Googlism: WordPress versus phpWiki

Dari hasil investigasi singkat kemarin, ketahuan bahwa blog ini rankingnya cukup bagus di Google untuk berbagai keyword. Dan GoogleBot juga cukup sering mampir untuk meng-update index dari situs blog ini.

Tetapi, situs umum saya justru tidak terlalu berhasil di index oleh Google. Agak aneh, karena jelas GoogleBot sudah menemukan situs tersebut kalau menilik isi file log Apache, danURL-nya juga sudah SE-friendly.
Namun, kebanyakan pengunjung situs adalah dari situs-situs lainnya – bukan dari Google.

Sayang sekali, karena ada beberapa artikel di situs itu yang bisa bermanfaat bagi banyak orang. Tapi yang membutuhkan jadi tidak bisa menemukannya, karena cuma sedikit sekali halaman situs tersebut yang di index oleh Google.

Jadi, eksperimen sedikit ah… coba kita link setiap artikel dari blog ini. Lalu setelah beberapa saat, kita lihat apakah jadi banyak yang bisa menemukannya ?


List of topics


Computing

Computer Security : (in English)
Various tips on computer security, divided into categories. You’ll find practical tips as I found them.

Linux – Fully Loaded : (in English)
A tutorial on setting up a Linux server on Internet, with as many services as possible on it – in the shortest time possible.

OpenBSD – Fully Loaded : (in English)
A tutorial on setting up an OpenBSD server on Internet, with as many services as possible on it – in the shortest time possible.

How to secure your Windows computer
Bagaimana cara mengamankan Windows di komputer Anda : (bahasa Indonesia / English)
Microsoft Windows by default is not secure. Connecting it to the Internet is already enough to make it infected with viruses / hijacked by hackers. This is a practical guide on how to secure it properly, as quickly as possible, and avoid it from causing you any losses.
Microsoft Windows standarnya tidak aman. Sekedar konek ke Internet saja sudah cukup untuk membuat komputer Anda menjadi terinfeksi virus / dibajak oleh hacker. Ini ada artikel praktis mengenai cara mengamankannya, dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, dan mencegah Anda mengalami kerugian karenanya.

Computer Maintenance Tips
Tips-tips Perawatan Komputer : (bahasa Indonesia / English)
Various tips on maintaining your computer for optimal performance.
Berbagai tips perawatan komputer untuk membuatnya selalu bekerja optimal.

OpenLDAP interoperability with other Directory Services
A practical guide where I document my effort at getting OpenLDAP to "talk"/syncronize from/to other directory services.

RSI – Repetitive Strain Injury : (in English)
I suffer from RSI to the point that it’s hard for me to drive on long journey without suffering from tremendous pain in my wrists. Here you’ll find what you can do about it.

Learn Computer Programming with Internet technologies
Belajar Pemrograman Komputer dengan Teknologi Internet : (bahasa Indonesia / English)
Aimed to computer beginners, this mini-site aims to teach them computer programming using something most already familiar with, the Internet.
Ditujukan bagi para pemula, tutorial ini bertujuan untuk mengajarkan pemrograman komputer dengan menggunakan sesuatu yang sudah mereka kenal – yaitu Internet.
(work in progress)

Cara memilih komputer server : (bahasa Indonesia)
Artikel ini membahas mengenai cara-cara untuk memilih komputer server yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Program Pembukuan/Keuangan Gratis : Di zaman komputer ini, bisnis sangat membutuhkan bantuan komputer. Namun bisnis kecil / UKM sering kesulitan menemukan software keuangan yang biayanya terjangkau oleh mereka (baca: gratis). Artikel ini berusaha mengumpulkan semua informasi tersebut di satu tempat, dan di-update setiap saya mendapatkan informasi terbaru mengenainya.

Jangan pakai Internet Explorer ! : Jika ada kawan saya yang meminta tolong untuk komputernya diamankan, maka homepage default Internet Explorer-nya saya set ke artikel singkat ini 🙂


Islam

  • Analysis of "Islam and Terrorism" : "Islam and Terrorism" is a book written by Mark A. Gabriel, PhD. He was a professor at Al-Azhar University (Egypt) and Imam in Giza, but has since converted to Christianity. This mini-site offers an analysis of the content of this book. (work in progress)
  • Islam FAQ on contemporary issues – There are a lot of questions and misunderstandings/misconceptions about Islam out there. This is an attempt to answer the most asked questions/issues.
  • Problems with Gus Dur : Abdurrahman Wahid is among the top figure among Muslim in Indonesia. However, he’s already plagued with serious problems, especially after he became the president of Indonesia. Here’s a list of those problems, so we can judge him with as little bias as possible.

Education

  • Tips-tips praktis mendidik anak : Saya bukanlah orang tua yang terbaik, namun saya selalu berusaha untuk itu. Di artikel ini saya membagi beberapa tips yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi para orang tua lainnya.

Philosophy


Politic

  • Demokrasi Syuro : Implementasi demokrasi di berbagai negara, termasuk Indonesia, pada saat ini belum berupa implementasi yang ideal. Essay ini menganalisa berbagai masalah yang ada, dan menawarkan alternatif solusinya.
  • UK – this is how the gov’t wastes YOUR money : UK is a very rich country. However, its people suffer from problems on its health service, rising living costs, miniscule pension, etc. In the mean time, a lot of public funds were diverted for other uses. We’ll see where the money went instead.

2 thoughts on “Googlism: WordPress versus phpWiki

  1. Berhasil euy … :-O setelah di-link langsung ke artikel-artikel tersebut dari posting ini, makin banyak yang berhasil menemukan (dan memanfaatkan) artikel-artikel tersebut.

    Wah, Google ada dendam apa ya dengan phpwiki… 🙂

  2. hmmm… gimana yah caranya page ranknya bisa naik??? ajarin donk caranya… punyaku lum ada page ranknya… 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *