau malamnya kecuali Allah Subhanahu wata’ala akan menghindarkannya dari fitnah kubur.” (HR. Ahmad)

### Menghapus dosa sampai Jum'at berikutnya.

”Tidaklah seorang hamba mandi pada hari Jum’at dan bersuci dengan sebaik-baik bersuci, lalu ia meminyaki rambutnya atau berparfum dengan minyak wangi, kemudian ia keluar (menunaikan sholat Jum’at) dan tidak memisahkan antara dua orang (yang duduk), kemudian ia melakukan sholat apa yang diwajibkan atasnya dan ia diam ketika Imam berkhutbah, melainkan segala dosanya akan diampuni antara hari Jum’at ini dengan Jum’at lainnya.” (HR Bukhari)

### Ada waktu dimana doa pasti dikabulkan.

“Hari jum’at itu 12 jam, setiap muslim bila memohon kepada Allah sesuatu pada hari Jumat maka hamba itu akan dikabulkan permohonannya oleh Allah, untuk itu carilah hari Jumat pada akhir waktu ashar” (HR. An-Nasa’i

### Sedekah di hari ini lebih utama.

Ibnul Qayyim berkata, ”Bersedekah pada hari Jum’at dibandingkan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti bersedekah pada bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

Semoga kita bisa mendapatkan sebanyak-banyaknya barokah dari hari yang mulia ini, aamiin…

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/f1/Hagia_Sophia_-_Muhammad,_Allah,_Abu_Bakr.jpg



upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/f1/Hagia_Sophia_-_Muhammad,_Allah,_Abu_Bakr.jpg

Post imported by Google+Blog for WordPress.

27 thoughts on “Keutamaan Hari Jum'at

  1. Oil drillers should come up with a fuel made from palm oil, so that, they will avoid any kind of oil-related issues and problems besides, I think, they could still find ways on making use of the they usually use in drilling oil from underneath.
    Kizi games | 85play

  2. I enjoyed over read your blog post. Your blog have nice information, I got good ideas from this amazing blog. I am always searching like this type blog post. I hope I will see again..

  3. I amaze with you article. The way you describe your thoughts and feelings,I’ve been searching google all night as a result of this and that I also ultimately believe it is in this essay!

  4. I’m reasonably certain I’ll be told lots of new stuff right right here! Best of luck for the next!|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *