Translate this page :

Mudik : Wisata kuliner @ Pantura

Mudik ke Pantura? Jangan lewatkan wisata kulinernya. 

Tadi saya mendapat email ini dari milis kompleks. Dibaca waktu sedang puasa, lumayan membuat ngiler juga 🙂

Selamat menikmati.


 

CIREBON :

  • Mangga Indramayu, adanya di sepanjang jalur alternatif pantura yang lewat indramayu, pastinya ! Hati2 milihnya jangan sampe ditipu ! Biasanya di jalur ini juga dijual beragam ikan asin ! Biasanya orang pilih yang putih bersih, tapi yang penting pilih yang dilalati ! Kalo tidak dilalati berarti pake boraks dan pemutih !
     
  • Nasi Jamblang, adanya persis di depan apotik pasar Jamblang sebelum masuk Cirebon. Kalau mau mampir, sebaiknya tidak lewat jalur tol.
     
  • Nasi Jamblang Mang Dul, Cirebon, adanya di Jl. Dr. Cipto Cirebon, di ruko seberangnya Grage Mall. Di ruko itu juga tersedia ATM BCA-nya. Lokasinya persis di perempatan, tidak jauh dari gedung PAM Cirebon, Jl. Tuparev yang sangat khas bentuknya itu. Kalau dari arah Jakarta sebaiknya langsung masuk ke arah kota, searah dengan Hotel Patra Jasa. Jadi jangan lewat ring road. Warung mang Dul udah buka sejak subuh, jam 8-9 pagi biasanya udah abis !
     
  • Empal Gentong, supaya gampang, mampir aja di stasiun Kejaksan (pusat) Cirebon (di tengah kota Cirebon ada 2 stasiun). Adanya di halaman parkir stasiun Cirebon, persis sebelah wartel !
     
  • Oleh-oleh khas Cirebon : adanya di Jl. Siliwangi depan Pasar Pagi Cirebon. Cirebon sangat khas dengan ikan asin jambal roti, emping dari yang ukuran kecil mpe besar, yang rasanya standar mpe yang rasa kerang, asin, manis, pedes. Beli juga rengginang dari rasa biasa, keju, juga trasi. Jangan lupa sirop Tjampolai rasa pisang susu, rasa jeruk keprok/nipisnya juga asik ! Kalau suka asinan, beli asinan “shinta” khas cirebon !
     
  • Bubur Sop Mang Kapi, adanya di j. Gunung Sari, dari warung mang dul setelah Mal Grage belok kiri. Warung kaki lima ini jualnya malem menjelang buka mpe subuh ! Jualnya bubur sop, sate, nasi lengko, indomie khas mang kapi, pokoknya komplit !
     
  • Mie kocok, adanya di emperan toko sepanjang Jl. Siliwangi, Cirebon, depan Pasar Pagi. Bukanya malem, di sana juga ada nasi jamblang. Di sepanjang emperan Mall Grage juga banyak warung jamblang, tapi ga’ enaaaak !

BREBES :

  • Telur asin, adanya sepanjang jalan pantura di wilayah brebes yang jejeran sama rel KA sampai jembatan menuju Alun-alun Brebes. Supaya aman beli di area sebelum jembatan besar Brebes, sebelah kiri jalan yang tokonya barengan dengan bengkel (kalo ga’ salah). Ancer-ancernya, di sebelah kanan ada mesjid. Telur asin, sekarang ada yang dibakar. Beli juga yang mentah, supaya bisa dibuat pepes telur asin. Enak banget ! Resep menyusul ! Pilih telur yang bulat, jangan yang oval !
     
  • Bawang Merah, beli di sepanjang jalan sebelum beli telur asin.

 

TEGAL :

  • Sate kambing, di perempatan Losmen & bioskop “Maya” (Mall Pasific) belok ke kanan ke arah purwokerto. Sekitar 2 km ada sate Kartomo sebelah kanan jalan. Maju lagi menjelang tikungan ke kiri ada banyak penjual sate kambing “tirus”. Setelah rel KA, belok lagi ke kanan ada banyak warung sate, pilih “sarimindo”, dijamin wuenak, buka mpe jam 02.00 pagi !
    Kalo yang mau ke semarang, mampir di warung sari sedap, adanya di jal. Gajah Mada, ga’ jauh dari Bank Bukopin, di sebelah kiri dekat tikungan Jl. Dr. Sutomo. Maju lagi 1 km ada warung Ni’mat, di sebelah kiri juga.
     
  • Oleh2 tegal, dari jalan Gajah Mada setelah perempatan pasar sore, belokan pertama ke kanan (ke arah klenteng). Ada toko khas oleh2 Tegal. Beli pia mungil khas tegal rasa kacang ijo, kacang item, coklat, keju, susu, buah, bawang, dll. Beli juga kecap asli tegal cap “kambing” atau “sari dele”. Di toko itu juga banyak makanan khas lainnya. Beli juga ikan asin kuro asem manis ma terasi cap obor ! Pia yang konvensional agak besar adanya di Gg. Paweden, Jl Veteran.  
     
  • Soto Tegal, di kota pergi aja ke alun-alun – mesjid agung tegal, parkir dekat pos polisi di pojokan alun-alun (sebelah kiri), di belakang pos ada warung soto banyak, pilih yang persis di pojok. Sotonya pake tauco, ada yang ayam, babat, atau campur ! Kalo yang mau ke PWK, beli di dareah mampir Soto Sari Sedap, daerah Talang, sekitar 5-10 km dari Tegal ke arah Slawi/ PWK. Di sepanjang jalan, sempetin beli poci dan berbagai kerajinan lampu dokar untuk dekor rumah !
     
  • Dengkil, adanya di pasar malam (orang tegal nyebutnya alun-alun/lap. PJKA depan stasiun). tanya orang aja, pasti ditunjukin yang jual kikil dibakar pakai bumbu rawit uleg, potongan bawang dan tomat plus kcep. Ada juga kepala kambing, sate dan otak ! Mantaaaap ! Ga pake bo’ong !
     
  • Sate Ayam khas Margasari bumbu kuning, adanya di jl. Ahmad Yani tidak jauh dari perempatan toko Jakarta/bengkel motor, ke arah Semarang, di sebelah kiri jalan ! Pasti belum pernah makan deh !
     
  • Sop kampung khas Tegal, adanya di jalan apa ya aku lupa, nama warungnya “Miraos” bukanya 24 jam ! Dari pertigaan lampu merah Hotel Susana Lama, terus aja, sebelum bank Niaga, adanya di sebelah kiri.
     
  • Teh poci, masuk mall di Tegal mana aja, warung, toko, dll. Beli merek Tong Ijo Premium warna kuning-ijo. Pocinya, beli aja yang udah ‘jadi’ (bekas pakai) di warung. Agak lebih mahal, tapi udah ga’ bau tanah liat lagi. Di mall ada banyak gerai yang jual teh langsung minum !
     
  • Batik Tegal & Sarung Tenun Goyor, pergi aja ke Pasar Pagi tegal adanya di Jl. Ahmad Yani, sempetin deh, beli batik khas tegal-an. Warna dan motifnya ga ada yang punya. Agak sedikit lebih mahal. Tapi bagus, beli juga sarung goyor khas tegal asli tenunan ibu-ibu kampung tegal ! Atau ke depan Toko Mira, Jl. HOS Cokrominoto, dekat jl. Gajah Mada, di ruko punya orang arab
     
  • Klepon enak, kalo jam 17.00 berhenti di agen bus Ezri, di Jl. Gajah Mada, sebelah sekolah al-irsyad, panas2, kecil2, enak, yang jual china, tapi inssya Allah halal…

 

LAIN-LAIN :

  1. Yang punya anak kecil, di Mall Pasific Tegal udah ada KFC, dunkin donat, pizza hut, ma es teler 77.
  2. Bank : Bukopin di jl. Gajah Mada, Bank Niaga, Bank Danamon sebelahan ma Mi Raos, Bank Mandiri ma BCA di Jl. AR. Hakim, BNI depan mall Pasific, BRI di alun2.

Selamat mudik ya… Hati-hati… Mohon maaf lahir batin dan selamat lebaran !

34 Responses to “Mudik : Wisata kuliner @ Pantura

Leave a Reply

 

Subscribe without commenting

            








SEObox: Web Hosting Murah Unlimited Komik Indonesia Homeschooling Indonesia