Translate this page :

Cara Mudah BBM Murah

Tahukah Anda bahwa ada cara mudah & GRATIS (tidak perlu membeli alat apapun) untuk membuat BBM menjadi murah ?

Bagi para pengguna kendaraan pribadi, mahalnya BBM cukup terasa signifikan. Bahkan bagi pengendara motor sekalipun – ada staf kami yang mengeluh karena biaya BBM motornya menghabiskan 10% dari gaji bulanannya.

Bersamaan dengan masalah ini, ada banyak oportunis yang berusaha mengail di air keruh. Mereka menjanjikan hasil selangit – asalkan Anda membayar mereka untuk membeli alat / produk dari mereka. Kabar buruknya; banyak produk tersebut yang penghematannya tidak seimbang dengan biaya yang sudah Anda keluarkan.
Jadi, bagaimana solusinya ?

Sebetulnya solusinya cukup mudah, dan dengan hasil yang sangat signifikan :

  • Penggunaan BBM menjadi lebih hemat
  • Jarak jangkau kendaraan menjadi lebih jauh dengan uang yang sama / lebih sedikit
  • Polusi udara menjadi berkurang

Berikut ini adalah 2 tips yang dapat membantu Anda menghemat BBM dengan hasil yang paling signifikan.

Hindari akselerasi & rem mendadak

Akselerasi & rem / berhenti secara mendadak sangat boros / membuang BBM secara percuma, dan juga bisa mempercepat usang berbagai komponen mobil Anda.

Pada akselerasi mendadak, yaitu menekan pedal gas dengan dalam, pembakaran BBM terjadi dengan tidak sempurna. Ada banyak sekali BBM yang jadi terbuang percuma karenanya, dengan hanya memberikan sedikit penambahan akselerasi.
Pembakaran BBM yang tidak sempurna juga cenderung menghasilkan polusi yang lebih banyak.

Kenali kemampuan mesin mobil Anda. Biasakan untuk menekan pedal gas secara ringan saja, sekedar batas akselerasi normal mesin mobilnya.

Dengan demikian, maka pembakaran BBM bisa menjadi lebih menyeluruh, dan bisa jauh lebih banyak BBM yang berubah secara sempurna menjadi energi untuk menggerakkan mobil.

Tentang rem / berhenti mendadak, kerugiannya 2 kali lipat, yaitu :

  1. Komponen-komponen rem & ban menjadi lebih cepat usang
  2. BBM yang sudah dikonversi menjadi energi kinetik / laju mobil langsung lenyap dalam seketika begitu saja

Biasakan berhenti secara perlahan. Idealnya, Anda cukup melepaskan pedal gas, dimana laju mobil otomatis akan berkurang sendiri secara alamiah karena berbagai hal (friksi di mesin, di jalan, gravitasi, dst). Tekan rem untuk berhenti total saja.

Tentu saja ini harus dilakukan secara baik, jangan sampai malah jadi membahayakan Anda maupun pengendara lainnya :)

Kita bisa menghindari berhenti mendadak dengan mempraktekkan gaya mengemudi defensive driving. Cara mengemudi ini, secara ringkas, tidak hanya memperhatikan kendaraan Anda sendiri – namun juga awas dengan lingkungan sekitar dan memungkinkan Anda mampu untuk memprediksi kemungkinan-kemungkinan bahaya.

Mungkin saja Anda sudah mengemudi secara aman – tapi bagaimana dengan pengendara lainnya ? Bagi Anda yang berada di Jakarta, tentu Anda sudah tahu bahwa mengemudi dengan aman bukan jaminan bebas dari kecelakaan. Saya sendiri dalam 3 minggu ini saja sudah **di** tabrak 2 kali. Sayangnya kejadian tersebut terjadi pada saat saya berhenti, sehingga tidak bisa dielakkan dengan teknik defensive driving. Tapi pada banyak kesempatan lainnya saya alhamdulillah berhasil selamat dari kecelakaan berkat teknik ini, dan juga sudah menghemat banyak uang karena jadi jarang berhenti mendadak.

Salah satu artikel berisi tips-tips praktis defensive driving bisa dibaca di blog ini. Kalau ada yang lebih jelas & lengkap, silahkan kabarkan kita semua ya.

Jaga agar RPM selalu dibawah angka 2

Ini ternyata adalah salah satu dosa terbesar saya sebelumnya – sering sekali saya memaksa mesin mobil bekerja sampai RPM 4 atau 5. Berarti sekitar 4000 atau 5000 rotasi per menit.

Sebetulnya ini tidak perlu, dan amat boros BBM.

Setelah saya coba, kita bisa tetap mendapatkan performa yang cukup nyaman dari mobil tanpa perlu melewati RPM 2.

Jadi, pastikan & biasakan untuk ganti persneling sebelum RPM mesin melewati angka 2.

Pada beberapa mobil dengan persneling otomatis – seperti Honda Jazz, ini adalah setting standar. Namun beberapa mobil otomatis lainnya kadang baru akan pindah gigi pada RPM yang lebih tinggi, sehingga cenderung lebih boros BBM. Jika demikian halnya, coba tanya ke dealer mobil ybs, dan minta agar disetting ulang.

Jika kita bisa melakukan ini, maka akan segera nampak bahwa konsumsi BBM kendaraan kita menjadi turun secara cukup drastis.

Pada mobil Honda Jazz, ini berarti kecepatan maksimal sekitar 80 – 90 km/jam. Ini sudah cukup cepat, dan tetap hemat BBM.

Itu saja ??

Ya, cukup itu saja :)
Walaupun ada banyak trik-trik lainnya, namun 2 tips tersebut adalah yang paling signifikan menghemat BBM.

Pada kasus saya, mileage / jarak tempuh mobil saya setelah pengisian BBM meningkat drastis, dari 300 km menjadi 400 km !

Jadinya bagi saya serasa seperti BBM tidak naik :) karena pengeluaran saya untuk BBM per kilometernya tetap sama saja. Sungguh menyenangkan.

Padahal, ini masih belum hemat betul. Kadang saya masih tergoda untuk menggeber mesin mobil melebihi RPM 2, he he

Kalau betul-betul dijaga, saya yakin satu kali isi bensin bisa cukup untuk menjelajah sampai sekitar 450 km. Ini target saya berikutnya.

Bagaimana dengan Anda? Seberapa besar penghematan yang bisa Anda capai dengan kedua tips ini ? Yuk coba kalahkan saya sejauh-jauhnya. Buatlah saya menjadi iri berat dengan prestasi Anda :)

Tips-tips lainnya

OK, sebetulnya masih ada banyak trik-trik lainnya. Namun, hasilnya tidak sebesar seperti 2 trik yang saya sampaikan sebelumnya.

Beberapa diantaranya :

  • Menjaga filter oli tetap bersih : terutama bagi mesin diesel. Filter oli yang kotor dapat menurunkan performa mesin, membuat boros BBM, dan menghasilkan lebih banyak polusi.
  • Mengisi ban dengan CO2 (karbon dioksida) : Ini yang dilakukan oleh mobil-mobil Formula 1.
    Bukan dengan Nitrogen :) (saya agak bingung kenapa banyak bengkel yang menyediakan ini – padahal udara yang kita hirup saja sudah 80% terdiri dari nitrogen !)
  • Car sharing : dengan berbagi tempat di kendaraan kita untuk orang lain, maka kita telah membantu mengurangi konsumsi BBM global. Syukur-syukur malah seperti yang dialami oleh kakak ipar saya – para penumpangnya turut urunan uang bensinnya, sehingga pengeluaran BBM nya jadi berkurang.
  • Naik sepeda : Zero BBM :) sejak sekitar tahun 2002 di Inggris saya sudah biasa bersepeda sampai ke kantor. Sangat menyenangkan, karena ada jalur sepeda di kanal-kanal Birmingham. Jadi kita bisa menghindari dari jalan raya, dan bisa bersepeda dengan tenang sambil menikmati pemandangan indah di sepanjang kanal tersebut. Rute yang saya jalani biasanya adalah Pipe bridge (dekat stadiun Aston Villa / rumah) sampai ke Farmer’s Bridge no: 9 (Central Birmingham).

    Badan sehat, dan biaya hemat. Sayang tidak bisa saya lakukan di Jakarta, karena saya alergi debu :(
    Tapi kalau Anda sanggup, maka ini jelas adalah pilihan yang cukup menarik.

  • Jaga tekanan angin di ban : Terlalu rendah, maka Anda membuang BBM secara percuma. Terlalu tinggi, maka kendaraan Anda jadi mudah slip. Dan pada kedua kasus tersebut sama-sama akan merusak ban lebih cepat.

Anda punya trik-trik lainnya ? Silahkan sharing juga dengan kita ya.

Terimakasih.

34 Responses to “Cara Mudah BBM Murah

  • 1
    Ronny
    July 24th, 2008 10:38

    Itu metromini (dan bbrp angkot) kebanyakan masih ngebut2an, ngegas2 udah gitu langsung ngerem sambil masih melintang. Selama tingkah lakunya di jalan masih memboroskan BBM kayak gitu mah gak usah deh protes2 harga BBM mahal.

  • 2
    dadan
    July 24th, 2008 13:52

    (biasanya sih saya jalan di 80-100 km @ 3 KRPM)
    stabil 80-90 km @ 2 KRPM kayaknya cuman bisa kalo di tol (jalur kanan)
    berhubung rumah-kantor sudah terhubung tol, maka pilihan paling enak ya make jalur tol tsb.

    jadinya malah solar hemat, ongkos tol naik….
    susah juga…

  • 3
    galih
    July 24th, 2008 14:10

    Untuk RPM rendah sangat tergantung torsi mobilnya sih. Ada mobil yang settingannya optimal di sekitar 4000-5000 RPM, kalau di RPM rendah malah tidak lincah dan sukar berakselerasi…

  • 4
    Patrick
    July 24th, 2008 14:48

    Thank you mas, artikelnya berguna sekali. Dulu saya pernah mendengar tentang tehnik menjaga RPM, tapi baru sekarang saya mendapat penjelasan yang lengkap. :)

    Kalau saya lebih memilih metode combining (kayak food combining aja, hehe) jadi dalam seminggu bisa nebeng temen, b2w, pakai kendaraan umum, dan juga kalo sempet, baru pakai kendaraan pribadi. Bagi saya metode seperti ini cukup hemat. :)

  • 5
    Dedhi
    July 24th, 2008 20:29

    di negara maju, busnya sudah punya pneumatic recovery. Pas ngerem, energinya dibuat mompa tanki yang nanti membantuk proses akselerasi waktu jalan lagi.

  • 6
    sir alex ferguson
    July 24th, 2008 20:35

    saya lagi belajar cara masang alatnya sama pakde hari, beritanya sbb:
    Penghemat bahan bakar IRIT ABISS !! 50% – 90%
    Memburu penghemat bahan bakar

    Uji Coba Hydrocarbon Crack System
    ( Hcs hanya istilah / nama saja )

    Apakah hydrocarbon crack system , HCS adalah sistem memecah atom hydrocarbon ( bahan bakar premium atau pertamax) menjadi atom hydrogen H2 dan carbon C dengan cara menggunakan pipa Katalis yang dipanaskan. Panas luar/ exothermic dari mesin internal combustion (mesin kendaraan) itu sendiri yaitu dari panas blok mesin maupun dari knalpot yang bisa mencapai temperatur hingga 400 derajat C.
    HCS ini sangat efektif jika dipakai untuk power supelmen pada kendaraan bermotor sebagai penghemat bbmnya. Hydrogen yang digunakan adalah dari bbm Premium atau Pertamax yang biasa kita isikan pada kendaraan bermotor. Hcs hanya membutuhkan 5 sampai 10% dari tangki kendaraan dan bisa menghemat minimal 50% sampai 90% lebih tergantung membuka keran nya.
    Cara pengoperasian alat ini dengan mengisikan 300cc premium kedalam botol plastik (seperti halnya cara hydrogen air yang sedang populer saat ini) kemudian uap bbm ini
    disalurkan ke intake Carburator dengan melalui sebuah pipa Katalis yg bisa memecah premium menjadi hydrogen rich dan menghisap unsur paktikel carbon sehingga nantinya pada knalpot / gas buang unsur carbon monoxida bisa berkurang secara significan dan hydrogen sebagai penambah oktan pada kendaraan tersebut.
    Dengan Crack hydrocarbon system anda bisa menghasilkan gas hydrogen (H2) sampai 3-5 LPM H2 (liter per menit)
    Kenapa terjadi penghematan pada bbm pada kendaraan anda ? hal ini sebenarnya secara tidak terasa pengendara / pengguna yang biasa menarik/memutar tuas gas sampai dalam, kali ini hanya menarik /memutar tuas gas sedikit saja kendaraan sudah melaju kencang ,ini yang menyebabkan konsumsi bbm pada lubang sprayer (sepuyer :bhs jawanya) carburator hanya mengeluarkan bbm lebih sedikit sehingga bbm secara tidak terasa konsumsi bbm kendaraan menjadi irit abiss
    Coba hitung2 irit: umpama kita gunakan 5% (50ml) saja dari tangki 1 liter premium untuk dipecah jadi hydrogen (H2) dan dialirkan ke karburator melalui pipa katalis (harus) maka bisa menghemat 70% sehingga net 65% hemat karena 5% sudah kita ambil, coba apabila 5% premium kita kembalikkan ke tangki anda tidak akan mendapatkan penghematan sama sekali.
    Pipa katalis disini memegang peran sangat penting dapat juga sebagai Fire Flashback yang biasa dialami oleh tukang las yaitu gas balik (seperti letupan karbit) , sehingga anda tidak akan pernah mengalami fire flashback dari percikan api busi dari piston anda ke alat penghemat tadi

    Membuat Pipa Katalis
    literatur diambil dari:

    Data dari US patent Abstract katalis : hydrocarbon to H2 high purity
    Maaf nomer patent tidak saya sebut anda bisa cari sendiri di internet.
    Pipa katalis terbuat dari silinder tembaga dengan panjang 10 sampai 13cm yang berisi antara lain serbuk alumina oxide dibungkus dengan saringan nikelin (nickel)dan lempeng platimun ( platina ) di lingkaran luar dan + rutherium (pada tekanan 70 – 150 psi ) masing2 disekat setrimin stailess steel sebagai anti Flashback
    Sangat sulit dan mahal untuk dibuat tetapi informasi ini bisa anda cermati pada us patent tersebut

    Sehingga saya bisa mengganti bahan2nya yang lebih sederhana dan murah mudah didapatkan, tentu saja dengan waktu dan uang percobaan ber puluh2 kali dengan cara mengganti isi katalis tersebut sampai berhasil meledakkan hasil gas nya.
    dari vakum intake spedamotor tekanan nya adalah minus (-) 20 -30 psi

    Kenapa H2 dari Hydrocarbon ( premium atau pertamax ) lebih menguntungkan ?

    Anda tahu dan bisa cari rumus kimianya premium atau pertamax ? anda bisa cari di internet dengan search gasoline chemical formula / blended gasoline

    Premium rumus kimianya adalah C8H18
    Pertamax rumusnya C10H24 (maaf kalo salah tulis)
    Mari kita lihat premium atau C8H18 jika di crack atau diurai atomnya 8 Carbon dan 18 atom hydrogen (H2) , apabila H2O (air) di pecah atomnya dengan elektrolisa adalah oksigen 1 atom dan H2 2 atom, sehingga untuk menyamai atom premium anda harus kalikan 9 kali H2O yang dielektrolisa atau dengan cara menaikan arus dc elektrolisa sampai 9 kali, contoh jika sebuah hydrogen elektrolisa 3 amper sudah menghasilkan gelembung hydrogen (H2) maka 3X9=27 amper elektrolisa tadi hasil hydrogen nya baru bisa menyerupai H18
    Dengan alasan sumber listrik pada kendaran tidak cukup memadai apabila di ambil arus sampai 27amper maka gas hydrogen dengan cracking Premium dan atau pertamax lebih efisien dan tidak mahal, memang cara ini tidak merupakan penghemat dengan cara non fosil fuel supelmen tetapi untuk trik penghemat bbm pada saat ini akan lebih nyata2 menguntungkan.

    Saat ini saya sudah mencoba pada kendaraan sepeda motor dan mobil
    Dan hasilnya sangat memuaskan

    Honda supraX 2007 bisa 111km/L
    Honda Kharisma 125cc 100km/L
    Yamaha VEGA R rata2 80-85km /L
    Honda Vario rata2 55 -57 km/L
    Yamaha Mio rata2 49 – 52 km /L
    Suzuki smash 100 km /L dg speed 40-60km/j
    Sanex Mocin matic 54 km /L aslinya 25km/j

    Mobil Honda accord 81 sebelum 9km/l bisa menjadi 15,5km/ L

    Penghematan cara lain:

    Menhemat bbm dengan cara mencampur 1 liter premium dengan 20% pertamax untuk kendaraan sepedamotor dengan bbm premium bisa langsung mengirit 12%

    Hydrogen (H2) yang saat ini baru populer sebagai supelmen kendaraan bermotor adalah memecah air H2O menjadi atom hydrogen dan oksigen
    tujuannya juga untuk menghemat bahan bakar. Tetapi system electrolisa membutuhkan amper / arus aki yang besar. Apabila hydrogen dari elektrolisa ini hanya 5 sampai 10 amper hasil gelembung h2 itu sangat sedikit hasilnya yaitu kurang dari ½ liter per menit, satuan ukuranya adalah LPM / gas hydrogen liter Per Menit. Apabila diukur hasil hydrogen dalam 1 menit bisa 1 liter anda baru bisa mengirit 15% bbm jika anda alirkan ke intake carburator.
    Cara mengukurnya masukkan botol mineral 1 literan dalam ember isi air penuh dan isi botol mineral tersebut dan balikkan posisi botol ( bagian mulut botol dibawah dan tetap didalam ember ) lalu masukkan selang hydrogen elektrolisa masuk ke mulut botol dan nyalakan elektrolisanya maka gelembung h2 akan mengisi botol tsb , hitunglah waktunya
    Menurut sebuah situs alternatif energy di amerika mengatakan jika menjalankan mesin 2,5 HP total menggunakan bbgas hydrogen memerlukan 6 -7 liter gas hydrogen per menit .
    Tetapi jika hydrogen digunakan untuk menghemat bbm sepeda motor secara significan cukup 2-3 LPM saja , sedangkan untuk mencapai 2-3 LPM hydrogen anda paling tidak memerlukan arus listrik DC pada kendaraan anda antara 20 sampai 30 amper dengan temperature pada botol anda bisa mencapai 100 derajat C hingga mendidih H2O/ air nya dan akibat fatal lain bisa tekor aki anda.
    Apabila anda membuat electrolisa hydrogen dan anda ukur arus dc nya hanya 3 amper dipastikan hasil gas hydrogen sangat kurang untuk sebuah supelmen penghemat bbm sepeda motor anda

    http://www.kr.co.id/web/detail.php?s…091&actmenu=36

  • 7
    rumah
    July 24th, 2008 22:12

    naik sepeda tuh yang paling ngirit BBM .. tapi kalo abis narik sepeda trus makannya abis 50 rb ya sami mawon… tekor juga.

  • 8
    Dhimas
    July 25th, 2008 08:06

    Tips yang bagus…

    Mengisi ban dengan CO2 (karbon dioksida)

    Fungsi utamanya untuk apa pak?

  • 9
    credit card tips
    July 25th, 2008 12:26

    mantap om tipsnya…. sayang lom punya mobil. semoga tahun depan udah bisa kredit

  • 10
    Koran Saya
    July 26th, 2008 00:04

    Naik kendaraan umum membuat kita hemat BBM.

  • 11
    Anggara
    July 26th, 2008 12:32

    trik yang menarik dan pantas untuk dicoba, kalau saya sih lebih suka naik KRL

  • 12
    rudyahud
    July 26th, 2008 15:17

    naek sepeda ajah biar hemat and sehat…hehehehe

  • 13
    Lex dePraxis
    July 27th, 2008 00:42

    Whoa, keren! Thanks for sharing again. Benar-benar info bermutu.

  • 14
    amalia
    July 29th, 2008 04:15

    thanks buat tipsnya!! :) udah lama saya gak nyetir, but I’ll make sure I’ll do it if I ever go back to Jakarta (to drive lol)

  • 15
    sir alex ferguson
    July 30th, 2008 05:23

    ada juga yang pake air, nih link nya
    http://egmca.org:8080/artikel/art10/lihatKomentar

  • 16
    custom usb
    July 31st, 2008 15:17

    Beli motor yg irit, uang 20rb bisa di pakei buat bensin selama 4-5 harian (PP kantor-rumah) hehe.. irit lumayan, dari pada naek umum sehari bisa 10rb an tuh

  • 17
    Riyogarta
    August 2nd, 2008 13:22

    Mmmm, komentar dikit:

    1. Kalau gak salah dibawah 3 deh RPM-nya. Kalau dibawah dua kadang kala kita memaksakan kekuatan yang berakibat kerusakan mesin –> ini kata temen saya yang sekolah mesin sih.

    2. Nitrogen lebih ringan dan lebih stabil tekanannya terhadap perubahan suhu. Itu sebabnya nitrogen juga menghemat bahan bakar karena lebih ringan dan tekanan relatif stabil.

    Btw, gue pakai pil rasa pertamax :d Jadi dengan pil ini premium akan berasa pertamax … eh Harry pakai solar ya … nanti deh kapan-kapan kalau ketemu gue kasih liat :)

  • 18
    Investasi
    August 6th, 2008 22:00

    memang enak berpergian naik sepeda, taoi sayang kondisi jakarta kurang nyaman bagi pengendara sepeda.

  • 19
    PAIJO
    August 9th, 2008 00:36

    HAIYA

  • 20
    Rohman
    August 12th, 2008 21:23

    aku uda coba ke motor ku

    n berikut hasil dan gambar-gambarnya. bisa juga kita sharing …
    lihat di sini

    http://mojokerto-blog.blogspot.com/2008/08/motorku-pakai-penghemat-bbm-brown.html

    maksih

  • 21
    r
    August 12th, 2008 21:24

    Penghemat BBM aku uda coba ke motorku pke tknologi Brown Energy katanya.

    n berikut hasil dan gambar-gambarnya. bisa juga kita sharing …
    lihat di sini

    http://mojokerto-blog.blogspot.com/2008/08/motorku-pakai-penghemat-bbm-brown.html

    maksih

  • 22
    gueee
    November 4th, 2008 14:04

    tips yg cukup standard .. gue ngarepin ada tips yg baru ternyata ..cuma pengulangan input dr media laen.. anyway .. nice try .. and appreciate udah luangin waktu untuk re-produce the same trick .. gue justru ngarepin ada yg usul stop bikin mobil baru .. or pindahin 50% penduduk jawa ke pulau laen .. or sekalian IBU KOTA pindahin ke ambon .. krn usulan loe buat naek sepeda.. udah ga mungkin di jkt .. polusinya gila2an.. paru2 bisa bolong.. share mobil ama org laen ? haiya bukan paranoid .. tapi get real ajah .. gue ga bisa semobil dengan stranger.. for hours .. trus musti beramah tamah.. bla bla .. kalo angkot beda.. krn dr awal kita dah tau .. its angkot .. everyone welcome as a long as you pay the tariff

  • 23
    Budi
    January 8th, 2009 00:38

    Rekan, dengan semakin dalam pengalaman di pembuatan hidrogen booster, boster kami telah dimuat tabloid otomotif dan majalah motor:

    Info Produk hydrogen booster/ boster hidrogen/ hho generator aDHydro di majalah MOTOR Hydrogen Booster terbukti meningkatkan performa mesin, dengan cara menambah pasokan zat hydrogen ke dalam ruang bakar. Maka salah satu diantaranya yang diklaim berhasil adalah produk lansiran ADHYDRO ini. Ini adalah produk kedua yang telah mengalami penyempurnaan dan mengusung kelebihan non boiling point, dan mampu menghasilkan lebih banyak hidrogen buat mesin.Alat ini hanya menggunakan media air murni (air “AQUA”), yang dimasukkan ke dalam tabung yang tersedia. Lalu air tersebut akan mengalami pengaliran aliran listrik pada elemen yang tersedia di dalamnya, yang otomatis akan menghasilkan gas hidrogen. Pemasangannya pun cukup mudah, karena seudah berbentuk paket. Hanya tinggal sambungkan ke intake manifold.Oh ya, selain keuntungan peningkatan performa yang signifikan, ternyata pemakaian hidrogen booster ADHYDRO ini, diklaim mampu mengefisienkan pemakaian bahan bakar yang berimbas pada lungsuran gas buang yang lebih bersahabat. Bahkan asap knalpot pun tercium seperti uap rebusan air. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan kontak penjualnya!
    http://pengiritbbm.blogspot.com/2008/12/adhydro-static-mobil-di-majalah-motor.html
    http://pengiritbbm.blogspot.com/2008/12/adhydro-hho-variable-motor-di-tabloid.html
    http://www.pengiritbbm.blogspot.com

  • 24
    harjo
    February 19th, 2009 16:05

    wah kalau penghemat bbm saya sudah pernah beli tuh di situs http://www.hydrobbm.blogspot.com harganya juga terjangkau mobil 125rb/motor 50rb. hasilnya tarikan memang lebih enteng.

  • 25
    rumah minimalis murah
    March 11th, 2010 11:35

    Meskipun saya telat bacanya, tapi info nya bagus sekali nih. Trims :)

  • 26
    Tom
    July 19th, 2010 09:21

    Enakan pake bis, bisa sambil tidur and full music

  • 27
    machen
    September 10th, 2010 09:05

    PDF Creator can creat PDF document files from Microsoft Office 2003/2007/2010 (Word, Excel, PowerPoint), image (JPEG, GIF, TIFF, PNG, BMP), Text, RTF, CHM, DjVu and more printable files.
    PDF Creator
    JPEG to PDF
    GIF to PDF
    PNG to PDF

  • 28
    bag manufacturer
    December 17th, 2010 11:10

    n. Bahkan bagi pengendara motor sekalipun – ada staf kami

  • 29
    sqltutorial
    December 20th, 2010 14:59

    Dengan budaya jalanan di jakarta, saya pikir opsi pertama akan sulit dihindari

  • 30
    rumah
    January 24th, 2011 00:00

    hahaha enakan jalan kaki

  • 31
    akbar
    February 7th, 2011 13:50

    Oo… gitu toh,,, iya, palagi mobil di atas tahun 2005 nanti bakal diberlakukan menggunakan pertamax… ckckckck…

  • 32
    adult vod
    July 16th, 2011 20:33

    Ini adalah sebuah laman web yang hebat di mana saya boleh belajar banyak maklumat.Dolar.

  • 33
    isis solar
    August 20th, 2011 02:03

    isis solar…

    harry.sufehmi.com » Blog Archive » Cara Mudah BBM Murah…

  • 34
    AndiSeo.Com
    January 17th, 2012 20:40

    That is the fitting weblog for anybody who needs to search out out about this topic. You understand a lot its nearly arduous to argue with you (not that I truly would need…HaHa). You undoubtedly put a new spin on a topic thats been written about for years. Nice stuff, simply great!

Leave a Reply

 

Subscribe without commenting

            








SEObox: Web Hosting Murah Unlimited Komik Indonesia Homeschooling Indonesia