Gokana Teppan

Saya sudah lama “puasa” makanan Jepang setelah menyadari bahwa sertifikat halal Hoka-Hoka Bento adalah jadi-jadian (alias dibuat sendiri), dan mereka tidak merespons approach dari LPPOM MUI (yang saya tafsirkan sebagai ketiadaan itikad baik dari pihak HokBen).

Tinggal di negara mayoritas muslim, tapi kok mau makan halal saja susah.
Padahal kalau halal, tidak kehilangan customer lama DAN jadi bisa merangkul customer baru. Aneh, kelihatannya kebanyakan orang memang tidak punya naluri bisnis yang bagus. Beberapa perkecualian, seperti Bakmi Gajah Mada, pantas mendapat acungan jempol.

Karena itu saya senang sekali ketika mendapat brosur Gokana Teppan dari istri saya, sebuah restoran Jepang yang telah berhasil menjalani proses uji sertifikasi halal dari LPPOM MUI. Baru tadi malam kami akhirnya bisa mengunjungi cabangnya di Pondok Indah Mall.

Beberapa kesan:

  • Restoran ini terkesan mewah; desain interior bagus, tempat makan untuk setiap meja cukup luas / tidak rapat seperti di fast food.
  • Harganya (setahu saya) tidak berbeda jauh dengan fast food Hoka-Hoka Bento. Juga ada paket express yang hanya Rp 10.000 dan sudah mengenyangkan.
  • Menunya SANGAT bervariasi, lebih variatif daripada HokBen. (cmiiw)
  • Rasa masakannya lebih enak daripada HokBen secara cukup signifikan. Kecuali salad, masih lebih enak salad HokBen, tapi tidak terlalu jauh bedanya.

Bisa delivery DAN meng cover Jakarta. Telponnya 4786.1000
Tapi minimum order Rp 100.000. Jadi, kalau hanya Anda berdua istri, ya harus datang ke salah satu cabangnya. — kabar dari adik saya, terakhir dia pesan dari Gokana Teppan cabang Pondok Indah Mall, ternyata tidak ada minimum order. Well done !

Rekomendasi untuk yang baru:
Paket Gokana 5, untuk chicken teppan nya.

Berikut ini adalah berbagai lokasi cabangnya :

JAKARTA :
# Pondok Indah Mall = Lantai 2, sekumpulan dengan Cafe Betawi dan Timezone. Telp: 765-9630
# Mal Kelapa Gading 1 = Lantai dasar, telp: 452-9540
# Mal Taman Anggrek = Sebelah Timezone, telp: 563-9534
# Mal Puri Indah = Sebelah Casper, telp: 582-2378
# Supermal Karawaci = Sebelah Timezone, telp: 542-11957

BANDUNG:
# Cihampelas Walk = telp: 206-0986

Enjoy.

69 thoughts on “Gokana Teppan

  1. :), sip nih inponya…
    *adalah geblek restoran yg tidak punya iktikad baik ngurus sertifikasi halal, lebih geblek lagi tetap mengunjungi resto yg geblek kayak gitu…

  2. Kalau benar-benar mengikuti hukum halal berdasarkan agama Islam, masakan Jepang asli tidak akan pernah bisa dapat sertifikasi halal. Kalaupun ada restoran Jepang yang mendapatkan sertifikasi halal, berarti yang disediakan bukan masakan Jepang asli. Kesimpulan: kalau mau yakin halal, jangan makan masakan Jepang. ๐Ÿ™‚

    PS. Di Singapura, tidak ada satupun restoran Jepang (asli) yang bersertifikasi halal. ๐Ÿ™‚

  3. #2 – Saya justru lebih senang masakan Jepang yang sudah diadaptasi ๐Ÿ™‚ karena tidak membuat perut saya berontak, he he. Sama seperti kebab – kalau makan yang aslinya, waduh minta ampun. Saya jadi penunggu toilet selama berhari-hari ๐Ÿ˜€
    Perut Indonesia nih, rada rewel, he he.

  4. gokana emang top euy….biar aja udah ga asli ato di modif,yang penting enak,n nyaman makannya…………..

  5. Emang sih, masakan Jepang banyak yang memerlukan sedikit sake, kecap mirin, kikoman dan segala macem yang semua adalah turunan sake juga.. Tapi kalo Hok-Ben gak bisa melakukan pendekatan bijaksana dengan mencari substitusi bumbu-bumbu tadi, lama-lama bisa ditinggal penggemarnya yang masih takut sama dosa.
    Lalu, bagaimana dengan cake shop & bakery yang masih menggunakan vanilla essence, rhum dan brandy dalam resepnya?! Kue seperti sus (fla-nya memerlukan rhum), tiramisu memerlukan brandy, fla pudding, kirsch pada black forest.. Di mall-mall dijual bebas tanpa plang halal-haram karena kebanyakan orang berpikir..”ahh, kalo kue sih nggak mungkin pake babi!” ๐Ÿ™

  6. Ikutan nimbrung,saya terpikir ttg kehalalan makanan yang pas tinggal di Jepang,habis mau makan ini itu susah banget,jadi harus buat sendiri.Memang betul klo ditelusuri mana ada makanan Jepang yg halal,krn bumbu yg sering dipakai mirin,sake,alkohol.Tapi klo mau cari Soyu yg tdk beralhkohol jg ada kok.Nah berpengalaman dr itu baru deh terpikir apakah semua makanan di INA halal,iseng” searching di internet ternyata ada jg restoran yg sdh memiliki banyak penggemar ternyata subhat.Jadi pas balik nanti saya jadi hati2 juga dalam membeli makanan.
    kayaknya MUI harus lebih banyak mengasih info deh ttg makanan halal & haram………………………………….

  7. kpd manajer personalia restoran gokana saya lulusan bahasa jepang STBA yapari aba bandung 2006 saya pengen bekerja direstoran yang bapak pimpin, apakah restoran bapak membuka lowongan kerja sekarang ini? terima kasih atas perhatiannya.

  8. apapun makanannya….selama itu halal dan enak…yah kenapa nggak.
    so, mari kita mulai galakkan pecinta makanan yang benar-benar halal (benar-benar lho, bukannya karena ada logo halal doang).
    Setidaknya mualai dari diri sendiri.
    Gitu khan…;-)

  9. saya pencinta dan penggila japanese food…. memang utk resto2 yang pure japanese food, keabsahan kehalalan produknya uda pasti diragukan. tapi untuk resto yang tastenya uda disesuaikan dg taste indonesian people spt GOKANA TEPPAN, saya yakin klo produknya memang halal apalagi restoran tsb sudah berlabel sertifikat halal plus mencantumkan no sertifikasi halalnya jg…… uda halal, enak dan harganya ga’ mahal…

  10. Sudah lama setiap saya pesan chicken Teriyaki untuk di bawa pulang saya selalu minta tambah mayonase karena saya amat sangat suka sekali dan selalu di kasih. Tapi kenapa seminggu yang lalu saya beli di HHB Citraland & Daan Mogot tidak bisa tambah mayonase?????????? Saya tidak jadi beli HHB karena saya tidak dapat mayonase.
    Tolong jelaskan alasannya?????
    Bagaimana HHB memberikan kepuasan kepada pelanggannya, minta tambah mayonese aja tidak dikasih.

  11. =Quote:
    Saya sudah lama โ€œpuasaโ€ makanan Jepang setelah menyadari bahwa sertifikat halal Hoka-Hoka Bento adalah jadi-jadian (alias dibuat sendiri), dan mereka tidak merespons approach dari LPPOM MUI (yang saya tafsirkan sebagai ketiadaan itikad baik dari pihak HokBen).

    ==
    sama bgt neh sampai dpt brosur di atrium senen awal nov ’06..
    blm pernah lgs ke restonya…. baru order via phone 2x tapi oke bgt……. mo nyoba rekomend mr herry s yg paket gokana 5

  12. entah gua yang nyasar atau gak nemu atau anything-you-may-call-it, yang pasti wiken kemaren gua gak nemu gokana tepan di PI MOL. Padahal, niat ke sana cuma mau makan di gokana tepan. pindah? tutup? punya info terkini?

  13. @Azil – terakhir kesana sih masih buka, tapi lokasinya memang rada “ngumpet” – di Pondok Indah Mall 1 (bukan 2), lantai paling atas, cari Wendy’s — nah, Gokana Teppan ada di baliknya.
    .
    Kalau tetap belum ketemu juga, coba tanya satpam, mana tahu ternyata sudah pindah ke PIM 2 hehehe

  14. hm.. kemarin gak kepikiran untuk tanya satpam, secara gua udah liat di direktorinya. Tapi ya.. itu, direktorinya PIM 2, bukan PIM 1. Secara gua pikir “produk” baru ada di lokasi baru ๐Ÿ™‚

    *merencanakan kembali*

  15. sumpah gokana tepan tuh ga ada duanya deh.. awalnya gue mo mkn di food court MKG tp gue bosen bgt ama makanan yg itu2 aja.Trus cowo gue iseng masuk ke gokana tepan eh ternyata kita puas banget dengan harga Rp.59.000 gue bedua udh kenyang banget trus minuman sejenis milkshake coklatnya enak banget!!
    dibanding makan diHHB wah jauh banget deh…

  16. eh.. gua udah nemu* yang di PIM ๐Ÿ˜€
    ternyata bener, lokasi di belakang Wendy’s. Tepatnya di sebelah Timezone ๐Ÿ™‚

    *nemu, bukan (belum) makan. secara kemarin sudah makan di tempat lain.

  17. eh tanggal 21 kemarin gua ada perlu ke pi mol, sekalian dinner di sana.
    tebakan gua, gokana milik grup champ (platinum, bakso karapitan). standar pelayannya sama seperti resto milik grup champ lainnya, cuma bahasanya aja yang ada jepunnya.

  18. Sbnernya saya penasaran dengan rasa sushi neh..tiba2 ngidam karena akhir2 ini sering nonton serial jepang….
    Di Gokana Teppan ada jual sushi ga yah??
    Oia buat sekedar informasi di Malaysia juga susah loh nyari restoran jepang yang ada sertifikat halalnya ..tapi tetap bnyak juga customer yg dateng ke restoran itu…ternyata kasusnya sama saja seperti di Indonesia

  19. @Azil – top kan ? ๐Ÿ˜‰ Iya, kayaknya mereka memang satu grup tuh.
    .
    @Suy – seingat saya sih mereka tidak ada menu sushi, tapi kalau saya keliru please feel free to CMIIW.

  20. ahad kemarin, sepulang dari “rumah”, main ke tanggerang dari lewat alam sutera. per-4-an, belok kiri lurus sampai nyasar ketemu mol yang ada logo gokana tepannya. hore ๐Ÿ˜€
    eh.. gua jadi addict. kalo bingung mau kemana, biasanya ke PI dan otomatis ke gokana. hayoo.. tanggung jawab!

  21. mmh jadi kira2 dimana yah sushi yang halal di INdonesia (tetep pengen ngerasain sushi ……… :D)

  22. Ini gokana teppan gimana rasanya yah? Enak gak sih?
    *yg gk pernah makan gokana teppan*

  23. Asw,

    Salam kenal,

    Benar,
    beberapa waktu lalu saat main ke MTA, saya dan teman penasaran banget nyobain restoran yang satu ini (di depan eskalator lt 4, yang disatukan dengan counter Platinum&Venus Resto)..

    sambil clingak-clinguk kita nanyain ke absahan label halal ke pramusaji,
    lalu mereka menyodorkan copy sertifikasi halal MUI…

    alhamdulillah…
    dan setelah melihat menunya..humm..cukup variatif, dan ENAK!
    plus ada Welcome Snack GRATIS!… senangsekali..

    sayang resto ini belum semasyur resto2 japan lainnya…

    wassalam,

  24. Ikut nimbrung yah…

    Hallo dulu deh… gw tau obrolan ini karena iseng buka web. Mo berbagi pengalaman…gini, sebelumnya perusahaan gw maniak banget sama hokben. tiap meeting hokben, tiap gathering hokben lagi… tapi please deh… hokben kan lom halal to?nah… pada suatu hari entah dapet angin dari mana, si bos tersadar kalo hokben selama ini blm halal..begitu tau Gokana halal…langsung deh.. buat gathering karyawan, kita langsung pesen 2000 box gokana. Aseli enak, keren, banyak porsinya, dan gak mahal2 amat. lebih variatip malah. Tapi yang bikin gw sadar, kalo logo halal ASLI dari MUI tu punya ciri khas yah ternyata? bukan cuman sekedar tulisan halal dalam bhs arab palagi tulisan “Dijamin 100% HALAL”…. boong banget tuh… hehehe…

  25. @abe – kalau ke jakarta kasih tahu ya, nanti saya traktir di gokana ๐Ÿ™‚
    .
    @MISARA – memang menyenangkan layanannya; tidak cuma enak, variatif, tapi juga peduli dengan kehalalan. Salut sekali dengan manajemen Gokana.
    .
    @tari – nice one ! ๐Ÿ˜€ 2000 box ya, wuih….
    .
    @All – spread the word – ada alternatif yang lebih enak daripada hokben, dan halal pula.
    .
    Thanks

  26. SIP !!! udah lama juga saya ngga mau makan HokBen, sejak tahu bahwa dia ngga halal, dan malah cari2 alasan pembenaran bahwa dia halal……….. alasannya sich basi abis : mahal urus sertifikat halal MUI karena MUI tahu bahwa HokBen laku …….. demikian kurang lebih menurut salah satu karyawannya….entah udah diinstruksi demikian ataukah hanya pemikirannya sendiri sebagai individu terlepas dari statusnya sbg karyawan HokBen ……

    Saya juga udah lama ngelanggan di Gokana Teppan….. di sisi MKG yg laen ada resto satu grup sama Gokana, namanya Platinum, juga enak dan bersertifikat halal MUI ………

    susah lah emang negeri ini, paling demen nyeleneh, padahal umat muslimnya paling banyak di dunia …… di Singapore aja bisa bikin resto halal ……. bahkan karyawan di sana ngga mau bilang restonya halal meskipun dia bisa memastikan “no pork, no lard”, hanya karena ngga punya sertifikat halal ……

    paling enak di KL sama BSB dah, resto dgn sertifikat halal dari pemerintahnya, bertebaran di mana2, tinggal pilih aja mau makan apa kalo ke food court …… malah di BSB setiap resto diinspeksi kebersihannya ……

  27. tapi aku di karawang.jauh sekalee masa mau makan aja harus ke jkt?buka cabang dong……please…..daerah galuhmas karawang lumayan rame + strategis.yah… yah…yah…. ๐Ÿ˜‰

  28. hmmm… thanks infonya..
    langsung meluncur sore ini ke MKG I buat beli ‘hokben’ yang sudah lamaaaa tidak masuk ke perutku..

    salam halal & thoyib!

  29. Berita Gembira…

    Kemaren baca email dari milis

    inti dari emailnya sih ngasih tau kalo HOKBEN sudah HALAL mulai OKTOBER 2008 dan akan berlaku hingga 2 tahun kedepan

    info lengkapnya bisa lihat http://www.detik.com

    tapi enak juga makan di GOKANA TEPPAN, apalagi ramen extra pedasnya…nyummm

    ada sms gratis makan di GOKANA dari esia sampai 30 november 2008 (bukan maksud promo, cuma info) :d

  30. @dharto
    bener gratis ga buat makan ramennya? promo prov cdma itu kan,, lumayan kan makan gratis buat anak kuliahan kaya gue.. hehe
    gue blom pernah makan di gokana, makanya selagi ada gratisan. apa salahnya dicoba.. ;p

  31. pak… salam kenal…
    bagi2 info dong kalo nemu resto jepun yang nyediain sushi halal….

  32. Wah kalo gitu qt nda jadi makan2 diHokBen cui… Cari Gokana Teppan kayanya asik and sahih kali yaw…
    Trims infonya..

    Click Here!

  33. @dini – sushi halal, mohon maaf saya belum pernah menemukannya.
    .
    Mungkin ada yang bisa membantu mbak dini? Thanks.
    .
    Oh ya, setahu saya sekarang (Mei 2009), Hokben sudah mendapat sertifikat halal MUI. Mari berdoa mudah2an demikian seterusnya; dan makin banyak yang meniru jejaknya. Salut !

  34. hi,
    artikel ini sudah cukup tua usianya, yakni diposting 24-4-2006. bagaimana kelanjutannya…harus ada update yang sekarang dunk

  35. kalo gue , ya hokben aja yang udah jelas2 rasanya kalo yang laen, takut nyoba soalnya belum dimasak alias masih mentah takut cacingan hehehe… lebih suka masakan itali

  36. maksih mas atas info nya,,mnrt saya emg pnting setiap makanan hrs ada label halal nya…klo mereka bersih knpa tkut pke label halal..

  37. Gokana emang top deh. apalagi waktu ada lomba makan ramen selama 15mnt yg hadiahnya vocer gratis paket gokana 5.
    paling mantep yg super ekstra hot ramen katsu sama chicken teppan ๐Ÿ˜€

    btw klo delivery kena charge brp ya?

  38. Nike Dunk Heels took inspiration from those well known http://www.shoeslisting.com Nike Dunks with cartoon character, this one features the character likes Detective Conan. The Nike Heels Black Orange features with the pattern at the collar with his eyeglasses, and the black smooth leather for ankle strap and toe mudguard.

  39. Never regard study as a duty, but as the enviable opportunity to learn to know the liberating influence of beauty in the realm of the spirit for your own personal joy and to the profit of the community to which your later work belongs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *