Translate this page :

Cloud & Keamanan Data

:: Pagi ini saya mendapatkan kisah sedih sebuah startup, yang kehilangan semua datanya di salah satu provider Cloud yang terkenal, yaitu Digital Ocean : http://istofani.com/wp/digital-ocean-sebuah-mimpi-buruk/ , dan kemudian solusinya adalah pindah ke provider Cloud lainnya. Namun, jika begini saja, maka ybs musti siap-siap untuk kehilangan datanya, lagi :O

Ini adalah akibat dari terlalu gembar-gembor tentang teknologi Cloud, sehingga, orang awam jadi salah paham 🙁
Pada mengira bahwa Cloud itu seperti semacam solusi super tanpa masalah sama sekali. Padahal, kadang justru masalahnya bisa lebih banyak lagi.

=====
KONSEP BACKUP DATA

Faktanya simpel : tidak ada perangkat komputer yang reliable 100%

Semua perangkat komputer itu pasti suatu hari akan rusak 🙂 Komputer itu cuma alat buatan manusia, dia bukan Tuhan yang Maha Kuasa 🙂

Karena ini adalah suatu kepastian, maka, kita musti siap untuk itu.
Failure to plan is planning to fail.

——
Konsep backup / pengamanan data itu mudah, walaupun pelaksanaannya memang tidak selalu demikian & cenderung membosankan 🙂 namun ya musti dilakukan jika ingin data kita aman :

(1) There's no such thing as "too many backup" : pernah ada sebuah institusi yang membackup datanya dengan 5 cara.

Suatu hari, servernya rusak. Maka mereka kemudian berusaha mengembalikan data mereka dari backup.

Ternyata, 4 buah backup mereka bermasalah :V karena berbagai sebab. Perusahaan ini diselamatkan oleh backup mereka yang nomor 5 🙂 (y)

(2) Check the backup : pastikan bahwa backup dari data Anda itu memang bisa digunakan untuk memulihkan data Anda 🙂 menilik kasus yang dibahas di poin 1 diatas, salah satu masalahnya adalah data backup ternyata disimpan di cartridge tape yang sebetulnya sudah rusak – cuma bisa ditulis, namun, tidak bisa dibaca :V tidak disangka sama sekali.

Kasus lainnya juga cukup mengenaskan, seperti backup otomatis yang terus berjalan setiap hari – namun sebetulnya tidak menyimpan apapun, karena ternyata lokasi penyimpanannya sudah penuh :V

Dan berbagai kasus lainnya – selalu periksa backup data Anda.

(3) Offsite backup : ada orang yang melakukan backup data di laptopnya ke #sdcard di laptop itu juga 🙂 dan lalu suatu hari laptop tersebut dicuri 🙁 habislah sudah.

Offsite backup, cadangan data di lokasi yang berbeda, itu bukan paranoid. Ini adalah kebutuhan, hal yang perlu dilakukan, jika Anda ingin memastikan keamanan data Anda.

Sama juga dengan perusahaan, jika server Anda ada di DigitalOcean, dan lalu Anda backup datanya di DigitalOcean juga – dan suatu hari DigitalOcean mengalami masalah 🙂 apakah kira-kira data Anda selamat ? 🙁 tentu saja tidak.

Pastikan bahwa backup data Anda sudah berada di lokasi yang berbeda dan aman.

========
Cloud bukan silver bullet, solusi seperti sihir yang serba bisa. Cloud itu adalah solusi untuk beberapa hal, namun, Anda tetap perlu memahami cara kerjanya. Jika ingin selamat selama penggunaannya.

Semoga bermanfaat.

========
BAHAN BACAAN :

http://www.hanselman.com/blog/TheComputerBackupRuleOfThree.aspx

The Computer Backup Rule of Three
I’m ALWAYS pounding people to backup. I will continue. BACKUP YOUR STUFF. If you care about it, back it up. Let’s talk. …

Post imported by Google+Blog for WordPress.

9 Responses to “Cloud & Keamanan Data

Leave a Reply

 

Subscribe without commenting

            








SEObox: Web Hosting Murah Unlimited Komik Indonesia Homeschooling Indonesia