Prinsip / Filosofi Pendidikan Anak

(posting ini adalah bagian dari tantangan #blog31hari)

Dalam beberapa hari ini, saya akan mencoba berbagi berbagai tips & perspektif dalam proses pendidikan anak. Anak-anak kita adalah anugrah dari Yang Maha Kuasa. Anugrah itu bisa menjadi berkah – namun, jika keliru ditangani, bisa juga menjadi bencana.
Disinilah pentingnya kita memahami berbagai metode & cara mendidik anak yang benar.

Sebelum mulai melakukannya, kita perlu memahami berbagai prinsip / filosofinya terlebih dahulu.
Sebagaimana setiap bangunan memerlukan pondasi yang kuat & benar; demikian dulu dalam mendidik anak. Tanpa pondasi yang kokoh, maka kita & anak akan mengalami goncangan & kesulitan di sepanjang jalannya.

Filosofi dalam pendidikan anak adalah sebagai berikut :

  1. Sepakati Prinsip Dasar dengan pasangan Anda :

    Proses pengasuhan anak tidak Anda lakukan sendirian – namun bersama-sama dengan pasangan Anda. Karena itu, sepanjang jalannya pasti ada saja perbedaan paham / pendapat dalam berbagai situasi & kondisi. Dan ini semua adalah wajar, karena kita manusia, dan setiap manusia itu unik.

    Namun, Anda & pasangan adalah satu tim. Dan sebuah tim harus selalu kompak, jika ingin bisa sukses meraih berbagai tujuan-tujuannya.

    Untuk itu, perlu ada kesepakatan antara Anda berdua mengenai pendidikan anak ini. Sehingga, ketika ada perbedaan pendapat, maka bisa dikembalikan kepada kesepakatan tersebut untuk solusinya.

    Contoh:
    (1) dalam mendidik anak, kami akan merujuk kepada ajaran Agama kami, dan/atau
    (2) dalam mendidik anak, kami akan merujuk kepada buku XXXX, dan/atau
    (3) dalam mendidik anak, kami akan merujuk kepada artikel ini, dan/atau
    (4) dst

    Dengan adanya kesepakatan mengenai prinsip-prinsip / pedoman dasar dalam mendidik anak, maka semua masalah di masa depan akan bisa dicarikan solusinya dengan mudah.

  2. Untuk Kebaikan Anak – bukan gengsi orang tua:

    Sebagai orang tua yang telah banyak berkorban bagi anaknya, mungkin Anda merasa berhak untuk menuntut ini-itu kepada anak-anak Anda. Dan itu sah-sah saja – dengan syarat yaitu bahwa tuntutan tersebut adalah demi kebaikan Anak itu sendiri. BUKAN untuk gengsi / kepentingan Anda pribadi.

    Contoh :
    SALAH : “Anindra, kamu musti belajar yang rajin ya, supaya jadi juara – dan tidak memalukan orang tua!”
    BENAR : “Anindra, kamu musti belajar yang rajin ya, syukur-syukur kamu bisa jadi juara – dan jadi mudah untuk masuk fakultas yang kamu inginkan”

    SALAH : “Kamu jangan berkelahi melulu di sekolah! Bikin malu ayah saja !!!”
    BENAR : “Kamu jangan berkelahi di sekolah kalau bukan membela diri. Masa depan kamu akan suram kalau kamu cuma bisa mengandalkan otot saja, kesian kan?”

    Dst – cukup jelas kan? Dan mungkin malah beberapa kita pernah mengalami insiden seperti tertulis diatas. Tidak apa, yang penting adalah kita jangan mengulanginya kepada anak kita. Kita usahakan agar mereka bisa mendapatkan yang terbaik untuk kehidupan mereka.

  3. Utamakan Membimbing – bukan mendikte :

    Adakalanya kita perlu mendikte anak – misalnya: ketika dia ingin bermain api, padahal jelas itu berbahaya. Namun, untuk anak yang sudah bisa berkomunikasi dengan kita (misal: 5 tahun ke atas), amat lebih baik jika kita berfungsi sebagai pembimbing saja.

    Setiap anak kita adalah makhluk yang unik. Dan masing-masing memiliki kehendaknya sendiri-sendiri. Amat baik jika mereka bisa menjalani hidup ini sesuai dengan keinginannya.
    Jadi kita cukup memberikan masukan-masukan kepada anak. Sedangkan pilihannya kita serahkan kepada dia.

    Jangan takut mereka jadi terluka di sepanjang jalannya. Karena kalah atau gagal adalah hanya keberhasilan yang tertunda, dan pengalaman / guru yang terbaik bagi mereka.
    Jika mereka jatuh – tidak apa, dan ajari mereka untuk bangkit kembali.

    Contoh :
    “Susan, dari hasil psikotes kamu katanya cocok di jurusan kedokteran atau jurusan arsitektur. Jika kamu pilih kedokteran maka kelebihannya adalah blablabla, tapi masalahnya adalah blablabla. Jika kamu pilih arsitektur, maka kelebihannya adalah blablabla, dan kekurangannya adalah blablabla. Nah, Mama sudah jelaskan, sekarang terserah kamu ingin pilih yang mana.

    “Deni, setahu Papa, Anita itu masih ingin berkarir. Jika kamu memilih dia, maka kamu akan menyusahkan hatinya, dan mungkin dia tidak akan tenang dalam perkawinan ini. Sedangkan Prita memang sudah siap, namun sifatnya masih agak kekanak-kanakan. Kamu musti sabar dalam menghadapinya. Nah, Papa sudah jelaskan, sekarang terserah kamu”

    Dst, dst.

    Sekali lagi – utamakan membimbing, namun tentu saja, pada kasus-kasus yang bisa sangat merugikan anak, Anda tetap boleh mendiktenya. Karena tujuan Anda adalah untuk kebaikan anak itu sendiri (lihat poin diatas).

  4. Fokus Pada Proses – bukan hasil :

    Ketika semua daya & upaya telah kita curahkan, ternyata hasilnya meleset dari harapan kita. Si buah hati harapan orang tuanya ternyata malah menjadi preman yang berandalan. Lalu kita menjadi depresi.

    Ini yang akan terjadi jika kita fokus kepada hasil – dan bukan pada prosesnya.

    Seharusnya kita fokus pada prosesnya – sepanjang jalan kita berusaha melakukan yang terbaik untuk anak, sekuat tenaga kita. Dan lalu hasilnya kita serahkan kepada yang Maha Kuasa.

    Jangankan kita, anak para Nabi saja ada yang menjadi penjahat. Padahal tentu mereka jauh lebih mampu daripada kita dalam mendidik anak-anaknya.

    Maka, jika ternyata hasilnya berbeda dari harapan kita, tidak masalah, kita bisa tenang & damai dengan diri kita sendiri – karena kita TAHU bahwa kita telah mencurahkan semua yang kita bisa. Dan hasil ini adalah sesuatu yang sudah benar-benar di luar kemampuan kita.
    Sehingga kemudian kita tidak terpaku & tersentak, namun bisa kembali fokus kepada masalah yang ada – mengapa (anak menjadi begini), dan bagaimana (solusinya).

Demikian beberapa filosofi dasar dalam pendidikan anak. Semoga bermanfaat.

192 thoughts on “Prinsip / Filosofi Pendidikan Anak

  1. Nice post mas, namanya anak-anak selalu bikin ulah lucu kadang ulah yang menjengkelkan, inginnya begini jadinya begitu….. Semoga kita bisa jadi ortu yang bijaksana.

  2. Pendidikan anak memang perlu disepakati bersama dari kedua orang tuanya. Saya setuju bila pasangan yang akan menikah telah membicarakan cara mendidik anak sebelum menikah. Terima kasih atas informasi yang diberikan.

  3. nice post bro, bnr juga terkadang tidak kita sadari dalam berucap terhadap anak, memang ekstra hati2 y? kita jg perlu memanajemen kata2, thanks for share bro…

  4. sungguh sangat menarik artikelnya terutama dengan filosopi mendidik anak, karena tanpa disadari kita sering melakukan/mendidik anak dengan ungkapan2 spt jangan bikin malu orang tua, jangan nakal nanti orang tua yg susah dll. Makasih sudah berbagi.

  5. Tahniah bro , artikel filosofi mendidik anak-anak ini amat bermanfaat untuk ibu bapa dalam membesarkan mereka. Saya amat setuju dengan isi kandungannya, antaranya menekankan penggunaan ungkapan-ungkapan yang positif kepada anak-anak.

  6. sungguh sangat menarik artikelnya terutama dengan filosopi mendidik anak, karena tanpa disadari kita sering melakukan/mendidik anak dengan ungkapan2 spt jangan bikin malu orang tua, jangan nakal nanti orang tua yg susah dll. Makasih sudah berbagi.

  7. dari kita sering melakukan/mendidik anak dengan ungkapan2 spt jangan bikin malu orang tua, jangan nakal nanti orang tua yg susah dll. Makasih sudah berba

  8. artikel yang bagus . anak-anak memang membutuhkan cara ‘pendidikan’ yang berbeda dengan orang dewasa 🙂

  9. wah, saya belum menikah nih.. tapi terkadang saya sering berharap, seandainya orang tua saya dulu mendidik saya seperti ini mungkin saya akan menjadi orang yang lebih baik.. terima kasih atas artikelnya

  10. The educational philosophy’s overarching goals are to provide young people the basis on which to develop into free, moral and integrated individuals, and to help every child fulfill his or her unique destiny, the existence of which anthroposophy posits.[11][12] Schools and teachers are given considerable freedom to define curricula within collegial structures.

  11. Rearing a child is big responsibility and parents need to learn as much as possible about the right way to go about child education. Guidance from parents is critical to the child development and it influences his attitude as an adult.

  12. memang tidak ada sekolah untuk menjadi ayah maupun ibu tapi semua itu mengalir secara alami. tidaklah mudah mendidik anak membutuhkan kesabaran, ilmu dan doa agar anak bisa membahagiakan orang tuanya di dunia dan di akherat.amin

  13. Rearing a child is a big responsibility and parents need to learn as much as possible about the right way to go about child education.This is a great article. It’s very Important to always think of your children first and what’s best for Them.

  14. Wah..Beberapa Artikel anda tentang pendidikan anak di blog ini sangat bagus sekali..Termasuk artikel yang ini..Sy jadi curiga apakah Anda memilki basic pendidikan yang berkaitan..? Salam sukses buat Anda…:)

  15. Salam,membaca penulisan tentang pendidikan anak-anak ini mengingatkan saya betapa ibu-bapa perlu memenuhkan ilmu di dada dengan parenthing skill.Nampaknya perkara remah pada pandangan dewasa,tidak semestinya kepada kanak-kanak.tahniah atas penulisan penuh ilmiah.Kemahiran keibubapaan semestinya diterapkan serta dielajari oleh pasangan yang mahu berkahwin supaya kehadiran anak-anak nanti akan menjadi penyeri kehidupan yang sebenarnya.

  16. wah artikelnya muantep banget mas,
    memang pendidikan anak merupakan hal yang sangat penting, makanya jangan sampai salah.

    oleh karenanya artikel mas, sangat membntu sekali nie untuk mengatasi hal tersebut

  17. Tips yang sangat bermanfaat kebetulan anak anak (ada 30 masih kecil kecil (SD) sehingga artikel mungkin bisa diterapkan.. Trims and Peace.

  18. OX PDF creator is an all-functional PDF maker tool that can create PDF documents from any printable files, such as txt, images (JPEG, GIF, PNG, BMP, EMF, EWF, TIFF), compatible with Microsoft Office 2003/2007/2010, support converting Word (doc, docx), PowerPoint (ppt, pptx), Excel (xls, xlsx) to PDF file. Besides PDF document creating, the PDF File Creator can also save file format as PNG, JPEG, BMP, PCX, TIFF and PS, EPS under “option” settings.
    PDF Creator
    PowerPoint to PDF converter
    Text to PDF converter
    CHM to PDF converter

  19. Ass.. Salam Sejahtera. Info ini penting krn sy jg punya anak yg lg aktif sekali, dan sy baru buat blog khusus untuk mencari info seputar IT dan edukasi buat materi bersama rekan guru di SMPN 5 Praya. Trima kasih, sy tunggu info terbarunya. wassalam..

  20. bacaan yang menarik, khususnya bagi yg sudah memiliki buah hati. Namun bisa jg jadi referensi untuk yang belum memilikinya 😀

  21. It’s really a good pic seen in this blogs . Champion Industries is a manufacturer & exporter of wire mesh,welded wire mesh,perforated sheet,chain link fencing,wire netting,expanded metal,vibrating screen,crimped wire mesh
    .

  22. Wow great blog . cute baby . thank you . Pregabalin, Linezolid, Sitagliptin, Rosuvastatin Calcium, Tioconazole, Solifenacin Succinate,Lornoxicam, Fenticonazole, Sertaconazole Nitrate, Tapentadol HCl One of the emerging Indian Manufacturers of Active Pharmaceutical.

  23. Hello temen2. Anda mencari sesuatu?ato blog maw terkenal? TUKERAN LINK aN saliNg FolloW yuks.

    @admin, tukar link yuk. gimana ? ditunggu di blog q

  24. Anak memang adalah anugerah dan titipan Tuhan yang harus kita jaga dan sulitnya mendidik anak itu adalah sudah tanggung jawab kita sbgai orang tua..

  25. filosofi pendidikan anak memang sangat penting ,,,harus kita runding kan dengan pasangan agar yang terbaik buat anaknay kelak,,

  26. Very good article, thanks for the material quality and congratulations on your site.

  27. Kenyataannya ga mudah ya gan… faktor sosial budaya dan ekonomi sudah berubah dengan cepat, jadi perlu kearifan dalam mempraktekan parenting ini ya….

  28. pendidikan anak harus sebaik mungkin agar kelak dia menjadi anak yang baik dan berguna juga berbakti kepada kedua orang tuanya,,,

  29. I like your useful information provided in your article. I’ll be your blog, bookmarks, there is also always check the time. I’m sure I will learnmany new things here! Good luck in the future!

  30. This website is very great and that information is helpful for me. I am very much impression with these website nice impression with these website. This website main target is proving the jobs to the students. I have gathered information about the networking program in this blog. This information is true and to the subject wise providing the information in this blog. I am very much thanks to this website and sharing something information in this blog.
    | car rentals salem | car rental miami airport | car rental nashville | car rentals colorado |

  31. This website is proving the different computer parts in the hardware. I am very much impression in this technology. You can purchase the assembled computer that time this website is very helpful for me. This website is display the all the computer pats including the information. That particular picture of this parts and that is capability all the things are visible in this blog. Thanks a lot for display in all the computer parts.
    | car rental massachusetts | car rentals anaheim | car rental jacksonville | car rental norfolk |

  32. sangat setuju. anak ibaratkan kertas putih yang akan tergantung bagaimana kita mengoleskan tinta kepadanya

  33. Selain 4 filosofi tersebut di atas, masih dapat ditemukan berbagai cara untuk mendukung cara-cara dalam pendidikan anak.
    Seperti yang adalam buku “Smart Mom Handbook” dan juga sebagai orang tua, bisa menggunakan cara-cara Keep Smiling untuk anak, dalam arti tidak panik dalam mengahadapi anak.

  34. memang tidak mudah untuk menjadi seorang ibu/ayah diperlukan pengetahuan yg cukup agar pertanyaan2 si anak bisa terjawab dan tidak sampai mencari jawaban di luar rumah yg kadang2 menyesatkan

  35. Menjadi orangtua merupakan salah satu tugas yg teramat sulit. Sebaiknya kita harus sering2 memberikan pujian kepada anak agar ia mampu melakukan suatu tindakan positif untuk melatih rasa kedekatan dan pujian dari orang terdekat yang dia cintai.

  36. Menjadi orangtua memang merupakan salah satu tanggung jawab yg teramat sulit. Sebaiknya kita harus sering2 memberikan pujian kepada anak agar ia mampu melakukan suatu tindakan positif untukmelatih rasa kedekatan dan pujian dari orang terdekat yang dia cintai.

  37. There are no better way than a comment to say how much I like your blog.I wish you all the best!

  38. Pendidikan anak emg hrs diterapkan sejak dini. Artikel diatas sangat menarik untuk dipelajari dan diterapkan dalam lingkungan keluarga. Terimakasih atas postingannya.

  39. pendidikan anak sangat apalagi di era globalisasi seperti saat ini. artikel ini sangat menarik untuk diterapkan pada anak-anak

  40. Pendidikan anak emg hrs diterapkan sejak dini. Artikel diatas sangat menarik untuk dipelajari dan diterapkan dalam lingkungan keluarga. Terimakasih atas postingannya.

  41. yg harus dijaga bgt itu ucapan dr mulut…karena dgn mudahnya anak meniru orang terdekat trutama orang tua, so ortu jgn suka maki2…nti ditiru

  42. Setuju, anak memang harus dibimbing dan dibina sejak kecil agar berkembang dengan baik. Artikel yang sangat bermanfaat.

  43. Guilin is famous for its serene landscape, Karst limestone formations, mist-covered hills and bamboo sights. It is an art piece of nature in the china.It is favorite place of tourists. Don’t miss of this place when you go to china.

  44. You should make use of the correct web-designing tool when designing your website as it will help in making a nice website. Adobe Photoshop is a good web designing tool which can make your website cool and beautiful.

  45. There is no other sandpoint idaho realty agent in the area who will be able to get the results you want in such a short period of time. By choosing to work with me you’ll be choosing the top real estate agent in Sandpoint. I’ll make sure that you know everything that there is to know about buying or selling a home in this area.
    sandpoint idaho realty

  46. We make every effort to create quality web banners that give a rare impression on the visitors or viewers because we know that we shall grow if our clients grow. This makes us one of the most cherished choices in the field of banner designing. Developing the eye catching banner ads surely helps you to get more visitors to your site and which is an effective strategy to win the competition. We at Paarsa Technologies offer designing of professional banners for you at a very economical price. We offer you static and semi animated banners which are eye catching and attractive.

  47. Whats up! I just want to give an enormous thumbs up for the good info you could have here on this post. I shall be coming again to your blog for more soon.

  48. This site offers blogs that are really worth reading. Simply written but the information that are provided to the readers are so great. Thank you for sharing this to us. It is indeed a great pleasure reading your post.

  49. Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wished to say that I have really enjoyed your blog posts.In any case I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again soon!…

  50. Great site. Lots of useful info here. I’m sending it to some friends ans also sharing in delicious. And certainly, thank you for your info.

  51. Recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I don’t know what to say except that I have enjoyed reading. Nice blog, I will keep visiting this blog very often.

  52. Happy to visit your site, I anticipate more great articles and I suppose we all get a kick out of the chance to thank such a variety of exceptional articles, web journal to impart to us.

  53. sebuah kalimat yang sangat bagus saya temukan dalam artikel ini adala “fokus pada PROSES”

    kalimat tersebut bisa di terapkan utk banyak hal lainnya

  54. I would like to thnkx for the efforts you have put in writing this web site. I’m hoping the same high-grade site post from you in the upcoming also. In fact your creative writing skills has inspired me to get my own website now. Actually the blogging is spreading its wings quickly. Your write up is a good example of it.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *