IconPLN

Beberapa waktu yang lalu saya menghadiri rapat antara klien saya dan IconPLN.
Klien saya ini sedang mengalami kesulitan yang sangat serius – dia perlu meng-online kan kantor-kantor cabangnya di seluruh dunia. Namun, akses Internet yang mereka dapatkan selama ini mahal dan lambat.

Jadi masalah akses Internet di Indonesia sudah jelas menjegal kemampuan pelaku bisnis lokal untuk berkompetisi di dunia.

Karena itu saya senang mendengar kabar bahwa regulasi yang akan keluar sekitar tahun 2007 akan mengakhiri duopoli Telkom-Indosat, dan memungkinkan IconPLN untuk turut berkecimpung di jasa Internet retail (baca: home user) dan corporate.
(pada saat ini IconPLN baru bisa melayani corporate customer)

Selain itu kami juga mendapatkan penjelasan mengenai infrastruktur IconPLN. Komentar saya: Mencengangkan.
Jaringan mereka sudah mencakup Jawa-Bali — salah satu artinya adalah biaya untuk menghubungkan kantor pusat dengan kantor cabang di Jakarta akan hampir sama dengan kantor cabang yang di Bali.
Jaringannya juga sangat redundant, mungkin ini sebabnya para operator (Telkom, LintasArta, dll) telah terlebih dahulu menjadi customernya.

Berbagai layanan ada tersedia.
ClearChannel adalah layanan koneksi antara 2 titik via jaringan PLN. Biaya menjadi lebih murah karena kita hanya perlu menarik kabel ke POP (Point Of Presence) PLN yang terdekat. Dan karena menggunakan FO (Fiber Optic) dan melalui tiang-tiang listrik PLN, maka instalasi bisa lebih cepat, dan koneksinya sangat reliable.

ClearChannel ini bebas kita pakai untuk apa saja; dan kalau diinginkan maka PLN bisa menambahkan berbagai layanan ekstra — seperti VPN, VoIP, IP-MPLS, dll.

Biaya layanan akses Internetnya tidak etis mungkin kalau saya cantumkan disini, tapi klien saya akan pindah ke IconPLN dari Lintas Arta.

Kesan saya, IconPLN dijalankan dengan profesional. Staf marketingnya cukup paham soal teknis lho πŸ™‚ ini agak jarang ditemui.
Semangat inovasinya juga terlihat cukup tinggi — mereka termasuk early adopter ethernet-over-power-line (walaupun minim publikasi). Cukup membanggakan, dulu seingat saya negara maju pun belum banyak yang bisa deploy ini.
Lalu juga seperti layanan MPLS (gimana kabarnya Telkom?), dll.

Looking forward to cheap high-speed Internet access @ my home in 2007 πŸ™‚

26 thoughts on “IconPLN

  1. Dulu (de)regulasi mono/duopoli katanya sekitar 2005, pernah denger 2006, skrg jadi 2007. Yg mana yg bener ya? Dan sumber referensinya dari mana yg paling authoritative ya?

  2. Dunia sekarang makin lama makin ruwet untuk di mengerti gw gak tau kenapa Indonesia yang doeloe kaya akan budaya kini kiis karena datangnya budaya luar yang gak ada gunanya gw takut budaya kita gak ada yang lanjutin contohnya aja gw yang suka nonton wayang di ketawain temen2 please donk gw orang jawa gitu jadi gw suka ama wayang, coba dech pikirin mau jadi apa indonesia nanti jika seperti ini teruss, blom lagi indonesia mempunyai 5 agama yang harus di pertahankan , gw yakin dengan 5 agama jika bersatu huh…. siapa coba yang mo ngalahin cuman relitanya malah justru saling gontok2an ayoooo donkz semua nya bangkittttttttttt , gw salah seorang yang suka nasionalisme hidup…..!!!! “GIE” . Buata bom bali terkutuklah engkau Iblis yang merasuk pelaku bom bali 2 buat semua damai lah….. nikmati kedamaian yang indah toh juga nati kita dihadapi hari kiamat yang tidak ada kata damai jadi kalau mo main ribut2 an tunggu aja kiamat sekarang mah… damai 2 aja dolo di puasain GAK NYAMBUNG………!!!!!!!!!!!!!

  3. #1 – instalasinya paling cepat baru akan selesai sekitar 3 bulan lagi. tapi mereka jamin dedicated 1:1, jadi mustinya sih ok.

    #2 – amin…

    #3 – yah, yang beginian memang enggak bisa diprediksi secara akurat betul mungkin ya, karena melibatkan kepentingan banyak pihak yang berkuasa… tapi berharap itu boleh kan πŸ™‚ <-- terlalu optimis

  4. ada beberapa kerancuan soal IconPLN ini
    1. IconPLN adalah ISP
    2. Penyedia Fiber Optik antar kota milik PLN adalah ComnetPlus (awas juga jangan ketipu dengan ISP comnet.net.id)

    terus soal internet, vendor fiber optik hanya menjual pipa, saluran untuk menyalurkan data antar kota, jadi tidak ada kaitannya dengan bandwidth internet.

  5. pada dasarnya, power line sendiri memang sudah seharusnya redundan, sehingga tidak aneh jika PLC dari IconPLN itu dibilang redundan. lagipula, sifat kabel listrik sendiri yang untwisted dan unshielded, sehingga sama dengan antena raksasa, itu mengeluarkan energi radio yang menginterferensi sinyal radio. kejadian yang cukup lucu adalah ketika amerika mengalami kegagalan listrik tahun lalu, infrastruktur telekomunikasi ikut mati, tapi telekomunikasi untungnya bisa berjalan terus akibat sinyal radio amatir, yang ironisnya sinyal radio amatir ini gak akan bisa jalan kalau PLC-nya nyala akibat interferensi.

  6. #6 – saya tidak bisa bukakan karena mereka sendiri baru mau memberitahunya setelah kami meeting dengan mereka. Mohon maaf, mudah2an bisa dimaklumi.

    #7 – terimakasih untuk klarifikasinya.

  7. Pak Harry, minta informasi biaya untuk pemasangan Digital Power Line berapa? Dan apa saja yang perlu dipersiapkan oleh User. Sekedar informasi lokasi saya ada di Denpasa, Bali. Terima kasih
    Hengky

  8. Saya sebagai sesama pelaku bisnis jaringan juga tertarik untuk memberikan informasi bahwa kami juga sangat memikirkan koneksi dengan harga dan kwalitas yg bagus. Untuk itu kami siap dan sanggup untuk menjelaskan mengenai produk kami.

    Salam
    Sulihno ( DIGISAT )

  9. Temen-temen

    Yang butuh jaringan VSAT dan Wireless serta bandwith lokal dan internasional mudah-mudhan saya bisa bantu dengan harga dan kwalitas yg kompetitif. email sulihno@digisat.co.id

    Thank for All

  10. Saya tertarik dengan informasi IconPLN ini, namun lokasi saya ada di luar Jawa.

    1) Apakah IconPLN juga melayani permintaan akses jaringan di luar Jawa & Bali ? Kalau mereka melayaninya dengan VSAT berarti apakah mereka juga operator VSAT atau melakukan kerjasama dengan pihak ketiga ?

    2) Bagaimana dengan kesiapan SDM IconPLN menangani jaringan dan perangkat MPLS VPN, SDH, VoIP, DPLC, dsb ? Apakah engineer-2x mereka sudah memiliki bukti-2x kompetensi/sertifikasi keahlian produk yang mereka tangani ?

    3) Dulu pernah saya dengar gaung IconPLN dengan Internet & Telepon via kabel listrik untuk perumahan. Mengapa sekarang Internet via kabel listrik hanya tersedia di perusahaan/perhotelan ?
    Lalu pernah juga saya dengar IconPLN mengikuti tender pertama 3G yang waktu itu pemenangnya NTS dan CAC.

    Mohon dikoreksi jika kalimat saya ada yang keliru dan terima kasih atas perhatiannya.

