Pocari Sweat meluncurkan serangan balasannya

Beberapa hari yang lalu seorang staf saya menunjukkan produk baru dari Pocari Sweat, isi sama namun dalam kemasan botol plastik 500ml.

Sedikit latar belakang, Pocari Sweat dulunya adalah raja pada niche minuman olahraga. Pada jaringan minimarket kami, dulu produk yang paling banyak terjual biasanya bergantian antara Yakult dan Pocari Sweat. Ya, mengalahkan bahkan produk mie instan sekalipun. Prestasi ini tentu sangat luar biasa, apalagi jika kemudian kita ingat bahwa Pocari Sweat mengangkangi segmen pasar ini sendirian 🙂

Kemudian kompetitor mulai bereaksi. Tiba-tiba, dalam waktu singkat pasar dibanjiri dengan berbagai produk minuman olahraga lainnya. ProSweat, Mizone, dan puluhan produk lainnya. Tipe orang Indonesia – “me too” ? Anyway, ketika kita menilik lagi bagaimana besarnya “niche” ini, maka tindakan ini menjadi wajar.

Yang menarik justru adalah respon / ketiadaan respon dari Pocari Sweat. Dalam waktu yang cukup lama, tetap saja PS hanya tersedia dalam kemasan 330ml, dan rasa yang sama. Dimana kompetitornya (yang mungkin terbesar saat ini), Mizone, menyediakan 2 rasa dan kemasan botol plastik yang nyaman untuk dibawa-bawa.
Penjualan Mizone meroket dengan cepat, dan angka penjualan PS menjadi korbannya.

Akhirnya PS mulai bereaksi dengan kemasan baru ini. Tapi apakah reaksi ini sudah terlambat, ataukah belum?
Time will tell.

25 thoughts on “Pocari Sweat meluncurkan serangan balasannya

  1. Dulu Pocari Sweat tidak terdapat label Halal.
    Oleh sebab itu saya 1 tahun ini tidak meminumnya. Sepertiya sekarang sudah ada label Halal nya.
    Kalo ada kemasan kecil bisa jadi alternatif nihh….

  2. di Jepang, pocari sweat merupakan pelopor minuman isotonik (diluncurkan thn 1980), di Jepang sendiri ada berbagai macam kemasan mulai dari kaleng 330 ml, botol plastik 500 ml, botol plastik 1 liter dan botol plastik 2 liter 🙂 dan di Jepang kompetitornya Pocari sweat itu banyak, ada dari group Coca Cola dng produk Aquaris (dan berbagai macam varian Aquarius yng lain), ada dari group Asahi dng produk Super H20, Ajinomoto dng produk Amino Vital, lalu dari group Suntory dng produk Gatorade (kemasan 525 ml !!! harga sama dng produk lain kemasan 500 ml), terus dari grup Kirin dng produk Amino Supli 9, dan masih banyak lagi 🙂 jadi memang bisnis minuman isotonik, hypotonik, apapun lah namanya (saya ndak ngerti) memang menggiurkan

  3. Tolong tanya, anda bergerak di bidang minimarket?
    Minimarketnya namanya apa, kalo boleh tahu dan siapa distributornya Pocari Sweat ke minimarket anda?
    Saya mencari-cari peluang untuk menjadi distributor PS.
    Terima kasih

  4. Saya ingin tau atribut produk pocari sweat yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.terima kasih

  5. setahu saya, memang pocari sweat cuma satu rasa.
    tidak mengeluarkan varian rasa.
    karena merupakan produk yang basisnya minuman kesehatan (katanya), tidak menambahkan aneka perasa dan pewarna

  6. Mau tanya nick Pocari memang minuman an ISOTONIK…..tapi yang paling saya tanyakan Apa perbedaan ISONIK , HYPOTONIK & HYPERTONIK tolong di jelasin yang gamblng & jelas …..TKS

    From Joko Prasetyo
    Marketing

  7. temen saya meminum pocari sewat dan langsung pusing-pusing dan muntah-muntah dan akhirnya dibawa ke dokter padahal minuman tersebut belum kedaularsa. akhirnya dia nuntut kompensasi atas peristiwa keracunannya tersebut tapi eh malah pihak pocari sweat mengancam akan balik menuntut dia? ini kan lucu bukannya ditanggapi tapi malah korban akan dituntut. emangnya pusing-pusing dan muntah-muntah itu reaksi normal kalau orang minum pocari sweat yah?? bisa ngak yah pihak pocari sweat menjamin produknya dan keamanan serta keselamatan konsumennya?

  8. agak aneh ceritanya saudara jody nih…
    kalau langsung pusing-pusing dan muntah-muntah setelah minum pocari sweat, apa memang benar sebabnya karena pocari sweat ?
    setahu saya, suatu produk makanan dan minuman memerlukan waktu untuk diserap dalam tubuh sebelum menimbulkan suatu reaksi. walaupun pocari sweat termasuk minuman yang cepat diserap dalam tubuh, tapi efeknya tidak akan langsung seperti yg disampaiakn saudara jody.
    dari cerita saudara jody, agak aneh kalau keracunan yang dialami temannya disebabkan oleh pocari sweat. bisa jadi, sebelum minum pocari sweat, ada asupan lain yang dikonsumsi teman saudara jody.
    setahu saya, pocari sweat sudah punya layanan konsumen 0800-sekian (gretong bokk….karena saya sudah pernah telpon kesana….hehehehhe), yang ada di kemasannya.

  9. selamat pagi, nama saya richard saya ingin mengetahui tentang data penjualan pocari sweat dari tahu 2003-2007 apakah bisa dibantu. Soalnya buat data skripsi saya.sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

  10. Nama saya Ande, mau tanya lebih dalam mengenai pocari sweat (terutama masalah kampanye ‘go ion’) untuk data skripsi. Boleh tahu kira-kira Saya harus menghubungi siapa?Tolong dibantu. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  11. Apa pun yang dilakukan oleh competitornya dan pocari sweat seolah2 tidak peduli, menurut saya itu tidak menjadi masalah besar karena apapun kampanye iklan yang dilakukan oleh kompetitor malah justru akan lebih membesarkan nama pocari sweat itu sendiri yang sudah menjadi market leader. Diferensiasi produk dengan mengeluarkan kemasan baru 350ml itu sangat bagus agar konsumen punya banyak pilihan dan jadi tidak bosan, mungkin selalu menunggu nanti akan mengeluarkan kemasan apalagi sehingga brand loyalty tetap terjaga. Cuma iklannya kok seperti iklan kecantikan ya?

  12. Seperti yang semua orang tau, saat ini pocari sweat mempunyai brand image yang bagus dan top of mind of brand tertinggi diantara kompetitornya. Kenapa bisa begitu walau semua orang berpikir pocari sweat tidak melakukan pendekatan atau perubahan produk. Marketing is not only about promotion atau product differentiation. Branding is key, but customer insight is Priceless! Pendekatan pocari sweat menurut saya sangat bagus. Ingatkah anda sekalian dengan nasihat dokter kalau anda puasa atau sedang mengalami demam berdarah? minumlah pocari sweat! Sakit diarrea? jangan lupa minum pocari sweat! Saat ini, Pocari sweat sudah bukan lagi hanya sebagai minuman isotonik yang biasanya selalu dikaitkan dengan kegiatana olahraga, Pocari adalah pengganti cairan tubuh saat sakit juga!
    Now, thats what we called creative marketing! Setuju?

  13. Bener juga tuh air putih tetep the best ya..
    Kalo minum minuman kesehatan jangan terlalu banyak lah, yang normal2 / secukupnya aja, disesuaikan ama kegiatan kita
    Apapun kalo terlalu banyak pasti ga baik loh

  14. Gw jg seneng minum pocari tapi emang bener sekarang dah banyak merk lain ya…
    kata orang kl kena DB suruh banyak minum pocari tuh, efek nya apa sih ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *