Translate this page :

Seminar/Kuliah umum Sistim Informasi

Beberapa minggu yang lalu saya diminta untuk menjadi pembicara pada acara Kuliah Umum di Fasilkom UI, dengan tema “Sistim Informasi”.
Acara ini telah diselenggarakan pada hari Sabtu kemarin, tanggal 15 April 2006.

Materi nya bisa di download dari sini:
[ Format Open Office 2 (ODP) ]
[ Format Power Point 97 (PPT) ]

Kuliah ini memperkenalkan Sistim Informasi kepada target audiens awam/umum, dengan berbagai studi kasus dan contoh di lapangan.

Beberapa pertanyaan dari sesi tanya-jawab :

  • Q: Dosen S2 di beberapa Universitas, di salah satu Universitasnya sudah ada Sistim informasi yang bagus. Namun di Universitas yang satu lagi belum ada. Ingin membuat SI yang bagus, tapi ada keterbatasan resources; dana dan sumber daya manusia. Bagaimana solusinya ?

    A: Ada beberapa alternatif solusi yang bisa dicoba: [ 1 ] Opensource: Hubungi kampus-kampus lainnya dengan masalah yang sama (butuh SI, terbatas resources), dan ajak bergabung di sebuah proyek SI kampus yang open source. Semua resources yang ada dikumpulkan di proyek tersebut. Hasil proyek kemudian bisa dimanfaatkan oleh semua partisipan.
    [ 2 ] Mahasiswa skripsi : Cari mahasiswa jurusan komputer yang sedang akan skripsi, lalu tawari untuk mengerjakan sebuah modul dari SI tersebut. Dengan membagi proyek SI menjadi modul-modul, maka bisa dibagi ke beberapa mahasiswa untuk menjadi skripsi mereka, dan kemudian proyek jadi bisa diselesaikan.
    [ 3 ] Mahasiswa magang: Jadikan proyek ini sebagai kesempatan magang bagi mahasiswa. Kompensasi / gaji nya memang mungkin lebih kecil daripada standar perusahaan, namun mahasiswa jadi dapat pengalaman kerja. Pengalaman kerja ini kelak akan dapat sangat membantunya pada saat melamar kerja setelah lulus – dimana berbagai lowongan biasanya mensyaratkan pelamar untuk telah memiliki pengalaman kerja.
    [ 4 ] Atau, bisa juga kombinasi dari ide-ide yang telah disebutkan di atas.

  • Q: Pada bagian personalia, seringkali ada mesin absensi, yangtersambung ke PC. Bagaimana format datanya, apakah perlu dikonversi atau tidak ?
    A: Format datanya bisa berbeda-beda, tergantung dari mesin absensinya, tidak ada standarisasi.
    Salah satu pengalaman saya adalah dengan mesin absensi berumur 20 tahun, yang konek ke komputer via serial port, dimana kemudian datanya diterima oleh software yang (tentu saja) berusia 20 tahun juga. Kemudian terjadi musibah – hard disk komputer tersebut rusak, sedangkan backup software tersebut tidak ada, bahkan dari pembuatnya sendiri sekalipun (saking tuanya). Akhirnya hard disk di-recover oleh pakarnya, dan dibuat backup nya; dan kini terus berjalan dengan baik.
    Pelajaran yang bisa diambil disini: [ 1 ] Solusi yang baik BUKAN yang canggih / mahal / rumit; tapi adalah solusi yang menyelesaikan masalah. Disini solusi kebutuhan absensi perusahaan tersebut telah berusia 20 tahun, namun kalau telah memenuhi kebutuhannya, ya selesai masalah. [ 2 ] Backup ! pekerjaan dan mengontrol backup adalah hal yang membosankan, namun dampaknya bisa sangat fatal.
  • Q: Pemilik UKM (Usaha Kecil/Menengah) di bidang produksi modul hardware, ingin mengembangkan usaha / jangkauan pasar ke Internet. Ada keterbatasan dana & resources. Bagaimana caranya membuat SI yang bisa mendukung usahanya ini ?

    A: Kebutuhan SI untuk UKM ini nampaknya akan bisa dipenuhi oleh [ osCommerce ]. Instalasinya cukup mudah; atau cukup mendaftar ke paket webhosting yangtelah menyediakan ini.
    Yang lebih perlu diperhatikan justru adalah dari sisi marketing-nya — bagaimana cara agar ada orang yang mampir _dan_ membeli di situs tersebut.

16 Responses to “Seminar/Kuliah umum Sistim Informasi

Leave a Reply

 

Subscribe without commenting

            








SEObox: Web Hosting Murah Unlimited Komik Indonesia Homeschooling Indonesia