  11. Ranu, dan yang lain-lainnya.
    .
    Saya barusan mendapatkan informasi dari seorang kawan; katanya koneksi Internet via satelit ke Singtel itu biayanya “hanya” sekitar US$ 800 per bulan, untuk speed 512 Kbps.
    .
    Informasi lebih lanjut mungkin bisa dilacak langsung ke Singtel.

  12. Wah internet plc memang baru ada di hotel/perumahan. perumahan paradiso di jakarta selatan dan beberapa perumahan pln sudah online.

    masalah retail adalah masalah yang sangat pelik, perlu banyak penyesuain lain halnya dengan masalah corporate.

    buatmas jay, iconpln dan comnetsplus adalah sama. nama lengkapanya pt. indonesia comnets plus. nama lainnya iconpln.

    masalah koneksi. mpls/vpn bisa dibilang kami adalah yang paling bisa menjangkau semua lokasi, bahkan beberapa ISP malah sebenernya menggunakan backbone kami. hehehehe

  13. Ada yang tau kontak nya IconPLN ga?
    email ga ada
    nomer telp juga ga ada
    kalo minat hubungi sapa nih?

    Buat di Surabaya

  14. Terima kasih Mas Harry, atas info SingTel-nya.
    Jangan lupa ada beberapa pemain/operator telekomunikasi lain yang punya peluang cukup besar berpartisipasi mengakhiri duopoli telekomunikasi di Indonesia. Pemain/operator tsb saya kira lebih siap dalam hal pendanaan dan SDM-nya karena didukung visi dan misi para stakeholder-nya.

  15. #16

    Mas harry, untuk koneksi via satelit ? apakah harga segitu murah ?
    kata kata ‘hanya’ disini menunjukkan harga sudah turun tapi tetep mahal atau bagaimana ?

    maap saya belum tahu, karena saya sendiri kalau tidak sangat terpaksa koneksi via satelit ini biasanya dihindari.

  16. Apakah betul Icon+ saat ini akan menggunakan perangkat BPL (Broadband over Power Line Carrier) hasil produk dari Malaysia dengan importir PT. Elitech Datacom ?

    I. Perjanjian antara Far Alliance Sdn Bhd dan PT. Elitech Datacom :

    Kontrak No: BPL/ED/FES/07-818
    Items: Power Line Communication Modems
    (Z270659)

    Buyer: PT Elitech Datacom
    Jalan Jeruk Raya No.1, Jagakarsa,
    Jakarta Selatan 12620

    Seller: Far Alliance Sdn Bhd
    32676, Jalan 4, Taman Selayang Baru
    68100 Batu Caves, Gombak, Selangor

    Tarikh Kontrak: 22 Des 2006

    II. Dasar perjanjian Icon+ dan PT. Elitech Datacom :
    No.ICON+: 3500/070/icon+/2007
    No.PT Elitech Datacom: 02/KSO/ED/V/2007

    Sumber :
    1) http://www.elitechindo.com/
    2) http://www.mygh2u.com/evolution/plcbroadband.html
    3) http://www.topix.com/forum/world/brunei/
    TIV66DGEHMK5IIDJA/p7

  17. “Dan karena menggunakan FO (Fiber Optic) dan melalui tiang-tiang listrik PLN”
    mudah mudahan tiang listriknya nggak rubuh kena angin hujan atau ketubruk mobil di pinggir jalan :)..

  18. Saya heran dengan indonesia. apa bila terjadi kekurangan pada suatu perusahaan. maka akan timbul perusahaan tandingan. dan akan timbul monopoli-monopoli bidang. bagi pln belum selesai masalah yang mereka katakan merugi tiap tahun. timbul pula keinginan yang lain. apa bila ini terjadi, maka akan terjadi kekacauan pasar internet. yang sekarang aja udah perang harga

  19. misi gan mau tanya saya dirumah pake icon+ tapi untuk kerja babeh, pas saya pake ternyata tidak bisa membuka halaman web lain-lainya, tapi klo halaman web yang untuk kerja bisa… kira kira kenapa yah, apakah proxy, tp saya dah coba tetep gak bisa… mohon bantuannya gan makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *