Heboh Imam Al-Azhar & Syiah

:: Surprise sendiri saya ketika terjadi kehebohan seputar hal ini. Setelah saya baca-baca, ternyata karena mayoritas orang masih sangat tidak paham soal istilah-istilah dalam Islam & berbagai detail seputar Syiah. 🙂 Saya akan coba paparkan di artikel ini :


Tanya : GSA (Grand Syaikh Al-Azhar) menyatakan bahwa Sunni & Syiah bersaudara !

Jawab : jangan kutip hanya sepotong 🙂 beliau juga menyatakan bahwa Syiah itu sesat.


Tanya : Berarti Syiah itu kafir ?

Jawab : Belum tentu 🙂 karena :

Kafir = pasti sesat
Sesat = belum tentu kafir

Karena "sesat" itu bermacam-macam, ada yang sedikit keliru, ada yang banyak kekeliruannya, dan ada juga yang memang sudah sampai tingkat kafir.

GSA menyatakan Syiah itu sesat, tapi tidak kafir.
Maka, Syiah masih saudara kita sesama muslim.


Tanya : Lho, kok begitu ! Semua Syiah itu kan kafir !

Jawab : Nah, ini dia masalahnya…hampir semua orang tidak tahu bahwa ternyata Syiah itu sangat banyak ragamnya 🙂

Hampir semua orang mengira Syiah ya hanya ada satu, Syiah.

Faktanya, ada sangat banyak aliran dalam Syiah.

Beberapa disebut di artikel ini : https://en.wikipedia.org/wiki/Shia_Islam#Branches dan sebetulnya bahkan masih ada lagi selain itu.

https://en.wikipedia.org/wiki/File:Islam_branches_and_schools.svg

Variasinya juga sangat ekstrim – dari yang sekedar berbeda dalam soal fiqih, sampai yang menganggap Ali seharusnya menjadi Nabi (bukan Muhammad).

Yang terakhir itu jelas sudah kafir. Sedangkan yang pertama itu jelas masih bisa dianggap muslim, karena syahadatnya masih sama.


Tanya : Berarti Syiah itu benar ? Cuma mazhab ?

Jawab : Ya belum tentu juga. Karena ada banyak aliran Syiah. Musti diperiksa dulu, ini aliran Syiah yang mana.

Agar tidak terkecoh, kita perhatikan ahlinya, yaitu Majelis Ulama.

MUI menyatakan bahwa mayoritas Syiah di Indonesia adalah aliran Syiah Rafidhah.
Sedangkan aliran ini sudah sejak dulu dikecam cukup keras oleh para ulama besar, termasuk semua Imam Mazhab; Malik, Hanafi, Hambali, dan Syafi'i.

GSA juga mengingatkan kita terhadap bahaya penyebaran pemikiran & pemahaman Syiah di Indonesia, seperti dibahas di artikel terlampir.


Tanya : Wah, berarti kita musti bantai Syiah !

Jawab : Mana boleh main kasar seenaknya 🙂 beda pemahaman & sesat bukan berarti kafir, apalagi diperlakukan dengan zalim.

Walaupun kita tidak suka pada sesuatu / seseorang, tetap kita disuruh bertindak adil oleh Allah swt. Ini perintahnya di Quran langsung lho.


Tanya : Tapi, tapi, Syiah itu kan kafir !

Jawab : GSA memang di pertemuan dengan MUI tersebut menyatakan bahwa Ahmadiyyah itu kafir, karena sudah meyakini adanya Nabi setelah Muhammad.

Namun (mayoritas) Syiah masih bisa dianggap muslim. Tidak boleh dikafirkan.


Tanya : Imam Al-Azhar ini siapa sih ?? Kok nyeleneh begini ??

Jawab : Aliran Sunni Islam adalah kelompok agama terbesar di dunia : https://en.wikipedia.org/wiki/Sunni_Islam, mengalahkan bahkan Katolik Roma.

Sedangkan Al-Azhar adalah salah satu institusi yang paling dihormati di aliran Sunni ini. Dan Imamnya adalah salah satu tokoh yang paling diperhatikan.


Tanya : Tapi, tapi…

Jawab : Ingat, GSA menyatakan Syiah itu sesat, dan cukup panjang lebar memaparkan berbagai kesesatannya.

Namun, bukan berarti lantas kita musti bermusuhan. Apalagi jika syahadatnya masih sama.

Maka, masih dianggap saudara sesama muslim. Dan kita hormati hak mereka untuk beragama (sesuai dengan keyakinan mereka)

Sementara tetap kita sampaikan apa adanya, yang benar kita katakan benar, dan yang salah kita katakan salah.

Semoga cukup menjelaskan, dan bisa membantu kita untuk menghadapi topik ini (Syiah) dengan kepala yang lebih dingin. Terimakasih.

======
Bahan bacaan :

http://www.azhar.eg/en/details/in-his-meeting-with-the-indonesian-scholar-council-the-grand-imam-of-al-azhar-launches-a-call-for-reconciliation-among-the-scholars-of-muslim-ummah-and-commends-the-indonesian-experience

https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=10153974656149645&id=831844644&comment_id=10153976538879645&comment_tracking=%7B%22tn%22%3A%22R9%22%7D

http://www.sharia.co.id/2016/02/inilah-ceramah-umum-grand-syaikh-al-azhar-di-mui/

https://www.facebook.com/moehammed.hidayatulloh/posts/10208881654586654

http://mui.or.id/homepage/berita/berita-singkat/ceramah-umum-grand-syaikh-al-azhar-di-kantor-mui.html

http://www.azhar.eg/en/details/from-jakarta-the-grand-imam-warns-indonesians-from-the-danger-of-spreading-of-shiism-in-their-countr


From Jakarta… The Grand Imam warns Indonesians from the danger of spreading of Shiism in their country
The Grand Imam of Al-Azhar Prof. Dr. Ahmed al-Tayeb; the head of the Muslim Council of Elders the Indonesian, as their country is the largest purist Sunni Muslim country, against the danger of calls for the Shiism.
During his visit to the Centre for Qur’anic Studies in Jakarta, His Eminence stressed that the unity among Muslims is necessary and we repeatedly call for it provided that some parties do not exploit it to spread private political and…

Post imported by Google+Blog for WordPress.

10 thoughts on “Heboh Imam Al-Azhar & Syiah

  1. 1. Ada lagi kaidah yang menyatakan bahwa label kafir itu sifatnya individual bukan kelompok … saya belum ketemu dalilnya karena berasal dari diskusi saja.
    2. Sunni atau Ahlussunnah wal Jamaah itu bukan aliran secara generik melainkan sebutan untuk kelompok yang menyandarkan pada pemahaman Quran dan Hadis sesuai Sunnah Rasulullah yang diterangkan dan dijabarkan rinci oleh para Shahabat dan ulama (Jamaah) secara jumhur dan berdasar pada Empat Madzhab Besar Fiqih (Maliki, Syafii, Hanafi dan Hanbali) dan bertumpu pada pemahaman aqidah Asyariyah.
    wallaahu a'lam

  2. Apakah dalil naqlinya bhw Quran dan hadis hrs diterangkan dan dijabarkan oleh para sahabatnya dan apakah untk hal ini ada wasiat dari Rasulullah ?

  3. Tidak harus. 

    Kalau ada keterangan dari sahabat, ya bagus. Kalau tidak, juga tidak apa. Masih ada cara lainnya untuk melakukan tafsir Quran / hadits.

    Masalahnya adalah antara Nabi dan kita, di tengahnya itu ada para sahabat :) 

    Jika yang di tengah itu, penyambung kita dengan Nabi, dituduh sebagai pendusta. Maka, berarti, apa yang kita terima (Islam) sudah tidak benar :) 

    Ini masalahnya dengan tuduhan Syiah bahwa banyak sahabat itu pendusta / kafir.

  4. Sunni atau Ahlussunnah wal Jamaah itu bukan aliran secara generik melainkan sebutan untuk kelompok yang menyandarkan pada pemahaman Quran dan Hadis sesuai Sunnah Rasulullah yang diterangkan dan dijabarkan rinci oleh para Shahabat dan ulama

  5. Maaf pak Harry,

    Artikel ini sepertinya penggiringan agar perbedaan antara Sunni dan Syiah “bisa ditoleransikan”, saya setuju bahwa ada aliran-aliran dalam syiah, ada syiah yang mendekati sunni (tapi itu dulu), saya berharap pak Harry bisa “menjelajahi” lagi perbedaan Sunni dan Syiah, saya percaya pak Harry bisa menimbang kembali tulisan ini.

    Dari seorang teman.

  6. Business Directory What is it?

    COMPANY GUIDE WHAT ?: Company rehberi`n Let’s talk briefly first place in our lives in order to understand the importance of the internet.

     Internet is the greatest innovations of our age and is the most recognized way of sharing information and further investigation.
      Internet in our lives, communication, commerce and publishing, learning, teaching has changed our way and create a variety of activities and allows us to control them

    WHAT IS THE IMPORTANCE OF INTERNET ADVERTISING?

    Can be given in other advertising areas may be able to give much more plentiful than all the information on the Internet.
    Internet advertising is a published directly to sales.
    Internet users directly to the “target audience” included in the scope.
    Internet users in the audience, reaches its own demand for your company or for your company’s products through advertising.
    Access opportunities, too kıykatiyenn with other advertising space can be provided at a low budget
    According to the latest research; Internet users around the world, before they call the Internet, they find their web site

     Now 71% of internet users’ as good or poles, doing shopping via the internet or company before searching the website, are determining Ideally, then get going.

      Bazaar – to get away from Sunday to spend time wandering and transportation burden, internet websites or Google, they use internet search resources such as Yahoo. In short, from his seat, by accessing the Internet directly to registered companies, they simply find what they are looking.

    Why should I PLACE ON THE COMPANY GUIDE?

    Companies from company to ride at the same time the only way to visit more than one company, it is possible to reach the company’s products over the internet.

    Provides a very good image for your company, it leaves traces on the quality of a company other companies.
    It works as a showroom or branch offices that have opened in the virtual environment.
    Do whatever you want with the ability to change before clock changes.
    With or those who want to get information about your product help you save time when you expressed your site.
    As we always say, compared to other types of advertising that can cost you the cheapest advertising tool.
    As for the other advertising techniques it is the largest and the only advertising medium that you can appeal to high-income audience.

     You are within the fastest growing internet media in the world,
     You meet quality audience,
     Compared to traditional media and allows you to recycle much more rapid transportation for activity.

    We are the most difficult, but we decided to make the most correct. Internet web address increasingly important, e-mail, we create with our design to address information, such as GSM Bursa most comprehensive company directory .. prepare the required updated with reasonable information Bursa city rehberi`n Thus era Turkey and to offer visitors from around the world, accurate information to anyone, and to provide the best service We purposes.

    http://www.bursafirma.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *