Berbagi Ilmu

Ikhlasul Amal mengajak kita untuk saling berbagi pengetahuan di sebuah entry di blog-nya.

Saya kemudian menuliskan sebuah komentar, tapi ketika di-submit tidak muncul. Mungkin ada moderasi komentar, anyway saya akan dokumentasikan saja disini juga; dengan beberapa tambahan spt link ke cwRsync dll :

=======================
Saya kira ide http://planet.terasi.net sudah bagus.

Kita jadi bisa sharing pengetahuan kita dengan mudah. Saya sendiri posting ke agregat tsb via email (well, sebetulnya posting ke kategori teknoblogia di blog saya, yang kemudian “disedot” oleh planet), sehingga sangat memudahkan proses sharing knowledge-nya.

Lalu situs planet.terasi.net ini juga mudah di-index oleh search engine (barusan sudah saya submit ke http://google.com/addurl), sehingga kemudian mudah ditemukan oleh yang membutuhkan.

Sebetulnya, memang saat ini planet.terasi.net masih belum membatasi bahwa hanya topik IT yang boleh ditampilkan, jadi saya mulai dari saya sendiri dulu, mengikuti sebuah ide yang dilemparkan di forum teknologia.
Saya pikir bagus kalau bisa disediakan 2 agregat – satu menampilkan blog umum, dan satu lagi menampilkan blog khusus mengenai teknologi/IT.

Mengenai wget – hati-hati, IlmuKomputer.com sudah pernah diusir oleh berbagai webhoster mereka karena overquota bandwidth – salah satunya adalah karena pengguna wget / kegiatan me-mirror situs ini. Situs Isnet.org juga pernah mengalami masalah yang sama; terakhir terpaksa pindah dari webhosternya di Amerika dan sekarang dihosting di Indonesia.

Jadi kalau bisa memesan versi CD-nya, mungkin itu lebih baik. Dan untuk update rutin bisa menggunakan rsync yang hemat bandwidth.
(pengguna Windows bisa menggunakan software cwRsync, dll)

Mengenai menggugah masyarakat untuk menjadi kontributor – selama ini pengalaman saya masalahnya adalah waktu. Banyak kawan-kawan yang ingin berkontribusi, namun terbentur pada kendala waktu.
Jadi kalau proses kontribusi bisa dilakukan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya dan nyaman, mungkin bisa lebih banyak yang berkontribusi.

Salah satunya mungkin adalah dengan menyediakan fasilitas blog yang bisa diisi via email. Bagi yang bisa memberi manfaat bagi komunitas IT Indonesia, saya bersedia menyediakan fasilitas ini secara cuma-cuma.
Beri saya sedikit informasi mengenai Anda / CV, dan apa yang ingin Anda bahas.
=======================

6 thoughts on “Berbagi Ilmu

  1. Memang ada moderasi di #direktif, namun itu untuk persoalan spam, menggunakan MT Blacklist. Namun komentar anda “lolos dengan selamat”, kok. 🙂

    Barangkali ada sedikit persoalan di server Web saat itu, sehingga tidak segera terlihat hasilnya. Yang jelas tidak lama setelah jam anda mengirim artikel, saya sudah menerima pemberitahuan ada komentar baru dan saya periksa memang sudah terpasang.

    Apapun yang terjadi, terima kasih atas komentar tsb. dan laporan persoalan yang terjadi lewat artikel ini.

  2. Terimakasih atas klarifikasinya 🙂 berhubung biasanya pakai WordPress, jadinya bingung begitu MT ternyata berbeda. Trims.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *