Solusi remote access aman, kencang, dan murah

Fasilitas remote access / mobile working kini semakin populer arena berbagai alasan. Ada yang perlu mengakses data-data perusahaan kapan saja, ada yang ingin bekerja dari rumah, ada yang bekerja di akhir pekan, dst. Implementasinya juga bisa bermacam-macam caranya; VPN bisa memberikan akses tak terbatas ke jaringan komputer perusahaan bagi staf Anda, namun cenderung mahal dan butuh staf khusus untuk maintenance-nya. Atau bisa juga layanan-layanan tertentu dibuka aksesnya dari Internet, namun ini berbahaya karena bisa di-crack oleh penjahat di Internet.

Satu solusi lagi adalah dengan menggunakan Remote Administrator. Kelebihannya adalah :

  • Cukup membukakan akses ke satu komputer Remote Administrator server di firewall. Akses ke komputer-komputer lainnya di LAN kemudian jadi bisa dilakukan. Caranya, sewaktu membuat koneksi baru di Remote Administrator Viewer, pilih “Connect through host”, dan kemudian masukkan IP address dari komputer Remote Administrator server ybs. Lalu di “IP address or DNS name” masukkan IP address komputer yang ingin Anda akses – selesai.
  • Aman – Famatech (pembuat Remote Administrator) cukup peduli soal security komputer, dan semua komunikasi antara server – client di-enkrip dengan cukup baik.
  • Kencang – kecepatan akses Remote Administrator hanya kalah dari Terminal Server / Citrix Metaframe. Ini sangat menarik terutama untuk akses via modem, yang notebene tidak terlalu kencang kecepatannya.
  • Murah – dibandingkan dengan berbagai kompetitornya, harga software Remote Administrator sangat murah. Saya sudah membeli lisensinya untuk keperluan saya pribadi.

Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Solusi remote access aman, kencang, dan murah

  1. …setiap komputer yg akan di-akses harus di-install remote admin dulu kale …

Leave a Reply

Your email address will not be published.