Roy Suryo versus Bloggers ?

Hari ini saya membuka Planet Terasi, cukup terkejut karena membaca bahwa ada seorang blogger Indonesia yang ditangkap polisi, karena dituduh menghina presiden (hukuman: beberapa tahun penjara atau denda maksimal 4500 rupiah — bayar denda saja deh 🙂 ).

Lebih kaget lagi ketika mengetahui dalangnya, yaitu “pakar” kita, Roy Suryo. (ref)

Ketika para blogger marah karena hal ini, saya justru melihat satu hal yang menarik — ternyata, akhirnya blogger Indonesia telah diakui sebagai sebuah potensi kekuatan massa !

Kalau Anda tidak percaya dengan statement tersebut, coba saja klik disini.

Nah, kini tentu Anda sudah sadar, mengapa Roy Suryo sampai merasa perlu untuk mengatur ini semua – hasil search namanya di Google menyebabkan berbagai kesalahannya terungkap secara telak.
Hal ini karena para blogger Indonesia, setelah melakukan publikasi selama bertahun-tahun di Internet, mendapat ekspos yang spesial di Google.

Ketika old media (koran, majalah, dll) menelan mentah-mentah semua statement dari Roy Suryo, new media (blogger Indonesia) justru mengupasnya dengan kritis; seringkali dengan kesimpulan yang sangat negatif.
Ini jelas sangat berbahaya bagi kredibilitasnya, terutama lagi setelah ybs menduduki jabatannya di Partai Demokrat.

Jadi ? Mungkin ini solusinya – para blogger Indonesia perlu bersatu untuk menghadapi ini, yaitu serempak melakukan:

1. Memasang banner solidaritas untuk para korban kasus ini
2. Banner tersebut me link ke suatu halaman yang menjelaskan kasus ini secara detil – namun tetap dengan bahasa yang mudah dimengerti, oleh pembaca yang sedang terburu-buru
3. JANGAN menghapus halaman yang berisi kritik-kritik kritis kepada Roy Suryo
4. Dan yang paling penting: Terus membahas kasus ini, tanpa henti, sampai kasus ini selesai dengan baik.

Dengan kekuatan yang telah dikuasai oleh blogger Indonesia pada saat ini, saya kira kans kita cukup besar untuk memenangkan kasus ini.

Mari bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

16 thoughts on “Roy Suryo versus Bloggers ?

  1. Hi Harry, I just realized that you visited my blog recently without me being aware of it ’til now. Thank you for your comment and information about your activism on fair trade Indonesia. I’d like to know more about your project on this or your family business. I can’t find your email address to send this, so I thought I’d start from here.

    Btw, I like your blog. You have written and contributed so much about a lot of things it seems like esp. IT related-subjects. I will visit your blog more often. I appreciate your goals to unite all Indonesian bloggers to do bigger things…Good luck and keep up the good work.

  2. …gua seh setuju2 aja…cuma kelemahan orang indonesia adalah “MUDAH MEMAAFKAN KESALAHAN” itu yang mesti diwaspadai bersama…tul ga?hayo ngaku..hehehe…

  3. Ahli telematikaaaaaa?????bole nih buat tes……Gyahahaha….ayo om suryo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *