Translate this page :

Agamaku Kesaksianku : Serangan Terselubung Ke Islam

Selama ini saya cukup respek dengan mas Emanuel Setio Dewo, sebagai salah satu developer open source di Indonesia.
Kemudian saya menemukan salah satu blognya lagi, yang diberi judul Agamaku Kesaksianku.

Pada awalnya saya dengan tertarik membaca blog tersebut, karena sepertinya mempromosikan kerjasama & perdamaian dengan umat lainnya, terutama antara umat Nasrani & umat Islam.
Saya senang sekali kalau ada yang mau dengan tulus mengusahakan ini, karena sudah terlalu banyak permusuhan yang tidak perlu selama ini (dimana saya juga pernah melakukan kesalahan tersebut sebelumnya).

Namun setelah membaca lebih mendetail, kini saya jadi kecewa.
Banyak komentatornya yang memfitnah Islam (1), lalu kemudian di approve oleh Dewo.
Malah sebuah postingnya adalah mentah-mentah dari salah satu komentator, yang isinya adalah tafsir Quran yang ngawur, dan kemudian di approve lagi oleh Dewo.

Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Seperti link ke artikel Ali Sina, dengan sebelumnya memvonis bahwa tulisan tersebut hanya diperuntukkan bagi yang pikirannya terbuka. Seperti saya sendiri, yang sudah pernah berdiskusi dengan para atheis langsung di “rumah” mereka sendiri selama berbulan-bulan (dengan cara yang baik, namun tetap diserang dan menjadi bulan-bulanan mereka), memilih tidak membaca artikel sampah tersebut, dan karenanya maka (terimplikasi) saya adalah orang yang pikirannya tidak terbuka menurut mas Dewo.

Jadi pada saat ini, blog tersebut saya anggap hanyalah satu lagi propaganda kepercayaannya sendiri, dibalut dengan berbagai jargon seperti kasih sayang, dst.
Itu memang hak ybs sebagai pemilik blog, namun saya terus terang kecewa dengan serangan-serangan kepada umat lainnya di blog tersebut, terutama umat Islam, dengan cara-cara yang sangat tidak baik.

Kepada rekan-rekan muslim lainnya, saya menghimbau agar kita tidak terpancing membalas dengan kata-kata yang tidak baik (seperti beberapa komentator yang sudah terlanjur terpancing emosinya disitu).
Kita balas saja dengan baik, atau tidak usah dibaca saja sama sekali.

Kepada mas Dewo; di Islam ada prinsip “bagimu agamamu, bagiku agamaku”, dan ketika dipraktekkan, ini telah memungkinkan agama Islam mengayomi agama-agama lainnya.
Mudah-mudahan prinsip serupa juga ada di agama Anda, dan bisa Anda praktekkan juga dengan baik.

Saya sama sekali tidak keberatan jika Anda (Dewo) mempromosikan agama Anda sendiri. You’re most welcome.
Namun ketika dalam mempromosikan tersebut Anda jadi menyerang agama orang lain, di ranah publik, maka persoalannya menjadi berbeda.

OK, kalau ada yang tahu blog yang mempromosikan kerjasama & perdamaian antar umat, do please let me know. Terimakasih sebelumnya.

(1) Dikutip dari komentar ybs :
Dulu Muhammad menyebarkan Islam dengan cara memaksa “orang kafir” untuk memeluk agama Islam, kalo ndak mau maka dibunuh dengan berteriak Allahu Akbar

78 Responses to “Agamaku Kesaksianku : Serangan Terselubung Ke Islam

  • 1
    sufehmi
    February 23rd, 2008 22:54

    Pandangan mas Dewo terhadap Islam bisa dibaca di komentar ini.

  • 2
    mk
    February 23rd, 2008 23:37

    Setuju mas harry, daripada hati panas dan marah yang menyebabkan tekanan darah naik, lebih baik tidak usah mengunjungi blog tersebut.. Sebagai umat Islam perbanyak amal kebaikan di dunia ini sesuai dengan apa yang kita mampu dan tidak bertentangan dengan Quran dan Sunnah agar Islam sebagai dien yang merahmati alam semesta terwujud..

  • 3
    Emanuel Setio Dewo
    February 24th, 2008 00:25

    @ Dear Herry,

    Mohon maaf jika artikel tersebut menyinggung umat muslim. Akhirnya saya menyadari bahwa akibatnya sangat buruk. Terutama diperparah karena banyak komentar-komentar negatif. Saya sendiri akhirnya terpancing dalam diskusi yang negatif seperti yang Anda kutip di atas.

    Sedikit menceritakan latar belakang dari pembuatan artikel tersebut adalah karena saya banyak membaca blog yang menyudutkan Kristiani (tidak perlu saya berikan link artikel dari blog2 tersebut) sehingga saya merasa perlu menegaskan bahwa “Tuhan kita memang berbeda.” Tetapi dengan sangat menyesal ternyata akibat penulisan tersebut sangat tidak baik. Terutama karena saya tidak melakukan sensor terhadap komentar sama sekali dengan maksud diskusi dapat terjalin dengan terbuka dan jujur.

    Dengan komentar ini, saya memohon maaf atas kesalahan saya atas penulisan artikel tersebut. Semoga Anda dan pembaca semua dapat memaafkan saya. Dan artikel itu sekarang sudah saya tutup dengan password.

    Salam.

  • 4
    Noe
    February 24th, 2008 09:02

    Daripada ribut2 mulu, ayo bangun negara kita ini biar gak tertinggal, dunia sudah tua…gak usa pake acara brantem2an mulu…yang penting negara kita ini sudah mengakui 5 agama…gak usah saling mengejek.

    bener kata mas harry : ” bagimu agamamu, bagiku agamaku… “

  • 5
    abah oryza
    February 24th, 2008 09:31

    yah emang klo masalah debatable nggak usahlah dibahas seperti, sudahlah ngeblog dengan tema-tema universal, apa karena kita posting masalah kayak gituan akan menyelesaikan masalah?

    saya rasa nggak banget dech, mas dewo jadi jelek dan masalah tambah runyam,

    peace and love

  • 6
    jimmy
    February 24th, 2008 19:47

    @noe
    koreksi bang :
    …yang penting negara kita ini sudah mengakui 5 agama…
    yang bener :
    sudah ada 6 agama di Indonesia yang diakui pemerintah sampai saat ini, yaitu Islam,Kristen,Katholik,Hindu,Buddha,Konghucu.

  • 7
    noe
    February 24th, 2008 21:06

    @ jimmy :

    oh gitu ya…? bagus gitu….alhmdllh…
    Btw, ak bkn bang tp jeng 😀 ..

    maaf to kang harry, jd ngeJUNK di blog njenengan 😀
    punten

  • 8
    obix
    February 24th, 2008 21:56

    Investaigasi dan koreksi yg baik………..

    Nyimak:ON

  • 9
    Ollie
    February 24th, 2008 23:54

    Sangat disayangkan sekali.

  • 10
    aRdho
    February 25th, 2008 04:24

    yah sebenrnya itu bukannya wajar ya mas Harry?

    maksudnya, blog2 atopun forum2 yg menghujat agama lain itu kan juga banyak.. ketika ada forum2 yg menghujat agama selain Islam, kenapa kita juga gag ikutan angkat bicara?

  • 11
    Jauhari
    February 25th, 2008 08:34

    saya setuju, daripada ikutan PANAS dan tidak akan menguatkan IMAN kita lebih baik tidak berkunjung.

  • 12
    zahra
    February 25th, 2008 12:26

    #3
    yagh, kita menghargai sesama umat beragama termasuk menghargai isi tulisan ttg ayat2 atau penafsiran versi agamanya. Lantas kalo ada muslim atau kristiani yang menjelek2an agama lain, lantas kita ikut2an menjelekkan. bersikap netral memang sulit, tapi apakah dengan itu kita lantas memihak? yang baik adalah, berdiskusi sehat dengan referensi yang baik. saya juga menyayangkan ada umat muslim yang secara straight menjelek2 agama lain dengan membubuhi kata2 menghina. padahal di dalam ajaran islam sendiri dilarang menjelek2 atau menghina. saya menghargai sikap sportif mas dewo dg menutup tulisan tsb.

    @mas fahmi
    saia setuju…btw nice post…

    mudah2an kita semua termasuk saia, lebih wise dalam menyikapi isu2 yang menyangkut agama yang notabene terbilang sensitif.

  • 13
    ahmed
    February 25th, 2008 13:01

    Sungguh!!! Permusuhan antara yang haq dan yang batil pasti terjadi hingga hari kiamat, kita berdakwa untuk menegakkan tauhid, mengesakan Allah,mereka pun berjuang untuk mengajak kepada kekufuran, untuk menyesatkan ummat, mengajak kepada penyembahan selain Allah. Sungguh benarlah apa yang Allah azza wa jalla katakan:
    “Tidak akan ridho yahudi dan nasrani (Kristen), hingga kalian mengikuti millah (agama) mereka”
    Oleh karena itu, berhati-hatilah wahai saudaraku fillah.

  • 14
    decon
    February 25th, 2008 16:04

    Benar yang diucapkan Ahmed,
    thanks pak Harry atas postingannya,
    sebenarnya dalam ISLAM ada namanya Al’ Wala’ Wal Bara’
    Al Wala’ artinya loyal, dalam hal ini kepada yang satu aqidah (muslim) , Bara’ artinya berlepas diri (dari orang kafir)
    penjelasan selengkapnya bisa dilihat disini …

    http://www.almanhaj.or.id/content/958/slash/0

    ingin melengkapi dari dari kutipan pak ahmed .. yang diambil dari surat Al Baqarah 120

    “Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.”

    Maka pesan saya juga .. maka berhati²lah dan lihatlah siapa yang menjadi temanmu.

  • 15
    thomas
    February 25th, 2008 19:29

    tidak masalah kok kalo sebenarnya memberikan kesaksian hidup seseorang, kami sebagai orang kristen diwajibkan untuk memberitakan Injil oleh Yesus. Percaya atau tidak terserah Anda.

  • 16
    MaIDeN
    February 26th, 2008 05:13

    Sorri om, out of topic nih

    Al Baqarah 120

    “Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.”

    Ayat itu maksutnya untuk orang nasrani yang jahat ya. Bayangkan kalau kita punya adik yang sangat kita sayangi, dan kita tahu betul sifatnya. Orangnya baik hati n so on. Suatu hari dia menjadi penganut katolik yang ta’at. Apakah kita akan bilang bahwa adik kita itu “tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka” ????

    Untuk bahan renungan 🙂
    Peace

  • 17
    Atakeo
    February 26th, 2008 07:24

    Orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka(Al Bagarah 120). Ini yang selalu meracuni orang Islam. Tahukah anda saya Katholik Flores. Kakek nenek saya Islam. Sampai sekarang saya tidak pernah merasa tidak senang karena om saya jadi Islam. Yang paling saya heran ketika saya setelah menyelesaikan studi di Flores dan menghuni kontrakan kecil di Pengadegan. Seorang anak Islam mengatakan Om suka keris ya (kejam) saya sukam slampe (sapu tangan = halus= damai = lembut). Dari mana ajaran itu.
    Jangan racuni anak-anak dengan apa yang tertulis dalam Al Bagarah. Masa dan misi tulisan itu beda. Kalau itu yang terus menjadi mata dan sumber air, jangan heran kekeruhan yang kita peroleh.
    Saya sekolah SMP – SMA dan kuliah dalam lingkaran Katholik. Dan tidak pernah ada perasaan atau ajaran seperti yang ada dalam Al Bagarah sampai saya mendengar dari anak gadis kecil tentang keris dan slampe.

  • 18
    decon
    February 26th, 2008 08:50

    @ thomas 🙂
    Kami umat ISLAM juga sama diperintahkan untuk berdakwah, sama seperti anda.

    @Maiden & atakeo
    ayat tersebut ada sebab turunnya,

    Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa kaum Yahudi Madinah dan kaum Nashara Najran mengharap agar Nabi SAW shalat menghadap qiblat mereka. Ketika Allah SWT membelokkan qiblat itu ke Ka’bah, mereka merasa keberatan. Mereka berkomplot dan berusaha agar supaya Nabi SAW menyetujui qiblat sesuai dengan agama mereka. Maka turunlah ayat tersebut di atas (S. 2: 120) yang menjelaskan bahwa orang-orang Yahudi dan orang-orang Nashara tidak akan senang kepada Nabi Muhammad SAW walaupun keinginannya dikabulkan.
    (Diriwayatkan oleh Tsa’labi yang bersumber dari Ibnu Abbas.)

    apabila adik anda (Maiden) seperti itu ya sudah, dan berbuat baik kepada agama lain dalam hal mu’amalah atau dalam hal umum dianjurkan dalam agama ISLAM, bahkan kita diharuskan berbuat adil, bersikap baik kepada tetangga (baik muslim, yahudi / nasrani), nah ayat tersebut jelas ditujukan bagi orang² yang di dalam hatinya sangat membenci ISLAM. Seperti kata pean sendiri untuk orang nasrani yang jahat 🙂

    @atakeo
    wah itu pendidikannya kepada anak kecil tersebut harus diperhatikan 🙂 sesungguhnya umat ISLAM diperintahkan untuk selalu berbuat baik, dan diperintahkan untuk berdakwah dengan cara yang baik dan hikmah. Jadi apabila orangtuanya mendidiknya dengan benar sesuai dengan al qur’an wa sunnah, Insya ALLAH akhlaknya nggak lsg sprti itu.

    Allohu’alam ..

    Maaf kang harry, saya hanya ingin meluruskan penafsiran ayat² ALLAH, jangan sampai menjadi penafsiran yang salah. Afwan Jiddan jadi ngejunk disini .. 🙁

  • 19
    syamsul
    February 26th, 2008 10:20

    trims mas hery infonya sy menyarankan sahabat muslim agar tdk perlu menanggapi dengan berlebihan kalau perlu tidak usah mebaca tulisan mas dewo. mari kita coba berdiskusi dengan hati yang jernih. carilah blog yg lain yg dapat membantu kita semua untuk lebih tercerahkan.

  • 20
    setan komputer
    February 26th, 2008 10:58

    waktu saya membaca bagian “Minggu atau Seninkah hari pertama” nya oom dewo, saya langsung googling.. hi hi hi disitu sudah banyak dan lengkap tuh keterangannya. terus juga masalah pertentangan di dalam bijbel. saya membaca hal ini sejak tahun 75an kayaknya waktu masih smp. cuma memang kalau sudah demikian banyak pertentangan, banyak unsur pornografinya (eh kok ndak disensor atau dibredel ya 🙂 kalau ada yang versi visualnya malah terkena pornoaksi kan??? untungnya ndak ada yang versi visualnya) harusnya memang sudah bisa mengambil kesimpulannya… kalau hal penting seperti ini masih dianggap bukan esensi……. yaaaaaaaaahhh 🙁

  • 21
    papabonbon
    February 26th, 2008 11:02

    aku kira kalau ngomongin agama dalam ranah pengaruh sosial budaya politik kemasyarakatan wajar wajar saja kok terjadinya silang pendapat.

    toh agama islam sendiri sering meneror pendapat dan pandangan keagamaan orang lain. termasuk yg sesama islam.

    teror itu sendiri memang tidak baik. tapi himbauan yg dari sesama muslim sendiri untuk mereduksi hal ini juga nampaknya kurang.

  • 22
    Muhammad Haifan
    February 26th, 2008 14:12

    Agama adalah masalah hati, tanpa hidayah dari Allah SWT, walaupun sebanyak gunung uhud kebenaran/fakta yang ada dalam Islam kita sampaikan, tetap saja pemeluk agama lain tidak akan masuk islam, dia tetap dalam agamanya walaupun bertentangan dengan fikirannya yang realistis. Kecuali orang-orang yang memang mencari kebenaran (bukan pembenaran) dan diberi hidayah oleh Allah SWT akan dibuka hatinya melalui fikirannya. kebanyakan kita terlahir sebagai pemeluk agama kita, bukan memeluk agama setelah melalui pencarian kebenaran( seperti nabi Ibrahim).

  • 23
    peacefull
    February 26th, 2008 14:25

    windows dan linux emang berbeda kok .. walaupun sebagian masih ada yang sama yaitu SO ( agama ) tetapi basis utamanya berbeda walaupun tujuan utamanya adalah satu , kayak TVOne yang itu loh.. jangan diperbesar soal gituan… baiknya saling menghargai…menghormati .. jangan merasa seperti agamamu yang paling benar … ya nggak coi …
    salam buat sahabat semua …di tanah air … Indonesia bersatu !!!!

  • 24
    Muhammad Subair
    February 26th, 2008 22:23

    Hmm emang boleh berdiskusi sih, tapi harus didasari oleh ilmu dan ada kesepakatan dalam berdiskusi, kalo tidak hanya jadi debat kusir.
    Mungkin ada yang tertarik tentang diskusi tentang ini, tapi dengan agak beda silahkan langsung ke TKP
    http://www.aswatalislam.net/DisplayFilesP.aspx?TitleID=50016
    walaupun jujur aja walaupun yang berdiskusi sudah lumayan santun, kadang audiens-nya yang kurang hikmah

  • 25
    dadan
    February 27th, 2008 20:29

    tentunya ada beda yang besar sekali antara ajaran agama dan pemahaman umat beragama.

    namun seringkali dengan pongahnya kita mengklaim bahwa pemahamanku adalah agama itu sendiri.

    Maka jadilah ‘pemahamanku’ adalah ‘Agamaku’.
    ‘Agamaku’ dengan tanda kutip.

    Parahnya, dititik itu sering terjadi stagnasi. Menganggap bahwa pemahamannya tentang agama adalah kebenaran akhir.

    Sehingga sulit untuk melihat sisi kebenaran dari luar dirinya.

    Sudah gitu, banyak lagi yang memukul ratakan bahwa umat beragama pastilah cermin 100% dari ajaran agamanya.

    Salah ‘anggap’ ketemu salah ‘paham’. Wah….

    Kapan mau maju bangsa kita, generasi kita ?

  • 26
    rastow
    March 3rd, 2008 00:13

    Saya pikir kalo kita ingin memvonis sesuatu tentang agama lain bukan di blog tempatnya. Mending kita urusi agama masing2. Bilamana agama kita diserang (baik scr halus/politis/senjata) barulah kita serang balik. Berdakwah bukanlah dengan Al Qur’an di tangan kiri dan Pedang di tangan kanan (seperti tuduhan kpd umat muslim). Tapi salahkah bila suatu kaum ditindas kemudian kaum tersebut diam saja? Renungkanlah. Maafkan bila ada kata2 yang berbau SARA. saya hanyalah orang awam.

  • 27
    sufehmi
    March 3rd, 2008 01:39

    @Emanuel – Rastow : jika agama kita diserang dengan fitnah, cara membelanya bukan dengan membalas memfitnah lagi. Ini berarti kita telah turut berkontribusi untuk membuat keributan yang tidak ada habisnya.
    .
    Kepada semuanya, juga mas Dewo; saya mengusulkan agar kita mengedukasi umat kita masing-masing sebagai solusinya.
    .
    Masih terlalu banyak kebodohan yang dilakukan oleh semua pihak.
    Mas Dewo sudah banyak menemukannya, sampai merasa perlu membuat blog khusus untuk membalas itu. Saya sendiri juga sering menemukannya, tapi saya berusaha agar lebih concern dengan kelemahan umat saya sendiri — karena level ustadz sekali pun masih banyak yang belum tercerahkan. Masih terlalu banyak yang cuma hafal Quran & Hadits, namun tidak paham.
    Akibatnya ya menjadi seperti keledai yang membawa kitab – dia cuma lelah membawanya, tapi tidak mendapat manfaat apapun dari tumpukan buku-buku itu.
    .
    Dan fenomena ini ada di semua umat saya kira. Masih banyak juga pastor yang kelihatan bermasalah dalam soal wawasannya, dan juga pemuka-pemuka agama lainnya. Saya sendiri tidak segan mengkritik keras ustadz / ulama kalau memang kekeliruannya fatal (apalagi kalau sengaja menyesatkan) dan dilakukan di ranah publik.
    .
    Kalau kita semua bisa memperbaiki umat kita masing-masing, sambil menjalin komunikasi lintas agama, maka saya yakin hasilnya pasti akan baik sekali.
    .
    Dan btw; JIL (Jaringan Islam Liberal) itu cuma mengusung jargon pluralisme, namun esensinya nol. Secara logika saja, masih banyak dasar pemikiran mereka yang ngawur. Apalagi ketika diklarifikasi dengan prinsip2 dalam agama Islam.
    Mereka bukan representasi umat Islam, sebagaimana kelompok ekstrimis juga bukan representasi umat kami.
    .
    Mudah-mudahan berkenan.
    Terimakasih.
    .
    @Noe – terimakasih sudah berkenan untuk ngejunk disini 🙂
    btw; ternyata ubunteros juga ya 🙂
    .
    @ardho – saya juga kepikiran untuk membuat semacam wiki untuk membahas berbagai fitnah ini. Semacam snopes.com mungkin ya, tapi membahas mengenai hoax / fitnah seputar Islam 🙂
    .
    Pastinya bakalan capek sih, karena namanya fitnah, sama seperti hoax, bisa banyak sekali ragamnya / unlimited. Bakalan jadi pekerjaan yang tidak pernah selesai. Tapi nanti saya coba sedikit-sedikit dulu.
    .
    Tapi kalau dengan membalas fitnah dengan fitnah lagi, saya kira ini seperti “fight fire with fire”, bukan solusi. Justru membuat situasi menjadi tambah runyam.
    .
    @zahra – setuju sekali, memang kalau umat Islam paham agamanya sendiri *keluh*, mereka pasti tidak mau menjelek-jelekkan agama lainnya.
    .
    Umar bin Khattab baru kelihatan menenteng Injil saja sudah langsung ditegur oleh Nabi saw. Apalagi kalau sampai ada yang menjelek-jelekkannya.
    .
    Lebih baik kita sibuk dengan agama & umat kita sendiri saja lah.
    .
    Nasihat dari kawan saya,
    “Jangan sibuk dengan memadamkan cahaya orang lain. Lebih baik kita fokus saja agar cahaya kita jadi lebih terang dari yang lainnya”.
    .
    @ahmed – kalau mengutip cuma sepotong begitu (sambil emosional pula), kesannya jadi jauh berbeda jika dengan dijelaskan berikut dengan latar belakangnya seperti komentar decon.
    .
    @Maiden – critical as always 🙂 Thanks.
    .
    Jawaban decon saya kira cukup menjelaskan.
    .
    @Atakeo – inilah yang terjadi kalau kitab suci suatu agama ditafsirkan separuh-separuh. Menafsirkan seenak nafsunya sendiri, tanpa merujuk ke penafsiran para sahabat, tanpa menjelaskan konteksnya, tanpa menjelaskan asbabnya, tanpa menjelaskan ayat-ayat yang terkait, dan seterusnya.
    Ini masalah yang juga terjadi di semua agama saya kira.
    .
    Memang umat Islam ini masih banyak membutuhkan pencerahan.
    .
    @decon – terimakasih banyak. Junk nya saja sudah begitu mencerahkan. Saya senang keluyuran di blog sampeyan,terutama di review Ayat2 cinta (saya rencananya juga akan mereview film ini) – ternyata sutradaranya idealis ya. Produsernya yang mata duitan 🙂
    Trims.
    .
    @papabonbon – tapi himbauan yg dari sesama muslim sendiri untuk mereduksi hal ini juga nampaknya kurang.
    .
    Ini yang sempat terjadi kepada saya sendiri. Ketika kasus 9/11 kemarin ini, umat Muslim, terutama di negara2 Barat, kena teror karena dituduh simpati / tidak mengecam para teroris tersebut.
    .
    Padahal :
    1. Terorisnya belum tentu orang Islam
    2. Kalau pun kebetulan orang Islam pelakunya, terorisme sendiri bukan ajaran Islam, dan
    3. Kami sudah mengecam ! Namun karena media massa, tidak memuatnya, maka seperti kami tidak mengecamnya.
    .
    Istri saya (ketika itu kami sedang berdomisili di Inggris) sampai kena harass karena itu. Di berbagai tempat malah jatuh korban nyawa.
    .
    Jadi tolong agar jangan menggeneralisir seperti itu. Trims.
    .
    @dadan – Sudah gitu, banyak lagi yang memukul ratakan bahwa umat beragama pastilah cermin 100% dari ajaran agamanya.
    .
    Betul, ini kekeliruan yang sangat sering terjadi.
    .
    Mudah-mudahan kita bisa terhindari dari kekeliruan ini juga.
    .
    @All – terimakasih banyak untuk semua masukan dan urun rembuknya.

  • 28
    decon
    March 4th, 2008 13:12

    Jazakallohu khoiron katsiron dah mampir² ke tempat saya, Mas Fehmi, 🙂

    btw mo koreksi satu lagi 🙂

    Umar Bin Khattab yang menenteng kitab, bukan Bibel, Insya ALLAH Taurat, sambil Rasulullah menjelaskan bahwa, seandainya nabi musa ada disini, maka beliau akan ikut syariatku ..

    Allohu’alam .. CMIIW

  • 29
    bingung
    March 6th, 2008 04:23

    “mengapa umat islam boleh seenaknya menyerang kristen tapi kebakaran jenggot kalau dikritik sedikit saja?” ini pertanyaan yang saya sering tanyakan kepada ayah saja yang haji dan sangat dalam pengetahuan agamanya. saya sendiri walaupun lulusan pondok pesantren tetapi tidak merasa terkipas atau marah karena komentar (bukan komentator) di blog dewo. saya rasa sah-sah saja dia menulis begitu, karena itulah kepercayaan dia, sama saja dengan kepercayaan kita bahwa Islam adalah satu satunya jalan yang diridhoi Allah SWT.

    janganlah membungkam pihak yang berbeda opini dan kepercayaan, belajarlah berdemokrasi dan menerima opini orang lain, seekstrim apapun atau sejauh-jauhnya dari opini kita sendiri.

    Allah SWT itu tidak perlu dibela manusia, nanti di akhirul jaman semua akan terkuak dengan sendirinya, mana yang benar dan mana yang salah.

    Wass. wr. wb

  • 30
    sufehmi
    March 6th, 2008 06:24

    @decon – terimakasih banyak untuk koreksinya.
    .
    @bingung – sebetulnya saya tidak terlalu peduli pada tulisan2 komentator di blog tsb. Saya malah miris membaca tulisan-tulisan emosional beberapa komentator muslim di blog tersebut (karena itu saya menghimbau disini agar kita tidak terpancing).
    .
    Tapi saya mulai keberatan ketika ada komentator yang menafsirkan Quran dengan ngawur dan justru dijadikan posting di blog tersebut. Dengan menelikung Quran, Dewo mempromosikan kepercayaannya sendiri.
    .
    Apalagi setelah saya menemukan komentar dari Dewo sendiri yang menghina Islam. (sekarang halaman tsb sudah ditutup oleh ybs)
    .
    Kemudian saya sadari bahwa saling fitnah seperti ini tidak akan ada habis-habisnya. Satu pihak merasa terluka, lalu mereka membalas. Dalam balasannya, ada pihak yang tidak bersalah yang kena getahnya juga (collateral damage). Lalu kemudian mereka membalas balik.
    Dst.
    .
    Karena itu kemudian saya posting ini. Saya usulkan agar kita promosikan saja kepercayaan kita dengan sebaik-baiknya. Namun jangan dengan menggunakan cara-cara yang tidak baik; seperti saling fitnah & menjatuhkan.
    .
    “mengapa umat islam boleh seenaknya menyerang kristen tapi kebakaran jenggot kalau dikritik sedikit saja?”
    .
    Ini adalah generalisasi, dan salah satu dampak negatifnya adalah debat kusir yang tidak perlu.
    .
    saya rasa sah-sah saja dia menulis begitu, karena itulah kepercayaan dia
    .
    Saya setuju sekali dengan statement ini.
    .
    Namun saya keberatan kalau ada yang mempromosikan kepercayaannya dengan cara menyerang orang lain.
    .
    belajarlah berdemokrasi dan menerima opini orang lain
    .
    Demokrasi / Opini berbeda dengan Fitnah
    .
    Saya tidak ada masalah dengan 2 yang pertama, tapi yang ketiga adalah sumber masalah.
    .
    Allah SWT itu tidak perlu dibela manusia, nanti di akhirul jaman semua akan terkuak dengan sendirinya, mana yang benar dan mana yang salah.
    .
    Ya, yang perlu membela Allah swt adalah manusia sendiri, untuk menghindari dari tuntutan di akhir zaman nanti (eg: “kamu tahu ini ada yang melakukan kesalahan, kenapa kamu diam saja?”, dst)

  • 31
    sufehmi
    March 6th, 2008 06:36

    Tapi saya mulai keberatan ketika ada komentator yang menafsirkan Quran dengan ngawur dan justru dijadikan posting di blog tersebut
    .
    Ini komentar yang menjadi posting yang saya sebutkan diatas :
    .

    Rahasia Jalan Lurus

    Agustus 26, 2007 oleh agamaku

    { ** Ini adalah sharing ketiga yang diambil dari komentar pembaca. Sharing ini diambil dari komentar Sdr. Malaysian yang aslinya dapat dilihat di: #139. Terima kasih atas sharing dari Sdr. Malaysian. GBU. ** }

    Assalaamua’laikum wa rahmatulaahi wa barakaatuh

    Bismillahi Rahmanir Rahim

    Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

    Seratus empat orang lelaki, wanita dan kanak-kanak pada 19hb Disember 1997 telah bertolak dari Jakarta menuju ke Singapura dengan pesawat Boeing 737 nombor penerbangan MI185. Pasti tidak ada seorangpun diantara para penumpang pesawat itu yang menduga bahawa meraka akan menghadapi maut tidak lama setelah mereka bertolak dari Jakarta. Malangnya, pesawat tersebut nahas dan jatuh berkeping-keping di Palembang, dekat Sungai Musi dan semua orang penumpang telah terkorban nyawa.

    Diseluruh dunia ini tidak terhitung betapa banyaknya orang yang mati dalam berbagai malapetaka seperti itu; bencana alam yang datang dengan tiba-tiba seperti gempa bumi, angin taufan, kapal tenggelam, kecelakaan laulintas dan lain-lain lagi. Setiap hari, ada orang yang meninggal bahkan pada waktu anda membaca tulisan ini ada orang yang sedang menghadapi maut. Ramai orang yang berusaha untuk hidup lebih lama melalui senaman, berhenti merokok, makan vitamin-vitamin dan sebagainya.

    Namun kita tidak dapat menyangkal kenyataan. Pada suatu hari kita akan meninggal dunia juga, dan apa sahaja yang kita lakukan tidak dapat menghalang ketibaan masa itu. Ada yang berkecenderungan bahawa kita tidak akan mati apalagi jika segalanya berjalan dengan baik, jika tidak ada kekurangan, jika ekonomi melambung, suasana aman damai, dan kita cukup makan. Kematian terlalu mudahnya dilupakan.

    Yang sebenarnya ialah kematian adalah sesuatu hakikat yang tidak dapat dielakkan oleh sesiapapun di dunia ini. Ramai juga yang berpendapat bahawa kematian adalah persoalan orang-orang yang sudah tua sahaja, tetapi sebenarnya, kematian itu tidak memandang umur. Sepastinya matahari terbenam setiap hari, kematian pasti akan tiba, sama ada orang yang berkuasa, berpangkat, pandai kaya atau miskin. Kematian itu menjadikan mereka yang berpangkat tinggi setanding dengan yang miskin atau berpangkat rendah.

    Manusia ditetapkan mati hanya sekali sahaja dan setelah itu akan dihakimi. Anda diminta untuk bersiap sedia dan berwaspada akan datangnya saat kematian dan selepas itu bersiap pula untuk mempertanggungjawabkan segala yang telah anda melakukan sewaktu didunia ini kepada HAKIM AGUNG. Dialah yang berkuasa untuk memasukkan anda ke SYURGA atau mencampakkan anda ke Neraka Jahanam.
    DUNIA INI SEMENTARA SAHAJA !

    Apakah maknanya kehidupan ini?

    Kehidupan ini sama seperti asap yang sebentar sahaja kelihatan lalu lenyap. Sesungguhnya manusia seperti nafas sahaja, dan semuanya sia-sia.

    Ramai yang berharap hanya untuk kehidupan di dunia ini. Setiap hari mereka hanyalah sibuk dengan urusan-urusan dunia ini; sibuk mencari duit, sibuk bekerja, sibuk dengan kesukaan. Mereka melupakan diri bahawa saat akan tiba apabila segalanya berakhir dan kita kembali kepada KHALIQ kita. Kehidupan juga penuh dengan penderitaan dan air mata. Kita mengalami jauh lebih banyak penderitaan di dunia ini dipertimbangkan dengan kesenangan dan keseronokan yang kita memperolehi.

    Syaitan mengajukan supaya menikmatilah kesenangan-kesenangan dunia dengan puas-puas dan buatlah dosa kemudian jadilah penghuni neraka untuk selama-lamanya. Walau bagaimanapun Allah memberi petunjuk, ajaran dan jalan untuk mengendalikan diri kerana kehidupan yang sebenarnya bukanlah di dunia yang sementara ini tetapi di SYURGA yang kekal. Jadi berwaspadalah supaya jangan menghanyutkan diri dalam dosa dan kesenangan-kesenangan dunia yang sementara sahaja tetapi ikutilah ajaran dan Jalan Allah agar anda hidup selamanya dalam rahmatNya.

    Di akhirat ada dua tempat tujuan bagi roh manusia iaitu Syurga dan Neraka. Seketika roh manusia ditentu masuk ke salah satu tempat itu, maka orang itu akan kekal di situ. Manakah yang anda pilih?
    SYURGA

    Inilah tempat bersara yang paing indah dimana taman-taman yang teduh dapat dinikmati dan ada kesabaran, kehormatan dan salam. Disini mereka yang disucikan dari dosa akan hidup bersenangan sambil memuji Allah yang menghapuskan dukacita mereka untuk selama-lamanya.

    Fikiran kita tidak mampu membayangkan bagaimana indahnya syurga itu. Orang yang menuruti ajaran Allah dan mengikuti jalan yang ditunjukkanNya akan berada di tempat ini.
    Hanya Isa Anak Maryam yang langsung masuk Syurga kerana Dia suci. (Maryam, 19:19)
    Bahkan Dia terkemuka di dunia dan di akhirat … (Al Imran, 3:45)
    NERAKA

    Inilah tempat seksaan yang mengerikan dan tempat kesedihan serta kesengsaraan, dimana pakaian, selimut dan tempat tidur dibuat api. Di atas kepala dan di bawah kaki, api berlapis-lapisan. Dimana-manapun penuh api, asap hitam, dan kegelapan. Mata menjadi buta, telinga menjadi tuli dan mulut menjadi bisu. Mereka yang berada disini mengalami penderitaan yang tidah berhenti. Mereka tidak mati dan tidaklah hidup juga, tetapi mengalami seksaan tanpa kesudahan.

    Sejak manusia pertama, Nabi Adam dan Hawa, menuruti kata-kata godaan Syaitan, mereka telah disentuh Syaitan dan memiliki dosa, maka semua manusia sudah berdosa dan jauh daripada Allah yang menyelamatkan mereka. Oleh itu, mereka akan dihukum dengan hukuman neraka.

    “Dan tidak seorang diantara kamu, melainkan mendatanginya (masuk neraka) dan ini bagi Tuhanmu adalah ketetapan yang sudah dipastikan…”
    (Maryam, 19:71)
    JALAN KE SYURGA

    Agama dengan syariat-syariatnya harus ditaati dan dilaksanakan sepanjang umur hidup manusia. Manusia juga diharuskan untuk selalunya bermurah hati. Hanya apabila manusia dapat menjalankan segala hal-hal tersebut dengan penuh maka manusia dapat mencapai Syurga. Mungkinkah kita hidup kehidupan kita dengan sempurna?

    Berapa tekunkah kita sepatutnya menjalankan syariat-syariat agama ataupun berapa banyakkah kita berkemurahan hati agar dapat masuk ke Syurga? Kami semua telha berdosa; bahkan perbuatan kami yang terbaik pun kotor dan najis. Kerana dosa kami, kami akan lenyap seperti daun layu diterbangkan angin.

    Adakah tolok ukur yang pasti apabila menjalankan hal-hal tersebut agar kita dapat masuk Syurga? Tidak ada!

    Oleh kerana manusia tidak akan past agar dapat masuk ke Syurga maka banyak orang tinggal keragu-raguan, dengan kebimbangan dan kegelisahan. Sepanjang zaman orang selalu berdoa kepada Allah agar ditunjukkan jalan yang harus diikuti manusia agar dapat mencapai Syurga.

    Kita semua seperti domba yang sesat, masing-masing mengikut jalan sendiri. Tetapi Allah menjatuhkan hukuman kepadanya, hukuman yang seharusnya dijatuhkan kepada kita.

    “Indinash shiraathal mustaqiim”
    Tunjukilah kami jalan yang lurus …
    (Al Fatihah, 1:6)

    “Yaa ayyuhai ladziina aamanut taqullaaha wabtaghuu ilaihi wasiilata …”
    Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepadaNya…
    (Al Maidah, 5:35)

    Sudahkah anda menemui jalan itu? Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang

    Oleh kerana Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang maka Allah di dalam Al Quran telah menunjukkan jalan dan petunjuk-petunjuk yang diberi jelas patut diikuti agar manusia dapat mencapai Syurga. Marilah kita renungkan Al Quran dan Hadis seperti yang tersebut dibawah ini.

    Petunjuk-petunjuk Al Quran dan Hadis agar manusia dapat mencapai Syurga
    1. Isa AS ialah jalan yang lurus yang patut diikuti

    “Wa innahu la’ilmu lis saa’ati fa laa tamtarunna bihaa wa tabi’unni haadzaa shiraathum mustaqiim…”

    Dan sesungguhnya Isa itu benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat kerana itu janganlah kamu ragu tentang hari kiamat itu dan ikutlah Aku. Inilah jalan yang lurus …
    (Az Zukhruf, 43:61)
    2. Isa AS pembawa keterangan dan patut ditaati

    “Wa lammaa jaa-a ‘Isa bil bayyinaati qaala qad ji’tukum bil hikmati wa li ubayina lakum ba’dhal ladzii tathtalifuuna fiihi fat taqullaaha wa athii’u…”

    Dan tatkala Isa datang membawa keterangan. Dia berkata sesungguhnya Aku datang membawa hikmat dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian yang apa kamu perselisihkan tentangnya, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaKu…
    (Az Zukhruf, 43:63)
    3. Isa AS mengatakan perkataan yang benar

    “Dzaalika ‘isabnu Maryama qaulal haqqil ladzil fiihi yamtaruum…”

    Itulah Isa putra Maryam yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenaranNya…
    (Maryam, 19:34)
    4. Isa AS itu utusan Allah dan FirmanNya

    “Inamal Masihu ‘isabnu Maryama rasullahi wa kalimatuhu …”

    Sesungguhnya Isa Al Masih putra Maryam itu utusan Allah dan FirmanNya…
    (An Nisa, 4:171)
    5. Isa AS adalah Roh Allah dan KalimatNya

    “Isa faa innahu Rohullah wa kalimatuhu…”

    Isa itu sesungguhNya Roh Allah dan FirmanNya
    (Hadis Anas bin Malik hal.72)
    6. Isa AS adalah Roh Allah yang menjelma menjadi Manusia yang sempurna

    “… arsalnaa ilaihaa ruuhanaa fa tamatstsala lahaa basyaran sawiyya.”

    …Kami mengutus Roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya menjadi Manusia yang sempurna…

    (Maryam, 19:17)
    7. Isa AS adalah satu-satunya Imam MAHDI

    “Laa mahdia illa isabnu Maryama…”

    Tidak ada Imam MAHDI selain Isa putra Maryam…
    (Hadis Ibnu Majah)
    8. Isa AS dilahirkan bukan dari bapa Insani, tetapi dari Roh Allah

    “Wallatii ahshanat farjahaa fa nafakhnaa fiihaa mir ruuhinaa Wa ja’alnaahaa wabnahaa ayatal lil ‘aalamiin”

    Ingatlah kisah seorang perempuan yang memelihara kehormatannya (Maryam) lalu Kami tiupkan kepadanya Roh Kami (Roh Allah) dan Kami jadikan dia dan Anaknya tanda (kuasa Allah) bagi semesta alam.

    (Al Anbiyaa, 21:91)
    9. Isa AS lahir, mati dan dihidupkan kembali

    “Wa salaamu ‘alayya yauma wulittu, wa yauma amuutu, wa yauma ub’atsu hayaa.”

    Dan sejahtera atasNya pada hari Dia dilahirkan, pada hari Dia wafat, dan pada hari Dia dibangkitkan hidup kembali.”

    (Maryam, 19:33)
    10. Isa AS mati, diangkat dan pengikutNya dipilih atas orang kafir

    “Idz qaalallahu yaa Isa, innii mutawafiika, wa raafi’uka ilayya, wa muthahhiruka minal ladzinaa kafaruu, wa jaa’ilul ladzina tabauka fauqal ladzina kafaruu ilaa yaumil qiyamati.”

    Ingatlah tatkala Allah berfirman; Hai Isa, sesungguhnya Aku akan mewafatkanMu, dan mengangkatMu depadaKu, dan akan menyucikan Engkau dari orang-orang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikutiMu diatas mereka yang kafir hingga hari kiamat.”
    (Al Imran, 3:55)
    11. Isa AS menyembuhkan orang buta sejak lahir

    “Wa ubriul akmaha, wal abrasha, wa uhyil mautaa bi idznillah.”

    Dan Aku menyembuhkan orang bita sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak, dan Aku sanggup menghidupkan orang mati dengan seizin Allah.
    (Al Imran, 3:49)
    12. Isa As menghidupkan orang mati

    “… wa idz tuhuriijul mautaa biidzni…”

    … dan diwaktu Kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan izin Ku…
    (Al-Maidah, 5:110)
    13. Isa AS diberi mujizat dan Roh Kudus

    “Wa aatainaa ‘isabna Maryam bayyinaati wa ayyadnaahu bi ruuhil qudusi.”

    Dan Kami berikan kepada Isa putra Maryam, beberapa mujizat serta Kami perkuat Dia dengan Roh Kudus.
    (Al Baqarah, 2:253)
    14. Kafirlah orang yang menolak Isa AS

    “Wa bi kufrihim wa qaulihim ‘alaa Maryama buhtaanan ‘azhiimaa.”
    Dan kerana kekafiran mereka (terhadap Isa) dan tuduhan mereka terhadap Maryam dengan kedustaan besar (zinah).
    (An Nisa, 4:156)
    15. Isa AS akan diimani oleh semua ahli kitab

    “Wa im min ahlil kitaabi illa la yu’minanna bihi qabla mauthihiiwa yaumal qiyaamati yakunnu ‘alaihim syahiidaa.”

    Dan tidak seorangpun dari ahli kitab melainkan akan beriman kepada Isa sebelum matiNya, dan pada hari kiamat. Dia menjadi Saksi terhadap mereka.
    (An Nisa, 4:159)
    16. Tidak menurut Taurat dan Injil, maka tidak dipandang beragama

    “Qui yaa ahlal kitaabi lastum ‘alaa syai-in hattaa tukimut tauraata wal injiila wa maa unzila ilaikum mir rabbkum”

    Katakanlah: “Hai ahli kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran ajaran Taurat, Injil dan apa apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu.
    (Al Maidah, 5:68)
    17. Isa AS berkuasa/terkemuka di dunia dan di akhirat

    “Idz qalatil malaikatu yaa Maryama innallaaha yubasyiruki bi kalimatim minhus muhul masihu ‘isabnu Maryama wajihan fiddun-yaa wal akhirati wa minal muqarrabiin.”
    Ketika malaikat berkata, hai Maryam sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan Kalimah daripadaNya namannya Al Masih putra Maryam, terkemuka di dunia dan di akhirat dan orang yang paling dekat pada Allah.
    (Al Imran, 3:45)

    Hazrat Isa AS yang paling berkuasa dan terkemuka di dunia dan di akhirat. Hasrat Isa AS adalah petunjuk kepada jalan yang lurus. Pengikut-pengikut Hazrat Isa AS dipilih atas orang-orang kafir. Jadi ikutlah Hazrat Isa AS pasti anda akan masuk ke Syurga. Begitu penting Hazrat Isa AS sehingga di dalam Al Quran nama Hazrat Isa AS disebut sebanyak 97 kali.

    Jika Yang Berhormat Perdana Menteri menjemput anda ke Istana Negara, sudah pasti anda percaya bahawa anda akan diberi masuk ke istana. Ini kerana Yang Berhormat Perdana Menteri adalah yang paling berkuasa di negara dan berhak bertindak begitu.

    Jika jemputan ke Istana ditanda tangan seorang yang berpangkat rendah sahaja, tentu anda akan meragui kebenaran jemputan itu. Jangan-jangan menuju ke Istana hanya dilarang masuk apabila tiba disana. Sedemikian, Hazrat Isa AS diberi hak memerintah atas Syurga. Oleh kerana itu, sudah pasti bahawa kepercayaan akan jemputan Hazrat Isa AS tidak akan diragui lagi. Percayalah akan jemputan Hazrat Isa AS dan anda pasti memasuki Syurga.
    TEMAN YANG MAHA TINGGI

    Doa Nabi Muhammad SAW sebelum beliau wafat:

    Ya Allah! Ampunilah saya! Kasihanilah saya dan hubungkanlah saya dengan Teman Yang Maha Tinggi …
    (Hadis Shahih Bukhari 1573)

    Lalu beliau mengangkat tangannya sambil mengucapkan:

    “Teman Yang Maha Tinggi”

    Lalu beliau wafat dan rebahlah tangan beliau.

    (Hadits Shahih Bukhari 1574)

    Siapakah “Teman Yang Maha Tinggi” itu?

    Menurut catatan para Hadis Sahih Bukhari, ialah “Malaikat dan Nabi-nabi”. Malaikat tidak disebut yang Maha Tinggi, jadi “teman” beliau bukan malaikat tetapi seorang nabi. Lalu siapakah diantara nabi yang layak disebut: “Yang Maha Tinggi”?

    Nabi-nabi yang terkenal iaitu:
    “Adam Shafiyulah” = Adam AS disucikan Allah
    “Nuh Najiyullah” = Nuh AS diselamatkan Allah
    “Ibrahim Khalillulah” = Ibrahim AS dikasihi Allah
    “Musa Kaliimullah” = Musa AS difirmankan Allah
    “Dawud Kalifatullah” = Dawud AS dipimpin Allah

    (Majmu’ Syarif)

    Namun beliau telah bersabda:

    “Anaa aulan naasi bi ‘iisabni Maryam fid dun-yaa wal aakhiraati wal anbiyaau ikhwaatul li’allaatin ummahaatuhum syattaa wa diinuhum waahid.”

    Saya yang lebih dekat Isa anak Maryam di dunia dan di akhirat. Semua nabi itu bersaudara kerana seketurunan. Ibunya berlainan sedang agamanya satu.

    (Hadis Shahih Bukhari 1501)

    “…’lisabnu Maryam wajihan fid dun-yaa wal aakhirat…”

    … Isa putra Maryam yang terkemuka di dunia dan di akhirat …

    (Al Imran, 3:45)

    “Wal Iadzii nafsii bi layusyikanna ayyanzila fil kumubnu Maryama hakaman muqsithan”

    Demi Allah yang jiwaku di tanganNya, sesungguhnya telah dekat masanya ‘Isa Anak Maryam akan turun di tengah-tengah kamu. Dia akan menjadi HAKIM YANG ADIL …

    (Hadis Shahih Muslim 127)

    “Laa mahdiya illa isabnu Maryama”

    Tidak ada Imam MAHDI selain Isa putra maryam

    (Hadis Ibnu Majah)

    … Isa itu Rohullah, Rasullah dan Kalimatullah.

    (Anas bin Malik hal. 72, An Nisa, 4:171)

    Maka “Teman Yang Maha Tinggi” itu adalah Isa Al Masih Anak Maryam.

    “… wattabi’unni haadzaa shiraathum mustaqiim.”

    …ikutilah Aku, inilah jalan yang lurus.

    (Az Zukruf, 43:61)

    Sudahkah anda menerimaNya Sebagai Pembuka/Petunjuk jalan yang lurus kepada Allah?

    Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.

  • 32
    decon
    March 6th, 2008 07:51

    @bingung

    Mas .. memang benar ALLAH tidak perlu dibela manusia .. tetapi anda bisa lihat dalam ayat Al Qur’an bahwa kita membela agama ALLAH

    “Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”
    (QS MUhammad : 7)

    Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama) Nya. Sesungguhnya Allah benar–benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa” [Al–Hajj : 40]

    “Artinya : Dan kami sekalian menguatkan (agama) nya dan menghormatiny” [ Al–Fath : 9]

    Menurut mayoritas ulama tafsir, kata ganti ketiga (pada ayat di atas) ini mewaikili Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam.

    Sudah seharusnya kita menolong agam ALLAH .. dan anda tahu mana agama yang haq karena anda dari pesantren .. tetapi kenapa tidak mengakui bahwa alaga yang lain bukan agama yang haq ..?? naudzubillah ..

  • 33
    decon
    March 6th, 2008 08:53

    @ Mas Fehmy .. 🙂 ALhamdulillah semoga kita selalu diberikan hidayah taufiq dijauhkan dari syubhat² yang dilontarkan oleh kaum kuffar. amin .. 🙂

    Mas ikut bantu yah .. 🙂

    Bagi yang baca (terumatam seorang muslimyang masih awam dan terasuki pemikiran liberal) .. bersihkan hatimu dan pahamilah dengan hati yang bening … jangan sampai terbawa dengan propaganda dan syubhat kaum kafir termasuk orang² yahudi dan nasrani.

    Dan tujuan saya disini adalah untuk membela agama ALLAH dan melindungi saudara² kita dari syubhat seperti yang copas mas fehmi, bukan untuk saling menjatuhkan, karena ISLAM adalah agama yang haq , dan hal ini karena mereka sudah dikabarkan dalam ayat Al Qur’an untuk memusuhi agama yang haq (ISLAM)

    Orang-orang Yahudi dan Nashrani tidak akan senang kepada kamu sehingga kamu mengikuti agama mereka” [ Al-Baqarah : 120]

    (hal ini berlaku hingga saat ini) lihat tulisan mas dewo, yang secara terselubung mengajak orang² untuk masuk agamanya dengan menampilkan tafsiran yang bathil tentang ayat² Al Qur’an ..

    bismillah …

    ini dalil²nya tentang ISLAM agama yang haq:

    “Barangsiapa mencari agama selain dari agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” [Ali ‘Imran: 85]”

    Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (al-Qur’an) dan agama yang benar untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak menyu-kainya.” [At-Taubah: 33]

    Ini dalil tentang wajibnya mengikuti Rasulullah, termauk kaum Yahudi dan Nasrani

    “Katakanlah: ‘Hai manusia, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah yang mempunyai kerajaan langit dan bumi, tidak ada yang berhak disembah selain Dia, Yang menghidupkan dan Yang mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan RasulNya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada Kalimat-KalimatNya (Kitab-Kitab-Nya) dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk” [Al-A’raaf: 158]

    sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

    “Demi yang diri Muhammad ada di tangan Allah, tidaklah mendengar seorang dari ummat Yahudi dan Nasrani yang mendengar diutusnya Muhammad, kemudian dia mati dalam keadaan tidak beriman dengan apa yang diutus dengannya (Islam), niscaya dia termasuk penghuni Neraka.” (HR. Muslim (I/134, no. 153), dari Shahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu)

    Kitab Al QUr’an membenarkan kitab² sebelumya termasuk Injil dan Taurat

    Dan Kami turunkan kepadamu al-Qur’an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain…”[Al-Maa-idah: 48]

    Dari awal sudah saya sebutkan bahwa dasar pengambilan hukum dalam ISLAM adalah “Al Qur’an, As Sunnah, Pemahaman para sahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in)
    wad dalill ..

    Dan Allah telah menurunkan al-Kitab (al-Qur’an) dan Hikmah (as-Sunnah) kepadamu.” [An-Nisaa’: 113]

    Dan Allah telah mengajarkan kepadamu al-Kitab (al-Qur’an) dan Hikmah (as-Sunnah).” [Al-Baqarah: 129 ]

    Ketahuilah, sesungguhnya aku diberikan al-Kitab (al-Qur’an) dan yang sepertinya (yaitu as-Sunnah) bersamanya.” (HR. Abu Dawud (no. 4604), Ahmad (IV/131), dari Shahabat Miqdam bin Ma’di Kariba Radhiyallahu ‘anhu)

    “Dan tiadalah yang diucapkannya itu (al-Qur’an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapan itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)” . [An-Najm: 3-4]

    Jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembali-kanlah ia kepada Allah (al-Qur’an) dan Rasul (Sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari Kemudian. Yang demikian itu adalah lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” [An-Nisaa’: 59]

    Imam ‘Atha’ Rahimahullah berkata ketika menafsirkan ayat ini: “Kembali kepada Allah maksudnya adalah, kembali kepada kitab Allah Azza wa jalla. Sedangkan kembali kepada Rasul maksudnya adalah kembali kepada Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.” Hal ini ditafsirkan juga oleh Mujahid dan ulama Salaf lainnya [Tafsiir Ibni Katsiir (I/568, cet. Daarus Salam)]

    kenapa dengan pemahaman para sahabat dan tabi’in tabiiut tabi’in ?

    Hadits Irbaad bin Saariyah dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam

    “Artinya : Aku wasiatkan kepada kalian untuk bertakwa kepada Allah, patuh dan taat walaupun dipimpin budak Habasyi, karena siapa yang masih hidup dari kalian maka akan melihat perselisihan yang banyak. Maka berpegang teguhlah kepada sunnahku dan sunnah pada Khulafaur Rasyidin yang memberi petunjuk berpegang teguhlah kepadanya dan gigitlah dia dengan gigi geraham kalian. Dan waspadalah terhadap perkara-perkara yang baru (yang diada-adakan) kepada hal-hal yang baru itu adalah kebid’ahan dan setiap kebid’ahan adalah kesesatan” [Hadits shahih diriwayatkan oleh Abu Dawud (4608), At-Tirmidziy (2676) dan Ibnu Majah (44,43)]

    Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

    “Sebaik-baik manusia adalah generasiku, kemudian generasi sesudahnya kemudian generasi sesudahnya lagi kemudian datang kaum yang syahadahnya salah seorang dari mereka mendahului sumpahnya dan sumpahnya mendahului syahadahnya”

    —————————————————————–

    Nah dari postingan mas deweo yang diatas ada beberapa kejanggalan .. 🙂

    1. Orang tersebut mengambil dalil dari Al QUr’an (sepotong-sepotong) untuk membenarkan pendapatnya tentang Nabi Isa alaihissalam, pertanyannya : “BUKANKAH MEREKA PUNYA KITAB SENDIRI?” kenapa tidak memakai kitab mereka sendiri ? kenapa mengambil dari Al Qur’an. itu pun hanya sepotong², kalo mau ambil dari Al QUr’an seharusnya terimalah ayat Al QUr’an selutruhnya… dan kenapa umat Nasrani masih berkutat dengan kitab suci mereka yang notabene sudah banyak perubahan, Capek Deh .. !! 😛

    2. Orang yang menulis seorang muslim atau seorang nasrani?
    kalo orang nasrani, kenapa mengucapkan salam dan mengucapkan bismillah ? kalo seorang muslim, saya yakin dia mempunyai pemikiran Liberalisme dan Pluralisme yang berusaha menyatukan haq dan batil dalam satu wadah, naudzubillah,

    3. Tafsir² dari ayat suci Al Qur’an tidak bisa ditafsirkan serampangan dengan pemikirannya sendiri atau pemikiran saya atau setiap orang, kenapa …??
    Saya tanya .. “Siapa yang paling memahami Al Qur’an ..?? dan agama ISLAM ” saya Jawab ..”Rasulullah – karena beliau adalah Rasul ALLAH yang menerima wahyu dan dikabarkan kepada manusia, dan pada saat itu yang berada disekitar beliau adalah para sahabat sehingga Sahabat mengerti benar apa yang dipahami oleh Rasulullah, dan para sahabat mengajarkan kepada para tabi’in dan para tabi;in mengajarkan kepada para tabi’ut tabi’in. Generasi ini yang terjaga melalui sabda Rasulullah

    “Sebaik-baik manusia adalah generasiku, kemudian generasi sesudahnya kemudian generasi sesudahnya lagi kemudian datang kaum yang syahadahnya salah seorang dari mereka mendahului sumpahnya dan sumpahnya mendahului syahadahnya”

    4. Saya nasehatkan seorang muslim, untuk lebih teliti lagi dalam memahami tafsir2x al Qur’an dari tulisan yang di copas mas dewo .. kembalikan tafsirnya kepada ulama² salaf yang berpemahaman seperti sahabat tabi’in tabi’ut tabi’in seperti penafsiran Abdullah Ibnu Abbas .. dan bukalah Tafsir Ibnu Katsir .. (disitu dicantum penafsiran ayat² al QUr’an dengan hadits² sahih dari para sahabat, tabi’in dan tabi’ut tabi’in)

    Untuk point per point saya lanjutkan dipoostingan berikutnya ..

  • 34
    sufehmi
    March 6th, 2008 10:20

    @decon – halo mas, sekali lagi terimakasih banyak untuk urun rembuknya di diskusi ini.
    .
    Tapi, maaf sebelumnya kalau tidak berkenan, saya juga mengajak kita agar tidak melulu cenderung bermusuhan dengan dasar Al-Baqarah:120. Karena kalau kita lihat dari contoh Rasulullah saw sendiri, beliau dalam sehari-hari juga berhubungan dengan baik dengan non-muslim.
    .
    Saya kira penafsiran 2:120 yang lebih pas adalah agar kita waspada. Bukan prasangka buruk.
    Konteksnya juga sudah dijelaskan dengan baik oleh Anda di komentar sebelumnya.
    .
    Sedikit sharing, ketika saya bermukim di Birmingham, salah satu yang saya temukan adalah sangat banyaknya kesalah pahaman pandangan mengenai Islam. Tidak sedikit juga yang berpendapat seperti Dewo (di komentarnya yang sudah dia tutup).
    .
    Ternyata memang murni kesalah pahaman, dan bukan karena niat yang buruk. Ya tahu sendirilah bagaimana media massa pada saat ini, suka sekali mendramatisir demi oplah. Akhirnya sering keluar dari proporsi yang sebenarnya. Atau beberapa memang sengaja menjelekkan Islam.
    .
    Setelah saya jelaskan dengan baik & dengan bahasa yang mudah dimengerti, mereka bisa menerimanya.
    .
    Nah, karena ini (blog) media tulisan, dan sulit bagi saya untuk mengetahui niat sebenarnya dari para penulisnya, maka saya mencoba mengomentari apa adanya saja; dan saya asumsikan dulu bahwa mereka salah paham (kecuali ketika sudah jelas sebaliknya).
    .
    Sejauh ini untuk mas Dewo saya masih berasumsi bahwa ybs hanya salah paham.
    Kalau sdr. Malaysian memang jelas ada usaha menyesatkan disitu. Juga berbagai komentator yang antara lain sepertinya ada juga dari komunitas (so-called) “faithfreedom”.
    .
    Memang kalau membahas lintas agama itu perlu dilakukan dengan cara yang baik. Karena ini adalah hal yang personal, sehingga cenderung mengundang emosi, bahkan pada orang-orang yang cenderung rasional sekalipun. Karena memang kita manusia, bukan malaikat.
    .
    OK terimakasih.
    .
    Wassalam, HS

  • 35
    decon
    March 6th, 2008 11:15

    Sebelumnya saya sudah ingatkan bahwa mereka berdalil dengan Al Qur’an .. tetapi mereka tidak beriman dengan Al QUr’an dan mereka hanya mengambil sepotong-sepotong dari ayat Al Qur’an dan disesatkan kepada pemahaman mereka untuk masuk ke dalam agama mereka. pahamilah wahai saudaraku seluruh muslimin dan muslimat.
    .
    Bagaimana orang yang tidak beriman dengan ayat² AL qur’an mengambil dari ayat² al qur’an ..??
    .
    Dan cukuplah tulisan diatas bisa mewakili bantahan saya terhadap tulisan² mas Dewo.
    .
    Dan nasehat saya kepada mas Dewo .. pelajarilah Al QUr’an renungilah .. maknailah .. dan agar selamat pahamilah sesuai dengan yang membawa AL QUr’an yaitu Rasulullah ..
    .
    Bantahan terhadap tulisan mas dewo..
    .
    1. tentang perkataan
    .
    “Hanya Isa Anak Maryam yang langsung masuk Syurga kerana Dia suci. (Maryam, 19:19)”
    .
    Di ayat tersebut tidak ada keterangan “HANYA ISA yang LANSUNG masuk surga” tetapi di ayat tersebut menjelaskan kedatangan Jibril yang datang kepada Maryam” tidak menjelaskan tentang LANGSUNG masuk surga 🙂
    dan penjelasan tersebut bertentangan dengan ayat Al QUr’an yang lain yang menerangkan tentang keadaan para sahabat Rasulullah kaum Muhajirin dan Anshar dengan Surga
    .
    Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar. (QS Taubah : 100)
    .
    beginilah kalo pemahaman dalam menasirkan AL Qur’an sak karepe dewe .. mencari dalil dari Al QUr’an untuk pemikirannya .. Capek Deh !!
    .
    Untuk dalil yang dipakai dalam menafsirkan orang yang masuk neraka .. bukan setiap orang masuk neraka, di ayat tersebut menjelaskan tentang orang yang tidak beriman ketika datang kebenaran. (Silahkan cek Tafsir Ibnu Katsir)
    .
    Sekarang kita bantahpemahaman copas mas dewo tentang jalan menju syurga menurt Al Qur’an & hadits versi orang² nasrani (nggak sopan berdalil dengan al qur’an tapi menyesatkan orang yang beriman dengan al qur’an)
    .
    Insya ALLAH saya bantah beberapa point yang cukup mewakili kesesatan pemahaman mereka dalam menafsirkan Al QUr’an, karena butuh waktu dan tenaga untuk membantah semuanya, dan semoga diberikan waktu dan tenaga untuk itu ..
    .
    POINT 1
    .
    baca lagi dari surat Az zukhruf 57-58 hingga selesai
    disitu dijelaskan tentang Rasulullah waktu berdakwah kepada kaum kafir Quraisy, dan di beberapa yat setelah menjelaskan bahwa Nabi ISa ditus untuk kaum bani israil .. yang mengajak mereka menyembah ALLAH saja (bukan seperti jaman skr yang mereka menyembah Isa) dan apabila ini dijadikan dalil dengan pemahaman mereka .. hal ini bertentangan dengan ayat² Al QUr’an yang lain tentang Rasulullah Nabi terakhir yang membawa kebenaran dan penutup para nabi.
    dan dikawatirkan pemahaman mereka di benturkan dengan kontradiksi .. dalam alqur’an (padahal pemahaman mereka yang salah dalam memahami al qur’an yang akhirnya menimbulkan kontradiksi dan digunakan untuk menyesatkan umat ISLAM)
    .
    cukuplah dalil ini yang mengatakan bahwa Nabi Isa juga membawa syariat Rasulullah Muhammad Shalalllahu ‘alaihi wa sallam
    .
    Imam Muslim meriwayatkan dari Abi Hurairah ra. bahwa Rasulullah Shalalllahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
    .
    “Artinya ; Bagaimanakah kamu jika Putra Maryam telah turun di tengah-tengah kamu sedang imammu dari kalanganmu sendiri?”
    .
    Lalu saya (Al-Walid) bin Muslim, sang perawi hadits) kepada Ibnu Abi Dzi’b: Sesungguhnya Al-Auza’i telah menceritakan kepada kami dari Az-Zuhri, dari Nafi’, dari Abu Hurairah tentang lafal “wa imaamukum minkum” (dan imammu dari kalanganmu sendiri. Ibnu Abi Dza’b bertanya, “Tahukah engkau, apa yang mengimami (memimpin)mu dari kalanganmu sendiri ini?” Saya menjawab, “Sebaiknya Anda beritahukan kepada saya.” la menjawab, “Yaitu ia memimpin kalian dengan kitab Rabb kalian dan Sunnah Nabi kalian.” [Shahih Muslim, Kitabul Imam, Bab Nuzuuli Isa bin Mary am Haakiman 2: 193]
    .
    POINT 2-3
    .
    hal itu dijelaskan tentang dakwahnya nabi Isa kepada kaumnya Bani ISrael, coba baca ayat sebelumnnya QS.Maryam:30 hingga lanjutannya, dan yang dimaksud berbantah²an adalah Orang² Bani ISrael berbantah-bantahan tentang kenabian Nabi ISa. Allohu’alam
    .
    POINT 4-6
    .
    Umat Islam juga mengimani, tetapi tidak berlebihan hingga menjadikan mereka sebagai Tuhan seperti dalam konsep trinitasnya umat nasrani ..
    .
    POINT 7
    .
    yang menjadi imam mahdi adalah keturunan Rasulullah namanya sama dengan nama beliau dan nama bapaknya sama dengan nama beliau Shalalllahu ‘alaihi wa sallam.
    Untuk mengetahui al mahdi bisa link di halaman ini
    http://www.almanhaj.or.id/content/1055/slash/0
    http://www.almanhaj.or.id/content/1066/slash/0
    http://www.almanhaj.or.id/content/1538/slash/0
    http://www.almanhaj.or.id/content/1234/slash/0
    http://www.almanhaj.or.id/content/1357/slash/0
    http://www.almanhaj.or.id/content/1314/slash/0
    http://www.almanhaj.or.id/content/1111/slash/0
    .
    Adapun tentang hadits yang dibawakan di point tuju itu dhaif .. lihat di http://www.almanhaj.or.id/content/1538/slash/0
    .
    POINT 8-13
    .
    Diimani tetapi tidak dipahami dengan pemahaman orang nasrani yang menyesatkan, kami pahami sebagai umat ISLAM dengan pemahaman Rasulullah dan para sahabatnya dan ulama tabi’in, tabi’ut tabi;in yang mengikuti mereka dengan baik .
    .
    POINT 14
    .
    Ayat adalah kisah tentang Nabi Isa dalam Al QUr’a yang diberitakan ALLAH kepada Rasulullah, dan ayat tersebut menceritakan tentang kaum Bani ISrael yang mendustakan kenabian Nabi Isa dan tuduhan kepada Maryam” Allohu’alam
    .
    POINT 15
    .
    saya kutibkan tulisan asli yang ditulis oleh mas Dewo di situsnya
    .
    “Dan tidak seorangpun dari ahli kitab melainkan akan beriman kepada Isa sebelum matiNya, dan pada hari kiamat. Dia menjadi Saksi terhadap mereka.
    (An Nisa, 4:159)”
    .
    Yang dimaksud AHli kItab disini adalah ahli kitab dijaman Nabi Isa, kemudian disitu tertulis “matiNYA” diaman NYA disini merupakan pengangunnga kepada sesuatu yang diagungkan, jika mereka memahami bahwa kata NYA disini adalah Nabi ISA yang dianggap tuhan oleh mereka, yang jadi pertanyaan adalah bagaimana mungkin tuhan bisa mati?
    .
    Seharusnya terjemahan yang benar Insya ALLAH seperti ini
    .
    “Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya[380]. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka.”
    .
    [380]. Tiap-tiap orang Yahudi dan Nasrani akan beriman kepada Isa sebelum wafatnya, bahwa dia adalah Rasulullah, bukan anak Allah. Sebagian mufassirin berpendapat bahwa mereka mengimani hal itu sebelum wafat.
    .
    dimana yang dimaksud dengan kematiannya adalah kematian nabi isa .. dan diayat sebelumnya (QS An Nisa, 4: 157-158) diterangkan bahwa nabi Isa tidaklah mati melainkan diangkat oleh ALLAH dan diturunkan pada saat dajjal muncul di muka bumi.
    .
    POINT 16
    .
    Berikut penulisan dari Mas Dewo yang menyesatkan
    .
    Katakanlah: “Hai ahli kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran ajaran Taurat, Injil dan apa apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu.
    (Al Maidah, 5:68)
    .
    Seharusnya adalah
    Katakanlah: “Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil, dan Al Quran yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu.” Sesungguhnya apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dari Tuhanmu akan menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada kebanyakan dari mereka; maka janganlah kamu bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir itu. (Al Maidah, 5:68)
    .
    Sempat dibahas kenapa AL QUr’an tidak disebutkan dalam ayat tersebut di beberapa comment mas Dewo di situsnya.
    .
    Saya jawab, apakah anda sudah belajar bahasa arab dengan nahwu dan shorofnya dengan kaidah2x yang benar?
    Saya yakin hanya menerima doktrin yang mengajarkan anda seperti itu 🙂
    .
    POINT 17
    .
    Kami meyakini bahwa beliau adalah seorang Nabi dan Rosul yang didekatkan oleh ALLAH dan salah seorang makhluk yag terkemuka di dnuia dan di akhirat. dan membiarkan dhohir ayat itu tidak berlebihan hingga mengangkat nya sebagai TUHAN yang disembah.
    tetapi bukan berarti dengan begitu kita menolak ayat² al qur’an yang lain yang menjelaskan keutamaan Rasulullah 🙂
    .
    TENTANG Teman Yang Maha Tinggi
    .
    Ya Allah! Ampunilah saya! Kasihanilah saya dan hubungkanlah saya dengan Teman Yang Maha Tinggi …
    (Hadis Shahih Bukhari 1573)
    .
    Hadits Tersebut menpunyai kitab penjelas yang dinamakan Fathul Bahri .. apakah anda sudah mengecek dalam kitab tersebut apa maksud dari hadits itu ..?? dan apa teks lengkap dari hadits itu ..??
    apakah yang dimaksud dengan Teman Yang Maha TInggi itu nabi Isa ..??
    .
    Bukankah kata maha itu adalah yang paling ..?? bukankah yang paling itu adalah hanya ALLAH yang MAHA TINGGI ? karena nabi Isa adalah ciptaan ALLAH, yang diciptakan dengan perkataan ALLAH makanya beliau disebut dengan Kalamullah?
    .
    tulisan mas Dewo
    .
    “Siapakah “Teman Yang Maha Tinggi” itu?

    Menurut catatan para Hadis Sahih Bukhari, ialah “Malaikat dan Nabi-nabi”. Malaikat tidak disebut yang Maha Tinggi, jadi “teman” beliau bukan malaikat tetapi seorang nabi. Lalu siapakah diantara nabi yang layak disebut: “Yang Maha Tinggi”?”
    .
    Darimana anda berpendapat seperti itu ..?? dari kitab mana anda mengambil dari Fathul Bari?”
    .
    dan anda menyebutkan yang Maha TInggi adalah termasuk nabi Adam dan seterusnya, bagaimana sesuatu yang paling (dimana paling itu adalah SATU, lebih unggul dari yang lainnya, bagaimana kata paling MAHA itu menjadi banyak orang ..??”
    Luruskanlah kembali akal anda wahai mas Dewo ..
    .
    Kalo saya katakan yang paling bagus .. apakah ada kata yang melebihi paling bagus ..?? sudah paling kok mash ada paling bagus lainnya .. 😛 Masya ALLAH
    .
    Hadits
    Saya yang lebih dekat Isa anak Maryam di dunia dan di akhirat. Semua nabi itu bersaudara kerana seketurunan. Ibunya berlainan sedang agamanya satu.
    (Hadis Shahih Bukhari 1501)
    .
    Kita pahami bahwa beliau dekat dengan Nabi Isa adalah karena mereka mereka bersaudara karena satu agama yaitu ISLAM. dan pada hakekatnya ISLAM adalah menyembah ALLAH saja tidak menyekutukan ALLAH dengan yang lain seperti dalam konsep trinitas .
    .
    dan Agama ISlam adalah agama para Rasul yaitu dengan ajaran tauhid.
    .
    Dan sungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut[826] itu”, maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya[826]. Maka berjalanlah kamu dimuka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul). (QS. An Nahl:36)
    .
    Tentang Hadits
    .
    Demi Allah yang jiwaku di tanganNya, sesungguhnya telah dekat masanya ‘Isa Anak Maryam akan turun di tengah-tengah kamu. Dia akan menjadi HAKIM YANG ADIL …
    (Hadis Shahih Muslim 127)
    .
    Penjelasan lengkpanya dapat di lihat di
    http://www.almanhaj.or.id/content/2106/slash/0
    .
    Hadits
    Tidak ada Imam MAHDI selain Isa putra maryam
    (Hadis Ibnu Majah)
    hadist ini DHAIF , lihat
    http://www.almanhaj.or.id/content/1538/slash/0
    .
    Dan akhirnya dengan dalil² yang mereka ungkap kan mereka melakukan mbuletisasi dengan pemahaman² dankedangkalan² pemahaman mereka .. Dan sungguh nyata KESESATAN mereka dan makar mereka serta penyesatan terselubung mereka terhadap umat ISLAM.
    .
    Semoga ALLAH selalu memberikan hidayah taufiq dengan pemahaman yang benar dan dihindarkan dari syubhat, amin
    .
    Maaf mas Fehmi .. saya jadi ngejunk panjang lebar disini
    .
    Semoga bermanfaat

  • 36
    bingung
    March 6th, 2008 16:17

    Saya hanya merujuk ke site2 Islam yang menjamur dan menjelek-jelekan ajaran agama lain, khususnya Kristen. Itu banyak sekali namun saya kagum kepada mereka karena mereka tidak ada yang teriak-teriak membabi buta, berdemo secara beringas seperti sebagian umat kita. Kadang kelakuan umat kita itu membuat saya malu, karena kita merasa benar secara absolut maka kita cenderung ingin membungkam orang lain yang berbeda opini dengan kita.

    Bukankah untuk kita agama bukanlah paksaan? Apabila itu benar, seharusnya kita bisa juga belajar dari kaum lain untuk berbesar hati dan membiarkan mereka mengeluarkan pendapat, walaupun menurut kita itu fitnah.

    Banyak artikel artikel yang ditulis oleh Muslim yang menyerang umat lain, yang apabila hal itu juga dilakukan oleh umat lain terhadap Islam, fatwa mati akan berterbangan bagi para penulisnya, itu tidak fair dan kulit tipis umat Islam ini yang membuat reputasi Islam tambah buruk dimana-mana kecuali internal dalam Islam sendiri.

    Saya dalam hal ini memilih untuk percaya bahwa Allah tidak perlu dibela manusia. Kekejian dan kemungkaran perlu kita luruskan, tapi apabila kaum yang bersebrangan dengan kita melakukan suatu “fitnah” dan kita telah mencoba memperingati dan membetulkan namun mereka masih melakukannya, itu resiko mereka sendiri di hari akhir. Membungkam, mengintimidasi dan lain lain itu adalah perilaku orang yang rendah diri dan tidak percaya terhadap ajaran agamanya sendiri. Biarkanlah anjing menggonggong, kita seharusnya tetap berlalu.

  • 37
    sufehmi
    March 6th, 2008 16:53

    Itu banyak sekali namun saya kagum kepada mereka karena mereka tidak ada yang teriak-teriak membabi buta, berdemo secara beringas seperti sebagian umat kita
    .
    Yang ekstrimisnya juga sama saja mas. Tidak perlu terlalu kagum begitu.
    .
    Dan kebalikannya juga – umat Muslim yang sudah cerdas juga tidak mudah terpancing emosi seperti saudara-saudaranya yang masih ekstrim.
    .
    Di semua agama pasti ada ekstrimisnya.
    Yang paling mengesalkan saya adalah ketika saya digeneralisir sama seperti para ekstrimis itu.
    .
    Coba tolong baca lagi link saya soal generalisasi di komentar sebelumnya.
    .
    Membungkam, mengintimidasi dan lain lain itu adalah perilaku orang yang rendah diri dan tidak percaya terhadap ajaran agamanya sendiri.
    .
    Oh, ternyata Anda sedang memikirkan hal yang berbeda dengan yang sedang dibahas di diskusi ini, pantesan.
    .
    OK kalau soal itu, saya juga sependapat dengan Anda.
    .
    tapi apabila kaum yang bersebrangan dengan kita melakukan suatu “fitnah” dan kita telah mencoba memperingati dan membetulkan namun mereka masih melakukannya, itu resiko mereka sendiri di hari akhir.
    .
    Setuju.

  • 38
    edo
    March 10th, 2008 11:03

    indahnya ketika kita mampu memahami perbedaan dengan baik 🙂
    buat saya, tulisan mas dewo yang merespon tulisan mas harry adalah bentuk keterbukaan dan kedewasaan beliau atas perbedaan ini.
    setuju mas harry. kita memang perlu meluruskan sesuatu dengan baik, sebagaimana yagn mas harry lakukan. daripada lalu banyak berteriak dan menghalalkan darah mas dewo heheheh…

  • 39
    edo
    March 10th, 2008 11:08

    anyway, setuju, ketika kita difitnah, mari kita cari “kenapa”nya dengan melihat kedalam, sebelum kita melihat keluar.

  • 40
    cuweks
    March 17th, 2008 01:01

    halahh panjang bener komentarnya, Alhamdulillah kalo diskusinya damai begini. Untuk istri mas Fehmi sampaikan salam saya, yang sabar ya… tapi aku jadi takut buat keluar2 negeri de ih hehe

  • 41
    tazlucu
    April 10th, 2008 17:17

    @all

    Maaf yah, saya koq tertarik kepada cara “propaganda dan agitasi”-nya. Seperti yang biasanya sering kali ada tulisan dengan isi yang ngawur, tidak benar dan cenderung fitnah atau bahkan fitnah. Tulisan itu sengaja dilempar ke massa untuk memberikan penanaman di alam bawah sadarnya. Ketika ada yang protes, maka diralat saja. Tapi tetap saja “kerusakan” yang telah terjadi tidak bisa dielakkan.

  • 42
    Armansyah
    May 2nd, 2008 17:26

    Sebaiknya suruh ybs untuk membaca buku pertama saya “Rekonstruksi Sejarah Isa al-Masih : Sebuah Pelurusan Sejarah & Jawaban untuk Dinasti Yesus”

    Blognya ada disini : http://rekonstruksisejarahisaalmasih.wordpress.com/2008/02/13/sk-ketuhanan-yesus-dan-tanggapannya/

  • 43
    royan
    May 3rd, 2008 21:18

    Sudah merupakan sunnatullah pertentangan itu sampai akhir jaman.

    Perkumpulan golongan al haq adalah hizbullah 58:22

    22. kamu tak akan mendapati kaum yang beriman pada Allah dan hari akhirat, saling berkasih-sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, Sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka. meraka Itulah orang-orang yang telah menanamkan keimanan dalam hati mereka dan menguatkan mereka dengan pertolongan[1462] yang datang daripada-Nya. dan dimasukan-Nya mereka ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah ridha terhadap mereka, dan merekapun merasa puas terhadap (limpahan rahmat)-Nya. mereka Itulah golongan Allah. ketahuilah, bahwa Sesungguhnya hizbullah itu adalah golongan yang beruntung.

  • 44
    Justin
    May 27th, 2008 23:21

    biasanya saya paling males nimbrung di pertikaian antar agama kayak gini, cuma bikin cape aja…. cuma ada yg menarik dari komentar decon

    ————-
    beginilah kalo pemahaman dalam menasirkan AL Qur’an sak karepe dewe .. mencari dalil dari Al QUr’an untuk pemikirannya .. Capek Deh !!
    ——————

    Saya sudah pernah menelusuri link web Islam yg menjatuhkan Kristen, dan link web Kristen yg menjatuhkan Islam…. Semuanya sama…. main kutip ayat kitab pihak lain sepotong dan menafsirkan seenaknya…

    ——————
    @bingung & @harry

    Itu banyak sekali namun saya kagum kepada mereka karena mereka tidak ada yang teriak-teriak membabi buta, berdemo secara beringas seperti sebagian umat kita

    Saya juga bingung, bagaimana Toko Buku Gunung Agung bisa leluasa bertahun2 memutar VCD (dengan suara yg lumayan keras) yg isinya menyerang umat Kristen.

    Coba kalau toko buku Gramedia atau Kharisma memutar VCD yg isinya menyakiti umat Islam, pingin tahu juga saya berapa lama mereka bisa bertahan sebelum di bakar habis..
    (Ayo Gramed, Kharisma ada yg mau uji coba ?)

    Saya pernah penasaran, di Gunung Agung Citra Land, saya pura2 baca buku yg dekat kasir, tapi sebenarnya lagi dengerin isi khutbah VCD tsb… dan komentar saya persis komentar mas decon

    “beginilah kalo pemahaman dalam menasirkan Alkitab sak karepe dewe .. mencari dalil dari Alkitab untuk pemikirannya .. Capek Deh !!”

    Jadi kesimpulan saya kedua umat beragama ini sama aja… saling serang, saling menjelekkan dengan mengambil potongan ayat kitab lawan seenak udelnya…. dan lucunya sebenarnya kedua umat beragama ini, tepatnya bertiga dengan agama Yahudi, sebenarnya bersaudara….

  • 45
    justin
    May 28th, 2008 00:08

    @bingung

    di Islam ada Ahmadiyah yg di anggap sesat, di Kristen juga banyak. Ada Children of God, ada Saksi Yehova. Yg lebih heboh lagi beberapa tahun lalu saksi yehova di legal kan oleh pemerintah ! LEGAL ? Kok Bisa ? mene ke tehe… 🙂
    reaksi Gereja ? rapatkan barisan, adakan pendalaman Alkitab, kelas pembinaan, seminar, dll…. Tapi tidak ada sedikitpun tempat ibadah saksi yehova yg dirusak, tidak ada satupun pengikutnya yg dianiaya….

    di Islam ada buku ayat2 setan karangan Salman Rusdi, di Kristen ada buku Davinci code, Injil Yudas, dll.. Bahkan buku ini di terjemahkan kedalam bhs Indonesia dan di jual bebas di toko buku dan kabarnya banyak di beli oleh umat Muslim. Apa reaksi orang Kristen ? Terbitkan buku yg meng-counter buku Davinci code, dll…. Buat kelas diskusi buku, buat seminar2… Tidak ada yg di fatwa mati….

    di Islam ada film Fitna, di Kristen ada banyak film menghina seperti Last Temptation of Jesus Christ. Apa reaksi Gereja ? hehe film tsb malah di putar di Gereja dan di tonton sama2.. dan di bahas secara Alkitabiah….

    loh kok gitu ? selamat berbingung ria….

  • 46
    Iqbal
    June 1st, 2008 10:29

    Tidak ada damai antara Islam dengan Non Muslim dalam urusan agama (addien). Karena Islam hanya mengakui Allah SWT tuhan semesta alam dan tidak menyekutukan-Nya dengan apapun. Perdamaian lintas agama dalam Islam hakekatnya tidak ada, dan Kitab Al Quran telah mengatur perdamaian itu dengan satu syarat, yaitu beriman kepada Allah SWT atau tetap kafir fundamentalis dengan membayar Jizyah serta tunduk dengan peraturan Islam.
    Saudara bisa mempelajari Alqur’an Surat At Taubah ayat 29 yang artinya :

    “Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian, dan mereka tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan RasulNya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al-Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah[638] dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk.”
    ==================================================
    [638]. Jizyah ialah pajak per kepala yang dipungut oleh pemerintah Islam dari orang-orang yang bukan Islam, sebagai imbangan bagi keamanan diri mereka.

    Jadi ayat “lakum diinukum waliyadien” harus di tafsirkan sesuai asbabun nuzulnya. Dan tidak berarti Islam itu yang harus tunduk kepada ajaran kaum kafirin. Sebab semua para nabi adalah beragama Islam, akan tetapi para pengikutnya membelokkan agama mereka sehingga mereka termasuk orang-orang yang tersesat. Oleh sebab itulah Islam ingin mengembalikan kemurnian Tauhid atau meng-Esa-kan Allah SWT.

    —————————————————————————
    Bila Anda ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan kirim ke email saya, insya Allah akan saya balas.

  • 47
    sufehmi
    June 2nd, 2008 04:53

    @Iqbal – Jadi ayat “lakum diinukum waliyadien” harus di tafsirkan sesuai asbabun nuzulnya.
    .
    Komentar tersebut juga perlu Anda lakukan untuk surat At-Taubah ayat 29 yang Anda kutip tsb,

  • 48
    sufehmi
    June 2nd, 2008 04:57

    @justin – Saya juga bingung, bagaimana Toko Buku Gunung Agung bisa leluasa bertahun2 memutar VCD (dengan suara yg lumayan keras) yg isinya menyerang umat Kristen.
    .
    Memang tingkat toleransi beragama di Indonesia mashi payah sekali.
    Tidak seperti yang digembar gemborkan oleh Bapak Pembangunan kita 😛
    .
    Ya beginilah jika tidak punya empati – kelakuannya seenaknya, namun ketika dibalas dengan yang serupa, tersinggung berat dia.

  • 49
    tazlucu
    June 2nd, 2008 09:11

    @iqbal
    Wuah, kalau begini si belanda keparat itu gak salah buat film Fitna…

    Harap baca lagi shirah nabawiyah yang lengkap, bagaimana Rasulullah memperlakukan orang-orang kafir. Lihat bagaimana dia memperlakukan ‘musuh’nya seorang yahudi tua dan buta….
    Selama ini peperangan yang dilakukan bukan karena ‘agama’ mereka, tetapi karena ‘sikap’ mereka terhadap kaum muslimin.

  • 50
    Otonesia
    June 2nd, 2008 10:08

    Hem…
    Sufehmi mengamini pendapat Iqbal? (#47)

    Sufehmi mempertanyakan toleransi beragama di Indonesia dan bapak pembangunan kita? (#48)

    Sebenarnya Sufehmi berdiri di pihak mana?

    Syaloom.

  • 51
    justin
    June 10th, 2008 18:02

    Sebenarnya saya pusing dengan pertentangan antara Yahudi, Kristen dan Islam…. Padahal ketiga agama ini berasal dari nenek moyang yg sama… Abraham / Ibrahim… kenapa ya bisa jadi gini ? ada yg tau ?

    @iqbal di #46
    kalo ada adik / saudara anda yg pindah agama, apakah anda akan bunuh ? anda hancurkan ?

    Sebenarnya 3 agama tsb asal muasalnya adalah saudara, kenapa harus saling benci saling serang ? Dalam satu keluarga, wajar apabila ada perbedaan pandang, perbedaan pendapat… apakah karena perbedaan tsb harus saling bunuh ?

    Kalau untuk warisan, apalagi bila jumlahnya gede, sering terjadi saling bunuh antar saudara. Itu karena keserakahan.

    Tapi untuk agama ? yg merupakan warisan nenek moyang ?
    kenapa sih sesama sodara harus saling bunuh ? untuk apa ? untuk siapa ? Karena apa ? Karena Tuhan atau justru karena ego dari masing2 pemeluk agama tsb ?

  • 52
    izzathar
    June 11th, 2008 19:45

    Perkenalkan saya Izzathar,
    Sebelumnya saya minta maaf baru mengetahui blog ini. Saya termasuk salah seorang yang terpancing dengan blog nya mas Dewo, secara tidak sengaja ketika saya searching Sirah Nabawiyah, dan menemukan kata-kata yang bagi saya itu penghinaan. Sebenarnya awal mulanya saya ingin mengajak diskusi secara damai, namun ada beberapa kawan-kawan Kristiani yang malah menyimpang jauh dari diskusi. Jadi melalui ini juga saya minta maaf ke Mas Dewo dan saya harapkan blognya bisa dijaga dari komentar-komentar yang akan memunculkan perdebatan. Salam semuanya.

  • 53
    justin
    June 14th, 2008 15:32

    Dulu saya join bisnis, berlima.. Akhirnya perusahaannya bangkrut.. Kenapa ? bukan karena persaingan… para pesaing tidak usah repot2 karena kita di dalam berantem sendiri… bukannya bersatu fight memajukan perusahaan, malah semua menunjukkan ego mau menang sendiri…

    Hal yg sama berlaku dengan Negara Indonesia. Kalau sesama rakyat ribut sendiri karena masalah agama, kapan waktu untuk fight memajukan negara kita ? Negara tetangga tidak usah repot mikirin bagaimana cara bersaing dengan negara kita, karena kita sendiri sudah sibuk berantem dan masing2 pihak mau menang sendiri….

    Kalau ada agama / aliran selalu menganggap agama / alirannya yg paling benar… yg lain kafir & bakal masuk neraka…. Yah sudah biarkan saja… toh yg menentukan masuk surga atau tidak adalah Tuhan bukan manusia….

  • 54
    izzathar
    June 20th, 2008 18:18

    sepakat ….
    tapi bukan untuk Ahmadiyyah …
    (harap dicatat ini urusan intern kaum Muslim)

    salam

  • 55
    rahmat
    June 22nd, 2008 18:27

    marilah hiduplah dengan mencontoh lebah. hidup rukun dan bisa memberi manfaat bagi makhluk lainnya. lebah membantu penyerbukan pepohonan dan memberi kesehatan bagi manusia.

    semua kitab suci mengisahkan kehidupan lebah.

    di menyerang jika hanya harga dirinya diganggu.

    salam dari peternak lebah madu

  • 56
    izzathar
    June 27th, 2008 20:25

    Maaf, saya numpang lewat ..
    berkaitan dengan diskusi yang masih berlanjut di situs :
    http://agamaku.wordpress.com/
    saya sudah tidak bisa masuk ke sana karena di blok oleh yang bersangkutan, sementara masih membiarkan kawan-kawan Kristen menghina Islam.

    Jadi melalui ini, saya hanya ingin mengatakan bahwa saudara di situs tersebut sebagai pecundang sejati.

    salam,

  • 57
    Emanuel Setio Dewo
    June 28th, 2008 21:30

    Dear Izzathar #56,

    Saya (selaku admin http://agamaku.wordpress.com) tidak pernah mem-block Anda. Peraturan di sana adalah bahwa setiap orang yang ingin ikut diskusi harus sudah memiliki account di wordpress. Saat Anda tidak bisa posting komentar di sana, mungkin Anda belum login.

    Silakan login dulu dan silakan berkomentar di sana.

    Salam.

  • 58
    Iman Kristen
    August 22nd, 2008 01:08

    Menurut saya, diskusi itu perlu sekali, apalagi antar agama. Tujuannya supaya kita mengenal agama lain dengan pola pikir agama tersebut.

    Seringkali pemusuhan dimunculkan oleh ketidak-mengertian karena punya asumsi yang salah. Dengan diskusi, hal ini bisa dijernihkan.

    Tapi memang masalah pengendalian emosional yang perlu dilatih terus menerus.

    Salam.

  • 59
    sufehmi
    August 22nd, 2008 13:18

    @Iman Kristen – betul, prasangka dan asumsi yang sudah ada musti dipinggirkan dulu, lalu kita mulai dialog yang jujur & terbuka.
    .
    Para blogger di Mesir bisa menjadi teladan yang baik dalam soal ini :
    http://www.iht.com/articles/2008/08/02/mideast/egypt.php?page=2
    .
    Semoga kita disini bisa menirunya juga.
    .
    Terimakasih.

  • 60
    m. salim
    September 20th, 2008 21:49

    Assalamualaikum
    Saya memang hanya punya setitik debu pengetahuan islam, tapi yang saya tau kalau berantem dengan alasan agama cuma bikin agama jadi tambah terhina aja. Jadi buat kakak-kakakku, tolong sabar sedikit aja yah…

  • 61
    Nurul
    November 11th, 2008 19:04

    asalamualaikum,

    iya betul.
    saya cuma baca komen aja, tulisan gak mau.

    semoga bisa diberi hidayah oleh Allah SWT

  • 62
    x-1
    March 11th, 2009 13:48

    Assalamu’alaikum wr wb

    Sebenarnya, Islam datang dengan damai, bukannya Rasulullah mengajak “Orang Kafir” masuk Islam dengan paksaan lantas kalau ga mau di bunuh. Tetapi karena Rasulullah mengajak pada kebenaranm Beliau dimusuhi oleh Kaum Kafir Quraisy. Lantas Allah SWT menurunkan ayat yang isinya untuk mempertahankan diri dari kebiadapan Kafir.

    Lantas kalau sekarang ada yang melakukan Teror dengan mengatasnamakan Islam, mestinya jadi pertanyaan kita semua?? Benarkan itu Islam.. Saya yakin “TIDAK”.

    Sudah di atur dalam Islam, bahwa Agamaku ya agamaku, agamamu ya agamamu..

    Masalah Agama, biarlah masing-masing mengerjakan sendiri tanpa adanya saling bantah, yang lebih baik kerja sama dalam bidang Sosial untuk Mensehjahterakan Negara dan Umat..

    Amin
    Salam kenal buat Kang Harry

    Wassalamu’alaikum wr wb

  • 63
    AVI Converter for Mac
    November 13th, 2009 16:22

    Happy 11.13

  • 64
    freebiejeebies
    January 29th, 2010 04:32

    Very interesting points made here, thank you

  • 65
    Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2010
    February 4th, 2010 01:23

    kita memang harus cerdas menaggapi semua tulisan ttg islam, termasuk yang terkesan menghina

  • 66
    X-Blog Contest
    February 10th, 2010 00:50

    kita harus mengedepankan dialog yang baik

  • 67
    Multiple Search Engine Popular
    February 18th, 2010 01:33

    yang penting kita bisa menyikapi perbedaan dgn cerdas

  • 68
    kerja sampingan
    February 22nd, 2010 23:59

    sebenarnya kalu hal dlam artikel artikel yang mengandung sara jangan dimuat oleh para bloger bisa membuat suasana kacau dan terpancing, kalu buat suatu pandangan yang keras yang pribadi ah

  • 69
    sqltutorial
    December 20th, 2010 15:42

    Orang yg mereka cari bukan kebenaran, ngapain juga diladenin

  • 70
    Emzeth
    December 21st, 2010 06:31

    cukupla sholat subuh di masjid menjadi pemenang agama ini.

  • 71
    kang bedoel
    January 30th, 2011 21:40

    THANKS FOR SHARING..
    perlunya web komunitas event organizer and indonesia pancen houye

  • 72
    Kisah Muallaf
    February 22nd, 2011 16:33

    yang seperti itu memang gak akan ada habisnya…Qadarallah…
    Tugas kita menyampaikan yang benar setelah itu bersabar!!

  • 73
    cekay
    March 4th, 2011 12:05

    asal jangan bentrok aja antar umat beragama

  • 74
    wahyu
    March 6th, 2011 01:27

    ternyata mas yg developer open source sistem akademik sangat antusias dengan perdebatan agama. pantaslah kiranya karya beliau sepertinya kurang begitu terurus sekarang dan bahkan diambil alih oleh rekan-rekannya. Kira-kira kerja di mana ya mas itu? saya harap beliau dapat pekerjaan yg lebih mapan. Sayang orang pinter kayak beliau jadi terlantar gara2 perdebatan yg tak kunjung usai.

  • 75
    adult vod
    July 16th, 2011 21:08

    Ini adalah sebuah laman web yang hebat di mana saya boleh belajar banyak maklumat.Dolar.

  • 76
    toko sepatu, jual sepatu,sepatu kulit
    November 9th, 2011 01:00

    toko sepatu, jual sepatu,sepatu kulit…

    […]harry.sufehmi.com » Blog Archive » Agamaku Kesaksianku : Serangan Terselubung Ke Islam[…]…

  • 77
    Mr.Nunusaku
    March 21st, 2012 05:38

    Setan telah menciptakan agama islam dan dunia dalam bencana karena islam adalah agama teroris….Islam hadir dan teroris terbentuk karena ajaran islam melalui anjuran Al Quran muslim jadi teroris.

  • 78
    nayla
    May 22nd, 2014 00:12

    lakum di nukum waliyadin

Leave a Reply

 

Subscribe without commenting

            








SEObox: Web Hosting Murah Unlimited Komik Indonesia Homeschooling Indonesia