Masalah di seputar Harun Yahya

(posting ini adalah bagian dari tantangan #blog31hari)

Beberapa hari yang lalu ada diskusi di milis internal ISNET mengenai “Atlas of Creation” – buku karangan Harun Yahya mengenai Evolusi. Diskusi berjalan dengan cukup seru, namun sepertinya masih ada yang kebingungan mengenai topik ini.

Secara ringkas – evolusi itu bukan hanya teori. Kini sudah SANGAT jelas bahwa Evolusi adalah fakta & kelaziman alam. Dalam istilah Islam – Sunnatullah.

Dan dalam Islam TIDAK ADA ayat / hadits yang bertentangan dengan Evolusi. Justru kebalikannya.

Sayangnya, Harun Yahya keliru menafsirkan beberapa ayat & hadits seputar soal ini, sehingga mengira bahwa Evolusi bertentangan dengan ajaran Islam. Sebetulnya sama sekali tidak. Agama & Sains bisa, dan memang, saling eksis tanpa bertabrakan.

Berikut adalah email saya seputar hal ini. Semoga bermanfaat.

___________________________________________
From: Harry Sufehmi

> Tapi aku masih berharap mas Agus mau tuntas mengupas semua isi ensiklopedia
> itu.

Wsww, kebetulan sudah ada yang melakukannya :

http://www.theamericanmuslim.org/tam.php/features/articles/book_review_atlas_of_creation_harun_yahya/

Di akhir artikel tsb kemudian juga ada kumpulan link-link ke berbagai
artikel2 lainnya.

Beberapa kutipan :

“I was surprised to find that most of the arguments for the creationist point of view of the book were straight from other arguments that I had read before in Christian creationist books”

“..you won’t find Muslim Creationists claiming that the world is only 6,000 years old, or that dinosaurs and men lived side by side”

“You will, however, find Muslims, led by Harun Yahya of Turkey who refuse to see the possibility that evolution includes man himself,
although the Qur’an says:

“What is the matter with you, that you are not conscious of God’s majesty, seeing that it is He Who has created
you in diverse stages? See you not how God has created the seven heavens one above another, and made the moon a light in their midst,
and made the sun as a (glorious) lamp? And God has produced you from the earth, growing (gradually)”
(71:13-17)”

Anyway, Harun Yahya tertangkap basah di buku tersebut, memalsukan bukti :
http://www.museumofhoaxes.com/hoax/weblog/permalink/the_fishing_lures_of_faith/

Konyol sekali.

Masalah-masalah di Atlas of Creation diringkas secara lugas di artikel ini :
http://seedmagazine.com/content/article/harun_yahyas_dark_arts/

Dikutip :

“The Atlas goes on to blame Darwinist theories for a whole roster of worldly ills, including fascism, terrorism, and even the Columbine shooting.”

“The Atlas‘s claims about genetics, zoology, and paleontology are full of error. Like many creationists, Yahya mistakes ongoing debates about the mechanics of evolution as evidence that the theory as a whole is in crisis. He grossly exaggerates the age of fossils of modern animals, labeling a snow leopard skull as 80 million years old, while the oldest remains known to scientists are far more recent.”

Kembali ke topik asal – rebuttal terhadap hoax di Atlas of Creation, dan juga berbagai klaim2 para Creationist lainnya; bisa dibaca di situs ini :
http://www.talkorigins.org/indexcc/index.html

Dan di kalangan para pakar biologi, buku Atlas of Creation ini mencengangkan mereka karena tingkat ignorance nya yang terlalu luar biasa :
http://www.nytimes.com/2007/07/17/science/17book.html?pagewanted=print

Semoga bermanfaat.

Salam, HS

190 thoughts on “Masalah di seputar Harun Yahya

  1. Kagum atas semangat Mas Harry yang selalu kuat, untuk terus membuka mata dan mencerdaskan umat muslim dan umat-umat beragama pada umumnya. Moga makin cepat lagi kita meninggalkan ketertinggalan kita di bidang sains, teknologi, dan harkat kemanusiaan. 🙂

  2. blog ini sangat berguna kalo di baca oleh orang seperti saya. terima kasih atas informasinya. Salam kenal dari kami tokokurnianet. jangan sungkan untuk berkunjung dan memberi komentar dan saran atas postingan yang ada. SEmoga jalinan silaturrahmi kita terus terjaga.

  3. ehingga mengira bahwa Evolusi bertentangan dengan ajaran Islam. Sebetulnya sama sekali tidak. Agama & Sains bisa, dan memang, saling eksis tanpa bertabrakan.

  4. bisa jadi pendapat harun yahya itu benar,namun bisa jadi juga salah. Namanya saja manusia. Iya toh…

    semangat aja!

  5. saya seorang muslim yang taat tetapi memang dari semua yang saya pelajari membuktikan bahwa teori evolusi itu terjadi… saya setuju dengan pendapat anda bahwa hal ini adalah sunatullah

  6. Ada beberapa buku Harun Yahya memang menurut beberapa ulama agak melenceng dari pemikiran Islam, tetapi saya tetap kagum dengan Harun Yahya yang berjuang mendakwakan Islam ditengah-tengah tekanan orang-orang yang tidak suka dengannya. intinya ambil yang positifnya saja…

  7. coba di terjemahkan potongan dr yang anda sunting, sepertinya tdk ada yg slh tentang klaim harun yahya tentang teori evolusi. saya dpt pelajaran teori evolusi waktu SMP dan menurut saya teori itu tdk logis

  8. Sebagai theory, evolusi masih perlu pembuktian lebih lanjut..dan itu memerlukan pikiran yang terbuka..Bukannya pikiran yang dogmatis..Walaupun dibungkus dengan bahasa scientific (yang nampaknya banyak kelemahan di mata ilmuwan), tetapi thesis Harun Yahya lebih condong pada “pembelaan atas suatu kepercayaan”..Apa pun yang menurut Harun Yahya bertentangan dengan kepercayaannya, maka “pasti” tidak benar.
    Kebenaran ilmu pengetahuan tidak bisa dimulai dengan kepercayaan dogmatis, tetapi dari hipotesa, yang tentu masih harus diuji. Jika kita mulai dengan “percaya”, maka apa pun yang kan kita lakukan hanya untuk memvalidasi kepercayaan kita..Segala cara ditempuh, termasuk memanipulasi data..Pengujian hipotesa tidak lagi obyektif..
    Fanatisme terhadap kepercayaan tidak akan membawa kemajuan bagi peradaban manusia..Tidak akan lagi ada penemuan, yang terjadi hanya kemunduran dan kegelapan.
    Bagi pendukung teori evolusi pun, tidak bisa mempertahankan teorinya dengan fanatisme..Semua harus terbuka terhadap kritik, dan mengujinya secara obyektif dari fakta dan bukti, bukan mengujinya dengan kepercayaan subyektif..

  9. bagi yang pro dan kontra tentang teori evolusi harus bisa menerima kritik apapun serta mengujinya dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang ada

  10. saya termasuk dari pengagum karya Harun Yahya, yang namanya manusia pasti tidak akan lari dari fitrah kemanusiaannya yang tidak sempurna. oleh karena itu kebenaran bagi kita terlalu relative kalau tanpa berpegang teguh kepada kebenaran dogma-dogma Ilahi. yup kita pasrahkan diri kepada yang maha benar dan maha mengetahui segala yang ada pada ciptaanNya. wassalam………….

  11. Saya percaya dengan evolusi..tapi ada satu “keanehan” yang tersisa..Kalo memang evolusi benar-benar terjadi..Harusnya kera(monyet) kan tidak ada..Kenapa? Karena menurut Charles darwin Manusia berasal dari kera..Nah..harusnya kalo kera berevolusi menjadi manusia kenapa bangsa kera masih ada…Hayo siapa yang bisa menjelaskan..?

  12. Ada beberapa buku Harun Yahya memang menurut beberapa ulama agak melenceng dari pemikiran Islam, tetapi saya tetap kagum dengan Harun Yahya yang berjuang mendakwakan Islam ditengah-tengah tekanan orang-orang yang tidak suka dengannya. intinya ambil yang positifnya saja…

  13. coba di terjemahkan potongan dr yang anda sunting, sepertinya tdk ada yg slh tentang klaim harun yahya tentang teori evolus

  14. tetap saja hal ini tidak menjelaskan teori evolusi itu salah atau benar. Cm bs mnyimpulkan kalo harun yahya memalsukan bukti. Lalu apakah bukti2 darwin cs bisa dijamin bebas kepalsuan? Wallahu a’lam.

  15. @kerja sampingan : kera yang ada sekarang adalah bentuk evolusi dari jenis sebelumnya yang lebih primitive… jadi semua bentuk makhluk hidup sedang dalam proses evolusi memang … kita pun akan terus berevolusi ke tingkat yang lebih modern .. kalu nggak percaya … liat aja video pertandingan sepak bola tahun 40 an sama video sepak bola sekarang .. anda akan menemukan bahwa evolusi bekerja

  16. wah teori tentang evolusi yang bagus ,kalo ada evolusi kira2 di masa depan manusia jadi apa ya ?

  17. Perbedaan adalah rahmat dari yang kuasa. karena segala sesuatu ada baik dan buruknya.. kita tidak bisa langsung mendoktrin evolusi itu salah ataupun harun yahya itu benar.

  18. blog ini sangat berguna kalo di baca oleh orang seperti saya. terima kasih atas informasinya. Salam kenal dari kami tokokurnianet. jangan sungkan untuk berkunjung dan memberi komentar dan saran atas postingan yang ada. SEmoga jalinan silaturrahmi kita terus terjaga.

  19. =>tetap saja hal ini tidak menjelaskan teori evolusi itu salah atau benar. Cm bs mnyimpulkan kalo harun yahya memalsukan bukti. Lalu apakah bukti2 darwin cs bisa dijamin bebas kepalsuan? Wallahu a’lam

    simple, kalau anda belajar sains secara objektif maka anda bisa mengerti bahwa evolusi bisa dijelaskan secara ilmiah. lain ceritanya kalau anda sejak awal sudah dicuci otak dengan doktrin harun yahya(anda pasti selama ini hanya membaca dari harun yahya dan pengikutnya tanpa melakukan klarifikasi). bahkan sejuta bukti kebohongan dan manipulasi gak akan bisa menggoyahkan orang yang sudah dicuci otak

  20. kalo ngomong-ngomong soal evolusi pasti seru ..soalnya yang paling fenomenal dari teori ini disebutkan bahwa manusia katanya beasal dari monyet..tapi koq si monyet ini masih exist ya..nah lo..

  21. hahaha.. harun yahya… sejak baca “evolution deceit”, gw udah yakin banget dah tu orang banyak ngibul, manfaatin “natural rejection” dari banyak umat islam (sebenernya termasuk umat kristen fanatik juga sih) mengenai teori evolusi.

    “Dan dalam Islam TIDAK ADA ayat / hadits yang bertentangan dengan Evolusi. ” <– setuju banget dengan quote ini.

    Kebanyakan orang langsung menolak paham evolusi, karena terlanjur salah tangkep dengan menyamakan teori evolusi sebagai : evolusi = monyet jadi manusia. Gara2 salah tangkep itu, segala sesuatu yang berhubungan dengan evolusi, meskipun secara ilmiah sudah cukup kuat, langsung ditolak mentah-mentah dengan argumen2 yang kadang bikin ketawa.. menyebalkannya, orang-orang kayak harun yahya manfaatin "rejection" umat dalam menerima teori evolusi dengan maen comot ayat-ayat qur'an dan ditafsirkan seenak perutnya. (doh)

  22. bisa dibilang plagiator donk dia… waah sayang sekali tuh mungkin ada idenya yang bagus tapi klo dicampur ama punya orang jadi hilang deh respek ane

  23. kesalahan yang dilakukan HY,
    bukan berarti lantas teori penciptaan salah dan teori evolusi darwin benar

    bagaimanapun teori evolusi telah menjadi jalan hidup dan pembenaran oleh orang-orang atheis.

    juga bagaimana dengan kesalahan-kesalahan yang terjadi pada teori evolusi?

    saya harap Mas Harry menulis artikel lanjutan untuk mencegah dampak negatif dari kasus ini, artikel pembanding

  24. @Agus – seperti saya tulis di artikel di atas :
    .
    Kini sudah SANGAT jelas bahwa Evolusi adalah fakta & kelaziman alam. Dalam istilah Islam – Sunnatullah.
    .
    Dan dalam Islam TIDAK ADA ayat / hadits yang bertentangan dengan Evolusi. Justru kebalikannya.
    .
    …Agama & Sains bisa, dan memang, saling eksis tanpa bertabrakan.

    .
    Teori Evolusi itu adalah Fakta yang ada di alam semesta ini == tanda-tanda kekuasaan Allah. Jadi apakah ditemukan oleh atheis / Kristen / Muslim / dst tidak ada pengaruhnya sama sekali 🙂
    Sunnatullah tetap terus berjalan, sebagai hukum Allah yang telah ditetapkan untuk alam semesta ini.
    .
    Seperti kata Anda sendiri; “…bukan berarti lantas teori penciptaan salah” – ini adalah cara berpikir yang sudah tepat.
    .
    Dengan benarnya teori Evolusi, bukan berarti teori penciptaan jadi salah. Karena keduanya tidak ada hubungannya 🙂 Evolusi itu Sunnatullah, sementara penciptaan itu adalah perwujudan sifat Iradat / Maha Berkehendak — tanpa melalui proses Evolusi, Adam & Hawa tercipta begitu saja.
    .
    Contoh:
    .
    (1) Jika Anda perhatikan berita-berita seputar riset DNA manusia, ada indikasi dari DNA kita bahwa semua manusia itu berasal dari 1 pasang suami istri, yang diperkirakan dulu hidup di benua Afrika.
    .
    (2) Ada indikasi bahwa manusia ada banyak jenisnya – namun, akhirnya hanya satu (keturunan Adam) yang bertahan terus hidup sampai sekarang, sedangkan yang lainnya punah semua.
    .
    (3) dst.
    .
    Jika kita sendiri mau mengkaji sains dengan baik, maka akan kita temukan bahwa alam ini tidak ada berlawanan dengan Kitabullah.
    .
    Tapi kalau kita tidak mau belajar ilmu alam dengan rasional, dan cuma mau marah-marah serta emosional, ya tentu jadinya orang lain (contoh: atheis, dll) yang akan menguasai ilmu tsb.
    .
    Pilihan ada di tangan kita semua – apakah kita mau rasional, dan menemukan kebenaran?
    Atau akan terus cuma emosional saja, dan selamanya menjadi buih di lautan ? 🙂

  25. @ichanx – karena terlanjur salah tangkep dengan menyamakan teori evolusi sebagai : evolusi = monyet
    .
    Betul banget mas, kita ini banyak salah kaprahnya. Jadi dengan artikel ini, saya coba membantu untuk meluruskannya.
    .
    Contoh salah kaprah lainnya :
    .
    (1) Rasional = Jaringan Islam (ekstrimis) Liberal
    .
    (2) Sains = Atheis / anti Tuhan
    .
    (3) silahkan ditambahkan 😀
    .

  26. Kalau menurut saya, yang jadi sumber polemik adalah definisi yang berbeda tentang evolusi. Kalau evolusi didefinisikan sebagai perubahan yang berlangsung perlahan-lahan, tentu saja semua sepakat bahwa evolusi adalah sunnatullah. Buktinya, sekalipun kita berasal dari nenek moyang yang sama, manusia sekarang bisa terdiri dari berbagai ras yang berbeda. Ada yang berkulit hitam berambut keriting, ada yang berkulit putih dan berambut pirang, ada yang berkulit sawo matang, dll.
    Yang bertentangan dengan kitabullah adalah pemahaman bahwa evolusi terjadi karena faktor kebetulan, karena ALLAH TIDAK MUNGKIN TIDAK SENGAJA MERANCANG SEMUA YANG ADA DI ALAM.

  27. Writing hardship letters does not have to be difficult, but you need to know what your lender is looking for. Many homeowners simply do not understand the basics of writing an effective hardship letter and this is costing them their homes.

  28. ada banyak statment yang aku nggak sepakat. salah satunya adalah penggunaan dalil al quran 17:13 yang tidak bertentangan dengan evolusi. Ada salah penafsiran terhadap ayat tersebut. tahapan yang dimaksud adalah penciptaan manusia dari nutfah menjadi dara, kemudian daging dan manusia. bukan evolusi yang diciptakan oleh darwin, karena ada seleksi alam. sejak dahulu, wujud manusia sama dengan yang sekarang. mungkin beda ukurannya saja, tetapi itu wajar. dan tidak merubah esensi dari wujud manusia.

  29. di dalam blog, saya masukkan di topik kontroversi mengenai masalah evolusi,,,memang topik yang menarik..

  30. ya namanya ijtihad kang. yang pasti mempunyai dasar dan bukti naqli. aku pikir selama dalam koridor keilmuan, makin banyak warna makin menunjukkan bahwa inilah Islam rahmatan lil’alamin

  31. manusia pasti tidak akan lari dari fitrah kemanusiaannya yang tidak sempurna. oleh karena itu kebenaran bagi kita terlalu relative kalau tanpa berpegang teguh kepada kebenaran dogma-dogma Ilahi.

  32. kalo manusia itu adalah evolusi dari kera…, ya seharusnya ada persamaan gen anatara kera dan manusia…, begitu juga dengan evolusi makhluk2 lainnya… Tapi…, kan belum ada buktinya klo gen kita mirip dengan gen kera??? Bener ga…. Yo mikir bareng…………

  33. revelation Indonesia
    i will follow your comment and we should just keep our IMAAN until we will die and i dont think without IMAAN we can do something

  34. yup..setuju sama comentator iklan baris di atas..kalo emang evolusi benar-benar terjadi kenapa bangsa monyet masih ada..krn kalo memang monyet berevolusi menjadi manusia harusnya monyet habis karena sudah berevolusi menjadi manusia semua..

  35. Evolusi? WAllahualam. Saya percaya Allah pencipta bumi dan langit beserta isinya. Bisa saja Allah memang menciptakan suatu mahluk seperti itu (jadi bukan evolusi).

    Bagaimanapun hal ini perlu dilakukan penelitian apa memang benar evolusi memang ada? Jadi bukan hanya sekedar theory.

    Posting yang bagus mas.

  36. Dalam sejarah umat manusia telah pernah terjadi begitu banyak kebingungan tentang masalah ini, saya pikir orang harus menanggalkan ide-ide tersebut sudah dalam abad kedua puluh satu dan mereka masih dengan yang satu harus menggunakan logika dan melihat sekitar kita, Lihat siapa yang telah menciptakan segala sesuatu, bunga dengan warna-warna cerah, burung, langit, bintang! Apakah ada kebetulan? Tentu tidak!, Ada pencipta cerdas yang membuat kita dalam gambar-Nya, bukan sesuatu yang buta dan tidak logis. ada penciptaan yang Tuhan membuat teori evolusi adalah buta.

  37. Harun Yahya’s research on evolution is not complete and his coding regarding evolution from the Quran and sunnah is not so accurate.

    Regards,
    Rabia

  38. @Mario:
    Kebingungan atau lebih tepatnya \kebelum-mampuan\ manusia dalam memahami misteri kehidupan, bukan berarti membuat manusia harus menyerah untuk terus melakukan penelitian, kemudian memasrahkan intelijensianya pada satu kepercayaan dogmatis. Mentalitas \percaya\ adalah mentalitas MALAS dan TAKUT, sumber segala kemunduran dan kegelapan. Malas dan takut berpikir akan menghancurkan peradaban.
    Akal manusia memang terbatas. Tapi hanya itulah yang kita punya. Pengetahuan terus berkembang. Dulu manusia tidak pernah membayangkan sampai ke bulan. Apa yang dulu menjadi misteri, sekarang beberapa mulai terkuak.
    Beruntunglah peradaban manusia memiliki orang-orang peragu, bukan orang yang percaya. Orang-orang peragu selalu bertanya, tidak percaya begitu saja. Mereka kemudian meneliti dan akhirnya menemukan. Sebaliknya jika kita mulai dengan \percaya\ maka apa pun yang akan kita lakukan hanya untuk memvalidasi kepercayaan kita. Tidak akan mungkin ada penemuan. Bayangkan jika Newton, Edison, Galileo, Einstein memulai penyelidikannya dengan \percaya\.
    Jadi menyikapi teori evolusi, menurut saya harus dengan open minded. Tidak fanatik menolak, juga tidak fanatik menerima. Justru terus mempertanyakan dan menyelidiki, sampai ilmu pengetahuan membuktikannya.
    Ingat, definisi kepercayaan adalah menerima sesuatu begitu saja tanpa bukti. Jika sudah ada bukti, namanya bukan lagi \KEPERCAYAAN\ tapi \PENGETAHUAN”

  39. Hahaha… Betul2 pola pikir yg dangkal. Kita lahir sebagai manusia adalah utk kembali ke Fitrahnya, kenalilah diri kita sendiri, itu baru bener, ngapain sibuk mikirin yg lain yg gak jelas, mending lakukanlah dulu seperti yg diatas, kalo hijab udah kebuka, maka mulut kita sekalian akan terbungkam dgn Kebesaran-Nya…

  40. Beberapa hari lalu diberitakan bahwa di dalam website Departemen Kebudayaan Malaysia mulai mempromosikan kebudayaan Tari Reog Ponorogo sebagai satu kebudayaan tua dan asli Malaysia dengan mengganti nama tarian itu dengan nama Tarian Barongsai. Saya tahu bahwa kita serumpun dan masih memiliki ikatan kultur tapi beberapa tahun belakangan ini saya lihat ada keanehan sikap malaysia terhadap Indonesia. Mulai dari lagu “Rasa Sayange”, Tari Reog Ponorogo, sampai pada di halang halangi band band Indonesia untuk perform di Malaysia.

  41. Harun Yahya banyak mengutip sumber dari hasil penelitian barat. Tidak meneliti sendiri. Jadi ianya hanya sebagai komentator belaka. harusnya meneliti dapat disebut ilmuwan. Beragama juga harus berakal. Agama tidak boleh menutup daya pikir manusia. Evolusi itu terjadi. Buktinya kita bertambah besar dan lihatlah penampilan fisik orang-orang jadul. Kan berubah? Cuma susahnya evolusi itu butuh waktu jutaan tahun.

  42. Harun Yahya explains Nature and Quran. Perfect proof of Allah creation. I am so pleased with Brother Harun Yahya work. Its true and I would recommend people to look at his work. May Allah reward him for his time and effort.

  43. hmmmm…..evolusi…ane pribadi masih bingung teori mana yg benar…. apakah dari harun yahya atau darwin….
    sementara masih kuat dr harun yahya sih…

  44. Charles Darwin itu agamanya apa sih ? Kalau memang bukan seorang muslim, ya masa sih kita mau percaya sama orang yang paham Ketuhanannya saja sudah amburadul dan tidak masuk akal bisa menemukan kebenaran dalam hal yang lain. Kalau saya sih dari dulu menolak mentah mentah teori evolusi nya si Darwin yang konyol itu. Kalau memang teori evolusi itu benar mengapa hari ini kita tidak melihat monyet yang sudah kelihatan mau menjadi manusia atau manusia yang masih kelihatan mirip mirip monyet ? Atau ribuan macam sapi dengan tahapan tahapan evolusinya ?. Orang Islam yang mengatakan bahwa teori evolusi nya si Darwin itu masih sejalan dengan Al Quran, adalah orang yang patut dipertanyakan keimanannya.

  45. Kesalahan terbesar mayoritas ummat manusia dari dulu sampai sekarang adalah senantiasa mengira bahwa dengan akalnya yang dibungkus dalam wadah sains dan tehnologi yang notabene sebenarnya cuma berasal dari otaknya yang relatip cuma sebesar ” kacang ” .. maaf ! maka mereka dapat menemukan kebenaran atas semua pertanyaan. Kalau semua yang berasal dari agama mau diukur berdasarkan akal dan logika manusia, ya ! bukan agama lagi namanya. Banyak manusia di bumi ini yang anti terhadap Islam mungkin dikarenakan Islam satu satunya agama di dunia ini yang ajarannya tidak memperturutkan hawa nafsu manusia. Pokok pangkal kehancuran ummat manusia di muka bumi ini adalah dikarenakan terlalu memperturutkan hawa nafsunya.

  46. kalau dilihat lihat,harun yahya kan memang seseorang ilmuan yang mengungkap rahasia2 yang ada dibumi ini berdasarkan alqur’an.

    harun yahya pun merupakan orang yang pintar.hhe

  47. Mesaj yazılmış çok güzel ve pek çok yararlı bilgiler gösterir. Ben yazı yazma seçkin bir yol bulmak için mutluyum. Bize kavramı anlamak için kolaylaştırır. Mesaj için teşekkür ederiz thanks you

  48. tidak adakah jawaban dari harun yahya atas bantahan dari berbagai pihak tersebut

  49. Teori evolusi menyatakan bahwa alam semesta dan semua isinya ada karena kebetulan, ada tanpa penciptaan, berubah bentuk dengan sendirinya sesuai dengan pengaruh lingkungan yang ada di sekitarnya, ini yang jelas2 bertentangan dengan islam, yang berarti tidak ada yang namanya penciptaan manusia, manusia ada dengan sendirinya tanpa ada yang membuat serta apa tujuan dari penciptaan itu sendiri, sesuai ayat quran yang ber bunyi “dan tidak aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaku” ini sebenarnya teori yang jlas2 sengaja di hembuskan oleh kaum kapitalis yang menolak adanya tuhan, dan penciptaan, menolak akan adanya kehidupan setelah mati, mana mungkin suatu mahluk hidup ada dengan sedirinya karena disekitarnya ada materi pendukung penyusun mahluk tersebut, gak mungkin bila tidak ada yg menciptakn, gak mungkin garpu tercipta hanya karena disekitarnya ada besi kabon stainles stell mangan crom dll apakah bisa terbentuk dengan sendirinya,?????? Apalagi manusia yang begitu rumit ,, apakah mungkin mobil terbentuk dengan sendirinya hanya dengan menyediakan besi kaca karet platik kita satukan dalam bok trus tuggu 2juta tahun trus jadi mobil bemo tau motor vespa?????? Apalagi mahluk hidup, sangat tidak mungkin bila tidak ada yang menciptakan, sadarlah wahai JIL jangan anggap kebenaran alquran itu relatif, alquran sangat jelas kebenarannya karena berasal dari zat yang maha benar hidup ini singkat jangan tergiur oleh dunia yang fana,

  50. Although I did not read the Harun Yahya’s book of evolution. But as a Muslim its my belief and a life experience that we can make a mistake to understand the true meanings of any hadith or Aya, but they are 100% accurate.

  51. Assalamu’alaikum, aktikel yg bagus, sanggat interaktif…
    Yang jelas evolusi menurut ilmu manusia Dan Islam tidak akan bsa selaras.. Ilmu manusia sangatlah sedikit untuk itu… 🙂

  52. Teori apapun umumnya lapuk oleh perkembangan teknologi dan usang ditinggal jaman, tapi ayat suci abadi sampai kapanpun juga. Jika kita beriman maka wajib iman kepada kitab suci dan isinya.

  53. Saya pikir harus dipisahkan antara agama dan sain, Kalau agama dipaksa mengikuti sain bisa tercipta agama-agama baru. Tetapi kalau sain yang merujuk pada agama akan terkuaklah rahasia kebesaran illahi.

  54. Stiker@ Reklame@… Salam kenal, sangat betul.. Ilmu dunya dapat di cerna dengan otak, tapi ilmu الله dapat di cerna dengan otak Dan di serap oleh hati.

    Suatu contoh: negara kita akan makmur kalau para pemimpin yg pinter2 dapat menerapkan ilmunya dg syari’at yg benar Dan penyerapan qolbu yg slalu takut akan azab الله…Hmmm.. Impian.. 🙂

  55. Kalau menurut saya, evolusi yang dianggap bertentangan oleh harun yahya adalah teori evolusi darwin, dan memang dari dulu fokusnya harun yahya itu kan…

  56. Ah cuma teori aja kok bukan dalil loh. Faktanya semua manusia nggak ada yang mau dibilang monyet. Hayo siapa yang mau dipanggil monyet disini ?

  57. With the release of outlook 2010 , you get a richer set of experiences to meet your communication needs at work, home, and school. From a redesigned look to advanced e-mail organization, search, communication, and social networking features, Microsoft outlook 2010 provides you with a world-class experience to stay productive and in touch with your personal and business networks. That isn’t quite what came in the Outlook 2010 download ox, though. Of all the legitimate versions of Microsoft outlook 2010 download ffered on the InternetBuy.com had the lowest price

  58. Pingback: Obat Kuat
  59. “Evolusi” adalah Asal Usul Keanekaragaman Makhluk Hidup. Perubahan yang terjadi pada Makhluk Hidup secara bertahap, dan perlahan untuk mencapai Keanekaragaman Makhluk Hidup.

    Perlu diingat:

    – Evolusi adalah “Origin of Species”, BUKAN “Origin of Life” atau “Abiogenesis” atau malah “Chaos”.

    – Teori Evolusi BUKAN HANYA Teori Seleksi Alam Darwin dan Teori “Use & Disuse” Lamarck.

    – Evolusi BUKAN proses satu rantai, melainkan bercabang-cabang.

    – Darwin menjelaskan bahwa Manusia & Kera memiliki nenek moyang yang sama, BUKAN Manusia berasal dari Kera. Manusia & Kera berevolusi sendiri-sendiri dalam cabang rantai evolusi yang berbeda.

    – Hanyutan Genetik dan Mutasi Genetik sangat berpengaruh dalam Evolusi

    Pelajari lebih banyak tentang “Evolusi” ea 😀

    Note:

    “Origin of Species”: Asal Usul Keanekaragaman Makhluk Hidup.

    “Origin of Life”: Asal Usul Kehidupan.

    “Abiogenesis”: Makhluk Hidup Berasal dari Benda Mati.

    “Chaos”: Mitologi Yunani tentang Penciptaan dari Ketiadaan.

    “ESCAPE”

  60. Crystal X
    November 27th, 2011 14:04

    Kalau menurut saya, evolusi yang dianggap bertentangan oleh harun yahya adalah teori evolusi darwin, dan memang dari dulu fokusnya harun yahya itu kan…

    >
    Apa yang salah tentang Natural Selection??
    Mengapa para Ilmuwan bisa menerima Teori itu??
    Bisa anda jelaskan apa yang dikemukakan Darwin dalam Teori-nya??
    Nampaknya anda salah kaprah menanggapi Teori Darwin.
    Pelajari lebih banyak tentang “Evolusi” ea 😀

  61. Cuma mau menanggapi, tidak ada simpulan MRCA bahwa kita berasal dari SEPASANG suami istri di afrika. Mitochondrial eve dan Y-chromosomal Adam itu terpaut ribuan tahun lamanya. Kita belum memiliki bukti penelusuran kita berasal dari sepasang orang yang sama, yang ada hanya kita memiliki rantai DNA yang diturunkan oleh seorang wanita dan seorang pria yang terpaut gap waktu yang lumayan lama.

    Terima kasih

  62. “I was surprised to find that most of the arguments for the creationist point of view of the book were straight from other arguments that I had read before in Christian creationist books”

    I like this .

  63. memang teori evolusi masih menjadi hal yang diperdebatkan, tapi itu membuktikan 1 hal bahwa manusia diciptakan Allah dalam bentuk yang sebaik-baiknya dan bukan dari kera. Wallahu ‘alam

  64. Wah, sampai januari ada yang masih komen. Kangmas Harry Sufehmi, ternyata fenomena DNA yang kangmas sampaikan itu ada yang berpendapat bukan evolusi.

    DNA seperti mesin yang kompleks, yang mengandung milyaran bit informasi. Kombinasi nyala padam dari berbagai bit bisa menghasilkan organ atau karakteristik yang berbeda. Misalnya, bisa menjadi kuku, rambut, ginjal, paru dan lain-lain. Juga bisa membentuk karakteristik yang berbeda.

    Jadi keragaman manusia, misalnya, bukan karena evolusi tetapi karena kombinasi nyala padam yang berbeda-beda. Kombinasi nyala padam ini, pada tingkat tertentu memang bisa dipengaruh oleh lingkungan. Bahkan dalam buku the Miracle of DNA, bisa dipengaruhi oleh sikap mental kita. Sikap positif terhadap kehidupan misalnya, memungkinkan menyalakan bit-bit DNA yang melahirkan daya tahan yang lebih terhadap penyakit, misalnya, kanker.

    Soal Harun Yahya, saya rasa yang jadi masalah adalah reputasi dia yang sebenarnya bukan ahli sains. Dia itu seperti pembuat kliping, yang kemudian mengartikan segala sesuatu dari sudut Islam.

    Para creationist dari kalangan nasrani, malah lebih bagus kalau membahas fakta-fakta ilmiah yang berhubungan dengan evolusi dan mutasi. Karena beberapa dari mereka memang ahli sains yang menulis di jurnal-jurnal internasional dan memiliki karya temuan yang diakui di kalangan ahli sains secara umum.

    Cheers…

  65. Saya tdk anti teori Darwin, sekaligus sy memiliki iman agama. Bagi saya, teori Darwin adalah sebuah gagasan yang mencoba menguraikan tentang proses perkembangan makhluk hidup dari jaman purba hingga saat ini, dan menurut saya itu tidak menyelisihi ajaran agama. Ketika Allah berkata Kun Fayakun, itu di dalam “dimensi”-Nya, sedang sy percaya dalam dimensi kita kata itu menyangkut “proses”.

    Menurut saya, “missing link” dalam teori Darwin adalah penciptaan Nabi Adam itu sendiri, tp yah para ilmuwan tentu akan selalu menuntut pembuktian ilmiah, mereka tidak mudah “percaya”, melainkan akan selalu mencari evidence dan berpijak pada penemuan ilimiah, mungkin itulah kenapa mereka memiliki derajat tersendiri di sisi Allah.

    Saya sama sekali tidak bermasalah dengan penemuan ilmiah tentang kemiripan genetik antara kita manusia dengan primata lainnya, atau dengan hewan lain, dengan tumbuhan, bahkan dengan benda mati sekalipun. Kenapa tidak? Toh menurut iman saya, seluruh alam semesta dan segala isinya (termasuk kita) berasal dari Dzat yang sama, sang Maha Kuasa, Maha Besar, Maha Mulia, maha Penyayang, Allah swt. Tentu amat dapat diterima logika saya, bahwa Allah memiliki blue print untuk segala jenis ciptaan-Nya, sehingga meski penciptaan Nabi Adam adalah unik, yakni berasal dari tanah/lumpur yang diberi bentuk, dan ditafsirkan adalah dari tempat bernama Jannah yg mungkin berada di luar bumi, namun dengan blue print yg sama, maka akan selalu ditemukan kemiripan genetika tadi. So yes i believe, nenek moyang saya adalah Nabi Adam as, yet i don’t mind kalo Darwin atau teori biologi molekuler merekam jejak manusia hingga ke primata purba, bahkan hingga ke organisme bersel tunggal pertama di bumi 🙂

  66. TANGGAPAN UNTUK
    Kerja Sampingan
    August 8th, 2010 23:07
    Saya percaya dengan evolusi..tapi ada satu “keanehan” yang tersisa..Kalo memang evolusi benar-benar terjadi..Harusnya kera(monyet) kan tidak ada..Kenapa? Karena menurut Charles darwin Manusia berasal dari kera..Nah..harusnya kalo kera berevolusi menjadi manusia kenapa bangsa kera masih ada…Hayo siapa yang bisa menjelaskan..?
    INILAH CONTOH PERTANYAAN BODOH DARI ORANG ORANG DUNGU.
    DARWIN TIDAK PERNAH MENGATAKAN BAHWA MANUSIA BERASAL DARI KERA, TETAPI BAHWA MANUSIA DAN KERA MEMILIKI NENEK MOYANG YANG SAMA , KERA PURBA. MAHLUK INILAH YANG BEREVOLUSI , SEBAGIAN MENJADI JENIS KERA KERA KECIL, SEBAGIAN MENJADI JENIS KERA BESAR SEPERTI SIMPANSE DAN GORILA, SEBAGIAN LAGI MENJADI HOMINID, KERA YG BERJALAN RELATIF TEGAK DENGAN MENGGUNAKAN DUA KAKI.

  67. Sangat menarik untuk membahas mengenai Evolusi ini, karena apa yang tertulis di dalam Al Quran adalah sebuah kebenaran yang absolut yang di sampaikan oleh pemilik Alam yang tentunya mengetahui pasti cara membuat alam beserta isinya ini, mengenai ilmu tentunya akan selalu berkembang, teori a yang di anggap sebagai sebuah kebenaran hari ini, akan terbantahkan dengan teori baru yang lebih mendekati kepada kebenaran..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *