Toleransi Antar Umat

:: Walikota Jaksel baru-baru ini melarang kegiatan ibadah di sebuah ruko di Pasar Minggu, karena melanggar izin & ditolak oleh warga. Surat untuk GBKP (Gereja Batak Karo Protestan) Pasar Minggu tersebut dikirim juga ke Gubernur DKI, Ahok.

Penolakan warga terhadap rumah ibadah bisa terjadi. Karena warga juga punya hak, termasuk hak untuk hidup dengan nyaman, tidak mengalami keresahan.
Karena #toleransi itu 2 arah : harus dilakukan oleh kedua belah pihak, tidak bisa jika salah satunya tidak peduli.

Bahkan di negara maju sekalipun, warga sekitar berhak untuk menolak rumah ibadah, yang mengganggu kehidupan mereka. Seperti yang terjadi di sebuah #Masjid di Irlandia, tepatnya di Liffey road, Dublin – Inggris : http://www.thesundaytimes.co.uk/sto/news/world_news/article171926.ece

Karena mengganggu kehidupan mereka sehari-hari, maka masjid ini ditutup oleh Pemda disitu. Dan menurut saya itu sudah benar; memalukan sekali jika memang benar jamaah Masjid tersebut menyebabkan kesusahan bagi para tetangganya. Dan gagal menjalin #silaturahmi yang baik.

Di zaman rezim Ahok ini, GBKP Pasar Minggu tidak bisa menggunakan alasan bahwa ada masalah dengan aparat, mempersulit izin IMB rumah ibadah mereka. Laporan masalah dengan aparat kini bahkan bisa dilakukan via Smartphone (app Qlue), dan langsung ada tindakan dalam hitungan hari. Urusan berbagai surat izin juga kini selesai dalam hitungan hari, kadang jam.

Berarti memang ada masalah antara mereka dengan warga sekitar. Sebetulnya orang Indonesia itu bisa diajak bicara baik-baik, tinggal buat acara pertemuan, kesampingkan ego – dan lalu jadi pendengar yang baik.
Maka, mudah-mudahan jadi bisa mulai terjalin hubungan yang saling memahami satu dengan lainnya.

Kalau malah membangkang & terus melakukan hal-hal yang meresahkan, tentu saja tidak akan selesai masalahnya.

Toleransi itu perlu dilakukan oleh kedua belah pihak. Tidak bisa hanya dituntut terus menerus dari salah satunya.

Semoga bisa segera dilakukan solusi untuk masalah ini.

http://news.detik.com/berita/3311478/ini-surat-wali-kota-jaksel-larang-peribadatan-gbkp-pasar-minggu

Post imported by Google+Blog for WordPress.

32 thoughts on “Toleransi Antar Umat

  1. Sebenarnya semua bisa di bicarakan dengan baik baik apalagi sudah ada undang undang yang mengatur tentang pendirian tempat ibadah, tinggal ikutin saja peraturannya

  2. Issue semacam ini seharusnya tak lagi berkembang di kemudian hari. Tak patut ada penjegalan antar umat beragama dalam beribadah. Sudah menyimpang dari kaedah beragama. Damai itu indah walau tak sama dalam keimanan dan keyakinan. Masing-masing akan dimintai pertanggungjawabannya sendiri-sendiri.

  3. Toleransi itu perlu dilakukan oleh kedua belah pihak. Tidak bisa hanya dituntut terus menerus dari salah satunya.

    Semoga bisa segera dilakukan solusi untuk masalah ini.

  4. Thanks Infonya kak, Sangat Bermanfaat 🙂

    Ayo Kakak Semuanya,
    Yuk iseng bermain game untuk mendapatkan uang tambahan setiap harinya.
    Modal Kecil Dapat Puluhan Juta 🙂
    Bareng aku dan teman-temanku yang cantik-cantik loh !
    https://bit.ly/2Qz6u7T
    BBM : DD09567B
    WA : +6281262400720

  5. Want to build muscles fast and become a beast?
    No need to wait years, get the pro Muscle Boosting BodyBuilding Supplements!

    Try now Click here

    FEEL YOUNG AGAIN!
    Restore your youthful energy – Use Creatine that fires up your training and helps to build muscles fast!

  6. Hola dear ones. I am surprised we ran into the advice here. I’ve been hunting for this info for years and I will be sure to tell my children to hop by. The other evening I was toggling through the net trying to discover a conclusion to my stinging questions. Now I am going to take more action steps in whatever expressions possible. We are getting all bushed out on the amount of evidence we are seeing. Again I just had to thank you while I was here for such terrific knowledge. This has propelled me out of my comfort zone. Many sweet new things are occurring in my life. Its such a great spot to make conscious relationships. Before I go I will say that I am researching the topic of transfiguration. Leave me a PM if you are interested also. Thanks for taking time to read my words here. Make sure you send me your ideas and I will respond back as soon as I am able. Blessings and I’ll chat with you later on.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *