Translate this page :

Turut Merayakan HUT RI 66 : AhadPOS Dirilis

Menyambut & merayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-66, dengan gembira kami mengumumkan bahwa AhadPOS kini telah resmi dirilis.

AhadPOS v1.2.0 ]
Kode nama rilis ini adalah : “Minangkabau”

Tentang AhadPOS :
http://ahadpos.com/about/

Fasilitas support :
http://ahadpos.com/support/

Dokumentasi ringkas :
http://ahadpos.com/docs/

Mengapa Fokus Ke UKM ?

Sektor Retail UKM adalah salah satu sektor yang sudah terbukti cukup tahan terhadap beberapa gelombang krisis ekonomi yang terjadi. Ketika berbagai perusahaan raksasa kolaps secara spektakuler, berbagai retail UKM terus hidup. Beberapa bahkan menemukan / membuat peluang-peluang baru, dan menjadi lebih besar paska krisis.

Sektor ini juga sangat padat karya dan menghidupi sangat banyak orang. Bantuan serta dukungan untuk sektor ini akan membantu masyarakat secara luas.

Berikut adalah beberapa fakta seputar pentingnya UKM di Indonesia :

(a) UMKM menyumbang 53,32% PDB (sumber)
(b) Lebih fantastis lagi adalah ketika kita melihat angka penyerapan tenaga kerja – di berbagai daerah, secara konsisten UMKM menyerap lebih dari 95% tenaga kerja.
Di Sukabumi, UMKM bahkan menyerap 99% dari semua tenaga kerja.
(sumber)

Informasi lebih menarik datang dari BPS, yaitu :

# UKM adalah 99,9% dari pelaku usaha usaha Nasional
# Padat Karya : Mempekerjakan 96,95% dari total tenaga kerja
# Padat Karya : Mempekerjakan 90 juta orang (Usaha Besar: hanya 2 juta)
# Menyumbang Pendapatan Nasional sebesar 2000+ Trilyun

(sumber: BPS 2008)

Bantuan kepada sektor ini akan berdampak sangat luas. Karena itu Rimbalinux.com berkomitmen untuk berusaha mendukung mereka.

Masalah & Solusi

Salah satu masalah terbesar pada retail UKM adalah proses penjualan & kontrol stok (inventory control). Kontrol stok amat penting untuk mencegah kehilangan. Dan pada jangka panjang, kontrol stok yang baik bisa sangat membantu untuk optimalisasi stok.
Stok yang terkontrol dan optimal akan sangat membantu kelancaran cashflow, dan meningkatkan keuntungan.

Masalahnya, pekerjaan ini (kontrol stok) cukup memakan waktu, sehingga para pebisnis UKM sering menjadi segan untuk melakukannya. Dan implementasinya secara manual juga rentan kesalahan, dan juga sulit untuk menelusuri sumber kesalahannya.

Semua masalah ini bisa diatasi dengan mudah oleh sebuah sistem POS (Point Of Sales) yang terintegrasi. Tidak hanya berupa layar kasir / transaksi, namun juga sudah mencakup modul kontrol stok.

Pada saat ini, ada banyak masalah dengan berbagai sistem POS, baik yang open source maupun yang proprietary, seperti :

1. Fitur tidak lengkap
2. Reliabilitas
3. Data lock-in
4. Tidak bisa dikembangkan
5. Harga

Software AhadPOS akan memecahkan semua masalah ini, karena dibuat dengan berdasarkan pengalaman langsung dari beberapa UKM di lapangan, dan tersedia dengan lisensi yang bebas (GPL).

Selamat menikmati, dan, Merdeka !!

Lampiran : foto-foto pameran AhadPOS, gedung JCC,
Acara PPKI (Pekan Produk Kreatif Indonesia), 23-27 Juni 2010

AhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, JakartaAhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, JakartaAhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, JakartaAhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, JakartaAhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, JakartaAhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, Jakarta AhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, JakartaAhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, JakartaAhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, JakartaAhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, JakartaAhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, JakartaAhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, Jakarta AhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, JakartaAhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, JakartaAhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, JakartaAhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, JakartaAhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, JakartaAhadPOS - shown on PPKI Expo June 2010 @ JCC, Jakarta

Pameran AhadPOS @ JCC, a set on Flickr.

Di PPKI (Pekan Produk Kreatif Indonesia), 23 – 27 Juni 2010

438 Responses to “Turut Merayakan HUT RI 66 : AhadPOS Dirilis

Leave a Reply

 

Subscribe without commenting

            








SEObox: Web Hosting Murah Unlimited Komik Indonesia Homeschooling Indonesia