Translate this page :

Bahaya Situs (Blog) Gratisan

Saya baru saja mendapatkan email bahwa seorang kawan blogger, Luthfi Assadad, blognya dimatikan oleh hosternya, WordPress.com, dengan alasan “melanggar TOS (Terms Of Service)”. Walhasil, isi blognya lenyap semua, dan tidak diketahui apakah akan bisa diselamatkan atau tidak.

Sebetulnya, dimana pun kita hosting blog/situs kita pasti akan selalu ada kemungkinan ini (lenyapnya data). Namun, pada situs/blog gratisan, resikonya jauh lebih besar. Penyebabnya bisa kita baca di isi TOS WordPress.com :

Automattic has the right (though not the obligation) to, in Automattic’s sole discretion (i) refuse or remove any content that, in Automattic’s reasonable opinion, violates any Automattic policy or is in any way harmful or objectionable, or (ii) terminate or deny access to and use of the Website to any individual or entity for any reason, in Automattic’s sole discretion. Automattic will have no obligation to provide a refund of any amounts previously paid.

Dan ini makin diperparah dengan ustomer service nya — karena mungkin ada jutaan blog di WordPress.com pada saat ini, tentu sulit bagi mereka untuk membalas email komplain dari kita – mengapa situs kita tiba-tiba dilenyapkan begitu saja?
Pada hosting berbayar kita masih lebih mungkin mendapatkan penjelasan dari mereka, sehingga kemudian kita bisa memenuhi TOS mereka.

Lalu bagaimana solusinya jika kita sudah terlanjur menggunakan hosting WordPress.com ?
Saya barusan bertanya kepada seorang kawan, menurutnya ada fasilitas Backup di WordPress.com

Nah, dengan memanfaatkan fasilitas tersebut, maka jika tiba-tiba Anda tertimpa bencana ini, data-data di blog Anda sudah aman tersimpan di komputer Anda sendiri.

Mudah-mudahan bermanfaat. Terlampir adalah email selengkapnya dari kawan saya tersebut.

From: Luthfi Assadad
Date: Feb 12, 2007 10:14 AM
Subject: Mohon Bantuan Dari Teman-teman blogger Semuanya

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh …
Teman-teman blogger semuanya ….
Pagi ini, ada sesuatu yang lain ketika saya mengakses blog saya (luthfi.wordpress.com). BLOG SAYA DISUSPEND termasuk akunnya. Untuk akun yang disuspend akhirnya bisa kembali lagi dengan bantuan menu Reset Password (Lost Password). Blog saya disuspend dengan alasan melanggar Term of Service, yang mana saya sendiri gak tahu TOS yang mana yang saya langgar.

Setelah berhasil login (dengan password baru), rupanya blog utama saya tersebut hilang dari list blog2 saya.
Untuk itu, demi persahabatan kita, tolong, kirimkan email ke pihak wordpress melalui menu support dan meminta wordpress agar mengembalikan blog utama saya. Sekalian tanyakan TOS yang mana yang saya langgar.

Yang terakhir, sekalian sebarkan ke yang lain.
Dukungan dari teman-teman blogger wp sangat saya harapkan.
Terima kasih atas perhatian dan dukungannya.

Luthfi Assadad

35 Responses to “Bahaya Situs (Blog) Gratisan

Leave a Reply

 

Subscribe without commenting

            








SEObox: Web Hosting Murah Unlimited Komik Indonesia Homeschooling Indonesia