Melahirkan & Menyusui : dapatkan yang terbaik bagi Anda & bayi Anda

Saya menemukan posting Sueng mengenai masalah di rumah sakit kita dalam hal layanan persalinan / melahirkan. Juga kasus dengan anak pertama Firman Firdaus. Cukup membuat gregetan membacanya.
Bagaimana bisa sampai ada dokter yang rela membahayakan pasien-pasiennya, yang sudah mempercayakan nyawanya kepada mereka ? Apa lulusan dokter sekarang tidak disumpah ?

Kembali ke permasalahan; bagi para ibu yang akan melahirkan, saya pribadi sangat merekomendasikan rumah sakit Budi Kemuliaan. Rumah sakit ini bersifat sosial dan melayani masyarakat, karena bentuk institusinya yang berupa perkumpulan — bukan perusahaan yang 100% bertujuan komersial.
Mungkin juga ada rumah sakit bersalin lainnya yang baik, namun saya pribadi baru tahu ini saja.

Saya & istri sangat gembira karena kami mendapatkan semua yang terbaik disana. Secara fisik, mungkin rumah sakit tersebut bukan yang paling bagus. Namun dari sisi layanan, kami belum menemukan rumah sakit lain yang bisa mengalahkannya.

Misal, soal ASI — mereka sangat mendukung istri saya untuk menyusui bayinya kapan saja. Tidak ada usaha untuk mempromosikan apapun, susu formula misalnya.

Membelok sedikit – dari blog Sueng, saya terharu menemukan link ke proses bersalin Tiara Lestari. Disitu dia mengajak kita semua untuk mempromosikan ASI dari dini, dan turut membantu menyelamatkan banyak nyawa yang tidak berdosa.

Saya juga jadi membaca proses hijrahnya. It’s among the most amazing story I’ve ever read. Pasti sepanjang proses tersebut ada banyak sekali cobaan yang dialaminya. She endured it all though, and became a much better person now. Dan manfaatnya bahkan bisa kita nikmati juga, seperti pada postingnya soal ASI tersebut.
One more enlightened voice has showed up in Indonesian blogosphere. Semoga berkah, dan anaknya kelak bisa menjadi teladan yang baik bagi masyarakat kita, amin !

Kembali ke RS Budi Kemuliaan — Mereka juga mendorong proses lahir yang alami. Beberapa rumah sakit mendorong Anda untuk melahirkan dengan operasi caesar — profit mereka lebih besar, namun Anda yang akan sengsara karenanya (recovery pasca persalinan caesar lebih lama & menyakitkan daripada persalinan normal)
Dan berbagai contoh lainnya.

Anyway, di RS Budi Kemuliaan ini mungkin juga tidak semua dokternya berkualitas yang sama bagusnya (seperti yang telah dialami oleh Firman).
Saya bisa merekomendasikan satu orang dokter disana yang bisa dipercaya dengan nyawa Anda & bayi Anda, tapi saya tidak tahu apakah ybs berkenan untuk disebutkan namanya. Jika Anda tertarik, kontak saya via japri, maka nanti saya akan kabarkan kepada Anda.

Apakah ada rumah sakit & dokter yang bisa Anda rekomendasikan untuk topik ini ? Please share them with us. Terimakasih.

67 thoughts on “Melahirkan & Menyusui : dapatkan yang terbaik bagi Anda & bayi Anda

  1. Iya, kebetulan lagi bahas ini saya juga mo minta tolong, untuk yang punya refrensi rumah sakit dan dokter muslimah yang direfrensikan di Palembang Sumatera Selatan.
    Soalnya ngeri baca ada yg nggak pro ASI, ibu dan anak dipisahin, pro caesar dan menutup diri dari berbagai alasan.
    Terima kasih sebelumnya ya Mas Harry dah ngangkat masalah ini 🙂

  2. saya mampir karena liat ada nama tiara lestari di reader tadi. oke sekali dia, ya? gak semua orang bisa kayak dia.

  3. entahlah pak. apakah istilah “dokter yang bagus” itu cukup berguna atau tidak. karena dokter saya dulu itu adalah dokter yang “sangat bagus yang pasiennya banyak sekali sehingga ketika berkonsultasi menjadi sangat terburu-buru”.

    hehe…nice info, though.

  4. Woow, selamat datang di mafia perusahaan susu formula dengan cara promosi mereka yang sering tidak mengindahkan etika terutama di RS bersalin. Kita belum seberani LSM Filipina yang mengajukan iklan susu formula ke Mahkamah Agung mereka, tapi memang harus dimulai dari kita sendiri untuk “say no” buat susu sapi.

  5. Seringkali, ketika teman-teman, atau bahkan orang lain ditanya…’kenapa ingin jadi dokter?’, selalu jawabnya, ‘supaya dapat menolong orang lain…’. Ya, saya memang menemukan orang-orang semacam itu di sekitar saya. Tapi, kalau sudah masuk rumah sakit, jadi tidak idealis lagi?! mending berhenti saja dari rumah sakit itu!!

  6. mas, saya boleh tahu kah nama dokter di RS Budi Kemuliaan yang bagus “baik dari segi pendidikan, pengalaman, pemahaman, perhatian, dan ga sekedar memberikan obat2an yang mahal saja” oya tentunya dokter yang menganjurkan pasiennya untuk melahirkan normal..

    Terimaksih ya;)

  7. Mas Harry bisa rekomendasikan dokter cewek yang bagus di Budi Kemuliaan.Coz sayah lebih percaya rumah sakit ini.Seluruh keluarga saya melahirkan disini.Saya ingin dokter cewek,,karena risih kalo cowok yang tangani. tolong hubungi saya di nazmahauliani_dewi@yahoo.co.id

  8. Mas Harry maaf bisa tolong dikirim nama dokter yang direkomendasikan di Budi Kemuliaan siapa ya?
    soalnya RS tsb dekat sekali dari rumah saya, biaya relatif bersahabat di kantong dari RS lain dan menganjurkan ASI dan lebih , jadi saya dan suami memutuskan saya mo melahirkan disana. Tolong dikirim ke yudith_happy@yahoo.com. Thanks a lot ya 🙂

  9. mas, saya boleh tahu kah nama dokter di RS Budi Kemuliaan yang bagus “baik dari segi pendidikan, pengalaman, pemahaman, perhatian, dan ga sekedar memberikan obat2an yang mahal saja” oya tentunya dokter yang menganjurkan pasiennya untuk melahirkan normal. Tolong ya hubungi saya di cintakucitra@yahoo.co.id

    Terimaksih banyak ya mas;)

  10. Mas Harry,
    maaf tolong di- email nama dokter yg direkomendasikan di RS Budi Kemuliaan, saya memang periksa kehamilan di RS tersebut. Sekarang sudah ganti dokter, krn dokter pertama sempat salah diagnosa dan fatal, samapi disuruh kuret. ALHAMDULILLAH, dokter yg kedua ini baik dan cocok. Dan memastikan ternyata kehamilan saya baik2 saja dan sehat. Tolong ya Mas dikirim namanya ke yudith_happy@yahoo.com. Terimakasih banyak sebelumnya:)

  11. Dear Mas Harry,
    Dimohon kesediaannya meng-email nama dokter yang direkomen di RS Budi kemuliaan, secara saya lagi cari dokter untuk kehamilan yang baru saya alami 7 minggu ini (kami berdua kemungkinan memutuskan untuk melahirkannya
    di Budi kemuliaan). alamat email yo_mb_74@yahoo.com.
    Terima kasih atas bantuan dan artikelnya. Sungguh banyak membantu.

  12. terima kasih bila mas Harry berkenan memberikan nama dokter yang mas rekonmendasikan di RS Budi Kemuliaan,istri saya memang periksa di rs tsb dan berencana untuk melahirkan anak kami yg pertama…alamat email saya dixmio@yahoo.com. Terima kasih banayak mas ats info.wassalam

  13. Terimakasih untuk informasi mengenai asi. satu pertanyaan adalah kapan sebaiknya asi dihentikan? maksud saya di usia bayi ke berapa? terimakasih

  14. @novi – halo, biasanya para ibu menghentikan ASi pada usia anak 2 tahun.
    .
    Tapi ini bisa saja berbeda-beda.
    .
    Misal; ada yang mengalami masalah pada proses menyusui (cedera puting, produksi ASI tidak mencukupi, dst), sehingga terpaksa menghentikannya sebelum 2 tahun.
    .
    Ada juga yang terus melanjutkannya. Saya kenal dengan 2 orang yang disusui ibunya sampai umur ybs 5 tahun. Mungkin ini adalah usaha KB dari ibu mereka, karena zaman dulu belum populer alat kontrasepsi sedangkan proses ASI / menyusui membantu mencegah kehamilah.
    .
    Trims.

  15. Adik dan kakak saya lahir di sana (Budi Kemuliaan), saya baru tahu kalau RS itu bukan 100% komersial (terimakasih MAs atas infonya). Soal Asi, saya sangat mendukung di berlakukannya pemberian ASI secara eksklusif selama 6 bulan, saya sudah menulis di blog saya tentang Manfaat Jangka Panjang Menyusui terutama bagi bayi (maaf msh English, blm ditranslate, maaf Mas tidak bermaksud untuk nyepam). Marilah kita beri bayi kita yang telah menjadi haknya……………

    Hidup ASI………..

    Salam.

  16. Adik dan kakak saya lahir di sana (Budi Kemuliaan), saya baru tahu kalau RS itu bukan 100% komersial (terimakasih MAs atas infonya). Soal Asi, saya sangat mendukung di berlakukannya pemberian ASI secara eksklusif selama 6 bulan, saya sudah menulis di blog saya tentang Manfaat Jangka Panjang Menyusui terutama bagi bayi (maaf msh English, blm ditranslate). Marilah kita beri bayi kita yang telah menjadi haknya……………

    Hidup ASI………..

    Salam.

  17. Pak Harry, tulisan bapak membantu saya utk semakin yakin memilih BK sebagai tmp pemeriksaan & melahirkan kelak. saya sedang hamil 4 bln & berencana pindah ke BK krn dokter obgin saya saat ini hanya berpraktek di salah 1 RSB elit yg tentunya biayanya jg tidak murah. Bisakah bapak menginformasikan dokter rujukan tersebut kesaya melalui email : llyenna@yahoo.com ?
    Terima kasih atas bantuannya

  18. @Mbak Lina – seperti yang kita telah diskusikan japri via email – silakan bisa kontak Dr. Dwiarti di RS BK.
    Trims.

  19. Mas, saya udah hamil 5 minggu. Kemarin kosul sama dr. Dwiarti di RSB Budi Kemuliaan. Kalo dokter yang pernah nangani istri Mas itu siapa namanya? Pls send the reply via laila84loebiz@yahoo.com. Thx a lot.

  20. Pak Harry,
    Mohon info nama dokter di RS budi Kemuliaan, istri saya sekarang sedang mengandung 5 bulan, ini penantian saya yang keempat, setelah 3 sebelumnya diambil kembali olehNya. Terima kasih Pak.

  21. @didiek – nama beliau adalah Dr. Dwiarti.
    .
    Semoga kehamilan istrinya lancar dan semuanya sehat selalu, amin.

  22. Dear Pak Harry
    Tolong minta nama dokter yang Anda rekomendasikan untuk melahirkan di RS Budi kemuliaan untuk saya referendikan kepada teman saya. thx q. email saya di wiwinsiman@yahoo.com

  23. Halo semuanya, silakan coba hubungi Dr. Dwiarti di RS Budi Kemuliaan.
    .
    Semoga membantu.
    Terimakasih.

  24. Halo semuanya, silakan bisa kontak Dr. Dwiarti di RS Budi Kemuliaan.
    .
    Semoga bermanfaat.
    Terimakasih

  25. dear mas harry, aku nih diperkirakan harus caesar. n skrg lagi cari RS yg murah tp berkualitas. bisa tolong diinfo dr apa yg bagus di RSBK ini? thx b4 ya mas harry

  26. Tolong minta nama dokter yang Anda rekomendasikan untuk melahirkan di RS Budi kemuliaan untuk saya referendikan kepada teman saya. thx q. email saya di

  27. Great Post, thanks for sharing. Jarang sekali saya menemukan ada sebuah rumah sakit yang masih mengutamakan sisi sosialnya, rata-rata rumah sakit di Indonesia bahkan mungkin di Dunia, selalu mengedepankan profit semata. Mudah-mudahan informasi ini bisa berguna bagi semua kerabat dan kenalan saya. Thanks again.

  28. Mohon kesediaannya dong mas untuk share nama dokter yang di anggap bagus di RS Budi Kemuliaan tersebut…saya skrng sdng hamil 3 bln dan msh gonta ganti dokter..Moga2 klo emang RS Budi Kemuliaaan bagus pelayanannya, bisa dipertimbangkan sebagai tempat konsul dan melahirkan nanti. Terimakasih

  29. Mohon kesediaannya mas untuk share nama dokter yg mas rekomendasikan di RS Budi Kemuliaan tersebut..Saya sendiri saat ini sedang hamil 3 bln dan msh gonta ganti dokter. Terima kasih

  30. Asi memang harus diutamakan, saya mengalami sendiri perbedaannya terhadap anak saya, anak pertama mendapat asi 2 tahun daya tahan tubuhnya bagus, jarang sakit sedangkan anak ke 2 hanya mendapat asi selama 6 bulan dan kenyataannya tubuhnya agak rentan terhadap perubahan cuaca dan juga aktifitas yang berlebihan menyebabkan gampang sakit

  31. Anak yang mendapat ASI sampai 2 tahun biasanya mempunyai tingkat imunitas yang lebih tinggi dibanding yang lebih singkat mendapatkan asi

  32. siang mas, boleh tau nama Dokter yg recommended di RSIA Budi Kemuliaan? sy memang cek up disana, dan apakah dokter yg mas maksud sama dengan dokter yg menangani saya. Mohon jawabannya. Terima kasih
    rgds,
    noni

  33. salam kenal mas harry, sy mo tny dr yg d rekomendasikan d rs budi kemuliaan siapa? sy rencana lahiran anak ke 2 d sn…trims

  34. iya nih, pengalaman yg ngga menenakkan pada kelahiran anak 1 & 2 yg secara terang2 an dokternya mengarahkan pasien agar operasi caesar saja

  35. pengalaman yg tdk terlupakan…anak saya yg pertama malah tidak langsung di beri asi, oleh bidannya malah diberi susu formula yg sangat mahal dan dipisah dari ibunya….sedih rasanya..
    Mungkin krn sdh terlanjur kenal susu formula …asi hanya sampai dgn usia 4 bln saja..
    Beda banget daya tahan tubuhnya dengan adiknya yg full asi.

  36. D mas harry…

    saya coba contact ke link yang mas kasih tapi ternyata error.
    Mohon informasinya mas, untuk nama dokter di RSIA budi kemuliaan yang mas rekomendasikan…
    karena alhamdulillah saat ini saya baru saja tahu kalo saya hamil 🙂
    Terima kasih sebelumnya

  37. wah.senang juga dengar bahwa ada RS yg pelayanannya baik.syukurlah, paling tidak bisa jadi pelajaran bagi RS lain bahwa pelayanan itu nomor satu demi kenyamanan pasien. =D

  38. Dear Mas Harry,
    mohon info mengenai nama dokter yang dimaksud, karena kehamilan pertama saya kali ini divonis harus dikuret. Saya ingin mendapatkan perawatan dan penanganan yang terbaik dari dokter kandungan yang menanganinya. Sebelumnya terima kasih ya mas. Regards, Karina

  39. Dear mas Harry. dokter kandungan RS Bd Kemuliaan yg bagus dan di ref.siapa yang care sama pasien kebetulan ada gangguan flek pada kehamilan pertama saya.’
    thx bantuannay – qika

  40. Iya setuju sekali, Rs Budi Kemuliaan adalah rumah sakit yang sudah sangat tua dan berpengalaman, angka kelahiran di situ saja paling tinggi di asia tenggara…

  41. Pingback: crystal x
  42. Mas Harry, sy jg rencana mw melahirkan di RSIA Budi Kemuliaan, mohon di email nama dokter kandungan yg mas Harry rekomendasikan ya.. Tq.

  43. Yth. mas hari…., mau ikutan bila mas berkenan untuk memberikan nama dokter yang direkomendasikan di RS Budi Kemuliaan, isteri saya lagi mengandung anak ke dua dan maunya melahirkan secara normal di RS Budi kemuliaan tersebut……., tolong email ke saya ya… mas di email saya bardie68@gmail.com. Terima kasih dan sukses selalu untuk anda.

  44. mas…. minta info dokter di RS Budi Kemuliaan yang mas rekomendasikan dunk (via emal saya). Rencana pengen periksa disana karena deket sama kantor. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *