Jurus-jurus praktis memulai bisnis Muslimah

Artikel ini aslinya dimuat di majalah Alia, dan atas izin redaksinya maka bisa dimuat disini, terimakasih.
Tulisan pertama dari tiga artikel.


Jurus-jurus praktis memulai bisnis Muslimah
Oleh: Helen Sufehmi

Akhir-akhir ini, biaya kehidupan sehari-hari makin terasa memberatkan. Listrik, bensin, transportasi; berbagai kebutuhan pokok tersebut telah naik berkali-kali. Kenaikannya tersebut kemudian biasanya diikuti dengan kenaikan berbagai komoditas yang tergantung pada hal-hal tersebut juga. Sehingga kini kenaikannya menjadi cukup merata di segala hal.
Banyak orang yang kemudian tergoda untuk berusaha sendiri. Tapi kemudian banyak juga yang kita lihat mengalami kegagalan dalam usahanya tersebut.

Bagaimana dengan kita? Tentu menarik sekali ya jika kita juga bisa memiliki usaha kita sendiri. Apakah itu niatnya sekadar mengisi waktu, apalagi ketika anak-anak kita sudah mandiri. Atau niat membantu suami untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Mungkin malah untuk mengikuti sunnah Nabi saw sebagai seorang pedagang dulunya, dimana Nabi saw juga telah bersabda bahwa, “Perhatikan olehmu sekalian, sesungguhnya perdagangan itu di dunia ini adalah sembilan dari sepuluh pintu rezeki” (HR Ahmad)

Pertanyaannya sekarang; how? Bagaimana caranya kita memulai usaha kita sendiri?

Selama bertahun-tahun, saya mengamati berbagai usaha muslimah; bagaimana awalnya, suksesnya, dan ada juga yang kemudian menurun. Dari situ, banyak sekali yang bisa kita jadikan pelajaran.

1. Temukan peluang, yang cocok, bagi Anda.

Pertama sekali, Anda harus menentukan dulu, bisnis apa yang ingin dan bisa Anda lakukan.

“Ingin” – usaha tersebut harus sesuai dengan bakat dan minat Anda. Jika usaha tersebut berpotensi bagus, namun tidak menarik bagi Anda, maka akan bermasalah di tengah jalannya kelak. Ini kadang terjadi, dan akibatnya biasanya cukup fatal.
“Bisa” – usaha tersebut memang adalah usaha yang mampu Anda lakukan; Anda punya cukup modalnya, ada waktunya, dan seterusnya.

Ada berbagai jenis usaha, yaitu produksi, jual-beli, jasa, atau kombinasinya. Contoh usaha produksi misalnya usaha konfeksi busana muslim, kerajinan tangan, bakery, dan lain-lain. Contoh usaha jual-beli misalnya warung, MLM, toko, dan seterusnya. Sedangkan contoh usaha jasa seperti konsultan komputer / arsitektur / pembukuan / landscape / dan lain-lainnya.
Yang kombinasi misalnya usaha konfeksi busana muslim, yang juga ada outletnya; sehingga, usaha tersebut mencakup produksi dan jual-beli.

Sebagai muslimah, memang kita ada memiliki beberapa keterbatasan. Biasanya dari segi waktu, karena memang tanggung jawab pertama adalah mengurus keluarga kita. Jadi kita perlu memilih jenis usaha yang bisa kita jalankan, walaupun dengan keterbatasan-keterbatasan tersebut.
Tapi jangan menganggap bahwa ini akan membuat kita tidak bisa menjadi maju – justru beberapa usaha muslimah bisa lebih maju daripada usaha suaminya. Biasanya ini terjadi ketika muslimah tersebut menganggap keterbatasan tersebut sebagai bagian dari tantangan, bukan halangan. Sehingga tidak menjatuhkan semangat, tetapi justru memicu kreatifitasnya.

Untuk pemula seperti kita, sebaiknya kita melakukan usaha yang belum banyak saingannya. Atau kalaupun sudah ada saingannya, kita bisa menawarkan kelebihan, sehingga ada alasan bagi customer untuk memilih kita.
Jangan cuma menjadi peniru tanpa ada kelebihan apa pun — ini yang sangat sering terjadi. Katanya, inilah orang Indonesia, satu orang buka usaha kios ponsel, maka semuanya ikut-ikutan membuat itu juga. Hasilnya? Biasanya cuma terbuangnya waktu, tenaga, dan uang Anda.

“Find your niche”, kata seorang pakar – temukan celah yang cocok bagi Anda. Ada yang membuat kerajinan tangan, sampai bisa diekspor. Ada yang memulai usahanya dari sekolah anaknya, sambil menunggui anaknya sekolah dia berdagang dengan ibu-ibu lainnya. Ada yang malah bekerja dari rumah – dengan modal bahasa Inggris dan bakat desain, kemudian menjadi freelance desainer situs Internet. Dan lain-lainnya.

Seperti yang Anda telah lihat, ini adalah hal yang penting. Karena itu, yakinkan dulu bahwa usaha tersebut memang adalah sesuatu yang cocok untuk Anda. Jika Anda telah merasa cocok, maka berikutnya kita perlu meneliti, apakah usaha tersebut memang bisa menguntungkan.

2. Proposal bisnis

Percaya atau tidak, cukup banyak orang melakukan usaha tanpa terlebih dahulu meneliti, apakah memang usaha tersebut bisa menguntungkan. Banyak orang yang memulai bisnisnya hanya dengan berdasarkan angan-angan, tanpa perhitungan.
Walaupun Anda sudah sangat ingin dan sangat perlu untuk memulai bisnis, tahan dulu sebentar. Waktu yang Anda luangkan untuk membuat proposal bisnis ini bisa menyelamatkan Anda dari kesulitan di masa depan.

“Saya mau buka usaha dengan uang saya sendiri, enggak pakai investor kok. Ngapain musti buat proposal juga ?”. Sebetulnya tetap ada investor disini – yaitu Anda sendiri. Tentunya Anda perlu tahu, apakah usaha yang akan dimodali ini memang akan bisa menguntungkan, atau justru cuma akan melenyapkan uang Anda tanpa bekas.

Minimal, berikut ini adalah hal-hal yang perlu tercantum di suatu proposal bisnis:

  • Kebutuhan modal awal
  • Ongkos rutin
  • Estimasi pemasukan
  • Strategi bisnis

Contoh proposal bisnis bisa kita lihat berikut ini :

Proposal usaha kedai sandwich (roti isi)

  1. Strategi bisnis:
    • Banyak pegawai yang tidak sempat sarapan, karena keterbatasan waktu. Sandwich harganya murah, mengenyangkan, rasanya enak, dan praktis – bisa dimakan sambil duduk di bis sekalipun.
    • Penjualan: sistim bagi hasil laba bersih, penjual: 30%, pemilik: 70%. Berupa kios sederhana, di lokasi-lokasi yang banyak dilewati orang-orang yang akan pergi berangkat kerja.
    • Estimasi modal per sandwich: Rp 3000, Harga jual: Rp 5000
    • Estimasi laba per bulan : (pemasukan – pengeluaran) =
      (laba kotor – ongkos) =
      ( 4.000.000 – 660.000) = Rp 3.340.000
  2. Kebutuhan modal awal:
    • Oven untuk membuat baguette (roti lonjong ala Perancis) : Rp 5.000.000
    • 2 buah kios @ Rp 3.000.000 = Rp 6.000.000
    • Persediaan filling (isi) sandwich untuk 2000 sandwich = Rp 4.000.000
    • Promosi : spanduk, pamflet, kartu nama: Rp 1.000.000
    • Total : Rp 16.000.000
  3. Ongkos rutin bulanan:
    • Gas Elpiji @ Rp 55.000 x 4 = Rp 110.000
    • Kemasan sandwich = Rp 300.000
    • Saus tomat, cabai, mayonnaise, mentega = Rp 250.000 (dimasukkan menjadi ongkos bulanan karena sulit diperhitungkan nilainya untuk setiap sandwich)
    • Total : Rp 660.000,-
  4. Estimasi pemasukan:
    Setiap kios diperkirakan bisa menjual 50 sandwich per hari. Jika target pasar adalah pegawai kantor, maka ada 20 hari kerja dalam sebulan.

    Berarti penjualan per bulan per kios adalah 1000 buah sandwich, total 2 kios = 2000 sandwich per bulan.

    Laba kotor:
    Laba per sandwich = Rp 2000
    Laba kotor per bulan = Rp 2000 x 2000 sandwich = Rp 4.000.000

Keterangan:

Kunci dalam pembuatan proposal bisnis adalah jujur dengan diri Anda sendiri. Terutama pada bagian estimasi pemasukan; sangat mudah untuk tergoda menaikkan angka-angka di bagian ini. Tapi jangan lakukan itu, karena hanya akan menyulitkan Anda sendiri di masa depan; proposal bisnisnya bagus dengan angka keuntungan yang fantastis, namun pada kenyataannya ternyata merugi besar-besaran.

Kunci berikutnya adalah informasi.
Dengan informasi yang mencukupi, maka Anda dapat membuat proposal bisnis yang realistis. Sehingga, pada pelaksanaannya nanti tidak akan meleset terlalu jauh dari apa yang telah kita perkirakan disini.
Untuk setiap bisnis, berbeda lagi cara mengumpulkan informasinya. Pada contoh usaha sandwich ini, mengenai estimasi pemasukan; misalnya kita bisa memperhatikan bakal lokasi usaha, dan menghitung kira-kira ada berapa orang pegawai yang lalu-lalang di daerah itu.
Misalkan ada 1000 orang, maka kemudian kita ambil persentase konservatif bahwa akan ada 5% yang tertarik dengan sandwich kita. Maka, didapatlah estimasi omset 50 buah sandwich per hari.

Bagian modal awal dan ongkos rutin tidak terlalu sulit, terutama memerlukan ketelitian. Jangan sampai ada hal yang terlewat, sehingga menjadi kejutan yang tidak menyenangkan setelah usaha berjalan.

Nah, setelah kita menuliskan semuanya dalam suatu proposal bisnis, maka kini kita telah mempunyai gambaran yang lebih jelas mengenai bisnis tersebut. Jika kita kemudian yakin bahwa bisnis ini memang bisa menguntungkan, maka selanjutnya kita perlu mencari lokasi untuk usaha tersebut.

3. Lokasi

Ketika dimintai tips-tips untuk membuka usaha, seorang kawan pernah menjawab, “1. Lokasi. 2. Lokasi. 3. Lokasi.”

Bagi sebagian besar bisnis, lokasi memang adalah kunci yang terpenting.
Pada usaha produksi, lokasi yang banyak sumber daya manusia dan dekat dengan sumber bahan produksi akan membantu meningkatkan efisiensi. Pada usaha dagang, lokasi yang yang tepat bisa membedakan antara keberhasilan dengan kegagalan. Pada usaha jasa, lokasi yang mudah dijangkau oleh customer bisa meningkatkan penghasilan Anda.
Demikianlah pentingnya lokasi.

Mencari lokasi ini bisa sulit sekali, karena daerah-daerah strategis biasanya sudah ditempati. Atau menjadi mall / ITC, yang biaya sewanya juga sangat mahal.
Tapi bisa juga menjadi mudah sekali, seperti misalnya jika silaturahmi kita bagus dan luas. Maka bisa saja tiba-tiba justru ada orang yang menawarkan tempatnya kepada Anda, tanpa perlu mencari-cari.

Jika Anda menemukan bahwa usaha Anda memang membutuhkan lokasi yang bagus, maka jangan sekali-kali tergoda untuk memulai usaha sebelum menemukannya.
Gencarkanlah usaha Anda untuk menemukan lokasi idaman tersebut. Silaturahmi juga dapat sangat membantu disini.

Tips: seringkali kita bisa menumpang lokasi. Seperti pada contoh usaha sandwich ini, karena kiosnya kecil, maka kita bisa menumpang di halaman minimarket Indomaret / Alfamaret, dengan membayar biaya sewa bulanan. Ini cenderung lebih murah daripada kita menyewa khusus untuk usaha kita sendiri.

4. Modal

Idealnya memang modal bisa 100% dari Anda sendiri. Tapi ini mungkin tidak selalu demikian halnya. Seringkali kita memerlukan tambahan dana dari investor lainnya.

Untuk memulai bisnis, saya sarankan untuk menghindari pinjaman bank, walaupun bank syariah.
Kalaupun proposal bisnis kita bagus, tetap usahakan menghindarinya; karena jika ternyata gagal, maka akan sangat sulit untuk mengembalikannya.

Lagipula pinjaman bank ini sering mengecoh. Kadang kita lupa, apalagi jika tidak ada pembukuan yang rapi, sehingga mengira uang bank sebagai uang kita sendiri. Walhasil, banyak orang yang kemudian justru memakai uang bank untuk membeli rumah, mobil, dan benda-benda yang lebih bersifat konsumtif lagi.

Selain terkecoh seperti itu, kadang juga kita lupa memperhitungkan beban bunga bank dan cicilan bank. Contoh; pada usaha warung, persentase labanya sangat tipis – seperti susu, labanya hanya sekitar 1% – 2%. Padahal harganya mahal sekali ya, siapa sangka ternyata labanya luar biasa tipis seperti itu.
Jika tidak hati-hati dalam memanfaatkan pinjaman bank, maka kita bisa kesulitan bahkan sekedar untuk membayar bunga setiap bulannya.

Alternatif lainnya adalah investor luar. Biasanya kemudian dibuat perjanjian / akadnya.
Jika kita telah membuat proposal bisnis seperti yang dibahas sebelumnya, ini bisa membantu kita untuk menjaring investor yang cocok dengan kita.
Kuncinya disini adalah pada akadnya; buat perjanjian yang tertulis, dan jelas. Bahkan (terutama) dengan investor yang dari keluarga sendiri. Karena seringkali kasus penzaliman itu dilakukan oleh keluarga.
Tapi kita sering lengah, ya maklumlah, apa iya keluarga sendiri mau menzalimi saudaranya sendiri – eh, ternyata, bisa saja lho. Dan sudah banyak kasusnya.

Jadi, berhati-hatilah. Pastikan bahwa akadnya akan mendorong terciptanya keadilan untuk kedua belah pihak.

5. Eksekusi

Ketika semuanya telah siap – maka kini adalah waktu untuk melaksanakannya. Anda kini berada di posisi eksekutif, sebagai eksekutor dari bisnis ini.
Inilah saatnya Anda melakukan semua yang telah Anda rencanakan selama ini.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan :

  1. Promosi : Tidak ada gunanya Anda menjual barang/jasa yang sangat berguna, dengan harga yang murah, jika orang tidak tahu bahwa Anda ada.

    Promosi adalah suatu keharusan bagi setiap usaha. Namun, promosi yang ngawur juga justru bisa menghabisi suatu usaha.

    Untuk usaha yang tergantung pada lokasi, Anda perlu menyisihkan dana untuk membuat papan nama yang besar dan jelas.
    Sisihkan waktu/dana tambahan untuk membuat desain yang menarik pandangan mata orang yang tadinya hanya lewat. Tidak ada gunanya membuat papan nama besar jika bahkan sekedar dilirik pun tidak.

  2. The only constant is change – satu-satunya hal yang pasti adalah perubahan.

    Dalam melakukan usaha, sulit untuk bisa duduk tenang berpangku tangan. Akan selalu muncul hal-hal baru; pesaing baru, kenaikan ongkos, perubahan pasar, dan lain-lainnya.

    Tidak semuanya bisa Anda perkirakan di dalam proposal bisnis. Karena itu, Anda harus selalu siap untuk menghadapi masalah yang baru.

    Pertama-tama, Anda harus bisa menyadari dulu bahwa ada masalah. Karena, Anda tidak bisa menyelesaikan masalah yang setahu Anda tidak ada.
    Tapi kadang memang kita tidak menyadari akan adanya suatu masalah, karena kita telah sibuk (terjebak) dalam rutinitas.

    Disinilah pentingnya masukan dari pihak ketiga. Secara rutin, undanglah kawan atau saudara untuk menilik usaha Anda tersebut. Dan jangan lupa berterimakasih atas masukan-masukan yang mereka berikan.
    Tanpa informasi dari mereka, maka bisa saja tahu-tahu bisnis Anda telah berada di ambang kebangkrutan, dan Anda hanya bisa kebingungan, mengapa hal ini bisa terjadi.

    Kedua, Anda harus segera menyelesaikan masalah tersebut. Menunda masalah adalah menambah masalah. Masalah tidak akan selesai dengan menundanya.

    Ketiga, anggap saja masalah ini sebagai selingan yang menarik, di tengah-tengah rutinitas bisnis. Maka masalah yang muncul tidak akan membuat Anda patah semangat, malah justru akan mendorong munculnya ide-ide dan semangat baru.

  3. Customer service : Pembeli adalah raja, demikian pepatah yang sering kita dengar. Setelah melayani mereka dengan ramah, baik, dan sabar; maka biasanya beberapa customer akan merasa nyaman untuk berterus terang kepada Anda.

    Dari mereka Anda akan mendapatkan informasi-informasi paling berharga untuk usaha Anda tersebut — apa saja kekurangan Anda, apa kelebihan, apa potensi yang masih bisa digarap / dikembangkan.

    Customer service juga bisa menjadi kelebihan Anda dari para pesaing Anda, ketika usaha Anda sama dengan mereka.
    Berikan layanan yang lebih – layan antar, barang yang bisa dibuat sesuai pesanan, dan seterusnya.

  4. Hemat : Salah satu godaan dalam berbisnis adalah untuk berfoya-foya ketika memegang uang agak banyak.

    Semua pengusaha sukses yang saya kenal adalah orang yang hemat.
    Bahkan walaupun mereka kelihatan kaya / boros; namun ternyata sebetulnya masih termasuk hemat jika dibandingkan dengan income / pemasukan mereka.

    Ingatlah bahwa Anda baru memulai usaha Anda. Jalan Anda masih panjang. Pepatah “bersakit-sakit dahulu, bersenang kemudian” harus Anda camkan di benak Anda.

Berbisnis itu sulit ? Mudah ? Semuanya kembali kepada Anda. Namun, dengan perencanaan yang baik, maka segala hal bisa menjadi lebih mudah.

Selamat memulai usaha Anda.

193 thoughts on “Jurus-jurus praktis memulai bisnis Muslimah

  1. kalau memang terpaksa harus minjam uang ke bank, ini saran dari saya:

    – jangan habiskan seluruh modal sekaligus, soalnya pasti ada hal-hal tidak terduga yang belum dipikirkan sebelumnya. dan mungkin selama bulan2 pertama masih akan nombokin.
    – konversikan sisa modal ke emas atau deposito atau danareksa low risk untuk menekan efek inflasi

  2. Trims untuk masukannya, jadi ingat – jangan lupa nego dengan bank, agar bunga hanya dikenakan ke pinjaman yang sudah kita gunakan.

    Contoh; kita meminjam 1 milyar, tapi baru menggunakan 300 juta.
    Kalau kita sudah bayar bunga untuk 1 milyar, wah ya keenakan bank-nya, he he.

  3. mohon petunjuk caranya membuat proposal pengajuan kerjasama penjualan produk dengan swalayan/toko2 …..

  4. ainun – pengalaman saya, tidak perlu pakai proposal, biasanya langsung saja bicara kepada staf di toko/swalayan. semoga berhasil.

  5. saya mengalami dilema dalam pembuatan proposal atas kerjasama pendanaan untuk konsultan jasa design arsitektural….dan design, tahap awal.
    Adakah jasa pelayanan pembuatan proposal-proposal pendanaan? dan fee bisa dinegosiasi.
    Untuk itu pihak kami telah menyiapkan segala keperluan dan terlampir karya-karya design sesuai kebutuhan… butuh konsultasi secepatnya!!!
    |Call ke Hp : 081510998011 eco
    |Email : econsen@safe-mail.net

  6. Saya akan memulai usaha penjualan tetapi masih bingung dengan produk apa yang akan saya jalankan, apakah produk busana muslim, baju koko, kerudung dpat menjadi pilihan? Bagaimana dengan persaingan bisnis ini, dimana saya dapat membeli dengan sentra produk tersebut yang harganya miring karena akan saya jual kembali, atau ada produk lain yang masih mungkin untuk usaha. Mohon bantuan trim’s

  7. Ass wr wb. Subhanallah. Terima kasih mas, atas artikelnya. sungguh sangat bermanfaat bagi saya yang sekarang ini lagi merintis usaha sendiri, disamping jadi karyawan di sebuah perusahaan swasta. Walaupun artikel tentang busana muslimah, tapi tentu saja relevan dengan bidang bisnis yang lainnya 🙂
    jazakallahu khairan katsiran

  8. Assalamuallaikum wr wb,
    Apa yang disampaikan diatas memilai bisnis muslimah sy sgt setuju dan sudah sy jalankan. Alhamdulilllah sekarang sy sedang berbisnis Pembuatan pemancar televisi lokal dengan harga terjangkau dan sebagai direktur televisi lokal di Banyumas televisi. disamping itu saya mempunyai usaha kotor tapi halal yaitu jasa sedot tinja. Jasa sedot tinja sangat menjanjikan karena pertumbuhan penduduk yang pesat. Dengan modal dibawah 150 juta anda sudah bisa memulai usaha terebut dengan resiko minim BEP kurang dari 1.5 th. setelah itu penghasilan bersih bisa mencapai 10jt perbulan. anda berminat hub sy Ir.Firdaus Vidhyawan.SH melalui email : Hilmy_firdaus@telkom.net. atau telpon di (0281) 7604548. Wassalam wr wb.

  9. Assalamualaikum. salam kenal. Saya mo buka usaha bimbel masih bingung buat proposalnya. ada yang bisa bantu

  10. Asslm..wr…wb
    Perkenalkan nama saya Andri, seorang mahasiswa di Sekolah Tinggi di bilangan Bintaro…sedang mencari contoh proposal bisnis, ada yg punya ga ya??

  11. Ass. Wr Wb
    Mohon bantuannya, saya pengen usaha rumahan, rencana Saya akan memulai usaha penjualan tetapi masih bingung dengan produk apa yang akan saya jalankan, apakah produk busana muslim, baju koko, kerudung dpat menjadi pilihan? Bagaimana dengan persaingan bisnis ini, dimana saya dapat membeli dengan sentra produk tersebut yang harganya miring karena akan saya jual kembali, atau ada produk lain yang masih mungkin untuk usaha. Mohon petunjuk juga bagaimana cara perhitungan untuk pembukaan sebuah Toko Busana muslim. Mohon bantuan trim’s

  12. Hallo..

    Saya berencana akan membuat usaha warung makan, mohon bantuannya bagi yang mempunyai contoh proposal usaha atau teknik membuat proposal karena saya masih awam dalam usaha dan cara membuat proposal yang baik dan benar. Terima kasih atas bantuannya…

  13. Assalamualaikum. salam kenal.
    Jujur.. yg sangat mengganjal dalam pikiran saya dari dulu adalah :
    bagaimana cara mengurus perijinan usaha?
    ada yang bisa bantu?

  14. untuk mas ramadhika, waalaikum salam ww
    awal saya mulai usaha juga soal perijinan sangat mengganjal, tapi yang saya pegang adalah prinsip ide dan action. ketika saya memiliki ide harus saya lakukan, apapun alasan ijin atau apapun namanya jika itu merusak ide saya saya langkahi. ketika usaha sudah jalan baru jalan dengan sendirinya. menurut saya jalani dulu usaha anda, sembari mengurus hal-hal administrasi.
    mengenai ijin usaha, kita lihat dulu jenis usaha apa yang akan anda jalankan. karena ijin untuk usaha akan berbeda2 kelasnya. secara umum yang harus dipersiapkan adalah sertifikat tanah dan bangunan yang akan menjadi tempat/kantor usaha. lengkap dengan WP/NPWP (pengurusan dikantor pajak kota tinggal anda). setelah lengkap baru urus saja SIUP ke kantor balaikota/kabupaten bidang ijin usaha. disana banyak orang ngantri untuk itu.
    lebih mudahnya ya banyak kok jasa pembuatan SIUP. paling habis sekitar 1 jutaan ngurus sendiri.
    memang ada ijin ganda, disamping ijin usaha juga ada ijin hak paten produk, jika berkaitan dengan produksi obat dan makanan KE BPOM.
    mudah kok, yang penting jalan dulu

  15. Jazakumullah..
    padahal saya nanya tuh pesimis akan dijawab =P maksih banget!!

    ternyata begitu ya? ternyata tidak se seram yang saya bayangkan =)

    baik kalau begitu insyaA saya akan paksakan diri saya untuk memulai 😉

    (mohon doa dan restu nya.. amin..)

    Wassalam..

  16. Assalamualaikum…

    Saya bermaksud membuka usaha studio foto. Pemodal telah ada yang tertarik atas presentasi keuangan saya. Namun dia meminta untuk dibuatkan proposal terlebih dahulu dan sistem perusahaannya.
    Saya mohon bantuan untuk masalah ini.
    Terimakasih

  17. selamat siang..
    mohon bantuannya saat ini saya sedang tertarik untuk membuat usaha selain saya bekerja swasta..yang jadi masalah, saya ingin usaha yang minim resiko, modal sekitar 2 jutaan..saya tertarik untuk jualan makanan, tapi kira2 yang cocok apa ya…?mohon bantuanya..terima kasih

  18. Dears,
    Mohon bantuanya untuk di kirimkan via e-mail contoh proposal kerjasama menjadi suplier pakaian ke sebuah dept sore.
    Terima kasih.

    regrads,

  19. selamat siang pak…
    kami ada tugas dari kampus ntuk membuat proposal apabila kita membuat usaha.
    jadi saya kurang memahami cara pembuatannya,saya mohon kiranya bantuannya.
    saya mohon bapak kiranya sudi membantu melampirkan ontoh bentuk proposal
    atas perhatian dan kerja sama nya saya ucapkan terima kasih

  20. selamt siang/malam/sore/pagi…..

    saya ada tugas untuk membuat proposal bisnis…saya mohon bantuan bapak,, agar bapak mengirinkan contoh dr proposal tsb ke alamt email saya…

    terumakasih banyak…

  21. saya mohon kalu ada yang punya contoh proposal pengajuan untuk promosikan web set ke semua Instansi atau Perusahaan, kalau emng ada tolong kirimkan ke e-mail kami ( s_0371_b@plasa.com )

  22. Ass wr wb. Terima kasih atas artikelnya. sungguh sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah pengetahuan tentang dunia usaha sendiri, disamping jadi karyawan saya juga pengin nantinya punya usaha sendiri.

  23. Saya sangat senang membaca artikel2 tentang membangun usah karena saya berencana untuk membuka usaha sendiri tetapi usaha yang bisa dijalankan oleh istri saya sehingga saya tetap bisa bekerja ditempat sekarang dan membantu bila pulang kerja tetapi modal dan jenis usaha yang tepat masih saya pikirkan meskipun ada beberapa peluang bisnis yang kira-kira bisa saya jalankan dan pernah saya alami seperti membuka tokosembako dan suplier daging ayam

  24. saya sedang membangun sebuah usaha yang bergerak di bidang audio visual, saya bingung apa saja yang harus saya persiapkan untuk mempromosikan usaha saya, satu lagi untuk membuat proposal penawaran kerja sama dengan pihak pemerintah atau swasta, langkah2 apa saja yang harus di tempuh, dan bagaimana susunan format proposal penawaran kerja sama itu harus saya susun, tolong kirimkan ke alamat e-mail saya, sangat saya tunggu bantuannya, terimakasih.

  25. Ass wr wb.
    saya sedang membuat proposal usaha untuk diajukan ke investor / bank..tapi saya masih kurang paham cara pembuatan proposal yang baik dan terperinci..
    sekiranya bapak bisa membantu saya, barangkali bapak punya contoh proposal.. bisa tolong di email ke saya.. makasih banyak sebelumnya..

  26. selamat sore…
    saya ada tugas membuat proposal usaha.Rencananya saya mau membuat bisnis warung bakso.tolong beri saya contoh proposal usahanya donk???trimakasih banyak

  27. Slamat Sore….
    Bos tolong saya dong… kirimin contoh proposal untuk membuat LSM atau lembaga-lembaga sosial.sekalian contoh salah satu bentuk proposal bisnis… maklum,biar tau bedanya dimana?

  28. Saran usaha “Ala yzein”
    Sebelum memulai setiap usaha apapun bentuknya perlu direncanakan, dan dianalisa. Kekuatan (modal), Kelemahan,Kesempatan, dan Hambatannya.
    Untuk Saudara HARYADI: Ane ada saran neh…,
    Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang kondisi masyarakat sekitar, produk apa yang sekiranya dibutuhkan.Lihat segmentasi pasar…di daerah anda dengan cara mensurvey langsung kelapangan.

  29. Boss minta contoh proposal bisnis donk. buat menyakinkan stock holder.. bahwa bisnis yang kita jalankan benar gitu.

  30. bos tolong saya dong,., kirimin contoh proposal studi kelayakan bisnis,. di bidang otomotif (bengkel)

  31. Mohon ijin untuk mengkopy tulisan anda untuk ebook saya boleh ? saya sedang mengumpulkan tulisan tentang ke wirausahaan? mohon jawabannya

  32. @judi – silahkan, tapi saya minta agar saya bisa mendapatkan 1 copy ebooknya agar saya bisa tahu hasil akhirnya seperti apa, itu saja.
    .
    Terimakasih.

  33. mas fehmi emang joss, ilmu-ilmunya banyak dituangkan di internet mudah-mudahan menjadi amal jariyah, walaupun antum sudah meninggal tapi ilmunya menajdi amalan bagi antum di akhirat. cmiiw .

  34. mas, saya mau nanya ni…
    Saya mau buka warung makan di Jogja. Semua modal dari orang lain/investor. Kalo keadaan seperti ini, bagi hasil keuntungannya gimana ya? berapa% untuk saya sebagai pemilik usaha dan berapa% untuk investornya?. Mohon sarannya. Terimakasih.

  35. @alex – amin, terimakasih.
    .
    @edi – biasanya 40% – 60% (pengelola – investor).
    .
    Paling mentok biasanya 25 – 75, usahakan jangan sampai kurang dari itu.
    .
    Semoga sukses.

  36. Salam kenal pak! Pak, Saya minta dikirimin proposal bisnis!Sebagai contoh untuk menawarkan penjualan Pallet dan segala jenis kayu ke PERUSAHAAN! makasih sebelumnya

  37. Selamat malam
    Dears,
    Mohon bantuannya untuk di kirimkan via e-mail contoh proposal kerjasama dengan agen real estate dan designer untuk menawarkan produk paint
    Terima kasih.

    regrads,

    Andrea

  38. selamat pagi/siang/malam. pak saya mint contoh proposal penawaran untuk pembelian kardus bekas dari sebuah dept store. terimakasih pak

  39. lam kanl mas fehmi……
    saya senang ada artikel tentang proposal usaha sangat membantu sekali
    saya mo tanya mas, kalo kita mo buka usaha yang semua modal dari orang lain / investor, itu bagus ga seeh mas

  40. Ass Wr Wb .

    Mas Fehmi mohon bantuannya ….

    Saya mau buka usaha Ice Cream di Jogja ,tapi saya kurang modal dan udah ada yang mau modalin, dan Pemodal minta proposal bisnisnya ….Mohon bantuannya contoh proposal bisnisnya Pak

    Terimakasih.

  41. Ini adalah situs artikel terbaik dan up to date, seiring dengan perkembangan keadaan ekonomi di Indonesia, yang masih lama menuju keadaan yang mapan… semoga menjadi inspirasi dari berbagai kalangan pebisnis baik bagi pemula, menengah dan besar…
    amin.amin.amin..Yaa robbal Alamin

  42. Asslamualaykum, salam kenal..saya adalah mahasiswa Brawijaya Malang,..sya sangat interest dengan namanya entrepenuer tapi sya sangat bingung dengan kelemahan sya yakni : takut untuk memuali bisnis..sya telah banyak membaca buku tapi sangat sulit untuk melakukan, tapi sya yakin suatu saat sya bisa merubah ini,..sya sangat berharap dengan ikut dengan forum2 bisnis/ sharing bisnis, motivasi sya akan semakin kuat untuk melangkah 1 dan beberapa langkah lebih maju..mohon dukungan dari semuanya !!!!
    terima kasih

  43. Dear Mas Fehmi,

    Mohon bantuannya
    saya lagi dapat tugas kuliah membuat laporan studi
    kelayakan bisnis,saya berencana untuk
    studi tentang catering
    cuma saya bingung,
    bisa minta tolong dikirimi contoh proposal studi kelayakan bisnis

    thanks

  44. pak, tolong kirim ke email saya contoh proposal usaha laundry, terima kasih sebelumnya.

  45. saya pekerja swasta, ingin sekali ada usaha selain bekerja dikantor. usaha distro yang akan saya jalani ini adalah kerjasama dengan teman. bagaimana supaya usaha yang saya jalani berjalan dengan baik meskipun saya hanya memantau saja.
    terimakasih

  46. Malam pak..Tolong kirim ke email sy contoh proposal usaha laundry n surat perjanjian kerjasama usaha laundry.thanx before

  47. Gw mahasiswa S2 -MM, nyari contoh proposal bisnis buat syarat ujian, so, Thanks banget contoh proposal bisnisnya….. membantu banget, maklumlah gw bukan praktisi, sekali lagi makasih mas Fehmi

  48. Mas Fehmi, kalo saya boleh tau.. apakah pembuatan SIUP & TDP melalui calo ato orang2 dalam di dinas yg bersangkutan tsb akan menjadi lebih singkat prosesnya? Jika benar, perkiraan waktu tersingkatnya hingga brp hari? Tq.

  49. saya ingin membuat usaha baru yang tergolong usaha kecil2an…
    usaha itu adalah membuka warung makan,gimana si cara membuat proposal untuk saya sendiri….
    saya masih bingung karna saya masih sekolah belum pernah ada pengalaman buat kerja.tolong bantu saya..
    terimakasih!

  50. saya tinggal di luar negri, dan pengen buka usaha di jogja, tp sy tdk punya seseorang yg saya percaya utk menjalankan usaha tsb. kira2 usaha apa ya bisa saya pantau sendiri ya? maturnuwun

  51. Mbak helen ini lilis teman lama di aston.

    bagus sekali tulisannya saya sangat tertarik

    Kalo dalam pikiran, saya ingin berbisnis penjualan kue kering terutama persiapan lebaran/baju dan onderdilnya. tapi masih ga tau mana yang terbaik sesuai peluangnya.

    gimana kabar anak-anak

  52. hello broer,
    makasih mbanget atas artikelnya yach. sangat berguna sekali bagi pemula, dan kebetulan pula saya baru memulai bisnis produk lebah, yakni: madu, propolis, dan royal jelly.

    salam

  53. Assalamualaikum pak saya adit mahasiswa dijogja
    Saya ingin buka usaha depot kayu dijogja tapi saya bukan orang jogja jadi gmana ya pak nguruz izin nya n proposal bisnis nya karena saya baru dalam bidang ini

  54. Asalamuallaikum Wr.Wb
    Salam sejahtera buat penulis dan rekan rekan netter yang terhormat.Mohon bantuan kepada rekan2 sekalian jujur beberapa thn silam usaha saya sangat maju dengan mengandalkan sms/email saja,mhn maaf sebelumnya usaha saya dulunya adalah bisnis yang notabene merupakan bisnis yg sy anggap menyalahi aturan hukum yaitu membuat blog dan iklan di berbagai media internet tentang No togel jitu,alhasil banyak email dan sms yg masuk bertanya ke no togel yg akan keluar,dari sekian banyal yg bertanya secara kebetulan 2 no angka (40%) keluar dan dari sekian banyak yg bertanya 40% keutungan ditransfer ke No Rekening saya,namun saya sadar usaha tersebut sangat dilarang oleh semua Agama dan banyak merugikan orang (hanya sekitar 10% bahkan kurang yang berhasil dari tebakan abal2 sy tersebut) dan sypun tdk berniat lg usaha tsb walau menggiurkan pendapatannya,pek tsb sangat dilarang dan saat ini sangat bertolak belakang dengan Nurani saya,Bahkan saat ini kalau saya mau ada seorang Janda cantik/kaya yang mau menampung dan menghidupi saya asalkan saya mau dijadikan simpanannya(Mohon maaf,saya terlalu jujur dan bukan maksud saya mengajari anda semua,semua bisnis tsb sangat dilarang Agama manapun Di Indonesia)
    dari cerita diatas saat ini Saya ingin Berbisnis Offline/Dunia Nyata,tapi sayang saat ini saya sedang jatuh dan mempunyai Modal hanya 500 Ribu rupiah,saya sangat mhn bantaun Saudaraku sekalian bisnis Offline/dunia nyata apa yang bisa saya jalankan?bukan MLM,Bisnis Jual-Beli Pulsa,harap kirim ke Email saya : bagoes86@ymail.com dan atau sms ke no HP 081366834390
    Terima Kasih,salam sukses untuk anda semua Amien
    Wasallamualaikum Wr.Wb

  55. Wow,, tutorial bisnis yang bagus…Semua itu harus dilakukan dengan sabar dan telaten ya,,, agar bisa mencapai target yang maksimal…

  56. mohon informasi , apakah untuk membuka warung makan di lokasi pemukiman , dengan papan nama yang besar memerlukan ijin khusus , lokasi usaha : Jakarta Barat , dekat kampus besar, apabila iya , apakah atas pemasangan papan nama tersebut dikenakan pajak reklame ? mohon bantuannya

  57. Artikel yang menarik. Hanya saran saya, kalau bisa modal usaha jangan dari uang pinjaman. Lebih baik mulai dengan modal sendiri walau kecil. Jangan sampai mau usaha malah terlilit hutang.

  58. Jika memikirkan sungguh-sungguh ke-5 faktor di atas – tentang peluang bisnis, proposal bisnis, modal, lokasi, dan eksekusi – bisa jadi bagi banyak di antara kita justru akan menimbulkan keragu-raguan untuk bertindak. Sebab, terlalu banyak hal yang harus dipikirkan, belum lagi adanya keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki, khususnya modal. Saya kok lebih memilih cara yang praktis saja: langsung menerjuni bisnisnya, sejauh resikonya sudah diperhitungkan cukup rendah, dan belajar langsung dari segala pengalaman yang diperoleh di sana.
    Dan, menurut pendapat saya, bisnis menggunakan internet merupakan opsi yang sangat layak untuk dipertimbangkan … ups, langsung dieksekusi saja 🙂

  59. Offer a wide variety of writing services for students of all levels from across the globe. The staff writers at EssayAcademia.com work hard to develop excellent and original academic papers of your choice and requirements. We undertake orders of students from all fields and fulfill their requirements on time.

  60. wah jurusnya bagus mas, yang penting dalam berbisnis cara muslimah itu mesti yg halal. jangan mencari keuntungan sendiri. makasih mas dah mau share hal-hal yang perlu tercantum di suatu proposal bisnis.

  61. Bagaimana dengan persaingan bisnis ini, dimana saya dapat membeli dengan sentra produk tersebut yang harganya miring karena akan saya jual kembali, atau ada produk lain yang masih mungkin untuk usaha. Mohon petunjuk juga bagaimana cara perhitungan untuk pembukaan sebuah Toko Busana muslim. Mohon bantuan trim’s

  62. selamat pagi/siang/malam. pak saya mint contoh proposal penawaran untuk pembelian kardus bekas dari sebuah dept store. terimakasih pak

  63. Info nya sangat bagus, terima kasih….sangat bermnafaat buat saya, semoga dengan informasi ini saya mendapt pelajaran yang baik dan berguna

  64. Sangat baik sekali, artikalnya memberikan pengetahuan tambahan yang sangat berguna bagi saya, khususnya utk membuat proposal yang baik.

  65. Luar biasa….. tambah pengetahuan

    Ehm… biasanya kalau buat proposal apa saja melihat contoh yang sebelumnya.
    Terima kasih.. sekarang jadi lebih ngerti

  66. great work on “Kick-start your business-practical stance Muslimah”

    really interesting topic… thanks for sharing 🙂

  67. Saya juga baru membuka di http://dinayossi.blogspot.com. Sepertinya butik online saya ini belum berkembang. Saya menjual produk busana muslim, pakaian, tas, baju, celana, dompet, sepatu, dll.
    Mungkin harus sabar menunggu waktunya ya, sambil rajin2 mengupdate isinya. Suskes bwt mas Sufehmi.

  68. The truth is, I have difficulty understanding this kind of post because of very broad and long information. Many readers will easily get bored of reading the entire content.

  69. Selamat malam
    Dears,
    Mohon bantuannya untuk di kirimkan via e-mail contoh proposal kerjasama dengan agen real estate dan designer untuk menawarkan produk paint
    Terima kasih.

    regrads,

    Andrea

  70. This article is most useful. Nisargafood, leading exporters of papaya,jaggery,saffron ,kesar from India. We started with a vision to establish our company as the most renowned & faithful exporter of fresh fruits.

  71. This is some of the most important stuff I have read…Farcom Cables Manufacturer & Exporters of Pvc Compounds, Antifibrillation masterbatch,Filler masterbatch,White masterbatch,Engineering plastics, Electrical Wires.

    Thank Q

  72. This is good to have this blog.
    Best Engineering is a premier manufacturer & exporter of herbal extraction plants, Aloe Vera plants, Aloe Vera processing plants. Amla processing plants, Pickle machinery, Natural dye plant, Processing equipments, Biodiesel plant, Food processing lines.
    Than q

  73. Keep your Contacts and SMS safe! Actually, the contacts and SMS have more values than a cell phone’s own value. You can pay money to buy a new iPhone, but cannot buy your lost contacts and SMS back. So it’s important for you to backup your contacts and SMS in iPhone. And we recommend you backup contacts and SMS regularly. Our backup software can help you take a snapshot for your contacts and SMS. Your important personal information will be never lost.

  74. I just want to say thanks, I haven’t posted on your blog but I have been an avid reader for quite some time now.

  75. I’ll have to thank the poster. Lot’s of blogs out there but only some are useful and helpful, this is one of them.Keep posting

  76. Thank you for sharing to us.there are many people looking about good post for their read hope they get enough resources by reading your post.

  77. Arkadaşlar Konuyla İlgili Kiminle İletişim Kurabilirim Mail Adresi varmı ?

  78. found good piece of information here, Thank you for sharing these helpful post it is very interesting and read worthy. Keep these informative post coming!

  79. Dalam memulai bisnis kita harus memiliki niat dan skil yang kita miliki. Kita juga membutuhkan motivasi loh dalam memulai bisnis kita. Selain itu, juga kita dalam menjalani bisnis nggak mesti langsung yang besar, kita bisa kok menjalaninya dengan skala kecil terlebih dulu. Hal ini untuk meminimalkan resiko yang akan terjadi sebagai pengusaha pemula khususnya.

  80. Pingback: toko bunga
  81. Pingback: baju muslim
  82. Pingback: pc
  83. Pingback: programi
  84. Pingback: mitra-solusindo
  85. thanks for u’r article..sangat membantu untuk perbaikan dalam merencanakan usaha kecil menengah didaerah kami di Cibitung Kecamatan Tenjolaya – Bogor

  86. Mohon petunjuk juga bagaimana cara perhitungan untuk pembukaan sebuah Toko Busana muslim. Mohon bantuan trim’s
    Sangat baik sekali, artikalnya memberikan pengetahuan tambahan yang sangat berguna bagi saya, khususnya utk membuat proposal yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *