Suudzon : Menghakimi Sesama Muslim

:: Sampai kapan posting konyol seperti ini akan terus bermunculan ? Memangnya kalau peduli ibu warung, otomatis #pasti tidak peduli dengan Suriah ?

Karena peduli Palestina, jadi dituduh tidak peduli Sinabung.
Karena peduli Lapindo, jadi dituduh tidak peduli Irak.
Dst, dst.

Ini semua penyebabnya adalah Su'udzon; prasangka buruk.
Akibatnya, kita jadi memfitnah sesama muslim, dan menghakimi mereka.

===
Dulu saya pernah bingung, kenapa suudzon itu disebut sebagai "perkataan dusta". Prasangka (buruk) itu kan adanya di hati ? 🙂

"Jauhkanlah dirikamu daripada prasangka buruk, karena prasangka buruk itu sedusta-dusta omongan" (HR Muttafaq 'alaih)

Setelah melihat posting-posting konyol seperti ini, baru saya paham. Su'udzon itu jadi membuat kita sok tahu; sehingga jadi benci, ke sesama muslim sendiri.

Dan kemudian jadi mengatakan berbagai hal dusta tentang mereka, "kamu peduli ibu warung, pasti kamu tidak peduli Suriah", dst.

===
Padahal bisa jadi ternyata saudara kita sekedar belum tahu saja.
Atau, bisa jadi ternyata dia sudah lebih dulu beramal untuk Suriah; dan banyak pula. Sedangkan kita malah belum, tapi sibuk menyalahkan & menghakimi. Dst, dst.

Ini semua adalah kebodohan yang luar biasa; merusak hati sendiri, dan terancam murka Allah di hari pembalasan kelak. Na'udzubillah min dzalik. Semoga kita terhindari dari musibah seperti ini….. terperdaya su'udzon, sehingga malah jadi benci kepada sesama saudara muslim.



Post imported by Google+Blog for WordPress.

10 thoughts on “Suudzon : Menghakimi Sesama Muslim

  1. Sering ada sebagian orang membuat perbandingan yg sangat tidak sebanding dan diluar konteks tapi kemudian "menyamaratakan" simpati/perasaan orang, tanpa melihat latar belakang suatu peristiwan dan mengakibatkan "syu'udzon bahkan "sombong" tanpa sadar.

  2. Semoga Allah menurunkan malaikat-Nya utk membantu kaum muslimin yg teraniaya disna…utk rekan g+ silahkan donasikan utk peduli suriah di act.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *