Firefox 1.5

Beberapa bulan yang lalu, saya biasa browsing dengan Firefox, namun kemudian saya perhatikan bahwa Firefox sangat banyak memakan memory, dan cukup lambat performanya. Setelah beberapa waktu, akhirnya saya memasang Opera v8.50, dan lebih banyak menggunakannya sehari-hari.

Namun, kemudian saya perhatikan bahwa Opera juga ada masalahnya. Yang paling menyebalkan adalah, jika kita membuka beberapa situs tertentu (contoh: digg.com), maka Opera seperti hang. Semua situs lainnya yang kita sedang load menjadi tidak pernah selesai dibuka.
Jika situs yang bermasalah tersebut kita tutup, maka situs-situs lainnya kembali jadi bisa dibuka lagi.

Kebetulan Firefox 1.5 kemudian dirilis. Maka kemudian saya mencoba Firefox kembali.”

Alhamdulillah, ternyata Firefox kini lebih cepat; tidak kalah dengan Opera. Penggunaan memory nya juga lebih efisien, dan belum terlihat adanya memory leaks (seperti di beberapa versi sebelumnya).

Dan bonus terbesar – ekstension untuk Firefox kini sudah sangat banyak, dan berkualitas tinggi.
Pada saat ini saya telah memasang AdBlock, Fasterfox, dan FlashBlock; sehingga performa Firefox meningkat drastis. “IE tab” memungkinkan saya untuk melihat bagaimana suatu halaman akan ditampilkan di Internet Explorer. “Web developer” tidak boleh sampai terlewatkan oleh para (tentu saja) web developers. “Download status bar” membuat proses download file menjadi nyaman & praktis. “gTranslate” mempermudah saya untuk menterjemahkan suatu halaman ke bahasa lainnya / Inggris. “WikiPedia Lookup Extension” mempermudah saya untuk mencari keterangan lebih lanjut mengenai suatu hal. “View rendered source chart” sangat mempermudah dalam memahami source code dari suatu halaman HTML. “del.icio.us” mempermudah saya untuk me manage bookmark saya di situs del.icio.us. “StumbleUpon” memungkinkan saya untuk menemukan situs-situs yang menarik & bermanfaat.

Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Internet Explorer, yang tidak memiliki fasilitas extensions seperti ini, saya rasa akan sangat kesulitan untuk bersaing dengan Firefox.

Get the fox now ! Insya Allah Anda tidak akan menyesal.

16 thoughts on “Firefox 1.5

  1. saya sudah mendownload, tetapi ada themes dan extension yang saya suka belum ada updatenya untuk 1.5. Screengrab tidak bisa dipakai dan beberapa themes. Saya juga pake stumbleupon.. nagih terus loh.. ๐Ÿ˜€

    Firefox top..

  2. #2 – wah, begitu ya? trims untuk informasinya, saya akan betulkan sebentar lagi ๐Ÿ™‚

    #3 – betul, stumble upon memang sangat menarik, tapi tidak banyak orang yang tahu. kalau sudah coba, jadi susah berhenti browsing ๐Ÿ˜€

  3. dikit banget lah ๐Ÿ™‚ lha baru mulai sejak posting ini, he he. Tapi, nyaris seketika itu juga (mulai income nya).
    AdSense memang mengagumkan.

  4. firefox bagus tapi masih menghabiskan banyak memori.
    pengalaman saya buka 10 tabs, di task manager, MemUsage menunjukkan konsumsi hampir 200.000.
    dibandingkan dengan maxthon yang hanya menghabiskan 100.000 utk tabs yg sama.

  5. #7 – maxthon itu berbasis IE, sedangkan IE itu sudah terintegrasi dengan Windows ๐Ÿ™‚ sehingga angka 100.000 itu sebetulnya bukan angka riil. Sebetulnya maxthon menggunakan lebih banyak memory, yaitu yang digunakan oleh komponen IE-nya, tapi untuk mengukurnya secara akurat akan agak sulit memang.

  6. firefox yang baru (1,5) katanya makan memori.
    lg kesengsem opera 9, but msh trial, oce man!

  7. haloo…mas harry… saya mau nanya nii
    mengenai browsing bisa 10 x lebih cepat dengan Putty masih berlaku nggak.. masalahnya saya sudah mengikuti semua petunjuknya tapi belum bisa juga…masalahnya waktu masukkan password selalu access denied, pada hal sudah benar ngetiknya…kemudian setelah masukkan petunjuk di proxy saya coba membuka yahoo atau yang lainnya selalu dijawab not found server…gimana dong mas solusinya..tolong dijawab dengan bahasa sederhana karena saya masih awam di dunia internet.
    sebelumnya terima kasih banyak mas….God Bless Your Family

  8. Mozilla 3.1 tentu sudah lebih baik dari versi sebelumnya. Masing-masing browser menurut saya ada plus minusnya.. =)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *