define( 'WPCACHEHOME', '/home/hsufehmi/harry.sufehmi.com/wp-content/plugins/wp-super-cache/' ); //Added by WP-Cache Manager harry.sufehmi.com » Blog Archive » Sistim ekonomi syariah

Translate this page :

Sistim ekonomi syariah

Berikut ini adalah cuplikan dari sebuah diskusi seputar topik ekonomi syariah, semoga bermanfaat.

To: Milis is-lam
From: Harry Sufehmi
Subject: Re: [is-lam] System perbankan / asuransi menurut syariat islam

Wa’alaikumsalam wr. wb,

Senada dengan sdr. Anungrey, memang semuanya perlu berproses.

Sayang memang dulu kita sempat kecolongan, pada awal kemerdekaan dulu, sehingga sistim riba sempat merajalela di Indonesia. Padahal saya dengar, ide awal koperasinya bung Hatta dulu itu sebetulnya adalah bersistim bagi hasil yang syariah. Tapi sekarang, justru koperasi banyak yang bunganya lebih besar daripada bank …

Jadi sekarang sistim riba sudah merambah kemana-mana, tentu mustahil (karena kita hanya manusia) untuk langsung menggantinya dengan sistim syariah. Alhamdulillah, kawan-kawan kita di berbagai institusi syariah telah, dan masih terus bekerja keras untuk mengubah keadaan ini.

Saya kebetulan dulu turut bergabung dan bergaul di beberapa institusi syariah pada awal berdirinya, dan insyaAllah saat ini kondisi mereka (berdasarkan syariah Islam) sudah jauh lebih baik daripada dulu. Saya bahagia sekali melihat bagaimana sekarang berbagai bank sudah membuka divisi syariah – bank mandiri, permata, bahkan kabarnya BCA juga sedang dalam proses. Untuk asuransi saya dengar BRIngin juga sudah mulai menyediakan produk asuransi syariah.

Mengenei detail produk asuransi pendidikan, pembahasannya bisa agak panjang. Saya sarankan Anda membeli buku Asuransi Syariah dari koperasi karyawan Takaful / toko buku Islam, insyaAllah akan dapat menjawab semua pertanyaan Anda mengenai topik ini.

Wassalam,
Harry

At 15:56 19/04/2005 +0800, rozmi.azim@xxxxxxxxxxx.co.id wrote:
Assalamualaikum
Rekan milis,
Maaf ya klu pertanyaan saya pernah dibahas sebelumnya dalam milis ini,
karena saya merasa gelisah memikirkannya, sebenarnya bagaimana hukum nya
tentang topik diatas, apakah halal /makruh/haram, karena disatu sisi system
ini menganut riba terus disisi lain system ini banyak mendatangkan
manfaatnya secara global.
Seperti kasus berikut:
Bank memberi pinjaman kepada pengusaha karena kemungkinan besar pengusaha
tidak akan mampu untuk mendirikan suatu perusahaan tanpa bantuan pinjaman
dari Bank. Dgn adanya perusahaan telah memberikan lapangan pekerjaan untuk
banyak orang dan bermanfaat bagi banyak orang.
jadi klu kita lihat bukankah ini klu kita lihat bukankah hal tsb terlihat
lebih banyak manfaatnya daripada kerugiannya / riba.
Kasus diatas hanyalah satu contoh kecil manfaat dari system perbankan.
Bahkan yang namanya bank muamalat pun masih menggunakan system riba
walaupun mungkin kapasitasnya kecil ^ _ ^

Terus bagaimana pula dengan asuransi pendidikan .
Yang menganut system hampir serupa dengan bank yaitu riba.
Dengan membayar premi kita akan mendapat “jaminan” uang pendidikan yang
pasti berlipat ganda dari yang kita setor bagi anak kita sampe dia kuliah
dari pihak asuransi, walaupun kita telah meninggal dunia / tidak mampu lagi
bayar premi asuransi, anak kita akan tetap “mendapat jaminan” uang
pendidikan tsb.

Terima kasih atas penjelasannya

Wassalam

_______________________________________________
is-lam mailing list
is-lam@milis.isnet.org

http://milis.isnet.org/cgi-bin/mailman/listinfo/is-lam

16 Responses to “Sistim ekonomi syariah

  • 1
    alex
    April 24th, 2005 05:44

    Jaringan Islam Liberal itu mau me-liberal-kan apa sih? :(

    saya lebih melihat Ulil itu sosok ambisius yang mau menghapus sebagian dan menambah sebagian utk kepentingan ambisinya.

    saya sendiri gak begitu suka dengan “pemujaan simbol2 agama” yang bikin Islam terpuruk, hanya karena mengagungkan gelar dan simbol. Tapi nggak untuk mengubah apa yang sudah nyata kebenarannya, secara iman dan logika, dalam agama :(

    Poor.. Ulil and his f@ckin’ JIL!

    Liberal sendiri apa lebih baik ?

    Anehnya… saya malah melihat ada ketimpangan dan pencampur-adukan segala isme “barat” dalam JIL-nya Tuan Ulil. Mulai dari Marxisme sampe Liberalisme.. Sedang pada kenyataannya dua kubu itu malah dulu bentrok.

    Atau beliau agen buat “nyari musuh baru” dari kemenangan org2 Kapitalis atas komunisme yang nyaris hilang di dunia ini?

  • 2
    darmilis
    June 29th, 2005 09:14

    saya sangat antisias dengan adanya forum ini

  • 3
    MIZA MUHAMMAD
    December 11th, 2005 05:48

    Saya ini mahasiswa yg akan menyusun skripsi tentang asuransi syariah, saya mau minta pendapat anda tentang apa yg sekarang sdng ngebomming tentang asuransi syariah?

  • 4
    fahmi
    December 22nd, 2005 06:49

    tolong kalau bisa emailku di daftar di sini

  • 5
    Fawziy
    January 11th, 2006 08:58

    Aku senang dengan adanya milis ini semoga isa membumikan ekonomi syariah.
    tolong emailku di daftar di milis ini

  • 6
    EKO HARSONO
    February 8th, 2006 05:37

    Di PT kami ada koperasi , bagaimana caranya supaya koperasi kami systemnya syariah ?

  • 7
    arfan budiman
    March 2nd, 2006 08:30

    mari kita bangun indonesia dari keterpurukan ekonomi dg ekonomi syariah. Sesungguhnya Allah bersama kita. ALLAHU AKBAR

  • 8
    Jaloel
    March 16th, 2006 07:02

    Assalamu alaikum.. rekan-rekan milis… terutama mas Harry!
    Saya adalah mahasiswa tingkat akhir ekstensi komunikasi UI jurusan periklanan yang sangat ertarik dengan perkembangan asuransi syariah tahun-tahun terakhir ini!

    Insya 4JJI.. rencananya saya akan merancang strategi komunikasi pemasaran terpadu salah satu Perusahaan Asuransi Syariah sebagai tugas akhir saya (sebagai jalur kelulusan selain skripsi.

    Namun saya ada sedikit kesulitan untuk mendapatkan data tentang kondisi pasar asuransi syariah dan beberapa tahun terakhir, seperti trend pertumbuhannya, pemain-pemain utamanya, dll.(dan jika mungkin: asuransi konvensional sebagai indirect competitor)

    Bisakah saya diberikan informasi mengenai hal tersebut, atau dimana saya bisa mendapatkannya?

    Kurang lebihnya terima kasih… Jazakumulloh Khoiron Katsiron..
    Wassalam

  • 9
    azhar
    March 26th, 2006 02:11

    SOLUSI UNTUK INDONESIA SISTEM EKONOMI DIGANTI DENGAN EKONOMI SYARIAH. SISTEM MONETER MEMASUKKAN UNSUR LOGAM MULAI SEBAGAI PENGGANTI UANG YANG ADA SEBAB SUDAH TERBUKTI EMAS STABIL SEPANJANG ZAMAN DAN TIDAK TERKENA INFLASI. SISTEM NON RIBA DAPAT MENINGKATKAN PENDAPATAN DISEKTOR PAJAK.BROVO

  • 10
    abira zirly
    May 11th, 2006 08:48

    assalamu’alaikum wr.wb.
    saya mohon informasi yang berkaitan dengan standar akuntansi koperasi syariah yang berlaku di indonesia dan koperasi itu sendiri serta perkembangannya!jazakumullah khoiru jaza atas informasi dan penjelasannya.

  • 11
    aminah.s
    August 11th, 2006 05:58

    aslm,saya sangat senang skali dgn adanya milis ini,ini sgt bermanfaat sekali.saya minta informasi2 akuntansi syariah.jkj

  • 12
    YADI
    January 7th, 2007 01:56

    assalmualaikm wr wb
    mari kita bangkitkan sistem bisnis syariah di indonesia ini, karena sangat bermanfaat bagi kalangan atas, menengah dan bawah. karena bisnis dengan syariah sangat dianjurkan oleh agama islam, yang dimana tidak merugikan satu belah pihak.
    thanks

  • 13
    Rian.Hr
    January 11th, 2007 15:40

    Asalamualaikum Wr.WB. Temen-temen milis GW mo minta Cara nih….Gimana caranya Membuat Koprasi Syariah itu>>????
    Langkah-langkah nya gimana?????
    di tunggu nih…..karena saya Perlu betul kami dah punya Kelompok dan kami betul-betul pengen ndiriin Koprtasi Syariah Tersebut, jad tolong dong… biar Kompak gitu lho……!!!!

  • 14
    sari
    October 28th, 2010 15:34

    nice post
    jangan lupa kunjungi ini yaaaa

  • 15
    Wallpapers for Desktop
    October 1st, 2011 15:36

    I really liked this useful information post. Thanks for sharing this post.

  • 16
    Ekonomi
    November 9th, 2011 08:57

    Ekonomi…

    [...]harry.sufehmi.com » Blog Archive » Sistim ekonomi syariah[...]…

Leave a Reply

 

Subscribe without commenting

            








SEObox: Web Hosting Murah Unlimited Komik Indonesia Homeschooling Indonesia