Warga Bintaro Menuntut Janji PT Jaya Real Property

Pada hari Rabu, 30 Agustus 2006, para warga cluster Permata 2, Bintaro Jaya, melakukan demonstrasi di kantor PT Jaya Real Property Real Property. Dalam jangka waktu 6 bulan, telah terjadi 6 kasus pembobolan rumah warga, dengan interval yang semakin singkat dan kerugian korban yang meningkat drastis.
Seminggu sebelumnya saya baru saja pindah ke kompleks ini, dan cukup terkejut menemukan situasi disana.

Beberapa masalah yang ada :

  1. Jaya menjanjikan bahwa Permata 2 Bintaro adalah kompleks dengan sistim Cluster. Ternyata setelah lama, janji ini tidak juga terwujud. Malah rumah-rumah warga telah banyak yang jadi dibobol perampok.
  2. Di pamflet marketing jelas terlihat hanya ada 1 gerbang masuk ke cluster (single access). Ternyata, belakangan PT Jaya Real Property membuat Permata 2 Extension, dan membobol pagar belakang Permata 2 untuk menjadi jalan masuk ke Permata 2 Extension. Masalahnya, pembobolan tersebut tidak hanya membuka akses ke Permata 2 Extension – namun juga ke sebuah jalan kecil lainnya.
  3. Warga menuntut agar gerbang baru tersebut ditutup kembali, sesuai dengan masterplan awal. Namun PT Jaya Real Property nampak merasa segan untuk melakukannya – mungkin karena dengan demikian mereka akan terpaksa banyak mengeluarkan dana untuk membuat jalan masuk baru bagi Permata 2 Extension.
  4. Penutupan jalan kecil dapat membantu mengisolir dan sekaligus menggabungkan Permata 2 dan Permata 2 Extension menjadi 1 cluster, namun ini ditolak dengan tegas oleh warga — karena akan sangat potensial membuat warga kampung sekitar marah. Dan warga Permata 2 lah yang akan mendapat getah dari situasi ini karena mereka yang paling dekat dengan warga sekitar — bukan PT Jaya Real Property.
  5. Keamanan cluster Permata 2 juga belum bagus — penerangan kurang, orang asing bebas keluar-masuk tanpa hambatan berarti dari security PT Jaya Real Property, pagar sekeliling Permata 2 cukup rendah dan tidak ada kawat berduri, dst.
  6. Selain itu juga ada masalah-masalah lainnya seperti kualitas bangunan; beberapa warga mengeluhkan masalah-masalah pada rumahnya seperti tembok yang retak-retak, kebocoran yang cukup parah, kualitas finishing, dst.
  7. Warga menuntut tindakan yang cepat dari PT Jaya Real Property, setelah tidak ada respons yang serius setelah di protes selama 6 bulan; mengingat Lebaran semakin dekat dan banyak warga yang cemas untuk meninggalkan rumah ketika mudik.
  8. Mendekati Lebaran juga dicemaskan kebutuhan ekonomi yang meningkat akan semakin meningkatkan pula frekuensi perampokan dan kerugian yang ditimbulkan.

Beberapa pelajaran yang bisa diambil dari sini, dan bagus untuk menjadi perhatian para calon pembeli rumah :

  1. Jangan mudah tergiur umbaran janji Marketing. Tetap tenang, dan perhatikan dengan seksama semua detail dari fasilitas yang ditawarkan.
  2. Pastikan bahwa semua fasilitas yang dijanjikan Marketing ada tertulis (hitam diatas putih) di surat perjanjian jual beli rumah – dan jelas KAPAN akan terealisasinya.
  3. Tinjau lokasi sebelum membeli. Catat semua kekurangan yang ada. Minta agar kekurangan tersebut dibetulkan; dan janji tersebut dijadikan lampiran surat jual beli dengan jelas tertulis juga KAPAN realisasinya.
  4. Usahakan membeli rumah yang sudah lama selesai, dan lihat apakah ada cacat-cacatnya. Rumah yang baru jadi biasanya masih belum muncul cacatnya.
  5. Sistim cluster membantu mengurangi resiko kejahatan, namun perlu diperhatikan juga bagaimana sistim keamanan yang telah dijalankan. Apakah orang asing mudah keluar-masuk cluster? Seberapa sering ronda keliling dilakukan? Berapa total jumlah personil keamanan? Berapa personil keamanan yang ada pada suatu saat? Apa saja fasilitas mereka? Apa saja training yang mereka terima untuk meningkatkan/menjaga kualitas mereka? Dst.
  6. Segera setelah pindah ke cluster, silaturahmi dengan warga yang telah ada, dan usahakan untuk meningkatkan kekompakan warga cluster.

Foto-foto :
[ Demonstrasi warga Permata 2 Bintaro ]

Pada kesempatan ini saya menyampaikan rasa salut saya kepada para warga Permata 2, ini adalah warga kompleks paling kompak yang pernah saya temui selama ini. Juga terimakasih kepada para perwakilan dari PT Jaya Property, yang walaupun bukan dari level manajemen (sehingga tidak mempunyai wewenang untuk membuat keputusan), telah bersabar menghadapi para warga yang menuntut hak-haknya. Kecaman ditujukan kepada pihak manajemen PT Jaya Property, yang telah dengan sengaja menghindari menemui warga, dan membuat masalah menjadi semakin berlarut-larut.

193 thoughts on “Warga Bintaro Menuntut Janji PT Jaya Real Property

  1. hahaha, senasib dong. di sini kita dijanjiin sistem cluster. ternyata mereka bikin subcluster yang pintu masuknya di dalam cluster kita :(.

    tapi yang bikin kesel gini. mereka janji ke kita kalau pintu masuk itu cuma sementara dan nantinya akan dibuatkan jalan masuk sendiri ke cluster baru itu. sedangkan ke konsumen cluster itu mereka menjanjikan kalau itu jalan masuk utamanya.

    jadi, warga cluster baru itu gak mau terima kalau seandainya dibuat jalan keluar sendiri, karena jalan itu keluarnya bukan ke jalan utama.

    jadi kesimpulannya kita diadudomba πŸ™

  2. wah..saya jadi was was juga masalah keamanan,soalnya saya mau masuk ke rumah baru di cluster adora permata,yang notabene bertetangga dengan permata 2. masalah finishing rumah saya memang mengalaminya soalnya dinding rumah saya banyak yg retak,genteng bocor,plitur pintu dan kayu lainnya asal jadi,saya berkali kali komplain tapi cuma didenger dan tidak ada tindakan nyata.
    saya mohon kepada jaya property supaya lebih bersikap kooperatif terhadap keluhan warga,terlebih jaya property baru mendapatkan iso 9001:2000 untuk management mutu.

  3. Wah selamat deh… baru tahu nih kalo ada yang demo.. hebat deh…kebetulan saya juga di permata namun di luar cluster di hf9. Saya setuju sekali tuh dengan kualitas bangunan yang menurut saya sangat jelek pendek kata rumah2 ini siap renov bukan siap huni, dan kalau komplen pasti lama dan akhirnya sampai batas waktu komplen habis. Belum lagi cat yang sangat murahan gampang ngelotok.
    Buat rekan Michael untuk adora wah… banjir tempo hari (feb 2, 2007) banjir seperut tuh…
    Saya coba ngobrol dengan pak namin (satpam) Adora itu tadinya setu atau danau kecil tempat resapan air.. jadi yang sekarang banjir besar deh…
    Kalimat terakhir jujur kalau saya tahu kualitas bangunan dan pengamanan seperti ini saya nggak mau deh di bintaro, Bintaro Jaya hanya menang nama saja, namun karena sudah terlanjur yah sabar aja lah….
    Satu lagi kalau pulang kantor dan lihat kantor proyek Jaya Realty, rasanya spanduk di depan kantor tsb sangat berlawanan sekali ya…

  4. Turut berduka cita, tetangga saya juga ada yang tadinya di Taman Pertama 2, lalu dia pindah ke Adora. Waktu banjir kemarin kita kebetulan selamat (walaupun jalan keluar/masuk terendam air), lalu kita cek bagaimana dengan dia di Adora — yaa, banjir seperut. Pusing deh dia.

  5. Bintaro Jaya memang punya kualitas bangunan rendah, konon rumah-rumah cluster middle macem permata bangunannya diambil dari sisa2 cluster yang gede macem senayan atau menteng bintaro. Jualannya BinJay sekarang ke servicenya aja

    Salam kenal Mas Harry, insyaAllah akhir bulan nanti saya di Taman Permata, permata bintaro yang depan

  6. Kemarin ini ada kawan istri saya di Senayan Bintaro yang rumahnya juga bocor waktu badai kemarin ini. Sepertinya bukan jaminan juga.
    .
    OK sampai ketemu nanti mas Anjar.

  7. Salam kenal semua,
    Saya juga sungguh kecewa mendengar system pengamanan di Permata 2 yang seperti itu. Mudahan kekompakan warga disono dapat meningkatkan kemanan. Saya juga terlanjur membeli rumah di komplek Permata, tepatnya di Adora Permata dan masih dalam rangka renovasi. Sungguh tidak dapat saya bayangkan bahwa komplek tersebut kerendam banjir kemarin. Jika tau, tentu tidak akan saya renovasi. Sungguh tidak terbayangkan sebelumnya. Pada saat renovasipun, saya dapat melihat dengan jelas dimana kabel listrik yang seharusnya dilindungi dengan pipa PVC, dibiarkan telanjang dan menyatu dengan tembok. Dapat dibayangkan jika terjadi lecet sedikit saja dapat menjadi penghantar listrik, sehingga penghuni rumah yang tidak bersalah dapat kena strum saat bersandar di tembok.
    Mudahan ada perhatian dari pihak Bintaro agar banjir ini tidak terulang lagi dan juga kualitas bangunan yang dapat ditingkatkan

    Salam
    NewMan

  8. Wah…prihatin juga baca Taman Permata 2, saya baru beli yang didepan dan sekarang lagi dibenerin tapi tau ngak Listrik ngak nyala dan dah komplain sampai sekarang jawabnnya tarsok mulu

  9. Nah..kalau di senayan bintaro saja bisa bocor apalagi
    di permata bintaro? buat mbak yang di permata 2 emang
    udah jawaban standard dari bintaro jaya tar sok..kalo
    jawaban ok sepertinya bukan jaya property deh..
    .
    mas Harry, mau tanya di permata 2 atau ext, punya rt
    sendiri nga? soalnya kita2 di adora mau buat ktp dan
    kk baru?
    .
    untuk rekan NewMan..saya juga di adora permata, dan
    kita mengalami hal yang sama yaitu banjir,jujur saya
    shock dan tidak menyangka kawasan itu kena banjir, dan
    pada saat banjir itu,saya juga masih dalam tahap
    renovasi untuk dapur dan ada beberapa material saya
    yang hanyut kebawa air, sungguh ironis memang, so far
    pihak jaya property tidak ada sedikitpun prihatin
    dengan warga adora,setidaknya apapun langkah2 baru
    mereka mengenai tindakan2 ke depan supaya tidak banjir
    lagi sama sekali tidak ada informasi, yang ada malah
    saya dapat kabar2 burung, ada yang bilang bahwa pada
    saat banjir pintu air tidak dibuka makanya adora
    kelelep, kemudian sekarang katanya tembok kali yang di
    depan adora itu akan ditinggikan 1 meter dan akan di
    keruk lebih dalam, tapi anehnya informasi2 mengenai
    ini sama sekali tidak ada yang resmi dari jaya
    property,seharusnya informasi tindakan konkrit untuk
    penjegahan banjir ke depan di informasikan dan bila
    perlu dijamin bahwa 5 tahun kedepan pada saat banjir 5
    tahunan datang adora tidak kelelep lagi.
    .
    saya melihat sendiri kaulitas material di adora
    permata memang sangat jelek, seperti kayu kaso untuk
    atap,kayu kasonya yang kecil dan jelek,dan sangat
    tidak seimbang dengan beban genteng yang sangat
    berat,makanya banyak rumah yang pada saat banjir lalu
    gentengnya pada amblas kebawah karena kayu kaso nya
    tidak kuat menahan beban..serta kayu kasonya banyak
    yang busuk..kemudian untuk plester tembok lebih banyak
    pasir dari pada semen, begitu pula dengan pondasi
    cakar ayam nya lebih banyak pasir daripada semen, ini
    sangat mengkuatirkan jika terjadi gempa misalnya,
    bisa2 rumah pada ambruk karena pondasinya tidak
    kuat..mohon perhatian bintaro jaya
    .
    .
    salam
    Michael

  10. Betul mas, kualitas BinJay emang memprihatinkan :(, semi BUMN sih (Sahamnya punya Pemprov DKI), tau lah mental-mental orang pemerintahan kita kayak apa. Emang dodol πŸ™ Tapi herannya harganya tetep bagus bahkan di second layernya (yang rumah-rumah second gitu)

  11. Wah setelah baca postingannya Pak Harry berikut komen2nya saya jadi turut sangat prihatin. Saya juga rencana akan masuk ke rumah saya di Adora Permata bulan depan… dan saya dan suami sempet juga melihat rumah kita yang kebanjiran kemarin, “kebetulan” rumah kami terletak pas di depan sungainya Adora… jadi banjir masuk ke dalam rumah juga walaupun tidak terlalu banyak, sekitar 15 cm.

    Ketika kami ke Jaya, orang dari Jaya juga memberikan jawaban sama seperti Pak Michael mengenai peninggian kali dan pintu air, mudah-mudahan benar-benar direalisasikan.

    Mengenai material bangunan, saya juga kecewa sekali, apalagi biaya bangunan per meternya Jaya tidaklah murah. Bolak-balik kami komplain masalah rangka kayu yang busuk dan asal sambung – agak mengenaskan mengingat reputasi Jaya yang pastinya bukan abal-abal. Walaupun akhirnya komplain kami terpenuhi, tetap saja kualitas keseluruhan dari fisik bangunan kurang memuaskan.

    Saran saya, kalau beli di Jaya kita memang harus sangat proaktif komplain dan sering2 mengontrol bangunan. Bila ada fisik yang kurang bagus, langsung ambil foto lalu langsung lampirkan ketika komplain ke Jaya, mudah2an lebih cepat ditanggapi.

  12. selamat datang di Adora permata buat ibu Prita.
    sebagai informasi pada tanggal 3 maret lalu,warga
    adora rapat dengan pihak project manager jaya
    property,pihak jaya memberikan penjelasan perihal
    banjir waktu itu kenapa dan mengapa, tapi menurut saya
    pihak jaya property ujung2nya berkelit menyalahkan
    alam (jawaban standarad pemerintah),yang katanya
    intensitas curah hujan di bintaro sangat luar bisa
    tinggi dibandingkan daerah lain,plus jebolnya tanggul
    dipamulang dimana bintaro adalah hilirnya,
    dari rapat kemarin pihak jaya berjanji bahwa semester
    pertama tahun ini akan dilakukan action plan untuk
    mencegah banjir kedepan yaitu,meninggikan tembok kali
    60cm supaya kalau air lebih tidak meluap ke luar, dan
    ini langsung diprotes warga adora karena dengan
    meninggikan tembok kali sangat mengabaikan nilai
    estetika sebuah cluster,khususnya adora, kan kami
    sebagai warga adora sangat tidak ingin cluster kami
    menjadi cluster yang sangat buruk dan tidak ada nilai
    estetika sebuah cluster,karena ini akan mempengaruhi
    nilai ekonomi rumah kami,dan seperti biasa pihak jaya
    mencatat dan menampung semua keluh kesah warga adora
    tapi belum tau action plan nya kedepan,kita tunggu
    saja.
    .
    seharusnya pihak jaya property back to nature saja
    untuk mencegah banjir dikemudian hari yaitu dengan
    membuat sumur resapan di cluster adora,daripada dibuat
    lapangan basket 3 on 3 dipojok,mendingan dibuat sumur
    resapan,karena lapangan tersebut tidak berguna secara
    warga adora rata2 bekerja pagi dan pulang malam, saya
    rasa tidak ada waktu untuk main basket,walaupun ada
    anak2 kebanyakan anak2 nya masih baby, kita sudah
    mengusulkan ini kepada pihak jaya dan saya rasa warga
    adora setuju jika dibuat resapan air, menurut info yg
    saya peroleh dari warga masyarakat sekitar bahwa
    kawasan adora,calysta,vania dan oriana adalah bekas
    situ dan kemudian dijadikan perumahan dengan
    merendahkan lagi lokasi perumahan tersebut, jadi
    sangat wajar jika sewaktu musim banjir lalu cluster
    adora,vania,oriana dan calysta kebanjiran karena
    sungai yang dulunya besar kemudian dikecilkan tidak
    mampu menampung air yang begitu deras datangnya dari
    pamulang,solusi kembali ke alam dengan membuat sumur
    resapan adalah cara yang lebih efektif serta ramah
    lingkungan,sehingga sewaktu waktu air bah datang
    minimal air tersebut bisa ditampung di sumur resapan
    di setiap cluster dan dapat mengurangi beban kali di
    depan yang sangat kecil ukurannya.
    semoga jaya lebih mempertimbangkan saran warganya
    karena warga adalah konsumen, dan karena konsumen itu
    lah jaya property memperoleh ISO 9001:2000 ‘untuk
    kategori kepuasan konsumen adalah yg paling utama’ ,
    semoga saja jaya property tidak puas begitu saja
    dengan embel2 ISO tersebut, karena ISO tersebut
    sangatlah bertolak belakang dengan apa yang warga
    permata bintaro rasakan perihal untuk kepuasan
    konsumen!!
    .
    michael

  13. wah…
    baru tau ini ni tentang kualitas perumahan bintaro jaya.. padahal saya baru aja memutuskan untuk membeli rumah di bintaro juga, tepatnya di cluster emerald townhouse.
    Kira-kira bagaimana ya caranya utk mem-push developer utk membangun dengan sebenar2nya dan sebaik2nya?
    soalnya ini baru pengalaman pertama saya mencari rumah dan mau membeli rumah, jd kan gamau juga kalo nanti keputusan yg diambil salah / malah membuat kami jadi bete sendiri..
    Memangnya kalo klaim tentang kualitas bangunan (sebelum serah terima) dan komplain ke developer ga akan ditangani gitu? akan dijawab tarsok melulu?
    hmm….
    gimana caranya ya?

  14. wah..selamat menjadi warga bintaro mas Andi.
    bintaro jaya memang mempunyai nama dan nilai jual
    dikawasan ini sangat tinggi,sebenarnya kita beli rumah
    di bintaro hanya membeli lokasi doang,untuk kualitas
    bangunan masih perlu dipertanyakan,kebanyakan di
    cluster2 baru sekarang ini dikawasan bintaro jaya
    (terutama sektor 9 keatas)sebelum menempati rumah
    pasti renovasi terlebih dahulu,terlebih waktu saya
    kemarin masuk rumah pada saat musim hujan dan pada
    saat musim hujan itu lah kita tau bahwa kualitas dan
    layanan bintaro jaya sungguh tidak memuaskan karena
    seluruh rumah pada bocor,di cluster saya ada sekitar
    184 rumah dan semua rumah komplain nya sama yaitu
    bocor dan merembes kedinding sehingga seluruh dinding
    bercak2 seperti pulau,kompalin juga sangat lama di
    respon,apalagi kalo kita sudah menempati rumah,
    sehingga kebanyakan lebih efisien menggunakan tukang
    pribadi untuk membetulkan dak/genteng yg bocor,
    karena kalau mengharapkan service dari jaya property
    saya rasa seluruh warga bintaro jaya tau bahwa
    jawabannya hanya ‘ok’ tapi tindakan ‘nonsen’ alias
    ‘tar-sok’ mulu..sangat tidak relevan dengan iso 2001
    yang mereka gembar gembor-kan di media massa bahwa
    kepuasan konsumen diutamakan.
    .
    setahu saya kalau kita komplain sebelum serah terima
    sepertinya tidak bisa,karena pada saat kita beli rumah
    kan ada disebutkan specifikasi bangunan,memang semua
    itu sesuai dengan apa yang mereka tuliskan di
    spesifikasinya tapi kualitas bangunan lebih kepada
    bagaimana pihak jaya propety mengawasi atau quality
    kontrol terhadap kontaktor yang membangun cluster
    tersebut,jika jaya property membayar murah para
    kontraktor tersebut saya rasa para kontraktor juga
    asal2an mengerjakan karena material kan disesuaikan
    dengan budget.
    .
    saya rasa jaya property harus lebih meningkatkan
    pengawasan quality control untuk bangunannya kepada
    pihak kontraktor, terutama
    cor2an,besi,kayu,rank,etc,serta simetris
    bangunan,karena banyak rumah yang posisinya miring dan
    tidak simetris satu sama lain, jadi ada kesan
    kontraktornya ‘asal-asalan’ dalam membangun rumah yang
    notabene itu adalah investasi jangka panjang.
    semoga juga jaya property bisa lebih meningkatkan
    service kepada konsumennya dan menghapus motto
    ‘tar-sok’nya dengan ‘ok-ready’, sehingga ISO 9001 yang
    mereka peroleh sesuai dengan kenyataan dan tidak
    mubazir sekedar penghargaan saja.
    .
    .
    michael

  15. saya juga dengar cluster adora terkena banjir yang lalu. sehari setelah banjir surut saya sempat lihat2 ke sana, jadi nggak lihat separah apa.

    turut berduka cita untuk yang kebanjiran, yang dibobol maling, dan mungkin untuk saya sendiri juga πŸ™

    bukan kebetulan, saya juga telah membeli rumah di cluster calista (pengalaman pertama beli rumah).

    bbrp kali saya mampir ke calista untuk melihat progress penyelesaian bangunan yang lambat sekali. tadinya saya pikir cuma saya yang punya keluhan ttg kualitas struktur dan kayu yang digunakan oleh kontraktor, setelah baca posting di sini ternyata banyak juga ya yg complain.

    selain kualitas bahan bangunan, sepertinya bintaro jaya juga punya masalah dengan layanan after sales, beda banget dengan pre-sales nya yang agresif. begitu pembayaran diselesaikan, salesnya kabur, dan urusan jadi sulit.

    btw, thanks untuk yg punya blog. jadi tambah info nih..

  16. Hi mas Budi n mas Michael.

    Saya juga pembeli rumah di Adora Permata dengan kondisi rumah yg kualitasnya kayak sisa sampah perumahan mewah oleh kontraktornya PT Jaya.Tapi untuk komplain..jangan salah mas, kita bisa komplain SEBELUM SERAH TERIMA rumah. Yg penting ngotot dgn alasan apapun, bawa hasil foto bangunan yg jelek, kirim surat, fax, telepon pokoknya apapun yg bisa kita pake untuk menteror mereka.. lebih baik mereka yg gila daripada kita yg jd sengsara dan tekorr..hehehehe.

    Percaya deh soalnya saya dan istri saya melakukannya dengan gigih dari saat dinding rumah saya baru dibangun sampai sekarang. Dan rajin2 ngecek kondisi rumah, karena mereka membangun dengan asal2an, saya juga sempat menteror pemborongnya langsung. Hasilnya dari Jaya memberi perhatian lebih walaupun tidak bisa semaksimal yg saya mau.

    Yang namanya lembar komplain, saya sudah isi berlembar2 dan akhirnya tanpa lembaran itu saya telepon terus orang bagian komplain/purna jual dengan permintaan2 saya bisa juga lho..

    Mungkin ada satu bagian rumah yg sudah tdk bisa di maksimalkan spt kayu plafon (coba naik ke atap deh…liat gimana asalnya mereka bikin, apalagi kabel2nya.. ihh)
    maka saya mencari bagian lain yg masih bisa dimaksimalkan seperti ubin keramik, saluran air dst.Ok

    Jangan khawatir mas.. pasti bisa kok. Saya dengan calon tetangga diblok baru juga udah mulai kompak dan terus berbagi informasi, jadi kejar terus bagian purna jual dan kontraktor lapangannya. Jangan lupa bawa foto bagian yg dikomplain karena hal ini membuat mereka tak berkutik.

    May the force be with you all!!

  17. Ini keterangan mengenai apa itu ISO 9001:2000 : [ klik disini ]
    .
    Kalau melihat bagaimana implementasinya di Bintaro, saya kira kita bisa komplain ke pemberi sertifikatnya (ada yang tahu?) agar bisa dibatalkan πŸ™‚

  18. mas Derry,kita satu cluster ternyata ya, berarti rapat
    warga kemarin di lapangan basket ikutan ya?

    kalau untuk komplain saya emang cerewet,setelah serah
    terima saya shock karena dinding rumah banyak pulau2
    dan bercak2 bocor disana sini, saya udah kompalin
    berkali2 baik lewat edaran kompalin maupun telpon
    orang lapangan dan purna jual,akhirnya di benerin dan
    sampai sekarang udah nga bocor lagi,hanya dak didepan
    teras yg masih bocor..dan sampai detik ini masih belum
    dibenerin walau saya udah capek complain bahkan memaki
    maki orang lapangan jaya property,dan saya dengan
    tetangga satu blok emang sudah kompakan dan juga
    bertukar informasi

    kemudian dari hasil rapat warga perihal banjir
    kemarin, pihak jaya kan juga meminta kita membuat form
    komplain yang akan berikan kepihak manajemen,tapi
    sampai saat ini setelah hampir 2 bulan kompalin warga
    dari meeting kmrn belum ada action plan nya.

    yang baru keliatan hanya meninggikan dinding kali yang
    didepan pintu masuk, padahal kemarin ada warga yang
    protes kalo meningikan dinding kali itu akan
    mengurangi nilai estetika cluster, karena orang yang
    baru pertama kali masuk ke cluster adora ataupun yang
    lain nya melihat kondisi dinding kali dibuat seperti
    itu bisa saja berasumsi wah nih komplek rawan
    banjir,,ini akan mengurangui nilai ekonomis cluster
    kedepannya.

    tapi sepertinya pihak jaya memang tidak care dengan
    konsumennya, dan ini sudah sangat terbukti dengan
    pelayanan after sales yang menjengkelkan, giliran
    waktu menawarkan rumah para sales udah kayak orang
    kesetanan..giliran sudah dibeli dan warga minta
    service after sales yg ada tar sok mulu.

    ditambah lagi saya baca surat pembaca di harian Kompas
    minggu lalu, ada warga di sektor 9 yang (saya lupa
    jalan apa) kemalingan dengan kondisi 2 mobil hilang 1
    honda jazz dan satu lagi inova, hal ini semakin
    membuat saya takut perihal faktor keamanan di seputar
    bintaro jaya khususnya sektor 9.

  19. Wah mas michael, kebetulan saya belum masuk adora waktu ada meeting itu. Jadi nggak tau.
    Tapi kalau saya terus kejar orang purna jualnya antara lain Bpk Nanang, kontraktor dan sub kontraktornya, petugas lapangan alias kuli2nya. Sampai pihak Jaya yg sering kontrol ke lapangan yg kalo gak salah namanya David. Memang sudah mulai tidak mengangkat telepon saya sih.. dan nggak membalas sms. Tapi kalo sempet biasanya saya satroni aja kantornya langsung sambil bawa foto ato bukti lainnya.

    Nah ..begitu juga soal keamanan mas michael. Saya juga komplain ke mereka soal tembok pembatas yg tidak ditutup sampai pagar besi yang dibuka sedikit. Akhirnya ditutup juga, TAPI kawat duri yang diada ternyata dipotong oleh warga sekitar yang masih ngotot memakai akses jalan kompleks. Permasalahannya Tangga liar yang masih banyak berada disekitar tembok pembatas kita harus segera ditertibkan. Harus ada campur tangan pihak Jaya dan keamanan kompleks.

    Karena ketika akses sudah dibuka maka bukan hanya satu-dua rumah yg terancam keamanannya tapi satu kompleks..
    Sama analoginya seperti lubang tikus, sekali ada satu lubang maka satu rumah yg bisa diacak2, bukan sekitar lubangnya aja.

    Itu baru satu hal saja, belum termasuk masalah kuli angkut yg menggila diluar cluster menanti mangsa. Ternyata, pihak keamanan yg harusnya ikut menjaga dan menertibkan gak beda spt mereka yg diluar sana. Ujung2nya minta duit juga!
    Jadi kalo mereka ngga dikasih duit, para kuli angkut mereka biarkan masuk menodong mobil yg membawa barang.
    Yah..keluar mulut macan, masuk mulut monyet hehehehe..
    Tapi JANGAN PERNAH TAKUT..santai dan pede aja, tinggal kita mau pegang pihak yg mana. Pegang keamnananya aja untuk sementara dulu. Kalo saya sih nanti usulkan nanti kalo kepengurusan RT sudah jadi, personel keamanan ditambah dari luar warga sekitar mungkin komposisinya 70% luar-30% keamanan dr sekitar lingkungan. Kalo ada kejadian pencurian (amit2 yah jangan sampe kejadian) punishmentnya untuk pihak keamanan harus ada yg diganti. Jadi fair, nggak ada yg lepas tangan dan rugi sendiri.

    Gitu aja, mudah2an cluster Adora permata penghuninya kompak dan saling berbagi informasi.

  20. Mas Derry, kalau pak nanang,pak taufik pak david udah
    kenyang kali kita maki2..apalagi pak david dan pak
    taufik sekarang jarang ke lapangan menghindar kali
    hehehe karena capek di maki2 mulu..

    kalau masalah kuli sih awalnya waktu saya renovasi
    rumah shock bgt banyak kuli, tapi saya beli bahan
    bangunan include dengan upah kulinya jadi saya nga
    ribet dan pusing lg pula jatuhnya lebih murah
    dibandingkan kalo kita kasi kuli satu persatu, di
    bintaro paling parah emang kulinya dan matre2..tapi
    dari meeting kmrn pihak jaya tidak bisa berbuat
    apa2..mereka bilang yah membantu warga sekitar yang
    membutuhkan gitu..yah lebih ke sosial aja tapi untuk
    pindahan ke adora pihak jaya janji tidak ada kuli.

    masalah tangga di sekitar tangga emang sudah kita
    protes waktu rapat warga, dan pihak jaya berjanji akan
    menertibkan,karena itu jadi jembatan warga kampung
    yang masuk ke cluster seenak perutnya dan pihak
    security tidak ada initiatif untuk bertindak
    keras..mudah2an jaya serius menanggani hal keamanan
    cluster adora.

    masalahnya pihak jaya property belum serah terima
    adora kepada pihak pengelola,makanya lingkungan
    sekarang jorok,banyak orang keluar masuk yang tidak
    berkepentingan,kuli2,dan keluhan warga dicuekin. tapi
    jika sudah serah terima ke pengelola warga adora bisa
    protes dan mengusulkan, misalnya masalah ID warga atau
    dibuat mesin PIN untuk setiap warga sehingga hanya
    warga yg memiliki kode PIN yang bisa masuk (seperti
    appartement)dan warga luar yang ingin masuk ke cluster
    harus tinggalin ktp tak terkecuali abang bakso,mie
    ayam,sayur,roti dll., kalau lingkungan jorok misalnya
    kita bisa protes, dan lain sebagianya.

    tapi masalahnya sekarang masih belum serah terima ke
    pengelola menurut info yang saya peroleh menunggu
    cluster di huni sekitar 80%, so buat mas Derry, buruan
    pindah ke adora supaya wargan semakin banyak sehingga
    lingkungan semakin ramai dan semakin terawat dan
    menajdi cluster yang tumbuh

  21. Ok Mas Michael, minggu depan saya rencana udah mulai masuk ke Permata kok, wah ide mas Joko bikin mailing list adora permata bagus sekali. Saya join langsung deh

  22. Mas Joko,
    Aku join donk, biar protesnya barengan…dan updatenya tetap dapet maklum rencana pindah masih beberapa bulan lagi

  23. Udah saya subscribe ulang ya Mas Joko, alamat saya di Adora jg udah masuk kok.

  24. hi mas michael, mas budi, mas derry, mas joko dan rekan2 semua, saya sendiri beli di Oriana, kalo membaca semua komplain, keluhan, makian dari tetangga Adora, seperti nya hal yang sama juga akan terjadi dengan Oriana, dan akan saya alami akhir tahun 2007 ini *yg dijanjikan janji oleh developer*

    boleh ikutan sharing di community ini? mudah2an saya bisa belajar dari tetangga

  25. Halo juga mas Boy,
    Pasti mas Joko yg bikin milis dengan senang hati tentunya mau bgt kalo rekan2 dari cluster Oriana mau gabung, soalnya saya dulunya ambil oriana tapi berhubung janji dari Jaya baru akan jadi akhir 2007, saya pindah ke Adora Permata..hehehe
    Makin rame makin meriah deh pokoknya. Betul begitu mas Joko?

  26. eh, gua baru baca komentar – komentar di sini. Ternyata ribet juga ya sama Jaya. Untuk bisa serah terima setelah akad, kurang lebih, dua bulan yang lalu, gua harus telepon dan “kejar” bagian serah terima setidaknya tiga hari sekali. Well, semoga sabtu besok, pada saat serah terima, gua terima 99.99% beres.

  27. wah banyak juga ya yg dari adora ikutan nimbrung disini.
    keliatannya bukan masalah cluster dimana yang bagus di bintaro jaya , memang kualitas bintaro jaya seperti itu. konstruksi/struktur bangunannya, finishingnya, sampai keamanannya sama aja semuanya… saya punya famili di graha taman.. sama aja; plafond nya menghitam karena jamuran kena bocor. Clusternya juga udah “kebuka” dari kampung belakang .dinding pembatas yang dijebol, ditutup, lalu dijebol lagi buat warga belakang lalu lalang (sekarang gak tau udah ditutup lagi atau nggak), intinya keseriusan warga untuk mempertahankan “cluster” yang tertutup, kalau warga lengah, “capek” dan “ngalah” ya udah makin kebuka aja tuh akses ke cluster. memang rumah di binjay tuh bukan siap huni tapi siap renov & siap untuk diperbaiki… Oleh siapa? tergantung kita…
    yang bikin betah di adora adalah kebersamaan,kekompakan warganya,+ suasana yang guyub.

  28. wah gimana nih gue jadi bingung, minggu kemaren baru liat kompleks permata dan gue tertarik untuk beli, tapi kalo ngeliat komplain warganya banyak gini gue jadi bingung nih, minta masukan dong buat yang udah jadi warga, siapa tau gue jadi beli kan kite tetanggaan jadinya hehehehehe. thanks before πŸ™‚

  29. Yunus
    July 4th, 2007 13:50
    om Syam thx ya untuk sms alamat emailnya
    dah banyak juga ya yang ikutan disini, oh ya saya tinggal di Blok B-5 no.9/ Jl. Adora V, (Loundry GINZA), anak ada 5, sulung di SMU yang kecil umur 1 bulan, gawe dikantor PT FRITMANDIRI UTAMA/ Konsultan Mgt, http://www.fritmandiri.co.id, fmu@idola.net.id ada banyak training disini teknis dan mgt, kalo utk training sekretaris juga ada lisensi Amrik lho namanya Office Professional Institute (OPI), http://www.opi.or.id, opi@cbn.net.id
    kali aja ada yang perlu ditraining, yang ngirim ada fee nya lho, ok ditungguuuuu

  30. Makasih buat sharing pengalamanya tentang kualitas dan suasana di bintaro jaya. Kami tertarik untuk tinggal di sektor 7 dan 9, tapi…kelihatannya kemananan, kualitas bangunan cukup bikin puyeng juga ya, tidak ada peningkatan yg sesuai dengan kenaikan harga yang dipasang.

    Yang kelihatannya positive adalah penghuninya yang kompak, enak bergaul dan sangat bersahabat. Semoga pihak bintaro Jaya mawas diri dan meningkatkan servicesnya, sehingga calon pelanggan tidak kabur. Yang utama dan terutama adalah keamanan, kalau rumah bocor masih bisa diperbaiki sendiri, tapi kalau keamanan kan….urusan nyawa dan keselamatan manusia…itu layak dapat prioritas utama…

    PS:
    Saya pernah tinggal 2 tahun di Sektor 9 Jl. Kucica, memang betul rumah waktu bocor terus….dan stop bocornya setelah di renovasi tukang pilihan sendiri, bukan tukang bintaro jaya.

  31. Salam kenal,

    Selamat malam bapak2 & ibu2 yang kompak..

    Saya dan istri dengan 1 orang bayi berniat untuk mencari rumah tinggal. Kebetulan tadi sore saya sempat lihat2 di daerah permata tepatnya di adora dan permata ext2 krn ada beberapa rumah yang akan dijual disana.

    Terus terang awalnya saya sangat tertarik sekali untuk tinggal disana, namun setelah saya lihat milis ini, ternyata banyak masalah sehingga saya perlu mempertimbangkan lagi.

    Namun demikian, yang saya lihat komen2 diatas dibuat kira2 setahun yang lalu dan yang terakhir di kirim adalah komen ibu Mega pada bulan Nov lalu.

    Mohon sharing informasinya dari Bapak2 & Ibu2 sekalian apakah sampai saat ini sudah ada perbaikan, perkembangan, maupun solusi atas masalah2 tersebut diatas (terutama masalah banjir dan keamanan)?? lalu mohon sarannya apakah saya lebih baik ambil rumah di adora atau di permata ext2 (Blok C2/27)??

    Mohon bantuan Bapak2 & Ibu2 sekalian untuk sharingnya, kami sangat memerlukannya krn kami sangat berminta sekali untuk tinggal di daerah tersebut, terlebih lagi melihat penghuni2nya yang sangat kompak…

    Terima kasih banyak sebelumnya

  32. Dear all,
    Punya informasi tentang Kebayoran Heights (sektor 9)? Apa saja sih yang harus dikontrol saat pembangunan rumah sedang berjalan? Thanks ya, komentar apapun sangat berguna untuk saya

  33. @Ari – di permata 2 setahu saya keamanannya tetap baik, dan tidak pernah banjir.
    .
    Kalau di Adora saya kurang tahu. Mungkin ada yang bisa bantu berbagi informasi, silahkan. Trims

  34. Kenapa yach udah setahun ada komplain begini tapi tidak ada tindak lanjut dari pihak jaya bintaro?

  35. kebayoran heigth bagus sech, ya paling ngecek finishing saja, aku rasa bagus juga dari segi struktur, eh dah tau belum nech di unit jaya property lain di Graha Raya ada cluster baru nech namanya venice bentuk rumahnya bagus lho minimalis and klasik punya untuk satu lantai saja bisa di renof and tinggi plafond cukup tinggi sehingga udara di dalam sangat segar dan terasa nyaman.

  36. M I E R A D JA
    Pesan Antar 021-9828 557 ( Bintaro dan sekitarnya )

    QT KODE MENU HARGA
    1101 MIE AYAM 9,000
    1103 MIE AYAM BAKSO 12,000
    1104 MIE AYAM PANGSIT REBUS/GORENG 12,000
    1106 MIE AYAM BAKSO PANGSIT REBUS/GORENG 15,000
    1114 MIE AYAM SPECIAL 11,000
    1117 MIE AYAM SPECIAL BAKSO 14,000
    1118 MIE AYAM SPECIAL PANGSIT REBUS/GORENG 14,000
    1119 MIE AYAM SPECIAL BAKSO PANGSIT REBUS/GORENG 17,000
    1102 MIE AYAM JUMBO 13,000
    1120 MIE AYAM JUMBO BAKSO 16,000
    1121 MIE AYAM JUMBO PANGSIT REBUS/GORENG 16,000
    1122 MIE AYAM JUMBO BAKSO PANGSIT REBUS/GORENG 19,000
    1123 MIE AYAM JUMBO SPECIAL 15,000
    1124 MIE AYAM JUMBO SPECIAL BAKSO 19,500
    1125 MIE AYAM JUMBO SPECIAL PANGSIT REBUS/GORENG 19,500
    1126 MIE AYAM JUMBO SPECIAL BAKSO PANGSIT REBUS/GORENG 22,500
    1108 MIE AYAM YAMIEN 10,000
    1110 MIE AYAM YAMIEN BAKSO 13,000
    1111 MIE AYAM YAMIEN PANGSIT REBUS/GORENG 13,000
    1127 MIE AYAM YAMIEN BAKSO PANGSIT REBUS/ GORENG 16,000
    1109 MIE AYAM YAMIEN JUMBO 12,000
    1128 MIE AYAM YAMIEN JUMBO BAKSO 17,500
    1129 MIE AYAM YAMIEN JUMBO PANGSIT REBUS/GORENG 17,500
    1130 MIE AYAM YAMIEN JUMBO BAKSO PANGSIT REBUS/ GORENG 20,500
    1131 MIE AYAM YAMIEN JUMBO SPECIAL 16,500
    1132 MIE AYAM YAMIEN JUMBO SPECIAL BAKSO 19,500
    1133 MIE AYAM YAMIEN JUMBO SPECIAL PANGSIT REBUS/GORENG 19,500
    1134 MIE AYAM YAMIEN JUMBO SPECIAL BAKSO PANGSIT REBUS/ GORENG 22,500

    1113 MIE GORENG RADJA 14,000
    1115 MIE GORENG SPECIAL RADJA 16,000
    1135 BIHUN GORENG RADJA 14,000
    1136 BIHUN GORENG SPECIAL RADJA 16,000
    1201 BAKSO (5) 7,500
    1202 PANGSIT REBUS/GORENG (5) 7,500
    1204 BAKSO UDANG (5) 10,000

    1301 NASI HAINAM AYAM RADJA 14,000
    1302 NASI GORENG RADJA 14,000
    1304 NASI GORENG SPECIAL RADJA 16,000
    1401 AYAM GORENG CANTON 16,000
    1303 NASI PUTIH 2,000

    2101 TEH TAWAR PANAS 1,500
    2102 TEH MANIS PANAS 2,000
    2103 ES TEH TAWAR 2,000
    2104 ES TEH MANIS 2,500
    2105 AIR MINERAL GELAS 1,000
    2106 AIR MINERAL BOTOL 3,000
    2107 TEH BOTOL SOSRO 3,000
    2108 FRUIT TEA 3,000
    2109 JOY TEA 3,000
    2110 JERUK DINGIN / PANAS 5,000
    2112 KOPI PAHIT / MANIS 3,000
    2114 LEMON DINGIN/PANAS 6,000
    2115 ES LILIN ANEKA RASA 2,000
    2116 ES LILIN DURIAN/KOPYOR 2,500
    2117 JUICE STRAWBERRY 9,000
    2199 ES BATU 500

    1901 KRUPUK PUTIH 1,000
    1902 USUS KERING 5,000
    1903 KACANG MEDAN 3,500
    1904 EMPING UDANG 3,500
    1905 SUNPIA 3,500
    1906 KACANG TELOR 3,500
    1907 KRUPUK IKAN 4,000

    Kami buka Senin Γ’β‚¬β€œ Jumat jam 8:00 Γ’β‚¬β€œ 22:00, Sabtu/Minggu jam 7:00 – 22:00

    Cabang 1 Cabang 2
    Menor Service CountryWoods Plaza Nagari
    Jl. WR Supratman No. 1 Jl. Kyai Maja No. 63
    Kampung Utan – Pondok Ranji Keb. Baru, Jakarta Selatan
    Phone. 021-9828 5575 Phone. 021-9453 5020

  37. Dear All,
    Saya dan istri berencana membeli rumah di daerah bintaro (non sektor) dari hasil berburu di koran dapatlah kawasan cluster minimalis (13 rumah) di daerah Pdk Aren (masuk dari tempat cuci mobil Orlen, terus masuk smp gang Masjid Nur Fikri namanya CLUSTER MUTIARA BINTARO. Lokasi lumayan dekat dari jalan tol, hanya saja agak masuk ke perkampungan penduduk, agak sempit utk 2 mobil berpapasan. Setelah baca-baca komentar2 diatas jadi “ngeri” juga masalah keamanan. Mohon infonya untuk keamanan di daerah cluster tersebut….. Sekalian tips survive dr premanisme di Bintaro…. Masa musti sewa polisi biar ngk dipalakin? Hehehhee.
    thx

  38. @Aria – memang kecemburuan sosial cenderung akan selalu ada. Solusinya ada banyak, yang paling mudah (bagi yang beragama Islam) adalah dengan rutin ikut sholat di mesjid mereka πŸ™‚
    .
    Dengan demikian, maka bisa terjalin silaturahmi, dan penghuni cluster tidak terkesan eksklusif.
    .
    Usahakan paling tidak rutin satu waktu, misal: subuh, atau isya.
    .
    Kalau di cluster saya memang kasusnya agak ekstrim; tapi, alhamdulilah, semuanya ramai-ramai kompak saling bantu menanganinya.
    Ada yang terjun langsung ke masyarakat sekitar, ada yang mengadakan acara silaturahmi, ada yang mengurusi soal security cluster, dst.
    .
    Alhamdulillah, sekarang situasinya sudah JAUH lebih aman.

  39. Apakah ada masukan kalau untuk daerah permata extension ?
    Dari rekans apakah ada yang pernah bertransaksi dengan penjual yang deforce (cerai), bagaimana prosesnya, apakah mudah/susah dan butuh waktu berapa lama ?
    Thx b4.

  40. Saya di Permata 1 Bintaro (blok HG25), ingin nimbrung dan sedikit memberi info.

    Mengenai kualitas bangunan/instalasi listrik rasanya engga beda jauh dengan yang saya alami. Tapi apa yang saya alami terakhir cukup mengesalkan. Saya membeli rumah tsb melalui KPR, setelah lunas 6 bulan yg lalu saya belum dapat sertifikat dengan alasan (berita dari notaris) sertifikat belum dipecah oleh developer bahkan dikabarkan ada sertifikat ganda???

  41. kebetulan saya beli rumah juga di callysta permata…menurut cerita org2 mengenai pembangunan yg acak adul..bener juga…jd begitu di renovasi…keliatan semua betapa gawatnya fondasinya (cor nya bisa dipotek cuma pake tanga…tipis banget)….kayu2nya….nyaris ngga ada yang masih bagus…kaya rumah udah puluhan tahun…gila..udh gitu banyak bekas rembesan air dimana2…alias bocor…yang paling mendingan cuma kusennya…(mendingan lhoo..bukan berarti bagus). Akhirnya semua diganti (mengingat gue punya anak balita jd mesti save rumahnya)….mulai dr buat fondasi awal…kayu2..sampe genteng…alhasil biaya renovasi rumah yang tadinya biasa2 aja menjadi sangat luar biasa…karena sama aja gue beli tanah kosong…trus gue bangun sendiri.
    Oya satu lagi…kalo beli rumah..WAJIB ganti internit kamar mandi (karena maling suka masuk dr situ) juga ganti semua kunci2 karena gue pernah sebelum direnovasi…gue mau liat rumah gue…ternyata gue menemukan banyak tukang2 lg duduk2 santai di dalem rumah gue…gue dengan terbengong2 cuma ngeliatin kunci rumah yg gue pegang (lhaa..mereka dapet dr mana)…jd kebayang dong kalo ngga diganti kuncinya…salah2 bisa keluar masuk seenaknya tuh tukang2..
    Teralis juga wajib kudu dipasang….tembok belakang ditinggiin and dipasangin pager juga plus kawat berduri…jangan lengah deh..

  42. wah ..apa sebelum membeli rumah tidak survei lokasi dahulu dan tanya” warga sekitar cluster Permata, misal vila bintaro indah, terkait asal-muasal lokasi cluster Permata bahwa dulunya berupa sawah dan nyaris seperti rawa, lengkap dengan airnya

    Kalo terkait lokasi yang mudah diakses warga sekitar,
    Sebelum beli,apakah tidak lihat” lokasinya dulu dan pikir masak” potensi gangguan keamanannya πŸ™‚

    Klo cluster Kebayoran Height kan beda..jadi belum tentu Jaya Property-nya yang tidak bagus πŸ™‚

  43. SETUJU BANGET….JAYA EMANG PROPERTY YANG SANGAT TDK PROFESIONAL, BELI RUMAH JUDULNYA AJA RELITANYA KITA HANYA BELI TANAH KARENA SEMUA YANG DIPAKE BARANG BUSUK SANGAT KECEWA SEKALI !!! HIMBAUN MENDING GAK USAH BELI DEH DI JAYA KECUALI KALO KELEBIHAN DUIT BUAT RENOV GPP DEH

  44. JAYA PROPERTY cuma jual tanah rumahnya semua dr barang rongsokan, kayu bekas, pipa gak ada yg di lem semua bocor, desain juga kurang bagus yang menang hanya lokasi ajah

  45. hi salam kenal semua,
    saya baca2 comment semua kok kayaknya di bintaro terutama sektor 9 kok agak2 parah soal keamanan, dan kualitas bangunan ya? Soalnya saya berencana mau ambil lokasi ORIANA nih awal tahun 2009. Kira-kira saya musti gmana nih? apakah kondisi bangunannya harus saya recheck?? trus soal pindahan barang apakah ada premanisme yg bisa mengganggu kenyamanan proses pindahan saya nih?
    Mohon pencerahannya donk teman2 semua..terima kasih ya atas informasinya.

    salam,Robert

  46. @robert – saat ini utk soal keamanan (preman penunggu truk barang) sudah mulai jauh mendingan. PT Jaya bekerja sama dengan polisi, dan saat ini saya belum ada melihat lagi preman tsb.
    .
    soal kondisi bangunan – sepertinya tetap lebih baik jika proaktif & waspada, dan dituliskan di dalam perjanjian jual beli.
    contoh: jika ada kerusakan rumah, paling lambat dalam 3 hari sudah harus ada respons, paling lambat 1 minggu sudah selesai masalahnya, dst
    .
    Mungkin ada lagi yang ingin menambahkan / membagi pengalamannya, silahkan.

  47. @robert – saran saya lebih baik dicek dulu keadaan di Oriana, setahu saya depan Oriana ada kali yg pinggirnya ditinggiin 1/2 meter. Kenapa? Karena tahun 2007 sempat meluap kalinya alias banjir.
    Lebih baik Anda tanya2 dulu dengan warga sekitar, karena saya mendapat info ini dari Satpam yg ada di perumahan tersebut.

  48. Datang dan bergabunglah bersama kami belajar music dan lukis di :

    MEGAMI SCHOOL MUSIC & ART
    Jl. Bintaro Utama sektor 3A
    Ruko Matercella no.E-81
    Bintaro, Jakarta Selatan
    contact person : Ika, Meilani, Tedi
    phone : 021 – 737 23 48, 737 888 2, 0818 941 452

  49. salam kenal ya buat semuanya….jadi serem nih mau beli rmh di binjay..padahal gw lg mau beli di sektor 1 jl.trulek…rmh second sih..gimana menurut temen2 yg dah lama tinggal di permata?

  50. sampai dgn thn 2009 sy kira sdh ada perubahannya walaupun sedikit……..pengalaman sy tinggal di adora permata dr th 2007 sampai skrg enjoy aja……….

  51. sekadar informasi, jika suatu saat bermasalah pengembang property:
    ===
    PAKSA DEVELOPER TANGGAPI KOMPLAIN ANDA
    masalahrumah-dotcom —SALURAN KOMPLAIN konsumen rumah kepada developer: Kirim keluhan Anda, Redaksi akan menghubungi pihak pengembang agar menanggapinya.
    PANDUAN AKURAT bagi calon konsumen rumah: Sebelum bertransaksi, periksa dulu di sini kredibiltas pengembang calon rumah Anda, banyakkah mendapat keluhan?; bagaimana mereka menanggapi keluhan itu?; dsb.— masalahrumah-dotcom
    ===

  52. Dear rekan-rekan penghuni kawasan permata, saya kebetulan berencana ingin mengambil di oriana, apakah kejadian diatas sudah terselesaikan atau belum ya? terutama soal keamanan dan banjir.

  53. Bisa di ambil hikmahnya .. harus hati2 sebelum membeli .. apalagi membeli rumah ..

  54. Iya pengalaman ini juga pernah aq alami. Beli rumah emang kudu teliti dan berani. Saya mengalaminya dengan rumah baruku yang pembangunnannya jauh dari memuaskan. Soalnya aku tahap pertama, waktu itu bingung mo sharing ke mana…hiks..hiks… ga pa2 dinikmati dulu aja.Yang penting sekarang dah rumah dhewe…:)

  55. Thanks for the great post! I really enjoy reading your blog most especially it has a rich content of informative information.

  56. begitulah kalo kita beli rumah dengan pengembang besar seperti JRP, suka lammma bgt baru ditanggapin..kualitas bangunannya jg asal jadi..ini menurut saya yang udah riset perumahan-perumahan di binjay..
    syukur sekali saya beli rumah dengan developer pribadi yang menurut saya cukup jauh memuaskan ketimbang membeli dg developer besar sperti JRP. kalo ada keluhan apa cepat sekali ditanggapin n diperbaiki..tp sejauh ini kualitas bangunannya jg memuaskan n kalah jauh dengan JRP..soal harga jg jauh lebih murah..saya sudah beli di daerah Graha Bintaro tepatnya di Kav.Graha jl Alhidayah. sebagai perbandingan harga waktu saya belitahun 2009 dengan Lt:82, Lb:57 dibandrol dengan harga 250jt-an(sudah SHM), sedangkan cluster catalina atau celesta yg dikelola JRP dg type lt:72 Lb:41 pada waktu itu (2009) dihargai 275 jt-an (masih SHGB)..cukup jauh kan perbandingannyaa…
    belum lg kualitas bangunannya yg jg kalah jauh…sampai saat ini..alhamdulillah belum yg ada bocor atau dinding yang retak-retak..sekarang sudah saya kontrakkan dan sudah laku dengan seorang WNA yang bekerja di sektor 7.
    maklum saya masih rencananya 2 tahun lagi tinggal disitu karena masih tinggal di rumah dinas..jadi daripada kosong lebih bagus dikontrakkan saja….hmmmm lumayan jg untuk investasi…
    berhubung masih ada sisa 2 unit lagi yang masih dipasarkan, jadi teman-teman kalo ada yang berminat,silahkan hubungi saya.
    Type Rumah minimalis semi Town House, Plafon depan rumah tinggi. dinding double.
    Lt:100m
    Lb:60
    Kt:3
    Km:1
    Rangka atap: Baja Ringan
    terdiri dari: ruang tamu, ruang tengah, dapur kotor, dapur bersih, taman depan, taman belakang
    listrik:1300 watt
    air: jetpump
    carport:1
    ket: posisi cluster rumah dekat sekali dengan jalan raya Graha.dilalui Angkot. kurleb 100m dari PASAR SEGAR Bintaro.
    harga: Rp.320.000.000,-

    apabila berminat, hub saya di : 0852 16505923 (Raviza)

    note: DIJUAL CEPAT !!!

  57. WahÒ€¦prihatin juga baca Taman Permata 2, saya baru beli yang didepan dan sekarang lagi dibenerin tapi tau ngak Listrik ngak nyala dan dah komplain sampai sekarang jawabnnya tarsok mulu

  58. Bila ada rekan2 yang tertarik untuk mencari rumah murah bersubsidi barangkali bisa mengunjungi website kami : marketingsakti.com

    Di sana terdapat berapa pilihan rumah yang bisa menjadi pertimbangan, mulai dari segi harga hingga lokasi. Relevan untuk orang2 yang bekerja di wilayah Jabotabek.

    Semoga bermanfaat. Terima kasih.

  59. With prices rising in every area of life even the auto insurance rates have become high which makes it unaffordable for those who are in the low income group and can just about manage to make both ends meet for their own essential requirements. This group of people would like to find value for their money and would also look for the lowest rates available in any area including auto insurance and also other types of insurance policies. A car has almost become one of the essential requirements for any family, even if this means getting a second hand car. Every vehicle needs an insurance policy to be on the road, and for the lower income group, this would mean looking for affordable auto insurance to make it possible for them to get their vehicle on the road too.

  60. ThatÒ€ℒs pretty good article, I really like the tips you have given..Thanks a lot.will be referring a lot of friends about this.Keep blogging.

  61. Turut berduka cita, tetangga saya juga ada yang tadinya di Taman Pertama 2, lalu dia pindah ke Adora. Waktu banjir kemarin kita kebetulan selamat (walaupun jalan keluar/masuk terendam air), lalu kita cek bagaimana dengan dia di Adora Ò€” yaa, banjir seperut. Pusing deh dia.

  62. Sampai sekarang juga masih banjir , yaitu :
    Tgl 25 Okt 2010, pukul 18.00-04.00 WIB , ketinggian 20-100cm.
    Tgl 27 Okt 2010, pukul 19.00-24.00 WIB, Ketinggian 20-50cm, disertai jebolnya pagar tanggul di ujung perumahan Cluster ORIANA yg di bobol warga sekitar luat CLUSTER yang meresahkan ibu-ibu dan anak yang tinggal di rumah saat siang hari sehingga terjadi perselisihan yang melibatkan SATPAM, kepolisian, TNI dan wakil DPRD Tangerang Selatan.
    Kepada Pihak Jaya Property mohon diperhatikan janjinya saat menjual rumah bahwa kawasan BEBAS BANJIR. Sebelumnya dibangun terdapat 2 kali besar yang sekarang hanya tinggal 1 kali sehingga tidak mampu menampung air yang luber. SEbagai pihak yang mengerti ILMU TATA RUANG tentunya dapat memperhatikan jalur AIR dan penerapannya.
    Terima Kasih.

  63. saya rencana mau kontrak di permata adora, boleh tolong infonya apakah sampe bulan november tahun 2010 ini di adora permata masih banjir dan bagaimana dengan keamanannya?saya perlu banget infonya, karena saya punya 2 bayi shingga saya harus ekstra hati-hati, terima kasih ya

  64. Salut buat warga permata yg kompak dan blog yg menarik, thx 4 all info nya ya? Btw any info utk cluster emerald view ga? Klo ada tlg di share ya? Thx once again. Ttp bersatu ya seluruh warga bintaro?! GBU.

  65. Hello, good article mate. Good deed. Unfortunately, I have a problem with the RSS feed. I do not know why he could not order. So that someone else is experiencing the same problem with RSS? Someone who knows please reply. Thanks!

  66. thank you for sharing such a great post on Warga Bintaro Menuntut Janji PT Jaya Real Property its awesome

  67. Sudah saatnya keamanan itu dipilah-pilah dalam promises.But Bintaro oleh suara hal maintenanace perlu disortir juga

  68. This website is very great and the information is very nice. That the information is very simple to understand the normal people can also use this website. Thanks a lot for visiting this website and using the services.

  69. Thank you for sharing to us.there are many people looking about good post for their read hope they get enough resources by reading your post.

  70. Its an informative topic. It help me very much to solve some problems. Its opportunity are so fantastic and working style so speedy. I think it may be help all of you.

  71. Thanks a lot for sharing such wonderful info in this website and nice impression in this blog halt hair loss treatment. I am very much satisfied by this blog and the great services are utilizing the particular clients cheap secure weight loss pills . I had really like it very much for using the great info in this blog online over weight deals . I am very much satisfied by this info in this blog and this is very nice impression in this blog over weight subjects. Thank you very much for once again is using in this website.

  72. This was really an interesting and inspiring info in this blog pharmacy spot. This website is providing such nice articles are visible in this blog best pharmacy online reviews. Those articles info is very great and simple to understand for visiting this blog online birth control pills. I am very much satisfied by this info in this website drug store data. Thanks a lot for sharing the nice impression in this blog and using the great services in this blog. I had really like this info in this website.

  73. Disaster management is really necessary for the people who are residing in the prone areas disasters never give time to people to recover therefore people should atleast try to prepare for it beforehand so that there can be less calamities.

  74. found good piece of information here, Thank you for sharing these helpful post it is very interesting and read worthy. Keep these informative post coming!

  75. found good piece of information here, Thank you for sharing these helpful post it is very interesting and read worthy. Keep these informative post coming!

  76. This express site of forms simple posts very and this makes with that the readers understand in the best way what vocΓƒΒͺs they want to pass to us. Congratulations!

  77. This express site of forms simple posts very and this makes with that the readers understand in the best way what vocΓƒΒͺs they want to pass to us. Congratulations!
    Informative, enjoyed reading the article. It provides meaningfull input for our class discussions.

  78. I completely agree with the above comment, the internet is with a doubt growing into
    the most important medium of communication across the globe and its due to sites
    like this that ideas are spreading so quickly

  79. Excellent and informative post. I am a regular visitor of this site. You should keep it up forever. Thanks for this great article.eiken balken

  80. I like your way of writing, You break it down nicely. Keep these informative post coming! i mean keep posting, much appreciated!… thanks have a great day πŸ™‚

  81. Wonderful post. I thoroughly enjoyed your content Ò€¦very effectively written.Thanks for this service that you have provided for us to have the ability to fresh our minds.

  82. This website is proving the lot of songs in the hoes wise information wise. This website is very great that to this blog is proving the different information in that using the different actors.

  83. Post is nicely written and it contains many good things for me. I am glad to find your impressive way of writing the post. Now it becomes easy for me to understand and implement the concept. Thanks for sharing the post.

  84. The post is written in very a good manner and it entails many useful information for me. I am happy to find your distinguished way of writing the post. Interesting post and thanks for sharing. Some things in here I have not thought about before.Koh Samui Hotels

    resort Thailand

  85. But, even though I was very sceptic, my wife told me that I should take a look. I was convinced that it was going to be just a waste of time, but didn’t want to start an argument, so we went to see this Reiki Man.

  86. I am really not too familiar with this subject but I do like to visit blogs for layout ideas. You really expanded upon a subject that I usually don’t care much about and made it very exciting.

  87. Thanks for a nice share You Have Given to us with Such an large collection of
    information. Great work done by sharing You Have Them to all. Simply superb.
    Science

  88. The most passengers of the faculty bus is young ones. To that end, the protection of the bus should be in numerous degree than in everyday bus. The children still don’t know about what will come about when they are in a bus.

  89. Took me some time to browse through all the comments, but I really like the post. best online dating sites It proved to be very helpful. It’s always neat when you can be informed and entertained, thanks for this nice article.

  90. Found good piece of information here, You break it down nicely and this post is very interesting and read worthy. Keep these informative post coming.

  91. Thank you,this is just what i needed.I have a presentation that I am just now working
    on, and I have been trying to find such information.

  92. First of all i would like to thank you for the truly great and informative entry.I can admit we haven’t ever heard about this info Concerning noticed many new facts for me. Bless you for sharing this useful and attractive information and that i will probably be awaiting other interesting posts from you finding out while in the nearest future.keep writing.

  93. This blog is important; the matter is something that not a lot of people are talking intelligently about.

  94. IÒ€ℒm really happy that I stumbled across this in my search for something relating to it.

  95. itÒ€ℒs just well thought out and truly incredible to see someone who knows how to put these thoughts so well. Good job!

  96. A wonderful article! Thank you! When the first Apple store opened, i felt Apple was finally secure…and then the iPod,

  97. Useful information like this one must be kept and maintained so I will put this one on my bookmark lis”

  98. Thank you for sharing these helpful post it is very interesting and read worthy… I like your way of writing, You break it down nicely. Keep these informative post coming! much appreciated!… thanks have a great day πŸ™‚

  99. It was very well authored and easy to understand. Unlike additional blogs I have read which are really not tht good. I also found your posts very interesting. In fact after reading, I had to go show it to my friend and he enjoyed it as well!free vectors

  100. I thought it was very well explained and extremely useful. It’s
    made me want to buy the book. Hopefully I’ll find it in a book shop
    to browse over and will let you know.company registration

  101. I would also like to share information regarding merchant accounts for restaurants with credit card processing terminals provided by merchant account Setup Company. Dallas Pool Homes

  102. Lakeway Homes webpage, you will view various Coach New Arrivals which are the most popular also the most fashionable in this year.

  103. SOCO HomesJust wanted to say that your writing is simply stunning. I admire the time and effort you put into your blog and detailed information you offer.

  104. I really amaze to be here and to discover this awesome post.Thanks for share this with us.I admire the time and effort you put into your blog and detailed information you offer.

  105. I really like what you guys are usually up too. This sort of clever work
    and exposure! Keep up the great works guys I’ve incorporated you
    guys to my personal blogroll.

  106. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any
    widgets I could add to my blog that automatically tweet my newest twitter updates.
    I’ve been looking for a plug-in like this
    for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this.
    Please let me know if you run into anything.
    I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *