Translate this page :

Ageism : salah satu bentuk diskriminasi

:: Ageism adalah generalisasi / stereotyping (penyamarataan) & diskriminasi (pembedaan perlakuan) terhadap seseorang karena umurnya. Pada rasisme, seseorang di diskriminasi karena ras nya. Sedangkan pada ageism adalah karena umurnya. 

Soal ini memang belum terlalu banyak disadari di Indonesia, padahal dampaknya bisa cukup fatal bagi korbannya.

Misalnya, berapa kali kita menemukan iklan lowongan kerja, yang menuntut pelamarnya agar berumur di bawah (misalnya) 30 tahun ?

Padahal, pekerjaannya standar saja, duduk di kantor seharian di depan buku / komputer, bukan khusus (misalnya: memerlukan kekuatan fisik, dst)

Akibatnya, para pelamar kerja yang membutuhkan pekerjaan tsb, namun umurnya sudah melewati 30 tahun, tinggal gigit jari saja…

http://en.wikipedia.org/wiki/Ageism#Employment

Idealnya, seseorang dinilai karena kemampuannya. Bukan karena umurnya.

Karena itu, di berbagai negara telah dinyatakan bahwa Ageism dianggap sebagai pelanggaran hak asasi manusia : http://en.wikipedia.org/wiki/Ageism#European_Union

ISLAM TIDAK MENGENAL AGEISM

Dalam Islam, seseorang dinilai berdasarkan kemampuan & tindak nyatanya (merit). Bukan karena hal-hal yang bersifat fisik belaka, seperti ras, umur, dst.

"Tidak ada kelebihan orang Arab atas orang non Arab, tidak juga orang non Arab atas orang Arab, kecuali dengan ketaqwaan" 
(HR Ahmad)

Salah satu contoh kejadian paling menarik terkait soal ini adalah ketika Nabi Muhammad saw mengangkat Usamah bin Zaid sebagai komandan pasukan muslim untuk melawan Romawi. Padahal,  umurnya ketika itu belum mencapai 20 tahun.

Dan ketika ada yang mempertanyakan hal ini, karena umurnya Usamah (ageism), maka mereka ditegur cukup keras oleh Nabi. 

PENUTUP

Mudah-mudahan tulisan ini bisa menjadi salah satu pencetus diskusi seputar soal ini (diskriminasi karena umur), dan meningkatka awareness seputar soal ini. 

Semoga bermanfaat. 

Embedded Link

Ageism – Wikipedia, the free encyclopedia
Implicit ageism[edit]. Implicit ageism is the term used to refer to the implicit or subconscious thoughts, feelings, and behaviors one has about older or younger people. These may be a mixture of positive and negative thoughts and feelings, but gerontologist Becca Levy reports that they “tend to …

Post imported by Google+Blog for WordPress.

50 Responses to “Ageism : salah satu bentuk diskriminasi

Leave a Reply

 

Subscribe without commenting

            








SEObox: Web Hosting Murah Unlimited Komik Indonesia Homeschooling Indonesia