Rich Dad Poor Dad – dan buku-buku motivasi lainnya

Sore ini kebetulan membaca posting Priyadi mengenai Rich Dad Poor Dad, bagaimana pada akhirnya terbukti bahwa Kiyosaki banyak memalsukan fakta-fakta di bukunya. Saya jadi ingat lagi kenapa saya tidak terlalu menyukai buku-buku motivasi seperti ini.

Salah satunya adalah karena buku-buku ini bisa membuat kita terlena. Kita jadi terbuai di awang-awang utopia, bagaimana segala sesuatunya ideal, dan kita BISA menjadikan itu semua kenyataan.
Namun, kebanyakan orang terbuai terus di khayalan tersebut.
Hanya sedikit yang bisa ACTION. Dan lebih sedikit lagi yang bisa terus menjalani semua prosesnya yang penuh kesakitan dan penderitaan, sampai akhirnya menjadikan KENYATAAN.

Saban membaca buku motivasi, biasanya saya bukan lagi speed reading, tapi light-speed reading ! Sekedar menangkap wawasan-wawasan baru saja. Itupun kalau memang ada.

Saya tidak mengatakan bahwa buku-buku motivasi ini pasti sampah. Hanya, berhati-hatilah. Jangan sampai Anda jadi terbuai karenanya, dan justru lupa melakukan yang terpenting – ACTION.

94 thoughts on “Rich Dad Poor Dad – dan buku-buku motivasi lainnya

  1. kalau alasan nggak mau baca buku-buku kayak gitu karena takut terbuai(terlena), itu bukan semacam pengakuan bahw kita kurang kritis … ?

  2. Siapa bilang buku2 motivasi tidak mengajarkan action? Cuma, action yang diajarkan oleh buku2 macam ini cuma berkisar pada: get rich quick, selling as much as you can, don’t waste your time with school, etc.

    Ada waktunya dulu saya masuk toko buku dan cuma bisa ngiler krn banyak buku bagus yg gak kebeli karena duit gak cukup. Sekarang saya masuk toko buku dg uang cukup tapi keluar gak bawa apa2, soalnya buku2 yg dipajang melulu buku motivasi. *sigh*

  3. Menurut saya.. tips and trik dari Safir Senduk dapat mematahkan teori Kiyosaki yang menyatakan bahwa Kuadran Kiri (Employee and Self Employee) gak bisa KAYA..

  4. Tergantung siapa yang melihat buku tersebut, kallau kita berfikir positif hal positiflah yang akan kita dapat, begitu sebaliknya.ga salah juga punya buku seperti itu, minimal kita tahu cara pikir orang super sukses. Be Positive Person.

  5. @ino – safir senduk kebetulan dulu kawan saya di SMA, saya ada sedikit mengenal dia. Menurut saya konsep2nya cukup praktis & applicable, bukan cuma sekadar mengawang-awang. Bagi saya (pribadi) yang seperti ini lebih menarik.
    .
    @Rolla – masalahnya si Kiyosaki ini awalnya tidak sukses seperti klaim dia. Setelah dia menerbitkan buku inilah baru dia menjadi sukses πŸ™‚
    .
    Model bisnisnya menarik juga, he he.

  6. buat Rolla – saya pernah membaca buku Kiyosaki.. dan sangat jelas Kiyosaki membeberkan teori kuadran kiri dan kanan-nya menyatakan: bahwa Employee dan Self Employee tidak akan bisa kaya. Hanya Pengusaha Besar dan Investor.

    Nah.. setelah membaca buku Safir Senduk, (ini pendapat pribadi) siapa yg bilang Employee dan Self Employee tidak bisa kaya? Saya sempat bertanya, apa saya harus menjadi investor dengan modal besar dulu baru saya kaya? padahal secara logika anak SD bisa mengerti, kalau sudah punya modal besar dan menjadi investor.. ya sudah kaya donk..
    Mari berdiskusi..

  7. Pak Harry Sufehmi, saya sependapat dengan Anda. Teori menjadi bermanfaat jika diaplikasikan..

  8. gw pembaca rich dad, gw mempraktekkan rich dad, dan gw berpenghasilan lebih besar dari temen2 gw. menurut gw impian dan motivasi itu penting, amat penting, ia seperti bahan bakar untuk melakukan action, semua orang yang berhasil membuat perubahan besar berawal dari impian dan motivasi yang besar, kita sebut: Muhammad, thomas edison, sir richard branson, jim carey, ciputra, soekarno, al ma’soem, louis tendean, napoleon, jack canfield, mereka berpikir besar sebelum bertindak besar, mungkin anda tidak mempercayai pemikiran besar sehingga anda tidak melakukan tindakan besar.

  9. Good.. good..

    Saya juga punya motivasi bahkan pemikiran yang mungkin lebih besar dari pemikiran dan impian Anda..

    Pertanyaan saya, apakah Anda harus menjadi KAYA dulu sebelum menjadi investor (yang akhirnya – menurut kiyosaki – bahwa hanya investor dan bisnismen yang bisa KAYA) ?

  10. anda tidak sopan.. silahkan memberikan komentar yang bisa di-diskusi-kan.. bukan komentar yang seperti anak kecil bung..

  11. tidak usah banyak2 koment saya.. anda bisa memberi tanggapan seberti itu apakah anda sudah bisa mendapatkan seperti yg didapatkan robert kiyosaki.. tentunya dengan toeri anda.. thnk

  12. Saya belom baca banyak di buku rich dad, baru sampe halaman akhir chapter 2 (versi PDF). Jadi belom tau ini bener cerita yang real ato cuma fiksi ilmiah doang.

    Tapi apa yang gw dapet big picture-nya sampe sekarang :
    1. Usahakan untuk menginvestasikan uang kita untuk mendapatkan pasif income. Investasi nggak perlu besar2 seperti beli perusahaan, atau membuat vila. Tapi bisa mulai dari yang kecil, seperti jadi boss perusahaan layang2, bandar ojeg, bandar angkot, ato yang lain yang modalnya masih dalam taraf wajar (tergantung kondisi keuangan).
    2. Modal untuk buka usaha (modal investasi) diambil dari gaji. Kalo gaji belom cukup, bisa dari tabungan ato pinjaman bank.
    3. (Gw susah ceritainnya…)

    BTW udah ada yang coba maen game CASHFLOW? Lama2 gw rada ngerti apa yang Kiyosaki maksud. Cuma untuk implementasi real mesti puter otak dulu ya. Nggak semudah yang diomongin. Sekarang kerjaan gw masih staff (masih cupu), mungkin mesti nabung dulu sampe berapa taun baru ada modal untuk investasi.

    Overall bagi gw nggak salah2 amat untuk baca nih buku. Tambah pengetahuan, walau implementasinya nggak gampang banget.

  13. Saya baca buku Kiyosaki “Retire Young Retire Rich” awalnya tertarik ketika baca Kedaulatan Rakyat resensi buku Who Wants to Rich nya Dnald Trump sama Kiyosaki. Itu 2 bulan yang lalu. (Agak terlambat ya ? (: ) Kayaknya kok nggak membumi gitu. Nah kira2 2 minggu yg lalu saya memperoleh kesempatan untuk membuktikan. Dan gilanya (kalau boleh saya katakan gila tuh si Kiyosaki) tulisannya BENAR2 bisa dibuktikan. Luar biasa ! Waduh saya tidak percaya kalau teorinya begitu cepat bisa dibuktikan. Sekarang saya baru menyusun rencana. Kalau benar, pada umur sekitar 48 tahun (sekarang saya 42th) saya sudah bebas finansial. Saya kira, mungkin yg dibutuhkan, kita tiak perlu menelan mentah2. Karena apa yg saya lakukan tidak 100% persis spt Kiyosaki. Tapi IDEnya untuk memperluas konteks dan ISI itu yg memberi inspirasi saya. Fifa bebas finansial !

    Salam

  14. aq pikir, dengan membaca bukumotivasi sepeti tu qt bisa lebih bersemangat bwt ngelakuin sesuatu,
    so,aq sekarangg lagi buktiin apa kata kiyosakki denggan ikut mlm.
    oke nggak tuch?/

  15. menurut saya buku-buku seperti yang ditulis Kiyosaki sangat bagus. buku itu motivasi kita untuk terus berusaha. biasanya orang yang kurang paham dengan isi buku itu mengangap buku itu jelek dan hanya membuat terbuai yang menbaca nya. hanya karena mereka beda konteks dengan kita yang bilang seperti itu, makanya mereka salah mengartikan. orang yang punya impian-impian pasti termotivasi dan lebih semangat mengejar impian-impian nya

  16. Di surabaya ada ciputra, yang punya universitas untuk menghasilkan pengusaha (bukan pegawai). Dia mengatakan bila indonesia ingin maju, minimal punya 2 juta entrepeneur.
    Juga ada di http://www.caragilajadipengusaha.com binaan purdi e chandra (pendiri primagama).
    Kalau anda bilang kiyosaki omong kosong, mereka mungkin bisa buktikan versi orang2 indo bahwa ada cara lain buat cari uang, dari pada hanya menukar waktu dengan uang.
    Kembali ke orangnya masing2, kembali juga dengan apa yang akan didapatkan orangnya masing2.
    jadi pegawai selamanya (kuadran E), profesional (kuadran S) atau coba mandiri jd pengusaha(kuadran B) ato investor (kuadran I), semua itu pilihan kan?1?!
    tapi yang jelas, banyak orang2 cina tetangga saya lebih milih jadi pengusaha/investor. Dan mereka sebagian besar lebih sukses.

  17. Kalo saya membaca buku RDPD, saya rasa, motivasi itu yg bisa diambil, bahwa dunia ini tak selebar daun kelor dan jangan batasi potensi diri, cuma jadi karyawan…..bahwa benar kaya ayah kaya Kiyosaki, Anda harus menjadi kaya, krn dgn kaya Anda akan bisa membantu yang lain….kalo ayah miskin berpendapat, ya ntar deh kalo ada lebihnya, disumbangin…..

    Motivasi :
    Silahkan kaya, dengan cara halal, agar bisa banyak membantu orang lain.

  18. Dari dulu perbedaan mengenai suatu pandangan tu biasa. Tapi menurutku, rich dad poor dad nya kiyosaki emang ngebangkitin motivasi banget buat ngemaksimalin apa yang diri kita punya. Saya masih inget dia pernah bilang di buku nya, kalo dia pengen pensiun muda dan ternyata dia bisa buktiin. Saya sekarang juga sedang mengejar target dimana saya ingin pensiun muda dan passive income saya bisa berjalan lancar. Kalo ada yang pernah baca buku nya yang lain, yang if u want to be rich don’t go to school. Pasti saudara2 bakal lebih ngenal pemikiran kiyosaki.

  19. Sungguh sikap yang pesimis kalo kiyosaki berbohong dengan fakta2, cobalah berfikir yang positif. banyak pelajaran yang bisa kita ambil, emang sich segala sesuatunya terlihat mimpi.Bukankah hal terindah dalam hidup kita adalah mewujudkan IMPIAN kita.

  20. Saya adalah seorang anak smp kelas 3 kelahiran 8 mei 1994. Ketika saya baca buku itu sampai selesai saya menemukan suatu sauatu hal yang dapat membuat saya menjadi bisa mengkoreksi hal-hal disekitar saya terutama mengenai masalah finansial dinegara kita ini. Saya hargai pendapat anda mengenai hal itu karena saya yakin pendapat orang didunia itu berbeda. Paling tidak anda bisa mengkoreksi diri anda sendiri. Mungkin anda tidak membaca buku itu sampai selesai, dan lalu anda perpendapat mengenai hal-hal buruk mengenai hal itu. Itu menujukkan bahwa anda selalu mengambil hal-hal negatif dari sesuatu hal. Ingatlah bahwa orang sukses adalah orang yang selalu dapat menghargai sesuatu hal yang terjelek sekalipun. Mengapa ? karena orang sukses selalu mengambil hal yang positif dari hal yang paling negatif sekalipun. Karena buku itu saya menjadi seorang motivator muda yang paling sering dipilih untuk mengisi acara AMT disekolah saya. Apakah bapak sama sekali tidak memiliki impian. Pak Harry Sufehmi ingatlah kalimat-kalimat saya ini “Orang yang dijelek-jelekan oleh orang lain belum tentu jelek, tetapi orang yang suka menjelek-jelekkan orang lain sudah pasti orang itu jelek” ; “Orang yang tidak memiliki impian adalah orang orang yang tidak menginginkan perubahan dan tanpa perubahan orang tidak akan maju malahan yang ada adalah kemunduran dan mereka terlihat seperti orang yang berjalan menuju kematian”. Dengan buku itu kita bisa bekerja keras selama kurang dari 5 tahun dan pensiun seumur hidup daripada kita bekerja seumur hidup lalu kita pensiun 5 tahun SIA-SIA!!!.jika anda ingin membalas kritikan saya, hubungi nomer ini:02747434415. Saya ucapkan terima kasih atas kritikan yang anda buat dan anda juga harus hargai kritikan saya. Jadikan kritikan ini untuk mengkoreksi diri anda sendiri dan juga orang lain. Sekian dan terima kasih

  21. @wakhid – Dengan buku itu kita bisa bekerja keras selama kurang dari 5 tahun dan pensiun seumur hidup daripada kita bekerja seumur hidup lalu kita pensiun 5 tahun SIA-SIA!!!
    .
    oh, jadi anda sudah sukses rupanya sekarang ?
    .
    Mungkin anda tidak membaca buku itu sampai selesai, dan lalu anda perpendapat mengenai hal-hal buruk mengenai hal itu. Itu menujukkan bahwa anda selalu mengambil hal-hal negatif dari sesuatu hal.
    .
    Yang negatif itu siapa? Anda hanya bisa menuduh saya bermacam-macam, ketika saya bicara FAKTA. Fakta bahwa Robert Kiyosaki telah melakukan penipuan.
    .
    Tapi, terbuai oleh buku ini, bahkan fakta pun bisa Anda abaikan.
    .
    Ini sebabnya saya kurang suka dengan buku-buku seperti ini – menjual MIMPI. Membuat orang terlena. Dst.
    .
    Coba dibaca lagi paragraf posting saya yang terakhir :
    .
    Saya tidak mengatakan bahwa buku-buku motivasi ini pasti sampah. Hanya, berhati-hatilah. Jangan sampai Anda jadi terbuai karenanya, dan justru lupa melakukan yang terpenting – ACTION.

  22. Bravo Wakhid!!
    Nama ku Nonik dari Bali, salam kenal
    Aku juga motivator sekaligus pebisnis, umurku 22 aku salut banged kamu masih muda udah bisa punya pemikiran pengusaha.

    Buat semuanya
    Mari kita bertindak positif, berpikir positif
    Setuju?
    Supaya kita semua menjadi sukses
    Seperti kata Pak Sufehmi, saya setuju banged
    Mari kita action
    Action positif tentunya

    Okelah kalau RObert T Kiyosaki melakukan penipuan,
    tetapi ada banyak orang yang terinspirasi oleh beliau dan bisa merubah keadaan keuangan dan juga hidupnya menjadi lebih baik dari semula (Saya adalah salah satu yang berhutang budi pada Bapak Robert T Kiyosaki, jika saya tidak membaca buku Rich Dad Poor Dad pada usia 17 tahun saat ini pasti SAya masih belum bisa memiliki aset sendiri dan passive income)

    Thanks RObert T Kiyosaki
    You are my life hero!

  23. saya setuju dengan pendapat mas hari tentang

    Jangan sampai Anda jadi terbuai karenanya, dan justru lupa melakukan yang terpenting – ACTION.

    cuma kalo melihat komentar mas hari :
    “ketika saya bicara FAKTA. Fakta bahwa Robert Kiyosaki telah melakukan penipuan.”

    fakta yang mana ya?

  24. wah…….rame banget diskusinya….leh nimbrung kan pak?
    saya belum baca buku RDPD nya Mr.kiyosaki,tapi pernah baca juga sih katanya beliau sukses setelah menulis buku ini.
    hmmm…..saya jadi berpikir gini,wah hebat banget pak kiyosaki ini,bisa melaksanakn gagasan2nya yang ia tulis,artinya beliau ini seorang ACTIONER juga kan?bukan cuma omdo.
    masalah pro kontra sih menurut sy sah2 saja.
    saya sngat suka dengan semangat wakhid dan nonik,masih muda udah bisa berpikir sejauh itu,itulah mungkin beda anak muda dengan orang dewasa yang cenderung lebih rasional.
    so,bagi yang suka dgn buku RDPD ya silhkan saja.bagi yang ga suka jg boleh2 aja.MAN JADDA WA JADD

  25. nimbrung juga deh πŸ™‚

    pertanyaannya kalo terbukti buku RDPD palsu kenapa sampai sekarang masih dijual di Gramedia.
    apalagi ada buku terbaru beliau dengan Mr.Trump.

    Soal ACTION semua buku motivasi mengajarkan tentang ACTION.nah sekarang tergantung kita mau ACTION dulu atau tidak.kalo ga ACTION mana kita tahu hasilnya nanti.

    Apa yang ditulis Pak Robert T.Kiyosaki menurut saya sesuai dengan keadaan atau fakta di sekitar kita.

    Berpikirlah positif + kemauan + ACTION maka kita semua pasti BISA!

    Thanks to Pak Robert T.Kiyosaki yang telah membuka pikiran saya πŸ™‚

  26. action jauh, jauh, jauh…JAUH lebih penting daripada teori. Buku apapun yang kita baca, untuk menjadi sukses bukan buku itu yang menentukan, tapi action kita.

    Kalo ada buku yang judulnya “Nomor lotere yang akan keluar dari tahun ke-tahun – 100% jaminan uang kembali”. Bukan yang baca buku itu yang sukses. Tapi yang beli kupon loterenya. Bahkan untuk menang lotere pun kita harus action.

    Nice blog. salam kenal.

  27. salam kenal andika, kadang-kadang action ada setelah stimulan masuk ke pikiran kita, dan sumbernya bisa dari buku, obrolan, atau rekaman mata kita. jadi kita bisa membuka seluas-luasnya cakrawala ilmu, pengalaman pribadi, dan atau pengalaman orang lain sekalipun. Thanks u.

  28. salam success
    pro dan kontra itu biasa terjadi dalam hal apapun…kita harus menyikapi hal tersebut dengan pandangan yang positif, terkadang keegoisan kita senantiasa lebih besar dari pada kontribusi yang bisa kita berikan kepada orang lain….
    presiden amerika john kennedy pernah mengatakan “jangan tanya apa yang negara berikan kepadamu tapi tanyalah kepada dirimu apa yang dapat anda berikan kepada negara… hal itu sama dengan hal yang kita bahas ini….jangan tanyakan apa yang bisa buku itu berikan kepada mu tapiu tanyakan kepada dirimu apa yang bisa kamu dapat dari buku itu…hehehehhe atau apa yang bisa kamu berikan kepada orang lain atas pengetahuan yang kamu dapat dari buku itu….
    mungkin anda tidak mendapatkan manfaat dari buku yang anda baca ataupu kurang setuju dengan isi yang ada di buku tersebut…itu hal yang bias amenurut saya, tapi setidaknya kita tidak menjelek kan buku tersebut….
    setelah saya membaca buku tersebut, saya mersa cocok dengan apa yang dituliskan leh Robert TK. karena mengajarkan kita untuk cerdas dalam sisi financial…meski menurut sebagian orang cara tersebut bertentangan dengan lingkungan atau pemikian orang……..
    kamu adalah apa yang kamu pikirkan…..
    alam semesta tidak memandang segala setuatu dari benar atau salah…..tapi dari apa yang kamu pikirkan…..
    sekian sharing saya semoga bermanfaat……….
    thanks

  29. saya setuju dengan sodara niksen ,robet kiosaki seperti dalam bukunya ,benar dan bisa di buktikan .pada awalya saya negatif ketika membacanya setelah saya telaah lebih luas dan memebandingkan dengan fakta fakta? saya jadi mengerti.
    jadi siapa yang salah memahami berarti salah mengartikan.dan siapa yang salah mengartikan berarti ia salah memahami.
    thangs

  30. saya juga udah baca tentang artikelnya mas priyadi…

    saya nggak peduli orang bilang dia niru2 atau karyanya harus jadi penghuni baru tempat sampah bersama makanan2 busuk lainnya…

    terakhir kali saya baca rich dad, poor dad for teens, karena saya baru berumur 17 …. dan menurut saya bagus banget….

    dia menthir saya yang udah ngebuat saya melek secara finansial…

    faktanya, saya langsung ngeliat peluang bisnis di depan mata saya dan udah ngebuka bisnis itu dan sekarang udah mulai maju…

    bahkan sekarang saya udah punya tabungan yang cukup buat biayain hidup saya dan kuliah saya sendiri….

    bodo amat orang mau bilang apa tentang si Kiyosaki…

  31. maaf mas sufehmi, anda bilang robert kyosaki melakukan penipuan, yang mana? tolong dijelaskan secara gamblang. teori robert bagus lo, cuma berhasil to nggak prakteknya tergantung pembacanya

  32. jangan sekuler bung, masih ada buku yang lebih hebat dari si kayasapi itu eh koyasaki yaitu AL QUR AN…………

    mari kita baca Al Qur’an dipahami dijalankan

    Insya Allah, kebahagiaan di dunia dan di akhirat dapat kita raih OCCCCCCCCCCCC

  33. wadew..
    pak, om, mas, dik, semuanya..
    nderek langkung..
    ijin lewat..
    no comment..cuma baca comment..
    hehe

  34. sebelumnya saya mohon maaf

    yang saya tangkap/telaah dari buku-buku yang dikeluarkan oleh kiyosaki bukan “kuadran kiri tidak bisa kaya, tetapi semua kuadran bisa” hanya yang ditekankan oleh dia “kebebasan financial”, karena di kuadran kanan kita telah membuat sistem dan sitemlah yang bekerja untuk kita.

    cobalah baca buku kiyosaki tentang cashflow quadrant

  35. saya sangat menghargai pemikiran orang yg mau bekerja sendiri tanpa tergantung oranglain . bagi saya robert itu motivator utk entrepenuer, dia sebenarnya memberikan gambaran bahwa membuat usaha apapun walau dipandang orang remeh spt pengusaha ojek, bajaj or toilet pun bukan halangan utk jd kaya asal kita mau berusaha. krn yg besar bermula dari yg kesil dan remeh

  36. Bilamana kita sudah mempunyai fundamental pendidikan yang bagus sejak usia dini, maka kita tidak perlu lagi membaca buku buku motivasi tersebut yang sifatnya adalah instant

  37. dunia memang penuh dengan pro dan kontra …
    hanya hati yang bisa menjawab …
    sometimes too much think with logic will “kill” us …
    too much analysis will slow us down …

  38. sudah2 jawabanya adalah harry sufehmi orang yang telah terbuai dan tidak bisa melakukan action dan harry sufehmi adalah orang2 yang berada di quadrant kiri(employe/self employe)

  39. Wah menurut saya buku tsb buka sampah mas…..
    mas bener juga sih yang penting mah niad, klo jadi enterpreneur kita tuh butuh perjuangan juga ga gampang2…
    saya baca ada yang baca RDPD langsung jajal invest, tapi dia gagal, tapi ujung2nya dia jadi business owner tuh (punya salon) dia berusaha mah bisa bukan utopia belaka, mungkin mas aja yang takut akan kegagalan terus aja mas jadi E employeeee….

  40. hai semua. saya kebetulan kenal dgn kiyosaki beberapa tahun yg lalu saat tour perusahaan keliling amerika dan eropa. dan saya terkejut pada tahun 2002 ada buku yg dipublishnya.
    mengapa kiyosaki dgn terbuka telah menceritakan hidupnya, yang setahu saya adalah jujur dan mendidik.
    saya mengenal kiyosaki bukan dari buku tapi dari hubungan bisnis yg lama.
    terima kasih utk teman2 pembaca dan kiyosaki.

  41. Pak Sufehmi…… saya setuju dengan pendapat mas Wakhid, jangan menghukum dulu sebelum mencoba. Bapak tidak mengerti sebenarnya Kiyosaki hanya mengajarkan Neraca dan I/S saja, kalo bapak belajar akuntansi/ pembukuan bapak akan tau bagaimana hubungan ke2 laporan itu. Kiyoshaki mengajarkan bagaimana bagaimana kita menjadi kaya dengan cara yg halal dan legal, ga ada yg salah kan kalo kita menjadi kaya dengan cara yg legal dan halal, yg salah itu kalo kita jadi perampok berdasi atau bergolok. Buat saya yg sudah 52 tahun saya akan berkrya terus sambil menunggu panggian Allah swt, tidak ada kata pangsiun. Untuk apa pangsiun kalo kita menyusahkan orang lain……

  42. @danu – jangan menghukum dulu sebelum mencoba.
    .
    Silahkan saja, itu pilihan Anda. Jelas saya tidak ada hak untuk melarang Anda sekalian.
    .
    Yang jelas, saya tidak tertarik pada informasi dari pembohong πŸ™‚

  43. wah rame bgt nich,gue dh punya bukunya RDPD mnrt gue buku yg hebat….eh kmu brpkr pke otak yg di atas dong, hrmatilh krya seseorang….dia pemikir keras…dan teorinya berdasarkan aturan2 stimulus yang berlaku umum, bravo pak robert…dunia ini kiamat bla orangya bodoh2 dn tak mengenal Tuhan…tak mau berpikir untuk perubahan seperti engkau….maaf y kata2 sy pnas bget…slya gue gmtar bca komntr2 yg menytudutkan, sy ykin anda adlh orang yg berpendidikan…tetpi intelegensi anda saya ragukan …cma buang2 duit ja sekolahnya…salam sukses tk smua yg mau berpikir keras untuk perubahan yang lebih baik……

  44. to pak harry, diluar robert melakukan penipuan ato bukan, tp di jelaskan dsana bagaimana seseorang memulai jalan untuk jadi bebas finansial a.k.a. kaya, menekan emosi sedalam2nya untuk keinginan , merubah mindset bahwa sesuatu yang berharga belum tentu aset, coba baca kembali RDPD hal 98-99, sebuah cara yang mungkin sederhana dan kecil, tetapi memulai sesuatu mulai dari kecil tidak ada salahnya, membangun dari 0, sesuatu yang wajar bukan..kita bisa action dari situ, jgn diartikan mentah, buku yang d sampaikan pada buku2 motivasi tentu membicarakan garis besarnya bukan, tinggal kita yang membuat pilihan…apapun cara kita asalkan kita tau resikonya, klo blm berhasil, brarti harus mencoba, kegagalan bukan satu2nya batu yang menghambat jalan kita, ada banyak celah, hanya kita yang belum bisa menemukan..

  45. saya pribadi sangat menyukai pola pikir kiyosaki,menurut saya kiyosaki ingin ‘membangunkan’tidur kita.he’s the best,masih ingat salah satu ucapan kiyosaki? ” Anda harus memberi lebih dulu kalau ingin menerima “,silahkan artikan kata2 itu menurut pola pikir anda sendiri.

  46. saya setuju dengan opini bapak, yang penting ACTION.
    namun saya kurang setuju dengan opini yang menyebutkan bahwa kiyosaki hanya memberi angan2 palsu. saya rasa pak kiyosaki benar2 membagi ilmunya loh. bapak mungkin kurang mendalami saja. ada game cashflow yang mana mengajarkan kita apa arti liabilities, assets, passive income, dst dimana ketika kita sudah mencapai financial freedom kita bisa keluar dr lingkaran kehidupan kantor (dalam hal ini digambarkan pekerjaan sbg pegawal dll). sangat menyentuh dan memotivasi :). semoga dengan semangat yg konsisten saya juga dapat mencapai financial freedom-suatu saat

  47. aq pikir, dengan membaca bukumotivasi sepeti tu qt bisa lebih bersemangat bwt ngelakuin sesuatu,
    so,aq sekarangg lagi buktiin apa kata kiyosakki denggan ikut mlm.
    oke nggak tuch?

  48. Informasi dari posting ini sangat singkat dan terbatas. Namun, secara khusus, namun pemirsa akan memiliki masalah dalam menghargai itu.

  49. Yang masalah itu bukan buku yang mengajarkan impian, tapi orang yang sok membeli buku….tapi di dalamnya gak ada niat usaha abis-abisan. Biar dia beli buku motifasi segunung, impian gak akan jadi kenyataan

  50. saya pengaplikasi teori robert kiyosaki dan sejak itu saya terjun diusaha, teori itu tidak salah dan usaha saya terus berkembang dengan teori dia, bagi saya dia adalah guru, so beropini boleh tapi jangan sebarkan virus negatif man ! , suatu produk itu bermanfaat jika cocok dengan segmen pasarnya, jadi untuk pemula bisnis itu sangat cocok sekali, toh mau di quadran kiri atau kanan asal mengetahui konsep membangun aset dan merendahkan liabilitas menjadi kaya itu bukan suatu yang tidak mungkin. Jadi buka dong pikiran kita dan lebih berani supaya lebih maju.

  51. Action yang baik tentu saja dengan modal dan persiapan yang cukup. modal atawa persiapan tersebut akan lebih lengkap jika kita tidak berhenti belajar dari orang lain termasuk melalui karya-karyanya. Jadi, ambil ilmu dari orang lain, sesuaikan dengan kondisi dan gaya kita (modifikasi) dan…. Action!
    Hehehe.. Kalo itu sekedar pendapat subyektif saya.. ^^

  52. This is nice work indeed.Love your topics and your incredible writing capability.I found this blog really helpful and innovative.Hope any update will be available here as early as it releases.Thanks for the effort.

  53. I am really satisfied by the different services that to using the great approach is visible in this blog. Thanks a lot for using the great services that to sharing the nice technology.

  54. This is very much satisfied by the great articles is visible in this blog that to using the great services in this blog. I am very much enjoyed for the great services in this blog that to reading the great articles is visible in this blog

  55. This is really admired for the great technology is visible in this blog. Thanks a lot for providing the great info is visible in this blog that to using the nice services in this blog.

  56. This is very much satisfied by the great technology is visible in this blog that to using the amazing services in this blog. I had really admired for the great services in this blog and using the nice technology in this blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *