Translate this page :

Mudik : Wisata kuliner @ Pantura – part 2

Setelah saya posting email dari mbak Firlly Respatie disini sebelumnya, beliau langsung melanjutkan dengan seri keduanya.

Wow, ini iler saya hampir menetes membacanya (pkl 17:40, haha 😀 ). Sate kerang manis pedas…. slurp

Selamat menikmati !


Assalamualaikum wr. wb.

  1. Nasi Ponggol, nasi pincuk daun ini adalah menu sarapan khas orang tegal. Biasanya isinya nasi se-cubit (dikit), oseng tempe dadu, mie goreng kampung khas hajatan tegal-an, plus tumis kangkung/kacang. DI atasnya ditaburi remukan kerupuk mie kuning. Kalo suka boleh ditambah cabe. Subuh2, di seantero kampung di tegal, ibu2 banyak yang udah ngegelar dagangannya di depan rumah jualan nasi ponggol plus menu2 lainnya.
     
  2. Nasi ponggol setan, nah sekarang nasi ponggol ini udah jadi icon warga tegal yang go publik gitu. Jadi dijualnya ga’ cuma pagi aja, tp juga malam hari. Kalau dalam perjalan mudik nyampe tegal udah setlah maghrib, sempetin masuk dalam kota tegal menuju jalan Jend. Ahmad Yani (pasar paginya juga di sini). Sepanjang jalan ini awal ramadhan lalu dicanangkan sebagai kawasan wisata kuliner “Tegal Laka-laka !” (Tegal ga’ ada duanya !) dengan makan gratis bagi seluruh warga ! Mantap ya ? Nah, mampir aja di salah satu emperan, cobain ponggol setan plus teh poci nasgitel (panas, legi, kentel !). Kenapa disebut ponggol setan karena rasa oseng tempe-nya puedeeeees buangeeet ! Nasi ponggol identik dengan lauk khas ini, oseng tempe yang disebut “Aduk-aduk Tempe !” ada lagi “Mbek-mbek tempe” yang berkuah pedas cabe ijo…
     
  3. Kupat glabed margadana, margadana itu salah satu kecamatan baru di Tegal. Adanya di wilayah sebelum memasuki papura selamat datang kota tegal. Kupat galbed itu adalah potongan ketupat disiram sama kuah kuning kental macam bumbu sate padang tapi tidak terlalu kental dan tidak pedas, warnanya juga kuning, jauh lebih cantik dan segar. DI dalam sayur kuning ini ada mie kuningnya dan potongan dadu tempe. Disajikannya biasanya juga ditambah dengan aduk2 tempe pudeees, terus ditaburi remukan kerupuk mie kuning plus rawit ijo yang diuleg. Lauknya, sate bebek dari paha, dada, usus mpe telor. Sore2 jam 15-an gerobak kupat glabed margadana udah mangkal gak jauh dari belakang rumah di kawasan persawahan, jadi makannya bener2 liat pemadangan sawah. Biasanya orang2 udah pada parkir deh ngerubutin gerobak2 kupat ini. Ngiler ‘kan ?
     
  4. Kupat glabed randugunting, (randugunting adalah anma salah satu kelurahan di Tegal), sajiannya kupatnya sama, tapi lauknya sate kerang manis pedes (inget ya, tegal itu kota bahari, jadi banyak ikan dan makanan khas laut). Kupat ini dijualnya juga dalam gerobak, tapi yang pualiing wuenaak adanya di alun2 PJKA ga jauh dari kiosnya dengkil bakar. Mampir di warung kupat glabed pak Machali, bukanya jam 17.00. Satu porsinya sekitar Rp. 4.000,- perak aja. Malam2 makan kupat panas2 plus teh poci ma sate kerang, enak banget deh ! Dijamin keringetan ! He2x…
     
  5. Kupat bongkok-tegalsari, (bongkok juga nama daerah agak mblusuk di tegal). Bentuknya asli ga’ jelas. Aku juga ga bisa jelasin bikinnya pake apa. Yang pasti kupatnya bentuknya sebesar arem2 yang dibungkus mirip amplop tapi silinder. Kuahnya aku bener2 ga’ negrti tapi makan kupat bongkok kalu ga pedes ga seru. Asli enak ! Makanan ini di tegal udah agak langka. Yang aku tahu adanya ya deket rumah, di belakang kelurahan tegalsari. Ibunya yang jualan asli datang dari desa bongkok yang adanya di sekitar KM 5 tegal ke arah semarang ! Biasanya jam 10 pagi udah abis !
     
  6. Kupat lodeh, adanya di jalan salak, kupatnya disajikan ma sayur lodeh terus ditaburi serundeng manis khas tegal plus aduk2 tempe ! Biasanya dijual saat pagi untuk sarapan. Enak banget lo, aku doyan sekali kupat lodeh ini, rasanya segar… !
     
  7. Glotak, ini asli makan kuampung buanget ! Dibuatnya ada yang dari dage ada juga yang dari gembus yang abu2 itu lo.. Dihancurin dengan daging tetelan dan tulang daging sapi ma lombok ijo (ada juga yang versi ayam, tapi kurang asik). Jadi rasanya tebak sendiri deh, bikin lidah panas! Dimakan sama kerupuk mie kuning atau kerupuk ontar khas tegal, biasanya kalau makan glotak aku butuh konsentrasi karena pused jadi ga’ mau diganggu ! 
     
  8. Warung makan bu ipah, Salah satu barang bukti orang pernah mampir di tegal setelah teh poci ma sate kambing adalah warung makan bu ipah ! Warung ini jual masakan serba ikan ! Ikan pihi, ikan cucut dll yang digoreng atau dibakar terus di penyet di atas sambel terasi yang bikin garuk2 kepala deh saking pudesnya ! Dijamin rasanya meledak banget ! Ga’ ada yang kecewa di mampir makan di sini. Bau sambel terasinya 3 hari ga’ bakal ilang deh di tangan ! Bu ipah juga jual ikan kuah kuning yang segar dengan cabe rawit plus telor ikan-nya ! Ada juga masakan age, khas tegal, yaitu daging atau babad yang dibuat seperti rendang tapi tidak pedas dan banyak rempah. Cobain juga mangut cucutnya ya ! POkoknya cobain semua ! Bu ipah juga jual rempeyek yang wuenak, dijamin makan di bu ipah bakal sakauw ! Ketagihan ! Ha2x… Warung bu Ipah adanya di Jl. Halmahera dekat jl. Martoloyo yaitu jalan propinsi yang menuju Semarang.
     
  9. Nasi lengko Si Jok, (Dalam bahasa tegal, jok artinya “ibu”), adanya di seberang SMA Negeri 1 ma kolam renang Tegal di jalan Menteri Supeno. Warungnya ada di pojokan agak masuk. NAsi lengko si Jok, yaitu nasi yang dikasih potongan tempe atau tahu goreng tepung seperti mendoan, dipotong2, ditaburi toge dan potongan ketimun, disiram bumbu kacang dan sambel plus remukan kerupuk dan bawang goreng. Temennya bisa ma ati goreng yang dipotong2 dikasih bumbu, terus segelas es teh manis, selesai sarapan pagi mata bisa langsung melek deh ! Biasanya kalo makan di warung ini bisa rebutan ma anak SMA, tapi seru-lah !
     
  10. Nasi kuning & Nasi begana, kedua nasi bungkus daun ini juga asli tegal. Adanya di Jl. veteran dekat kawasan tegal laka-laka yang menuju kantor pos. Gerobaknya udah mangkal sejak sebelum jam enam pagi. Harga nasinya sebungkus Rp. 4.000 aja ! Di depan gerobak ini ada gang yang jual berbagai macam jajan khas tegal, susu kedele, dll.
     
  11. Tahu goreng Murni & tahu pletok, adanya di Jl. Diponegoro di seberang toko buku Makmur. Tahu goreng khas tegal ini dibuat dari tahu king yang dipotong miring jadi segitiga terus di sisi diagonalnya dilekatkan adonan aci berbumbu gurih. Jadi rasanya ya… enak deh, apalagi dimakan bareng cabe rawit yang galak, atau icocol di sambel kecap rawit panas ma teh poci ya… mau bilang apalagi dong selain wuenaak nemen ! Tahu pletok, bentuknya lebih besar dan topping aci gurihnya lebih banyak. Saat digoreng bunyi pletok2, makanya di kasih nama tahu pletok ! Sama enaknya !
     
  12. Kamir, jajanan khas tegal ini yang jual biasanya yang enak orang arab. Di tegal, selain warga asli, yang banyak penduduknya juga etnis china dan arab. Kamir bisa diperoleh di gang depan gerobak nasi kuning. Bentuknya agak besar dari tahu, rasanya gurih ada sisa manis sedikit di lidah. Dibuatnya seperti proses bikin kue cubit. Tapi adonannya lebih enak-lah… Dimakan panas2, pinggirannya agak kering dalamnya lembut enak banget deh pokoknya !
     
  13. Kue ijo, kue ini gedenya hampir sebesar piring makan berbentuk bunga seruni, melengkung2 bagus, berwana hijau pandan/daun suji. Adanya cuma di warung kecil didpajang di dalam box kayu, beberapa meter sebelum rel KA di Jl. AR. Hakim yang menuju RS. Kardinah. Untuk makannya ya harus dipotong sesuai lekukan kuenya…
     
  14. Kacang asin tegal dan kacang bogares, Kacang asin tegal bentuknya sama seperti kacang asin bali, sementara kacang bogers (bogares nama salah satu desa di tegal ke arah slawi) macamnya banyak, ada yang kletik kuning2, ada yang agak besar juga. Belinya di sekitar alun2 tegal tapi ke rute ke arah toko makmur/jl. diponegoro. Sebab alun2 mesjid agung tegal itu simpang 6.
     
  15. Rujak buah asinan, adanya di mulut gang sebelah toko kacang. Buah2nya yang dibuat rujak antara lain buah widaran dan buah yang aneh2 dan langka. Dimakannya sama gula yang kental dan pedas trus ditaburi kacang yang udah ditumbuk kasar. Jadi kalo dicocol rasanya asin, manis, pedas dan krunci kacang…. !
     
  16. Blendung, alu2, ketan. Blendung itu jagung yang printil terus direbus/dikukus diuleni sama kelapa parut, terus bisa langsung dimakan atau ditaburi gula pasir. Alu2 itu seperti lupis tapi bentuknya silider kecil, digulingkan di atas kelapa parut, bisa langsung dimakan atu bila suka dimakan sama kinca (gula jawa cair). Ketan, macemnya ada ketan item, ketan merah atau putih, makannya bisa ditaburi kelapa atau serundeng manis pedes. Ketiga makanan ini biasanya dijual pagi2 bareng nasi ponggol plus makanan lainnya.
     
  17. Susu kambing, karena di tegal banyak orang arab, jadi budaya minum susu kambing juga ada di masyarakat tegal. Masuk aja ke jl. Delima, kawasan pemukiman arab di tegal dekat jl. Kap. Ismail, terus tanya warga situ pasti ditunjukkin deh rumah yang jual susu kambing !
     
  18. Warung nasi Pi’an, adanya di depan satsiun KA, jualnya nasi lengko ma nasi rames tegal-an. Es jeruknya di sini mantap tapi mahal karena dari air jeruk asli. Di sini pengunjung bisa beli teh asli tegal yang tidak bermerek sesuai kebutuhan dan dibungkus kertas. Dulu warung Pi’an sangat terkenal..!
     
  19. Warung makan Priangan, adanya di tikungan Jl. Martoloyo ga jauh dari gedung DPRD II Tegal. Masakannya sayur asem dan kawan2, dijamin enak. Warung Priangan ini udah terkenal di antara para pengendara yang sering lewat tegal juga para pemudik.
     
  20. Toko kue terkenal : Toko Putri, adanya di kawasan benteng tegal (pecinan) tidak jauh dari perempatan Jl. Gajah mada  & Pasar Sore tapi beloknya ke kanan di sebelah akanan jalan, tapi jam 10 udah abis ! Kue2 di sini bikinan sendiri. Toko Sumber hidangan, dari peremapatn yang sama belok kiri, sekitar 50m udah kelihatan deh tokonya di sebelah kiri jalan, bareng ma rumah makan sayur asem ma empal gorengnya yang empuk. Sambelnya ga’ tahan ! Toko Mira, dari pertigaan Jl. Gajah mada dekat toko Dana belok kanan, langsung parkir sebelah kanan. Tokonya komplit, kecil tapi lengkap. Ketiga toko ini pokoknya gampang nyarinya deh !
     
  21. Putu gedang, makanan ini nyarinya agak susah (apa susah banget ya ?) bentuknya seperti serabi tapi dari tepung beras dan teksturnya ya seperti putu dengan alas daun sebesar tatakan cangkir. Di atasnya ada potongan pisang yang legit, dimakan panas2 sambil moci ya rasanya asik banget ‘kan ? Dulu yang jualan setegal cuma satu orang, china di jalan veteran di emperan depan toko cuma modal sebbuah meja dan kompor doang, sekarang penjualnya udah meninggal, tapi kuenya masih bisa ditemu’in di toko sumber hidangan ! Bayangin !
  22. Tapel pisang, bentuknya seperti martabak tapi dari tepung beras, dicampur kelapa parut, gula jawa yang disuwir. Setelah dikasih air/santan sedikit diaduk/diulenin panas 2 di atas wajan dengan tungku arang terus saat setengah matang ditambah potongan pisang raja. Bentuknya pipih lebar, seperti kerak telor, setelah pinggirnya kering dan adonannya matang tapel di lipat jadi setengah lingkaran. Rasanya, legit dan gurih banget… ! Pasti pengen kan ?
     
  23. Serabi kinca, serabi gurih yang dibakar di atas tungku serabut kelapa ma arang, dimakan ma kuah santan bergula (kinca), adanya di pinggir jalan sebelum kantor administratur perhutani, procot kabupaten tegal, slawi. Tapi kalau mau beli harus sabar, karena harus ngantri, banyak yang beli ! setangkep paling cuman Rp. 2000 kali ya ? Warung pinngir jalan ini bukanya habis ashar ! Untuk dibawa ke Guci pas banget deh !

LAIN-LAIN :

  1. Di tegal banyak gedung kuno, peninggalan belanda, jadi yang suka foto2 coba ambil gambar gedung DPRD II Tegal, gedung danlanal, gedung kantor pos, ketiganya ada di kawasan yang sama dan terlewat rute mudik. Mampir juga stasiun tegal, universitas pancasakti, menara air PAM ma jembatan kali gung alun2. Semuanya juga berada di kwasan yang sama. Mampir juga ke mesjid kalisoka, mesjid ini banyak didatangi untuk berdiam tiap malam jumat atau di sepuluh terakhir ramadhan… Mesjid ini udah jadi tempat yang makbul dan dihormati oleh masyarakat tegal…
     
  2. Pantai alam indah. Kalau mau wisata, mampir di pantai alam indah (PAI) di tegal di jalan martoloyo belok kiri. Masyarakat tegal kalau berloha raga pagi ujungnya mayoritas ke sini begitu pun saat sore. Nah, di PAI orang bisa nemuin kupat glabed ma sate ayam margasari bumbu kuning, dan tahu goreng yang terkenal itu deh… ! Di PAI masih ada mercusuar-nya lo dan sekarang sudah banyak pengembangan di kawasan PAI ini.
     
  3. Pantai Purwahamba, selain pantai, di kawasan ini juga ada kolam renang. Adanya di sekitar KM 9 keluar Tegal menuju semarang, di sebelah kiri jalan. Kondisi pantai beda dengan di PAI karena masih banyak pohon kelapa dan ada sewa kapal untuk coba jalan2 di laut…
     
  4. Obyek wisata GUCI. Obyek wisata ini adanya sekitar 50 KM keluar Tegal ke arah slawi. Kawasan GUCI adalah sumber air panas belerang, di sini ada obyek yang dikelola pemda dan ada yang dikelola swasta (purwahamba dan guci sama2 dikelola pabrik teh, sebab pabrik teh itu banyak berasal dari tegal : tong tji, sosro, dua tang, poci, gopek, dll ). Kalau yang punya pemda, adanya persis di bawah jembatan dengan pancuran dan mandi rame2, bayarnya paling Rp. 3000-an. Ada juga yang bentuknya kamar mandi2 untuk berendam. Kalau yang dikelola swasta bentuknya kolam renang dilengkapi dengan cottage. Jadi berenang jam sepuluh malem enak banget, ga bakal kedinginan.  Tapi jangan mentas, kalu mentas ya bakal menggigil, karena kawan guci adanya di lereng gunung slamet dan jauh lebih dingin dari puncak dan linggarjati cirebon ! Kalu yang mau privasi sewa aja jaccusi-nya jadi bisa dua2an aja deh…! Di sini jangan lupa cobain sate kelinci ! Enak banget dah pokoke.. !
  5. Hotel bagus : Bahari inn, seberangnya juga ada hotel baru dan bagus. Keduanya hotel bintang 3, adanya persis di pintu masuk tegal dekat tugu suttle kok  (Tegal penghasil suttle kok terbesar di Indonesia, yang dikerjakan secara rumahan ma ibu2 di kampung).
  6. Mall besar : Rita mall sebelah hotel Bahari inn dan Mall Pasific di perempatan “maya”
  7. Rumah sakit besar : RSU Kardinah (kakaknya KArtini) di jl. AR Hakim, RSI Harapan Anda ma RS Mitra di Texin
  8. Kerajinan logam, adanya di sepanjang jalan pagongan, dari RS Kardinah ke arah selatan keluar tegal ke arah slawi/pwk. Kalau mo beli ember jadul dari logam yang bera ada, cetakan macem2 kue, pompa dragon tegal yang terkenal itu, lampu dokar mpe kubah mesjid juga ada. Adekku beli jemuran aja bawa dari pagongan untuk di bandung ! Kurang kerjaan ya ? tapi puas ! Hi2x… DI sepanjang jalan ini juga bisa ditemuin macem2 poci. begitu memasuki daerah procot dekat kantor ADM (administratur perhutani) bakal tercium wangi teh di sepanjang jalan plus warung yang jualan nangka yang guede2…

 

Jadi bapak2, selamat berpetualang bersama keluarga ya….

Wassalam wr. wb.
Firlly Respatie

51 Responses to “Mudik : Wisata kuliner @ Pantura – part 2

  • 1
    Qisthon
    September 18th, 2008 07:03

    Rumahku di jalur pantura, rindu sekali mudik seperti ini.
    Kapan2 kalo punya kapal pribadi 😀 aku tulis pengalaman mudik dari Batam sampai Demak, sambil berwisata kuliner di pulau2 kecil yang mungkin tak pernah kita kenal namanya, hmm asyik ya… Doakan ya aku punya kapal 😀

  • 2
    Tasniem Fauzia Rais
    September 18th, 2008 08:48

    Hello. salam kenal ya! i like reading the blog!saya add ya di friend list saya.
    oh ya kalau ada waktu mampir juga ya ke blog saya http://www.tasniemrais.blogspot.com and add my link too in your blog ya..
    berkunjung juga ya ke butik saya di http://www.deutzyg.com

  • 3
    ndahmaldiniwati
    September 24th, 2008 16:44

    wah… sy ga bisa ikut mampir mas, lha wong pak sopirnya dah buru-buru pengen nyampe rumah. maklum… rombongan hehehe.. Pulang ke padang ato kemana nih ms?

  • 4
    sufehmi
    September 25th, 2008 12:58

    Halo mbak Tasniem, saya dulu suka mampir ke blog nya pada saat Anda masih di Jepang. Sekarang sudah di Surabaya dan punya bisnis sendiri ya? Well done, semoga sukses.
    .
    Ternyata Anda kena atopic dermatitis ya, anak saya juga kena. Cuma begitu kembali ke Indonesia, penyakitnya itu langsung hilang.
    Anyway, ketika masih di UK kadang kumat, tapi setelah rumah kami bersihkan (karpet diganti lantai kayu, sofa dilapisi kain halus, deterjen diganti menjadi yang lembut, dst), frekuensi kambuhnya jadi agak berkurang.
    Moga yang Anda sendiri bisa segera ketemu penyebabnya, amin.
    .
    btw; saya ingin bantu link ke situs Anda, sehingga bisa ditemukan orang di Google dengan keyword tertentu. Nah, Anda ingin keyword apa ? “vintage batik” ? atau “batik” saja? Atau keyword lainnya? Kabari saja ya.
    .
    Thanks.

  • 5
    sufehmi
    September 25th, 2008 12:59

    @Qisthon – kalau sudah punya kapal, jangan lupa ajak saya ikut jalan-jalan yaa… 🙂

  • 6
    sufehmi
    September 25th, 2008 13:12

    @ndahmaldiniwati – wah saya tidak jadi mudik ke Padang mbak, malah pas Lebaran kayaknya saya justru sibuk membuat berbagai dokumen, hiks… kerjaan lagi banyak banget (alhamdulillah)
    .
    Selamat liburan dan kangen-kangenan dengan mbok nya yaa 🙂

  • 7
    budi
    September 25th, 2008 15:09

    Wah banyak benar makanannya nanti pulang2 jadi gemuk dah……. Selamat liburan deh…

  • 8
    Azil
    October 6th, 2008 16:00

    gag ada skrinsut adalah kejahatan 🙂

  • 9
    A. Hardiena
    October 17th, 2008 10:46

    Walaupun ane ga termasuk yg biasa mudik, yang namanya soal “makan memakan” wuah ga usah ditanya deh soal ini…. Klo pas jadi pembicara atau kebetulan gi mampir di Tegal, Satu yang ga pernah kelewat….. Ponggol Setan, pedes pedes seger …… Maknyus 😀

  • 10
    Dewa Budi Chisara
    October 29th, 2008 17:32

    ANDA BUTUH GUIDE TOUR????????

    JOGJA KULTURAL TOUR
    Day 1
    Batik course season 1, makan siang ala Kraton, Mengunjungi Candi Prambanan,Sun-set Candi Borobudur, Makan malam
    Day 2
    Dengan Andong Wisata keliling sekitar Kraton, Kraton Taman Sari, Makan siang. Dilanjutkan Batik Course Season 2, Sun-set di Pantai Parangtritis, Makan malam, Permainan Masangin ( masuk di tengah 2 pohon beringin kembar )
    Day 3
    Batik couse season 3 ( terakhir ), makan siang, Mengunjungi pabrik batik tulis khas Jogja, Silver Factory ( Kota Gede), Desa seni Kasongan, proses pembuatan bakpia, Menikamti suasan malam kota Jogjakarta di Malioboro.

    KAMI MASIH BANYA PAKET WISATA MENARIK LAINNYA

    Bila anda berkenan silahkan hubungi saya di:
    An : Dewa Budi Chisara
    Add: Taman Kt 1/309.Kraton.Jpgjakarta 55133
    Cp : 08170955983
    JOGJA SELALU MENUNGGU KEDATANGAN ANDA
    Matur Sembah Nuwun

  • 11
    masterdevilz
    November 7th, 2008 03:03

    aku aku aku… juga mau.. dong…
    T___T @___@ : http://kateringkuw.blogspot.com

  • 12
    R.Anand
    November 25th, 2008 19:28

    Hi friend nice blog…! pls visit my blog friend –> http://rsablogger.wordpress.com

  • 13
    Budi Wiyono
    March 31st, 2009 16:26

    Pak,

    Ritual rutin saya setiap kali melewati Pantura adalah mampir di Kepiting telor Pak Kardi, lokasi di Ulujami. Makan sekaligus rehat, saya rekomen pak…

    Detil & Lokasi/Peta:

    Kepiting Telor Pak Kardi Pemalang

  • 14
    bocah pantai utara
    July 24th, 2009 19:17

    baru liat,btw makanannya kebanyakan belum pernah dengar, padahal bocah pantura 😀

    thx pak

    sekalian nitip link yaw

    http://pantura.org/

  • 15
    Wedding Invitations
    August 12th, 2009 00:28

    Susu kambing ada banyak kebaikan dari segi sains. Untuk ibu yang baru mengandung, ia dapat membantu anak dalam kandungan tidak dapat penyakit kuning. Ada banyak lagi kebaikannya, sebab itu, harganya pun mahal.

  • 16
    Stop Dreaming Start Action
    September 3rd, 2009 15:19

    wah kebetulan saya dari tegal juga pak, emang mak nyuss kulinernya

  • 17
    Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang
    September 4th, 2009 01:24

    Wehh,,lengkap banget..perlu tuh di coba satu2,,,hihihi

  • 18
    mr brindil
    September 7th, 2009 03:17

    Rahat…rahat…angger ketemu wong tegal
    pangganane apa maning ngewarigi

    hihihi
    salam kenal admin

  • 19
    Dewa Budi Chisara
    September 29th, 2009 00:30

    JOGJA & DIENG
    Eclusive Tour

    DAY 1
    Prambanan Tour

    Setibanya di Jogjakarta pada siang hari, anda akan kami sambut sebagai tamu istimewa dengan keramahan khas kami sebagai orang Jogja. Dengan transportasi / mobil & sopir pilihan, anda akan kami ajak menuju Restoran pilihan untuk menikmati sajian hidangan makan siang. Dilanjutkan menuju hotel / resort idaman anda untuk chek-in & istirahat serambi menikmati segala fasilitas yang ada.

    Sore harinya anda akan kami ajak ke perbatasan DIY & Jawa Tengah bagian timur, tepatnya di Desa Prambanan untuk mengunjungi Candi Hindu tercatik di Dunia sambil menunggu senja tenggelam di ufuk barat. Candi Prambanan tidak terlepas dari cerita Ramayana yang terpahat pada relief salah satu diatara Trimurti dalam candi tersebut. Tidak jauh dari candi tersebut anda akan kami ajak untuk menikmati hidangan makan malam & Sendra Tari Ramyanan yang diperankan oleh ratusan seniman dengan lampu yang ditata sedemikian rupa yang memberikan suasana romantis & latar belakang langsung Candi Prambanan yang tampak megah sehingga membawa alur cerita tambah magis.

    DAY 2
    Kraton & Kota Cede Cultural Tour

    Seusai menikmati makan pagi di hotel, anda kami jemput untuk menuju ke pusat titik nol kota Jogjakarta yang berdiri di tengah – tengah keajaiban alam yakni diatara Gunung Merapai & Pantai Parangtritis. Didampingi Guide tour, anda mengujungi Pusat Pemerintahan Kerajaan Kasultanan Ngayogyakarta dan Pasangrahan Taman Sari ( Water – Castle ) melewati kampung atau rumah – rumah adat Jawa yang masig difungsikan sebagai tempat tinggal kerabat – kerabat Kraton dengan Andong Wisata yang merupakan alat transpotasi tradisional masyarakat Jogja.

    Siang harinya tour dilanjutkan menuju ke salah satu Restoran di daerah Kota Gede yang merupakan awal kerajaan Dinasty Mataram Islam 3,5 abad silam. Disamping anda menikmati lezatnya makan siang di rumah bangsawan dahulu, anda juga kami ajak melihat secara dekat proses pembuatan kerajinan perak yang syarat akan sejarah kejayaan Mataram yang dipimpin oleh Panembahan Senopati & anda juga anda kami ajak melihat pembuatan coklat merk ” Monggo ” yang terkenal.

    Kota Yogyakarta juga terkenal akan produk budaya, salah satunya Batik Tulis. Di sebuah kampung bernama Tirtodipuran sejak 2 abad silam sudah terkenal akan para bangsaan maupun juragan batik tulisnya mengingat bagi orang jawa, batik disamping digunakan tiap harinya, batik bagi orang Jawa juga merupakan penunjukan setatus seseorang. Maka dari itu, disamping melihat proses pembuatan batik tulis maupun sejarahnya, anda juga kami ajak secaa singkat membuat pola dasar membatik alias ” Mencanting ” diatas kain yang sudah kami sediakan.
    Saat malam tiba, keromantisan kota Jogja dengan kecoklatan lampu kota serta hiruk pikuk kehidupan masyarakat ” Wong Jogja “, anda menikmati hidangan makan malam di Restoran pilihan sambil mendengar alunan merdu lagu taditional atau lagu romatis lainya hingga menambah selera nikmatnya hidangan makan malam yang kami suguhkan.
    ” Menikmati suasana malam hari di Jogja tak lengkap bila tak singgah di Alun2 Ringin Kembar “…untaian kata tesebut merupakan pelengkap para wisatawan kami selama kunjungannya di Jogja. ” Massangin Games ” sebutnya. Sudah menjadi icon wisata malam di Jogja yang tak sekedar bermain melainkan melatih indra perasa kita untuk mencapai sebuah cita2 yang akan kita harapkan. Dengan Guide jsebagai instructor Massangin game, anda akan lebih mengerti filosofi Jawa dalam kehidupan sehari – hari.

    Day 3
    Borobudur Temple & Merapi Tour

    Setelah menikmati lezatnya makan pagi dihotel, anda beserta crew kami menuju ke Magelang melewati pemandanngan alam beserta perkebunan2 buah Naga untuk mengunjungi candi yang didalamnya terdapat Stupa Budha yang terbesar yaitu Candi Mendhut dan salah satu candi Budha Mahayana termegah di dunia yang dibangun 3 abad sebelum Ankor Wat atau 5 abad sebelum Katedral Agung dunia dibangun. Seusai mengunjungi Candi Borobudur, anda kami ajak menuju sebuah Restoran yang sangat terkenal di areal taman candi tersebut dengan menggunakan Dokar untuk menikmati hidangan makan siang yaitu Manohara Hotel & Restouran. Dalam salah relief Borobudhur terdapat cerita mengenai putri cantik berkaki burung bernama Manohara yang disunting oleh seorang Raja. Dalam kehidupannya tidak semulus yang diharapkannya, tapi karena kecintaan seorang istri terhadap suami, cerita tersebut berkhir dengan kebahagiaan.

    Selesai menikmati makan siang, perjalanan dilanjutkan menuju ke Desa Ketep untuk melihat pemandangan 2 gunung berapi yang berada di tengah Pulau Jawa. Tidak hanya menikmati pemandangan saja, kami juga membawa anda untuk berimajinasi mengenai proses terjadinya gunung merapi & manfaatnya bagi manusia dengan melihat Audio Visual untuk menambah pengetahuan anda.

    Setelah puas menikmati pemandangan alam, dalam perjalanan kembali menuju Jogja akan melewati dan singgah di perkebunan Salak Pondoh.
    Sore menjelang malam kota yang mendapat predikat kota Jogja sangat indah yang perpusat di Jalan Mallioboro. DiMalioboro, anda dapat melihat banyak orang yang menjajakan macam – macam pedagagang asongan souvenir dengan berbagai kualitas dan tidak luput juga Malioboro juga terkenal akan kuliner lesehan dengan berbagai menu.

    Day 4
    Dieng Tour

    Perjalanan ke Dieng dengan melewati pemandangan yang indah, anda singgah sejenak di kota Wonosobo untuk menikmati hidangan makan siang di Restoran pilihan setempat. Dilanjutkan menuju ke arah utara dengan melewati dataran tinggi no 2 di dunia ini, anda akan meleati perkebunan2 sayur mayur yang hijau dan menggoda.
    Kunjungan pertama, anda dapat melihat Candi Hindhu yang mempesona dinaungi kabut dari kawah Sekidang. Perjalanan wisata dilanjutkan dengan melihat 3 Tlaga di dataran tinggi yang berbeda warna.

    Sepulangnya membali ke kota Jogja, kita singgah sejenak di pusat oleh buah khas dari Dataran Tinggi Dieng yaitu buah Carica dan menikmati hidangan makan malam dengan suasana hening, sunyi, romantis dengan interior Budhis Mahayana di Saraswati Resort & Restouran.

    Day 5
    Chek – out & Shoping

    Setelah makan pagi, istirahat & memanjakan diri anda dengan fasilitas hotel / resort pilihan anda, setelah chek – out, anda kami ajak mengunjungi ke beberapa tempat yaitu : Kasongan Village yang terkenal akan sentra pembuatan kerajinan yang berbahan dasar tanah liat, pusat oleh2 khas Jogja yang menyediakan berbagai macam makanan khas seperti Bakpia, Rempeyek, Belut Goreng, Camilan2 dll. Perjalanan wisata anda berkhir hingga sore hari. Mudah2an dengan paket yang kami suguhkan ke anda tidak hanya sekedar menghibur, akan tetapi dapat menjadikan kenangan tersendiri dan menambah pengetahuan anda beserta keluarga. Tidak lupa kami ucapkan selamat jalan semoga sampai tujuan dengan selamat dan mengucapkan salam buat keluarga di sana. Sayonara sampai berjumpa lagi………………..

    Harga dapat disesuaikan dengan fasilitas, situasi & kondisi yang anda inginkan

    Tour Resevation :
    Kreasi Jogja Guide Tour
    Taman KT 1 / 309. Kraton.
    Yogyakarta. 55133
    Cp : 0817 0955 983 ( Budi ) Hunting
    E : dewabudichisara@yahoo.com

  • 20
    Talk About Business & Marketing
    October 8th, 2009 05:10

    Nasi ponggol setan rasanya kaya apa ya ??

  • 21
    saç modelleri
    October 17th, 2009 01:50

    Rahat…rahat…angger ketemu wong tegal
    pangganane apa maning ngewarigi

  • 22
    ghgf
    November 11th, 2009 15:24

    TOD Converter Mac

  • 23
    lia
    November 25th, 2009 13:34

    kayakny semua tempat makan dicatetin semua,,

  • 24
    hjghj
    November 30th, 2009 09:18

    Mac TOD Converter

  • 25
    suara puisi pelabuhan bandung
    February 26th, 2010 08:45

    kenyang kayaknya…

  • 26
    jalan-jalan yuk
    February 26th, 2010 08:46

    makyus….. mantaaaap….

  • 27
    Medikal Malzeme
    March 8th, 2010 02:32

    Medsa Nur medikal türkiyenin her bölgesine medikal tıbbi saf malzemeleri ve cerrahi el aletleri satışı yapmakta bayilik için sitemizi bakınız

  • 28
    tonbad
    March 20th, 2010 00:48

    mantaaapppp

  • 29
    links london
    May 1st, 2010 14:24

    very nice information and i hope this problem can early finished

  • 30
    çocuk koltuğu
    May 29th, 2010 21:29

    İHA’ya açıklamalarda bulunan Pilsan Yönetim Kurulu Başkan Yardımcısı Raşit Akar, piyasada adeta bir talep patlaması yaşandığını söyledi. Raşit Akar, “Şu an piyasada inanılmaz bir talep var. Çok ciddi miktarda istekler bulunuyor. Bireysel kullanıcıların yanı sıra, karayollarında seyahatla ilgili olan tüm firmaların araçlarında bebek koltuğu zorunlu hale geleceği için taleplerde büyük patlama var. Biz şu anda beklediğimiz talebin çok üzerinde bir taleple karşı karşıya kaldık” dedi. Artan talebi

  • 31
    ديباج
    August 17th, 2010 20:29

    فن
    اخبار الفنانين
    صور الفنانين
    صور هيفاء وهبي
    صور نانسي عجرم
    صور ميساء مغربي
    صور منى شلبي
    صور روبي

  • 32
    Coal Tar
    September 11th, 2010 01:47

    perfecto

  • 33
    chanel
    September 24th, 2010 16:52

    This is a good article! Thanks for sharing!

  • 34
    Kedai Obat
    November 25th, 2010 00:41

    terima kasih atas infonya mas, regards by Indonesia Siap Bersaing Di SERP

  • 35
    bag manufacturer
    December 17th, 2010 11:09

    kung/kacang. DI atasnya ditaburi remukan kerupuk mie kuning. Kalo suka

  • 36
    sqltutorial
    December 20th, 2010 14:53

    Mengundang selera banget nih … kapan bisa mampir ya

  • 37
    kang bedoel
    January 30th, 2011 21:32

    THANKS FOR SHARING..
    perlunya web komunitas event organizer and indonesia pancen houye

  • 38
    Backup iPhone SMS
    March 3rd, 2011 15:38

    Keep your Contacts and SMS safe! Actually, the contacts and SMS have more values than a cell phone’s own value. You can pay money to buy a new iPhone, but cannot buy your lost contacts and SMS back. So it’s important for you to backup your contacts and SMS in iPhone. And we recommend you backup contacts and SMS regularly. Our backup software can help you take a snapshot for your contacts and SMS. Your important personal information will be never lost.

  • 39
    cekay
    March 4th, 2011 11:47

    harganya sekalian di tulis dong om

  • 40
    seo
    July 15th, 2011 19:51

    I am not very convinced that you have right. In the same situation, I think the most important thing is to have a good moment to reflect.

  • 41
    adult vod
    July 16th, 2011 20:25

    I dnt understand what this is about?

  • 42
    Arthur
    August 13th, 2011 21:01

    This site to each di improves more! Congratulations for the site and keep thus!

  • 43
    Kawasan industri
    September 8th, 2011 00:54

    aduh pengen nyoba itu nasi ponggol kayaknya enak.. ternyata di kawasan pantura banyak macem2 makanan ya, saya jarang2 lewan pantura sih, pernah lewat, tapi malah makan nasi padang. pdhl bnyk makanan ya.. hhehe

  • 44
    office 2010
    September 27th, 2011 14:26

    Microsoft Office 2010 Word seems to be fighting me less; I’m able to get a document Office 2010

  • 45
    UKM
    November 8th, 2011 18:11

    UKM…

    […]harry.sufehmi.com » Blog Archive » Mudik : Wisata kuliner @ Pantura – part 2[…]…

  • 46
    AndiSeo.Com
    January 17th, 2012 18:53

    The post is absolutely great! Lots of great info and inspiration, both of which we all need! Also like to admire the time and effort you put into your website and detailed info you offer! I will bookmark your site!

  • 47
    dunia kantor
    April 10th, 2012 08:27

    dunia kantor…

    […]harry.sufehmi.com » Blog Archive » Mudik : Wisata kuliner @ Pantura – part 2[…]…

  • 48
    Ide peluang Usaha
    May 30th, 2015 16:38

    untu khas daerah jawa ya gan?

  • 49
    pusat_herbal_original
    June 3rd, 2015 08:25

    Masya Allah indah sekali tempat wisata ciptaan Allah..
    Makanannya juga enak-enak..

  • 50
    Eddy
    October 13th, 2016 11:04

    This was a great review. I also read this book and am always curious how other people express thoughts about books I’ve read/reviewed. I enjoyed this book even though it dealt with some heavy themes.

  • 51
    Adi
    October 13th, 2016 11:05

    nikmatnya nasinya, jadi pingin

Leave a Reply

 

Subscribe without commenting

            








SEObox: Web Hosting Murah Unlimited Komik Indonesia Homeschooling Indonesia