Cara Mudah Mengontrol Anak

(posting ini adalah bagian dari tantangan #blog31hari)

(Posting ini adalah bagian dari seri Pendidikan Anak. Silahkan baca dulu Filosofi Dasar Pendidikan Anak. Terimakasih)

Sholat Jumat siang ini diwarnai dengan sedikit insiden. Ada seorang anak kecil yang menangis dengan kalap, ketika bapaknya sedang sholat bersama dengan para jamaah lainnya. Sepertinya ada ibunya, namun si anak tetap menangis dengan sangat keras. Suaranya bahkan bersaing dengan bacaan Imam sholat Jumat 🙂

Akhirnya security mesjid turun tangan, dan sang anak bisa tenang kembali. Tapi, saya bisa dengan mudah bayangkan bagaimana merah padam muka kedua orangtuanya karena insiden ini 🙂

Sebetulnya, mengontrol anak itu tidak sulit. Cuma musti ketemu triknya saja yang tepat. Walaupun setiap anak berbeda-beda, namun, ada beberapa langkah yang sepertinya universal / bisa diterapkan kepada semua anak.
Anak saya ada 4 orang, dan sejauh ini cukup bisa dikontrol & dipandu oleh kami tanpa masalah yang berarti.

Sialnya, walaupun langkah-langkah tersebut mudah dilakukan, namun memang tidak ada pernah diajarkan di sekolah. Orang tua kita juga mungkin lupa mengajarkannya (atau, kita yang cuek ketika beliau sedang mengajarkannya kepada kita, he he).
Alhasil, berbagai pasangan muda kembali mengalami masalah yang sama dengan pasangan muda lainnya yang sudah lebih dahulu mendapat momongan – anak yang sulit dikontrol oleh kedua orang tuanya.

Dalam artikel ini saya akan coba sharing beberapa tips untuk mudah mengontrol anak-anak kita.

  1. Dalam berkasih-sayang – panjang lebar & bertele-tele
  2. Jangan segan-segan menghabiskan waktu Anda untuk menyampaikan rasa kasih & sayang kepada anak-anak Anda. Untuk buah hati Anda, ada seluruh waktu di dunia ini bagi mereka. Bahkan ketika Anda sudah sangat lelah sekali pun karena sehabis bekerja seharian, peluklah anak-anak Anda, dan tanyakan kabar mereka hari itu.

    Dan kasih sayang kepada mereka bukan berarti harus menghabiskan biaya yang mahal 🙂 pelukan, candaan, bermain di rumah, bermain bola di depan rumah; itu semua sudah amat menyenangkan bagi mereka.

    Salah satu kegemaran saya adalah mencuci mobil – setiap saya umumkan bahwa papa akan mencuci mobilnya; maka semua anak-anak langsung berloncatan & berlari, siap dengan spons pencuci di tangan masing-masing; dan lalu mereka semua saya semprot dengan air dari selang kebun 😀 sambil sekali-sekali saya semprot juga mobilnya, he he he. Total chaos, riots. Absolute fun.

  3. Dalam memberi instruksi – singkat & jelas
  4. Kebalikan dari poin pertama; Jangan bertele-tele ketika memberikan instruksi kepada anak-anak Anda.
    Instruksi Anda harus disampaikan dalam bahasa yang sederhana. Mudah dimengerti oleh anak kecil. Dan singkat, sehingga mudah mereka ingat.

    Yang sering kita lihat biasanya justru adalah kebalikan dari kedua poin ini 🙂 sekali-sekali kita memanjakan anak kita; namun ketika menyuruh mereka melakukan sesuatu, disampaikan dengan “cerewet”, panjang lebar, sambil mengeluh panjang pendek ke langit & ke bumi.

    Alhasil, anak jadi belajar & terbiasa untuk mengacuhkan kita, orang tua mereka … ups, gawat juga.

  5. Pantang berbohong
  6. Memang berbohong itu tidak baik, kepada siapa pun. Terlebih kepada anak kita.
    Namun tidak hanya itu saja – Ketika anak tahu bahwa kita tidak akan pernah berbohong pada mereka, maka mereka jadi bisa menganggap serius instruksi & petunjuk dari kita.

    Sayangnya, kadang kita melihat orang tua yang sangat mudah berbohong kepada anaknya. Memang, sekilas terlihat sebagai hal sepele, seperti :

    Anak : (menangis) hueeee, aku mau permen itu
    Orang tua : ya, ya, ya … nanti papa belikan, diam yaaa
    Anak : (diam, tersenyum)

    Tapi, kemudian permen itu tidak pernah jadi kenyataan 🙂 oopppssss

    Nah, pada kasus-kasus seperti ini, Anda telah mengajarkan kepada anak Anda; bahwa Anda itu tidak usah diacuhkan. Tidak perlu dianggap serius. Semua kata-kata Anda adalah bohong saja kok. Cuma permainan semua.

    Tentu saja kita tidak ingin mengajarkan ini kepada anak-anak kita bukan?
    Nah, untuk itu, jangan pernah berbohong kepada anak. Bagaimana pun remehnya hal tersebut.

  7. Tegas (baca: show ’em you mean IT)
  8. Pelengkap poin 2 – setelah memberikan instruksi, lalu pastikan bahwa instruksi tersebut diikuti.
    Jangan biarkan ada terjadi pelanggaran. Tunjukkan bahwa Anda adalah boss di rumah ini.

    TIP : Gunakan trik “JAM-BRET”

    Contoh:

    Orang tua : Sarah, angka 6 (*) sudah mulai sholat ya. Kalau tidak, besok tidak jajan.
    Sarah : Oke !

    (*) Angka 6 maksudnya adalah angka 6 pada muka jam, misal: 04:30, 03:30, dst. Dengan ini maka instruksi kita menjadi sederhana & jelas & mudah dimengerti.

    Nah, ketika angka 6 ternyata Sarah belum sholat, maka, tentu saja, besoknya dia tidak mendapatkan uang jajan 🙂
    Inilah poin 4.

    Pada saat ini, biasanya sang anak akan meratap, memohon, dan merayu orang tuanya agar hukuman tersebut tidak diberikan kepadanya.
    JANGAN GOYAH. Tetap tegas & teguh dengan keputusan Anda.

    Jika Anda goyah, SATU KALI SAJA — maka anak jadi tahu: bahwa orang tuanya lembek.
    Maka sejalan dengan waktu, akan muncul banyak masalah, anak makin Rewel, sampai akhirnya menjadi masalah besar; seperti temper tantrum, dan seterusnya.

    Dengan tegas, BUKAN berarti Anda tidak sayang anak. Justru sebaliknya, ketegasan Anda adalah cermin dari dunia nyata.
    Di dunia kita sehari-hari, semua hal ada konsekuensinya.

    Telat sampai di kantor ? Gaji dipotong. Sakit ? Cuti berkurang. Telat membayar tagihan ? Kena denda.
    Dst.

    Dengan bersikap tegas kepada anak, maka Anda telah mempersiapkannya untuk mandiri. Siap menghadapi dunia yang apa adanya ini.
    Maka ketika dia telah terbang dengan sayapnya sendiri ke angkasa, dia tidak kaget lagi. Dia sudah siap & kuat menghadapi kenyataan hidup.

Hm, sepertinya sih itu saja. Terlalu mudah ya ? Memang mengontrol anak kecil itu tidak sulit kok.
Cuma, godaan nya itu yang terlalu besar. Memanjakan yang tidak baik untuk mereka, mudah berjanji, dst. Perlu disiplin & keteguhan “iman” dalam menjalankan ini semua 🙂

Oh ya, ini tips untuk anak kecil ya. Untuk anak yang sudah beranjak dewasa; yang sudah punya kemauan sendiri, punya pendapat sendiri, dst; pendekatannya perlu agak berbeda. Tetap tegas, namun komunikasi harus lebih intens lagi.
Secara ringkas – teman terbaik mereka haruslah Anda. Bukan yang lainnya.

Oke, saya pamit dulu. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi Anda 🙂

NB: Ada beberapa komentar-komentar tentang artikel ini di Facebook.

323 thoughts on “Cara Mudah Mengontrol Anak

  1. Anak adalah generasi penerus. Bila setiap orang tua dapat mendidik anak dengan baik, maka bangsa dapat memiliki generasi penerus yang handal. Terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini. Sukses selalu untuk kita semua.

  2. It is informative for first time parents, because they will have an idea on how they can control their child. Being a mother and a wife is such as rewarding experience for me.

  3. bagus sekali tipsnya,akan kami terapkan dalam keluarga,jangan lupa tips saling mengerti kelebihan dan kekurangan suami istri itu berguna juga untuk anak

  4. Terima kasih banyak mas harry atas tipsnya, ini jadi tambahan ilmu dan masukkan bagi saya. Sukses untuk mas harry …

  5. Merhaba değerli oyunseverler,
    oyun oynamak eğlenceli birşey ama oyun oynarken ufak yardımlara da gerek duyuyor insan. Biz halk arasında buna oyun hileleri diyoruz:) İhtiyaç duyduğunuz oyun hilelerini indirebileceğiniz yeni sitemiz hizmetinize açıldı. Metin2 Multihack oyun hileleri başta olmak üzere GTA San Andreas oyun hileleri, Counter Strike oyun hileleri ve ihtiyaç duyduğunuz diğer tüm oyun hileleri burada.
    Tıklayınız ==>> Karadeniz Ayder

  6. This is a great guide to new parents who may have some difficulties with their new children. Being loving, clear and concise, truthful and assertive are all great ways to start treating your children.

  7. Apabila orang tua bisa mendidik anak dengan baik, maka bangsa akan memiliki generasi penerus yang mulia. Terima kasih atas infoya…….

  8. This is a great guide to new parents who may have some difficulties with their new children. Being loving, clear and concise, truthful and assertive are all great ways to start treating your children.

  9. Spending time with your children is a way to convey love and affection to them. Be a good role model because they imitate what they see. Discipline and being assertive to the child also help them prepare to face the world and develop their sense of autonomy. Thanks for sharing these helpful tips.

  10. Children need to be controlled and disciplined.
    They are not born with it. Little by little parents have to learn how to control their children and teach discipline to them.
    Good post! 🙂

  11. infonya berguan banget om, buat yang punya anak2, tp kayaknya kita tidak bisa sepenuhnya mengontrol anak.

  12. Hmm I am just trying to get my baby smiling every day. We’ll see how it develops in the future, but I don’t want to ask myself later if I have missed the most important parts of its life.

  13. bersikap tegas pada anak emang sulit tapi demi manfaatnya dimasa depan akan saya coba. trims

  14. Wah…Ternyata tidak gampang jadi orang tua ya pak Harry..? he 🙂 a..Anda benar sekali..Artikel ini sangat bagus sekali terutama buat para orang tua terutama yang masih memiliki anak kecil..Kalo buat saya..Mau jadi apa anak kita emang tergantung orang tua sich…Great article..Thx pak Harry..

  15. Children are the next generation. If any parents can raise children properly, then the nation can have a powerful next generation. Thanks for this useful information. Success is always for us all.

  16. “Children are the next generation. If any parents can raise children properly, then the nation can have a powerful next generation.”
    Totally agree! Children are our future, so we should care about them!

  17. i love this article, it’s so true! Getting out of the virtual world and into the real one at trade shows opened up my eyes to several things I hadn’t thought about when creating my marketing agendas. Great article!

  18. yang paling baik adalah membiarkan anak tersebut melakukan apa yang ingin dia lakukan. orang tua hanya mendukung, memantau dan memberikan pengarahan yang baik kepada anaknya. tapi bukan dengan cara dikekang.

    makasih infonya bos.. bermanfaat.

    salam kenal. 🙂

  19. mksh atas sarannya,..
    smoga anak2 kita kelak menjadi anak yg berguna bagi nusa & bangsa,…!!

  20. OX PDF creator is an all-functional PDF maker tool that can create PDF documents from any printable files, such as txt, images (JPEG, GIF, PNG, BMP, EMF, EWF, TIFF), compatible with Microsoft Office 2003/2007/2010, support converting Word (doc, docx), PowerPoint (ppt, pptx), Excel (xls, xlsx) to PDF file. Besides PDF document creating, the PDF File Creator can also save file format as PNG, JPEG, BMP, PCX, TIFF and PS, EPS under “option” settings.
    PDF Creator
    PowerPoint to PDF converter
    Text to PDF converter
    CHM to PDF converter

  21. saya biasakan anak anak sejak kecil utk berdiskusi dan bercerita apa saja pengalaman mereka sehingga mrk merasa mendpt perhatian penuh dr kita ortunya

  22. Salam Kenal Boss……..
    Infonya,saya akan share dgn istri untuk mendidik anak kami …
    Thx Boss

  23. infonya bagus mas, kadang kita terlalu egois dan tidak mau berbagi waktu untuk anak… apalagi kalo sudah kelelahan saat pulang kerja,.

  24. memang perlu mendidik anak sejak lahir…
    good info… semoga sangat bermanfaat untuk masyarakat yang membacanya???
    tank’s very much

  25. Hi, visited your site before, chat
    but I can not say I’ve come across mirc
    while surfing the internet, and nowcinselsohbet
    we get to see the information I needed. First of all thank you for it. kameralı sohbetOther than that I am adding your web site and post your favorites kullanınlarıma then be my chance to follow in an orderly manner. Because of maturity in your writing and knowledge content, thank you again and good luck. sohbet

  26. hm, aku sering tuh liat nanny 911 atau juga super nanny di metro tv dulu..kalo ngliat anak2 diluar negeri tuh bener2 dididik dengan mulut bukan dengan tangan. sampai ada sistem hukuman disuruh diam selama beberapa menit. heran, anaknya nurut juga..kalo anakku dah kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

    satu lagi, harus konsisten….karena anak akan percaya kalo omongan kita selalu konsisten

  27. This is such a helpful article for new parents! Thank you so much for posting.It is informative for first time parents, because they will have an idea on how they can control their child

  28. This is a great picture of blogs showing the attitute towards a mother dedication .Champion Industries is a manufacturer & exporter of wire mesh,welded wire mesh,perforated sheet,chain link fencing,wire netting,expanded metal,vibrating screen,crimped wire mesh

  29. Hmm I am just trying to get my baby smiling every day. We’ll see how it develops in the future, but I don’t want to ask myself later if I have missed the most important parts of its life.

  30. Great blog . It shows the nature of mother . Pregabalin, Linezolid, Sitagliptin, Rosuvastatin Calcium, Tioconazole, Solifenacin Succinate,Lornoxicam, Fenticonazole, Sertaconazole Nitrate, Tapentadol HCl One of the emerging Indian Manufacturers of Active Pharmaceutical.

  31. anak adalah harapan bangsa, masa depan bangsa ditentukan oleh kualitas cara mendidik orangtua.

  32. Info yang berguna

    kadang tidak terasa saya mengajari anak berbohong, kadang saya pamit pergi kerja supaya anak tidak ikut. tapi sebenarnya mau ke rumah teman karena ada kepentingan.

    salam

  33. Terimakasih mas Haryy, artikel yang sangat bermanfaat, Insya Allah aka saya jalankan buat dua putri saya tersayang

  34. Benar sekali, harus pintar-pintar kita mendidik anak. Karena bagaimanapun asset yang tak ternilai adalah anak. Setelah kita tiada, harapan utama adalah do’a dari anak-2 kita.

    Terimakasih telah share disini, dan menjadi pembalajaran saya buat mendidik anak lebih baik karena status saya sebagai single parent.

  35. kasihan kalo lihat acara orangtua dikerjain sampe stress di tv. kalo orang kita jaman dulu pakai tangan besi buat kontrol anak. kalo sekarang bisa masuk bui gara-gara kdrt.

  36. Ya, sangat setuju. Kanak2 kecil adalah usia yang sesuai untuk di bimbing dan di didik. Perlukan kesabaran yang tinggi sudah semestinya..

  37. Thanks for this article 🙂

    Your blog realy provides useful informations.
    I have the same opinion like “browsergames” “on an bad day an smiling baby will make you glad” 🙂

  38. terima kasih pembelajarannya kang ,tapi memang untuk point yang ke empat masih banyak yang melakukan cara ini walapun sebenarnya salah

  39. This is a great guide to new parents who may have some difficulties with their new children. Being loving, clear and concise, truthful and assertive are all great ways to start treating your children.

  40. Best article on how to easily control child. I also read your basic Philosophy of Education Child.It really help me harry. Thanks a lot.

    Regards,
    Rabia

  41. lihat tetanggaku sering bertengkar kalau anaknya lagi rewel minta sesuatu, bahkan aku sering meliat ada pukulan pukulan kecil di kepala.. payah banget. artikel bagus gan

  42. anyak ora tua di sekitar kita yang masih dalam tanda kutip primitif. tentunya dalam hal comple akalessed

  43. pasangan muda kembali mengalami masalah yang sama dengan pasangan muda lainnya yang sudah lebih dahulu mendapat momongan – anak yang sulit dikontrol oleh kedua orang tuanya.

  44. Wew.. artikel yang sangat berguna. Bentar lagi mo punya momongan, jadi harus banyak belajar dari para senior.. hehe.. Terima kasih dah sharing!

  45. This will in turn, help you to maintain your calorie balance to reduce lograban darle una característica, que podía ser tanto buena como mala, al protagonista a partir de asociar su imagen con otras

  46. hmm kren jg nih tips’y,,,,
    memang hal yg pling utama adalh peran kluarga krn sangatlah pentinx dlm mengontrol anak jg..

  47. muda lainnya yang sudah lebih dahulu mendapat momongan – anak yang sulit dikontrol oleh kedua orang tuanya.

  48. informasi yang bagus, anak adalah sang penerus kita, gambaran diri kita dalam mendidiknya.
    perlu mengerti pengetahuan khusus untuk mendidik anak, jika salah atau dibiarkan saja, anak bisa menjadi hal yang tidak diinginkan.
    terimakasih atas artikelnya

  49. This website is very great and information is also very nice. This website is display in the information for the software side. This website is display in the manner for following the correct process. I am very much satisfied by this technology and the nice information in this blog. Those guys are working are very perfect. I am very much thanks to this website and the display in the information in the correct process.

  50. This website is very great and the nice technology is visible. This website is display in job opening in this blog and the nice information is providing in this blog that to you can use the search option. This is the great thing in the nice approach of the website I am very much thanks to this website. This is the great thing for display in this blog. I had really like this website and sharing something information in this blog.
    | car hire biarritz | car hire nicefrance | car rentals vancouver | car rental maui |

  51. This website is providing the nice information in this website and the great technology is visible in this blog. This website is adding two things in this blog. I am very much thanks to this website and the nice information is display in this website. This is the great thing is visible in this blog. I am very much thanks to this website and using the great services. I had really like it.
    | car rentals australia | car rental minnesota | car rentals newhampshire | car rental longbeach |

  52. wah ane masih perlu banyak belajar.. mendidik diri saya sndiri aja blum bisa… apalagi untuk mendidik anak agar jadi lebih baik dari kita

  53. Nice info and tipsnya bagus,memang anak adlah investasi terbesar bagi kehidupan di masa depan kita..bgmna anak di kemudian hari adalh tergantung bagamna kita mndidiknya

  54. appreciate your idea here. Definitely it has a good content. Thank you for imparting more of your own thoughts. Good job!

  55. banyak skali ibu ibu yang mengabaikan hal ini. apalagi ibu yang berkarakter cuek . Mreka menyangka jika ada satu sifat pada anak yang kurang benar , maka tinggal di pukul saja , maka dia tidak akan mengulangi kesalahan yang sama lagi. Tapi nyatanya teknik primitive itu bila tidak diimbangi ilmu yang sepadan sangat salah.

  56. Sebaik baiknya pndidikan adalah pendidikan seorang ibu kpd anaknya…ibu adalah sekolah yg terbaik buat anaknya..

  57. sayangnya sy belum punya anak gan..
    Bisa jadi bahan persiapan gan utk diterapkand i kemudian ahri..
    Tks.

  58. Thank you for sharing to us.there are many person searching about that now they will find enough resources by your post.I would like to join your blog anyway so please continue sharing with us

  59. perfect….bisa saaya jadikan ilmu nanti jika tiba saatnya…keren..
    pak harry yg bijak….boleh tukar link??
    mohon konfirmasinya ya…silahkan cek link sudah terpasang pd blog saya…sukses untuk tip keluargnya…

  60. you issues in this sense is obviously a very good site is full suits me very carefully, but with are more intensive follow-up will have mixed commentss and are you teacher mothers ?

  61. wah, andai saja semua orangtua bisa seperti itu. Btw, mudah-mudahan penulis tidak hanya sekedar menulis artikel saja. Bravo indonesia…

  62. anak tergantung orangtuanya, tergantung ke pribadian orang tuanya, tergantung imu yg dimiliki orangtuanya, tergantung kecintaannya pada anknya…

  63. buah jatuh gak akan jauh dari pohonnya,, cintailah anak kita.. kelak ia akan menjadi anak yang berbakti pada orang tua

  64. wah bagus banget ni artikelnya, mudah-mudahan anak-anak kita menjadi anak yang baik. dan bersumber dari orang tua yang baik juga…

  65. ane sutuju bgt mas…. ini bermanfaat….terutama tentang “pantang berbohong”….kebanyakan orang tua menganggap berbohong kepada anak adalah hal yang kecil dan sepele…. padahal effecknya tdk baik…

  66. Great blog! I really love how it is easy on my eyes and the information are well written. I am wondering how I might be notified whenever a new post has been made. I have subscribed to your rss feed which really should do the trick! Have a nice day! agen togel togel indonesia

  67. memang perlu tips dan trik tertentu dalam menjaga mood anak kita. yg jelas kita sebagai orang tua jangan sampai malu untuk belajar

  68. Hey! I know this is kinda off topic but I’d figured I’d ask. Would you be interested in trading links or maybe guest writing a blog post or vice-versa? My blog discusses a lot of the same subjects as yours and I feel we could greatly benefit from each other. If you might be interested feel free to shoot me an e-mail. I look forward to hearing from you! Excellent blog by the way!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *