Airlines Indonesia: Umur Pesawatnya & Jumlah Kecelakaan

Membaca posting Priyadi soal airline Adam Air, jadi tahu tentang website Airfleets.net. Situs ini menyimpan banyak data-data menarik seputar berbagai airlines dan armadanya.

Berikut ini adalah data umur rata-rata pesawat di setiap airlines, serta total crash.

Cukup menarik, kita bisa lihat bahwa umur pesawat yang tua bukan berarti berbahaya. Seperti kata Nofie Iman, jika maintenancenya baik dan sesuai prosedur, maka pesawat tua pun bisa saja terus beroperasi dengan aman.

Yang agak mengejutkan adalah Garuda – walaupun umur rata-rata armadanya adalah paling muda, namun paling sering crash.

Tabel ini saya kira masih bisa diperlengkap lagi, misalnya dengan jumlah total insiden per airlines. Seperti rem blong, kerusakan peralatan pesawat saat sedang terbang, dll. Justru data ini yang paling relevan saya kira; karena akan menunjukkan secara akurat bagaimana perhatian manajemen airlines terhadap perawatan armadanya.
Sayangnya, data ini sulit didapat, dan akan lebih memakan waktu untuk mengumpulkannya. Namun jika ada, maka saya kira akan dapat bermanfaat sekali.

Sebagai bonus, berikut adalah data tentang airline favorit para suporter Open Source — Linus Airways 😀

Sudah teruji reliabilitasnya selama 23 tahun – tidak pernah crash sama sekali 😉

Sayang Bill Airlines tidak tercantum datanya di Airfleets.net, dengar-dengar armadanya berumur 20 tahun, tapi sudah ratusan kali crash. Bahaya, sebaiknya hindari sama sekali 😀

Semoga bermanfaat.

42 thoughts on “Airlines Indonesia: Umur Pesawatnya & Jumlah Kecelakaan

  1. bagus …

    @tukangkoding .. bener, lebih lengkap lagi kalo juga dicantumkan crash per tahun

    hmm .. tapi umur pesawat yang lebih tua dari maskapainya tanpa pernah jatuh adalah prestasi

  2. Bisa aja umur armada pesawat dijadiin obyek lelucon Linux vs Bill M$… 🙂

  3. Biarpun dalam list itu Garuda paling “sering” crash, tapi perlu diingat bahwa maskapai ini sudah eksis jauh sebelum pesaing-pesaingnya muncul. 🙂

  4. perlu diliat juga jumlah pesawat yg dimiliki dan aktif. semakin banyak berarti rasio untuk kecelakaan makin besar. jadi statistik tsb jangan ditelan mentah-mentah (baca disalah gunakan 🙂
    there are lies, damned lies and statistics

  5. nemu angka 3 untuk garuda itu darimana Om? apakah jumlah total dari kecelakaan yang pernah dialami garuda selama mereka beroperasi?

  6. Angka 3 crash untuk Garuda itu memang agak “mencurigakan”. Itu artinya selama 60 tahun beroperasi hanya ada 3 kali kecelakaan (rata2 sekali crash tiap 20 tahun, luar biasa!).

    Dugaan saya, angka itu adalah “major crash” semenjak Garuda memakai logo baru dg nama “Garuda Indonesia” saja. Crash terdahulu saat memakai nama “Garuda Indonesian Airways” kelihatannya tidak ikut dihitung, IMHO.

  7. Hehehe… Pak Harry, siapa itu yang bikin Linus Airways. Tolong kenalkan saya kepada beliau. Hehehe. Anyway, terimakasih untuk Linus Airwaysnya. Pulang kerja, malam-malam, baca tulisan ini, senyam-senyum sendiri. Hehhee. Terimakasih.

  8. hahah.. lucu juga bill arways.. :))

    mas fehmi,

    ini mbok ya notify me of followup comments via e-mail ini di modif too..

    di taruh di atas tombol submit mungkin akan jadi lebih baik.
    selama ini saya dapet emailll terus dari komen-komennya mas fehmi. lah mending kalo cuma 10 atau 20. ini kan komennya banyak banget…

    *secara blog celeb gitu :D*

    soalnya kalo check box notify itu dibawah tombol submit, orang sering asal klik tombol submit aja.

    padahal logikanya, semua data (dan atau parameter) itu kan seharusnya ada di atas tombol submit, sama kaya kita isi form pendaftaran email misalnya, semua data di atas tombol submit lah yang fair dipakai.

    ini jadi agak rancu gitu 🙂

    saya yakin mas fehmi ngerti maksdu saya 🙂
    saya agak susah nulis panjang lebar padahal ini kan cuma komen 🙂

  9. Pingin sih beralih ke linus airways, murah meriah. tapi untuk desain kuliat pelayanannya nggak sebagus bills airways. jadi biarpun suka crash tapi masih blm bisa beralih total

  10. Semua itu tergantung maintenancenya.
    Hari senin kemarin liat di CNN, cerita tentang American Airlines yang hancur waktu 9/11 kemarin. DI sana di liatin bagaimana perawatan pesawat md80 yang lebih tua dari md82. Dan memang masih ok selama perawatan selalu di patuhi

  11. Ngomong2 tentang garuda, pilotnya jago tuh mendarat di sungai bengawan solo, dulu tahun brapa ya ??? 🙂

  12. Garuda jadi terlihat secara statistik lebih sering crash karena usia maskapai ini yg paling lama beroperasi di Indonesia. Kalo andaikan semua mulai beroperasi bersamaan atau lama waktu operasinya sama, yakin masih akan seperti itu? 😛 Itu pertama.

    Yg kedua, seringkali kecelakaan pesawat gak harus selalu berupa crash. Bagaimana dgn kesalahan navigasi, kasus pendaratan darurat yg entah karena masalah teknis atau apapun, kasus delay/cancel penerbangan, dlsb, yg seharusnya juga ikut menjadi pertimbangan menilai profesionalisme dan resiko keselamatan maskapai penerbangan.

    Hati2, angka statistik kadang menipu loh! 😛

  13. @tukangKoding – hehe, tepat sekali 😀
    .
    @om7ack – trims untuk masukannya.
    .
    Barusan saya coba untuk merubah letaknya, ternyata tidak bisa. Lalu saya cek option-nya, juga tidak ada pilihan untuk memindahkannya ke sebelah atas. Atau mungkin terlewat oleh saya ? Monggo.
    .
    btw; kalau ingin menghentikan email dari sebuah subscription, caranya mudah sekali, cukup klik di link unsubscribe yang ada di setiap email tsb. Mudah-mudahan membantu.

  14. di indonesia banyak kecelakaan pesawat terbang, itu karena peraturan yang ada, yang sudah bagus, pada kenyataannya SERING dilanggar. contohnya bila ada part yang harus diganti malah cuman diakalin aja biar bisa dipake lagi. padahal di dunia pesawat terbangkan segala sesuatunya harus sesuai aturan karena kalo nggak resikonya itu bos…..jatoh

  15. saya mau tanya bagaimana cara PKL cz skrg saya masih semester 2 sehingga nantinya bila saya lulus punya pengalaman di dunia penerbanagan tetapi PKL inginnya ambil management airline. gmn caranya agar saya dapat menemukan alamat yang saya maksud!!!tolong petunjuknya

  16. tiket murah nyawa jadi murah kali yee…. rata-rata operator domestik yang ga profesional cuma cari untung doang, penumpang jadi buntung. airlines yang profesional harusnya tau semua aspek ttg penerbangan khususnya aspek keselamatan penumpang sebagai konsumen.

  17. Ikutan nimbrung ah..
    Bukan pro Garuda, tapi kalau dilihat lihat secara detail per kecelakaan
    Tahun 1996 Pakai DC-10-30 (kl gak salah) itu salah satu mesin mati/rusak tapi kaptennya juga salah prosedur saat mutusin gak jadi terbang, mostly bukan salah pesawat.
    Tahun 1997 Pakai A300-B4 ATC-nya linglung, gak jelas suruh kekanan atau kekiri cuaca berkabut jadinya nabrak gunung, mostly bukan salah pesawat.
    Tahun 2002 Pakai 737-300 dua mesin rusak. Okelah salah pesawat.
    Aku sih pro-nya 2 yang pertama bisa dihindari so yang aku anggap cuma 1 crash.
    why ??
    Garuda navigasi error sering loh..Kyk Adam air bisa nyasar ke tambulaka
    Ngatain Pilot Lion “supir angkot” juga pernah krn mau tabrakan
    pegangan gas patah sampai susah ngerem juga pernah
    kapten meninggal di tengah jalan juga pernah
    dan banyak lagi yang gak bisa aku buka umum cm utk diketahui aja. Itu semua kalau ATC-Pilot-Pesawat gak fit pasti crash kok

  18. Lupa… Dari mulai operasi, major crash (kecelakaan yg pesawatnya gak bisa dipake lagi)
    Air France ada 68 (kl gak salah dr thn 1933) umur rata2 saat ini 9thn, skr ada 250an pesawat
    American Airlines ada 38 (kl gak salah dr thn 1931) umur rata2 saat ini 14 thn, skr ada 670an pesawat
    Bali Air ada 2
    Bouraq ada 3
    Bill hampir tiap minggu
    Garuda ada 19
    Linus bisa tiap bulan
    Singapore ada 2
    Saudi ada 7
    Sisanya OK.
    Kalau ngitung jml crash, AirAsia sama Easyjet (budget airlines yang digemari banyak orang) gak pernah ada major crash. Air France yang cukup strict bisa 68.
    Gak semua major crash karena maintenance loh. (makanya diatas cm ditulis 1) enaknya dilihat banyak sisi tapi ribet yah…Mudah2an data diatas gak salah dan gak buat orang takut terbang. Orang yang kecelakaan dijalan rasio kematiannya lebih besar lho dibanding naik pesawat, tapi penjualan motor yg notabene sering kecelakaan naik pesat.

  19. hari ini baru aja Garuda Indonesia kecelakaan padahal saya dah seumur hidup kmana2 pake GI..tp jujur aja..aku shock bgt dg kejadian yg td siang menimpa GI…akhirnya g ada satu pun maskapai yg aman!!!! sbenarnya kelayakan terbang dalam pengertian ijin shg pesawat tsb bs terbang yg harus lebih teliti lagi….jd g ada apa2..heran padahal masih bulan 3 tp kecelakaan pesawat udah byk bgt..apa ini nunjukin keboborokan sistem di Indonesia???
    entahlah…mgkn klo mo plg kmpg harus jalan kaki..jd kembali ke jaman dulu….T_T

  20. Wis ora popo #pitulikur.
    nimbrung nih, belum basi kan? moga ada hikmah yang bisa diambil dr peristiwa ini. Belajar yang pinter nak, jangan setengah-setengah. Jd kerja ora nyilakani wong lia. Monggo

  21. salam kenal, saya sekedar numpang lewat sambil promosi dagangan, usaha saya sebagai agen tenaga kerja untuk perawatan pesawat udara. saya membuka peluang untuk para teknisi pesawat udara indonesia yang merasa gajinya setara dengan buruh pabrik, untuk dapat bekerja di luar negri, insya allah dalam waktu 6-9 bulan pulang ke indonesia bisa beli mobil atau beli rumah baru, atau cari bini baru, tergantung niat sampeyan. kirim saja cv, scan pasport ke email saya insya allah saya bantu, tanpa biaya.

  22. Selamat malam dan salam kenal. Saya Wahyu Nugraha, kami dan rekan seprofesi sepakat untuk menggagas dan membentuk sebuah Asosiasi Profesi Industri Jasa Transportasi Udara, Indonesian Transport Association atau disingkat menjadi ITA mengingat Transportasi yang begitu luas kami yang berprofesi di Transportasi Udara sepakat untuk menamanakan diri sebagai ‘Airliners Indonesia’

    Fundamental pemikiran untuk menggagas Asosiasi Profesi Industri Jasa Transportasi Udara ini di karenakan kecintaan kami pada dunia penerbangan yang sudah separuh umur ini di abdikan dan juga untuk bersama-sama memberikan kontribusi positif baik berupa ide, gagasan ataupun pemikiran strategis di bidang Industri Jasa Transportasi Udara yang juga sebagai media komunikasi antar sesama profesi, sharing knowledge, implementasi best practise juga untuk memperkenalkan lebih luas lagi mengenai Industri Jasa Transportasi Udara di Indonesia.

    Tujuan Asosiasi kami ialah : Turut meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia WNI di bidang Profesi Industri Jasa Transportasi di Indonesia yang terbuka bagi individu Warga Negara Indonesia yang berprofesi sbg Praktisi, Akademisi, Pembuat Regulasi, Mahasiswa maupun Pemerhati di bidang Industri Jasa Transportasi Udara.

    Media komunikasi on-line resmi bagi member Asosiasi Profesi Industri Jasa Transportasi Udara ini ialah mailing list:
    airliners_indonesia@yahoogroups.com dimana materi yang dibahas dalam mailing ‘Airliners Indonesia’ tidak hanya berupa diskusi & informasi mengenai kegiatan organisasi, tetapi juga mencakup tukar menukar pengetahuan, diskusi teoritis & aplikatif mengenai penerapan & pengembangan profesi bidang Industri Transportasi Udara di Indonesia.

    Untuk itu kami mengajak anda selaku profesional dan praktisi untuk dapat bergabung bersama kami memberikan sumbang saran untuk menjadi member silahkan email ke: airliners_indonesia-subscribe@yahoogroups.com.

    Kami sangat mengharapkan partisipasi aktif anda untuk turut menyebarkan informasi tentang ITA kapada masyarakat ramai dan menjadi harapan kita semua bahwa ITA tentunya akan selalu aktif dan dinamis berperan untuk menciptakan kader profesional di Industri Jasa Transportasi Udara di Indonesia.

    Atas perhatiannya di haturkan terima kasih.

    Jabat Erat
    Airliners Indonesia
    Indonesian Transport Association

    Asosiasi Profesi Industri Jasa Transportasi Udara Indonesia
    Groups Mail :
    airliners_indonesia-subscribe@yahoogroups.com

  23. Umur pesawat mungkin menentukan tingkat realibilitas pesawat, tapi bukan yg paling signifikan, karena biasanya walau pesawat lama pun, kalau maintenance-nya sesuai prosedur dan sesuai spesifikasi pabrik maka pesawat tsb masih tetap layak diterbangkan. Sesuai pabrikasi, pesawat punya umur tertentu, dan kalau sudah mencapai umur tertentu maka pesawat tsb tidak boleh terbang lagi. pesawat lama biasanya sewa lebih murah tetapi umumnya tidak efisien karena boros thd bahan bakar.

  24. Wah lebih kacau lagi pembunuhan karakter karyawan oleh Manager dimana tempat karyawan tersebut bekerja.Ini lebih parah lagi.Dan tidak welcomenya seorang manager melihat anak buahnya lebih maju!.padahal demi perusahaan dan periuk nasi anak buahnya kemampuan dan skill yang didapat toh juga akan dituangkan untuk perusahaan juga!.bener gak man!

  25. Maz,maz..Kapal bs crash bkn krn kapalny tua!Itu krn bnyk faktor.Orang pemerintahan bilang,kapal usia max.ny 20 thun.Pdhl dr boeing sndiri tdk prnh membatasi hingga 20 thn.Klo udah overhaul kapal jd rekondisi lg.Alias return to 0 hours.So,it’s not just a matter of age,but many matters.(Lack ofTraining,man power’s fatigueness,bad weather yg jelek,dll).Klo maintenance-ny on time,ga jd mslh..

  26. uTK inFoRMaSi aJa boeaT SeMua.. gaRuda indoneSia SudaH PeRnaH MengaLaMi KeCeLaKaan sebanYaK 13 KaLi (MaJoR aCCidenT) TeRMaSuK Yg di YogYaKaRTa iTu. MuLai dR 28 MaY 2008 di India, 11 JuLY 1979 di Medan, 20 MaReT 1982 di TJ. KaRang, 13 Juni 1996 di FuKuoKa, 26 SePTeMbeR 1997 di Medan, 16 JanuaRi 2002 di SoLo, 22 noVeMbeR 2004 di PonTianaK, 1 Feb 2007 di JaKaRTa, 7 MaReT 2007 di YogYaKaRTa. inFoRMaSinYa biSa di dPT di WiKiPedia YaH… SeMuanYa SeLain gaRuda Jg bYK, TaPi SaYangnYa TidaK TeRMaSuK Yg diTuTuP2i oLeH PiHaK aiRLine uTK MenJaga naMa baiK agaR TeTaP baiK di niLai KonSuMen..

Leave a Reply

Your email address will not be published.