Sekolah Swadaya – diskusi dengan penyelenggara sekolah gratis

Malam ini saya baru saja menelpon Pak Deni Wahyudi (DW), salah seorang penyelenggara sekolah (SMP) terbuka di daerah Bekasi. Sangat menarik, siapa sangka ternyata di Indonesia ini masih ada sekolah yang gratis DAN berkualitas ?

Keypoints :

  • Ijazah: Sama dengan seperti yang bersekolah biasa, dan diakui oleh Diknas.
  • Raport: Sama dengan seperti yang bersekolah biasa, dan diakui oleh Diknas.
  • Lokasi: bisa di mana saja, tidak perlu mengeluarkan biaya. Ada yang di mesjid, teras rumah, aula pertemuan, dst.
  • Materi pelajaran: Diberikan gratis oleh Diknas & Sekolah Rakyat. Pengajar cukup bisa berkonsentrasi mengajar.
  • Pengajar: Relawan yang tidak dibayar. Mungkin bisa diganti dengan para ibu-ibu dari anak-anak tersebut sendiri, berganti-gantian sehingga tidak merepotkan.
  • Seragam: Tentu saja jadi bebas dari seragam πŸ™‚
  • Waktu belajar: Bebas, sesuai kesepakatan antara pengajar dengan anak didik.
  • Ringkasan cara pendirian: cari lokasi, cari pengajar, kontak Yayasan Sekolah Rakyat (untuk dukungan teknis dan materi pelajaran), cari anak didik (minimal 15 orang), cari SMP negeri yang akan menjadi induk – mulai berjalan.
  • Tingkat pendidikan: Sepertinya pada saat ini baru ada dukungan untuk SMP terbuka. (belum ada untuk SD/SMU ?)

TKBM (Tempat Kegiatan Belajar Mandiri) yang dikelola oleh DW didirikan pada tahun 1996. Sampai saat ini masih terus berjalan, dan telah meluluskan 10 angkatan. Pada awalnya berlokasi di mesjid, namun seiring dengan berjalannya waktu, ada beberapa donatur yang bersimpati sehingga kemudian tidak hanya bisa menyewa lokasi belajar, namun juga bisa mulai memberikan sedikit kompensasi kepada para pengajarnya.

TKBM tersebut meng-induk ke sebuah SMP negeri di dekatnya. Kepala sekolah SMP tersebut justru senang, mungkin karena Diknas menghargai sekolah yang mau menjadi induk bagi TKBM.
Menginduk disini setahu saya tidak merepotkan pihak sekolah yang bersangkutan sama sekali – hanya sekedar formalitas dimana nomor induk siswa, ijazah, dan raport akan berasal / bertuliskan nama sekolah induk tersebut.

Waktu belajar TKBM ini cukup unik, yaitu mulai dari pukul 16:00 s/d 20:00. Sepertinya kebanyakan relawan TKBM adalah pekerja kantor, sehingga waktu belajarnya adalah setelah jam kerja mereka.

Pada awalnya, masyarakat sekitar merasa pesimis dengan TKBM ini. Bagaimana dengan kualitasnya, status siswanya, dst.
Namun akhirnya, kini justru bahkan yang secara ekonomi mampu ikut mendaftarkan anaknya ke TKBM, karena kualitasnya yang telah terbukti. Tentu saja para pengelolanya terpaksa menolak, karena prioritas SMP Terbuka adalah untuk anak-anak yang secara ekonomi tidak mampu untuk bersekolah biasa.

Kendala utama TKBM adalah lokasi, tenaga pengajar dan waktu mereka.
Disini saya menyampaikan beberapa ide solusinya, seperti memberdayakan para siswa itu sendiri.
Lokasi adalah rumah-rumah yang cukup luas untuk digunakan. Sedangkan para pengajarnya adalah ibu dari para siswa yang mampu. Ada gilirannya, sehingga tidak merepotkan. Dst.

Pak Deni kemudian memberikan informasi mengenai seorang contact person di Sekolah Rakyat, yaitu Pak Ludi. Tentu saja bagi yang berminat juga bisa langsung menghubungi Yayasan Sekolah Rakyat, di 021 70174410.

Demikian informasi yang bisa di posting pada saat ini. Untuk selanjutnya saya akan mengkontak Bpk. Ludi, sehubungan dengan seorang kawan saya yang tertarik untuk membuka sekolah terbuka. Dan juga menyampaikan informasi ini kepada sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan anak-anak.

Ternyata, membuka sekolah gratis itu tidaklah terlalu sulit.
Cuma, banyak orang yang tidak tahu, bahwa ada alternatif ini (sekolah gratis). Jadi, sebarkanlah informasi ini kepada semua orang yang mungkin bisa memanfaatkannya. Terimakasih atas bantuan Anda.

Links:
[ Yayasan Sekolah Rakyat ]
[ Sekolah Rakyat @ Wikipedia ]
[ Ancol dan Sekolah Rakyat ]

69 thoughts on “Sekolah Swadaya – diskusi dengan penyelenggara sekolah gratis

  1. emang rasanya nggak susah … tinggal masalah komitmen. Setahu saya sekolah alternatif (dan murah .. bahkan bisa gratis) macam Sekolah Alam Ciganjur didirikan dengan modal patungan orang-orang yg concern sama buruknya (serta mahal) model pendidikan di Indonesia.

  2. I appreciate your post about this open inexpensive middle school system. Thanks for the updates, and it’s true that majority of people don’t have internet so it’s tough to share information via internet to get to the target audience, but it’s true that we all can spread the words…it’s better a nation who takes its own responsibility to educate themselves and their children than a nation who waits and accepts what’s given by the government πŸ™‚ I hope the words will spread out and more and more responsible people will be involved in educating the youngs, the future generation of Indonesia. A change is needed…

  3. #1, #2 – thanks for the kind comments. I’ve also contacted kak Seto to find out how more about the details about this (he already homeschooled 3 of his 4 children). Turned out he’s already preparing for a seminar on the topic, and will let me know once it’s ready.

    #3 – I’ll contact you directly, thanks.

  4. Assalaamu’alaikum Mas Harry …
    Mohon informasinya sekolah gratis di wilayah Pamulang di mana ya barangkali tahu.
    Di tempat saya tinggal ada beberapa keluarga tidak mampu dengan anak banyak tidak dapat melanjutkan sekolah karena di daerah kami untuk SD negeri masih dikenakan uang pangkal jutaan dan SPP.
    Padahal anak2 ini berprestasi masuk rangking 1 atau 2.

  5. Selamat pagi Pak Harry,

    Pembantu saya berusia 22 tahun bercita-cita ingin menjadi perawat. Dia sudah lulus SMP dan sekarang ingin melanjutkan ke SMA. Kami tinggal di daerah kemanggisan. Mohon informasi untuk sekolah SMA terbuka, karena pembantu saya tidak dapat diterima di sekolah SMA umum dikarenakan usianya yang sudah 22 tahun.

    Terimakasih

  6. @Riny – wa’alaikumsalam wr. wb, kalau di daerah pamulang saya kebetulan belum pernah menemukan. Tertarik untuk coba membuka? Mungkin saya bisa ikut urunan.
    .
    @Erna – di daerah kemanggisan kebetulan saya kurang tahu. Tapi silahkan bisa coba kontak Diknas setempat, atau bisa konsultasi dengan bpk.Ludi (nomor telpon ada di posting ini). Moga membantu.

  7. assalamu alaikum

    mas harry, saya ingin bertanya apakah ada trik dan tips khusus untuk mendapatkan dana awal dalam membangun sebuah sekolah rakyat, paling tidak dana operasional selain harus mengeluarkan kocek sendiri

    terima kasih
    wassalam

    akmal

  8. salam sejahtera…
    kepada redaksi kompas yang terhormat.
    saya mau sampaikan bukan hanya di jawa saja ada sekolah GRATIS Uang SPP.
    Si sumatera tepatnya di sumatera utara yang Gubernurnya Drs Rudolf PArdede tepatnya di kota medan ada sebuah yayasan sekolah dasar swasta yang membebaskan siswa2nya dari uang SPP dan bahkan memberikan Nutrisi sekali seminggu dan pemeriksaan KEsehatan dan memberikan pengobatan gratis kepada setiap sisiwanya minimal sekali dalam sebulan.
    bahakan Kalau Tuhan mengizinkan
    Yayasan PEndidikan ROMALBEST, akan memberikan bebas UAng SPP sampai setiap anak itu umur 17 tahun.
    Tolong dukung publikasi, karena saya belum pernah dengar ada sekolah swasta yang memberikan SPP gratis kepada setiap siswanya sampai umur 17 tahun, yang berarti sampai tammat SMA.

    Yayasan PEndidikan ROMALBEST Medan
    Jl Taut No 90 MEdan
    KEcamatan MEdan Tembung
    Kodya Medan
    Sumatera Utara
    Telp. 061 6611870 , 77671639, 08126578726

    salam,
    semoga Anak bangsa dapat pendidikan yang lebih layak.

    Dr R Romalbest Silitonga

  9. Informasi untuk pembaca, selain sekolah gratis di atas, ternyata di wilayah Jakarta Timur juga terdapat sebuah sekolah berasrama gratis yang memberikan full beasiswa bagi siswanya dari seluruh Indonesia. Namanya “KAFILA ISLAMIC SCHOOL” dan profilnya bisa dilihat di http://www.kafila-school.cjb.net. Dari profil tersebut dapat dilihat kurikulum yang sangat bagus dan juga sarana-prasaranya. Tolong disebarkan informasi ini disebarkan kepada orang lain barng kali bisa membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu namun memiliki intelegensi tinggi.

  10. mas..saya ade, mahasiswa komunikasi fisip univ. jend. soedirman purwokerto (pwt). di pwt, banyak anak jalanan yg putus sekolah. saya dan teman2 pengen banget bikin pendidikan alternatif, tapi bingung mulai darimana. kita udah sempet survei ke lokasi mereka tinggal. memang mereka sedikit tertutup. pendekatan seperti apa yang musti kita lakukan?trus program kaya apa? buat yg lain juga tolong masukkannya. kirim aj ke email saya kurro_boo@yahoo.com
    terimakasih…

  11. Mas Harry, saya salut banget masih ada sekolah gratis seperti ini. Punya info nggak Mas, kalau ingin jadi relawan di daerah Bekasi gimana? Sekolahnya tidak ada yang pagi ya?

  12. assalamualaikum mas harry
    saya pikir, saya punya visi yang sama seperti anda.
    perkenalkan saya gusti dari ITS Surabaya
    insya Allah saya dan beberapa teman juga hendak mendirikan sekolah gratis dengan sarana dan prasarana yang lengkap. jujur saja, saya memiliki pengalaman buruk tentang ketidak-adaan biaya untuk sekolah. saya harus bekerja ekstra keras agar saya bisa sekolah hingga saat ini, saya kuliah pun dengan penuh perjuangan keras. pengalaman ‘merasakan’ ini membuat saya bertekad HARUS mendirikan sekolah gratis bagi adik-adik yang tidak mampu. saya selalu menyebarkan visi saya ini ke semua teman-2 dan kenalan saya. banyak yang menertawakan, hingga akhirnya saya temukan komunitas ini, saya jadi bersemangat. saat ini ada beberapa teman di sby yang ,memiliki ide dan visi yang sama. kami mulai merintis untuk mendirikan sekolah ini. mohon bantuan dari semua pihak, terutama yang berada di sby. saya mengajak anda semua untuk bergabung bersama kami untuk menyelamatkan pendidikan anak bangsa. mohon bantuan saran, ide,dll. no saya 085230260061, atau cdma 031 91243058. trim atas semangat yang anda semua berikan. kita pasti bisa. wassalam

  13. Ada tetangga saya yang putus sekolah karena biaya, ingin rasanya membantu tapi jika melihat biaya sekolah2 saat ini mungkin sedikit berat secara saya juga mongontrak dan hanya seorang peg. swasta.. mungkin aLL bisa memberikan sedikit informasi mengenai sekolah murah atau ‘mungkin’ gratis namun yang berkualitas.. karena anak tersebut masih mempunyai motivasi yang sangat besar untuk bersekolah.. 4 others inform.. lokasi kita d pondok kelapa – jakarta timur., kalau memang ada informasi please contact at email : hineshi@yahoo.com / ksi_sms@kino.co.id
    Tq b4
    Wsallam.

  14. hi, saya mau jadi tenaga relawan pengajar bagaimana caranya?
    saat ini saya masih bekerja dari senin – jumat, hari sabtu atau minggu saya bersedia, lokasi tinggal saya di jakarta pusat
    bisa kasi info please email me at vinta_dudulz@yahoo.com

  15. asl.
    saya ma kawan-kawan di makassar, ingin mendirikan sekolah rakyat buat masyarakat kurang mampu.Cuman yang menjadi masalah bagi kami sekarang adalah tentang materi-materi pembelajaran serta metodologi pengajaran yang bisa menarik buat masyarakat.Jadi saya minta tolong bagi yang udah berpengalaman bisa saling berbagi dengan kami.sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  16. mas harry, punya info ttg sekolah gratis yg benar2 butuh bantuan di daerah jabodetabek ato sekitar? saya dengar di daerah gunung putri ada sekolah gratis juga ya?. please info ya mas ke zelda.prawresni@gmail.com semoga saya dan teman2 bisa ikutan berbagi & membantu

  17. Finding this community is an oasis to me. In the midst of my restless disappointment towards the education system in Indonesia (I am an Indonesian, working for department of national education – just getting started, but indeed I have been overwhelmed by the way the policy is made and implemented in which by far less-tergetted), I finally get a chance to at least widen my horizon to start preparing myself to do better (and more) in this field. I am now currently studying at USA, majoring in computer education and technology. What has interested me about your blog is the urge of this open and inexpensive school system (Maya, 2006) that has started to capture the awareness of providing education to especially disadvantaged children in Indonesia. Since I am now planning to write something about it (it’s a good way to publicize so that the eyes of the world can see this significant efforts made by people who really have a pure concern towards the accessibility of education for disadvantaged children. Since I have to touch the area of the technology use, do you have any idea how this could be best implemented in the system where it helps improving the teaching and learning process and where it is affordable enough to use (technology friendly: cheap/free, easy to use, strategic planning in teaching and learning practices: lesson plan, material, etc).
    I am really looking forward for any information I may use as references here (for my thesis) and hopefully that my thesis will be able to contribute (or at least speak up) in the midst of education’s mainstream problems faced by Indonesian’s gov nowadays. In other world, at least will inspire and touch consciousness in more reachable level.

    Thank you so much,

    Regards,
    Trinity

  18. Assalamualaikum,
    Maaf,saya seorang siswa sma kls 3 d sby,,
    Saya mau tanya,,kira2 biaya untuk membangun skolah gratis bgi ank2 ja

  19. aq interest bgt sama sekolah gratis.kyknya ank2 egeri qt ni emg butuh org2 dewasa yg mau sukarela ksh pendidikan gratis bwt mrk. kl bkn qt,siapa lg? lokasi aq di bandung, ada ga ya sekolah model gt di bdg?insAllah aq&bbrp temen bersedia jd relawan.

  20. Perkenalkan saya saLah satu marketing sekolah gratis, pondok pesantren Assyamsuriah setara Sekolah Dasar, SMP dan SMA.
    Membutuhkan siswa lulusan MTs/SMP yang tidak mampu untuk nyantren gratis. Ataupun siswa putus sekolah.
    Dapat uang saku sampe Kuliah.
    Laki-laki dan perempuan 20 orang.
    Berijazah.
    Mendapatkan BOS dari pemerintah / Depdikbud.

    Contact : Muksin, SE. MM. 085724211858
    Lokasi : Cibadak
    Jalan : KH. iHi
    FasiLitas:
    1. Uang makan
    2. Asrama
    3. Pelajaran kitab kuning
    4. pengembangan bahasa arab inggris
    5. tahfidz AL-qur’an
    6. EskuL Komputer (microsoft office, autocad, 3dMax)
    7. PiLihan BeLajar Kejuruan:
    a. Menjahit
    b. Obras
    c. SabLon
    d. System PengoLahan EthanoL & limbahnya
    e. Pertanian
    f. PengoLahan Pupuk
    g. Budidaya Singkong unggulan (100 ton / HA)
    h. MicroHydro (Teknik Tenaga Listrik Air)
    i. Peternakan
    1. Ikan
    2. Sapi potong
    3. Kambing
    j. BengkeL Las. WELDING.

  21. Saya membutuhkan alamat dan no telp Komunitas Pekerja yang mengajar anak-anak kurang mampu di daerah Jakarta Pusat.
    I really want to spent spare time and share with them (pengajar & anak2)
    saya mendapat informasi daerah kembang sepatu Jakarta ada jam kegitan mengajar 6-8 setiap hari Senin &Jumat
    apa benar?

    My working days/hours is 5 days a week till 5.30pm
    Apakah ada yg sekitar daerah SUDIRMAN-THAMRIN?
    terima kasih.

    please do not published my email

  22. Mas Harry,

    Bisa saya minta no. kontaknya pak Deni Wahyudi??
    dijapri ajah ke email saya yah mas.

    Thx,
    -aLpha-

  23. Sekolah gratis? Ternyata ada ….
    Bagi anda lulusan SD yang memiliki prestasi bagus namun kesulitan biaya, di Jakarta Timur ada sekolah gratis dengan sistem boarding ( asrama ). Namanya Kafila International Islamic School. Semua siswanya mendapatkan beasiswa penuh alias gratis … tis … selama enam tahun.
    Sekolah ini setingkat SMP – SMA dan khusus putra. Siswanya dapat berasal dari seluruh indonesia yang diseleksi di berbagai wilayah Indonesia.
    Pendaftaran sudah dibuka dan berakhir pada 20 Maret 2009
    Info selengkapnya klik http://www.kiis-jakarta.org

  24. mas harry, kalo memungkinkan, boleh tidak saya minta kontak/nomer telepon pak Deni Wahyudi? Saya ingin membuat profil sekolah beliau untuk ditampilkan di majalah saya. Terima kasih.

  25. Halo semuanya, saya tidak tahu apakah pak Deni Wahyudi berkenan jika nomor telponnya saya bagikan.
    .
    Jadi sebagai gantinya, silakan kontak bpk. Ludi – nomor telpon beliau sudah dicantumkan di artikel di atas.
    .
    Terimakasih.

  26. seandai nya pemerintah lebih peduli ttg masalah pendidikan di indonesia..dn bbz biaya utk si miskin tntu ga akn ada sklolah terbuka..dn anak2 bsa berskolah di gedung skolah bkn diteras ato di mesjid

  27. mana janji pemerintah yg akan lebih memperhatikan mutu pendidikan dan sarana dr sekolah..ntu lah pemerintahan yg penuh janji2 sperti sekrg..

  28. terharu sekali membaca posting ini..
    saya berminat untuk menjadi relawan pengajar di wilayah sekitar tempat tinggal saya yaitu di sekitar jatinegara, jakarta timur.
    saya bekerja senin-jumat dari jam 7.30-16.30
    sedangkan sabtu minggu insay Allah free.

  29. Hey very cool site!! Man .. Beautiful .. Superb .. I’ll bookmark your web site and take the feeds also…I am glad to find a lot of helpful info right here in the submit, we want work out more strategies on this regard, thank you for sharing. . . . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *