Jagalah Rumah Anda di Internet

Barusan saya mampir ke sebuah situs milik kawan saya, tapi dengan terkejut saya menyaksikan bagaimana situs tersebut telah diserobot oleh orang lain dan kini berisi iklan-iklan 🙁

Kelihatannya ybs terlambat memperpanjang sewa domain namenya. Sehingga berhasil dirampas oleh hijacker.

Seorang kawan dulu pernah kehilangan juga domain name hotelnya, garuda-hotel.com. Setelah beberapa tahun menjadi situs iklan, akhirnya kini domain name tersebut diambil alih oleh garuda hotel – di Nepal.

Kawan yang lainnya dulu pernah memiliki website yang cukup populer, dengan alamat cybernasyid.com. Namun suatu hari dia lupa memperpanjang sewanya – dan sampai kini website tersebut menjadi situs porno.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya hal ini ?

  • Buat satu buah alamat email dengan domain name Anda sendiri
  • Atur agar semua domain name Anda didaftarkan dengan alamat email ini
  • Buat catatan yang rapi tentang domain name yang Anda miliki; tempat membelinya, tanggal expire, dll

Namun, apa yang bisa Anda lakukan jika nasi telah menjadi bubur ?

Untunglah sejak beberapa tahun yang lalu telah ada sebuah layanan yang bernama Internet Archive. Dengan slogan “Universal Access to Human Knowledge”, website yang pernah di index olehnya akan selalu terus tersedia, walaupun telah dibajak oleh orang lain sekalipun !

Sebagai contoh, situs Secandri.com masih bisa diakses dari sini (walaupun tidak up to date). Sedangkan situs Cybernasyid.com bisa diakses dari sini.

Bagaimana jika situs Anda ternyata belum muncul di Internet Archive ? Tidak perlu bingung, silahkan bisa langsung Anda daftarkan disini.

Tunggu apa lagi, segera amankan rumah Anda di Internet !

30 thoughts on “Jagalah Rumah Anda di Internet

  1. Kalo liat data whois-nya sih masih atas nama Idban. Kayaknya masih belum pada tahap ‘dirampas’…

    Apakah Idban sudah menyadari soal itu?

  2. ben – betul ! whoisnya masih a/n idban.. aneh juga ya.
    .
    ok saya barusan sudah berusaha telpon ke no.tel & HP-nya, tapi tidak nyambung, jadi saya sudah SMS saja. wait & see..

  3. Harry, biasanya bbrp pihak registrar masih ngasih semacam kesempatan pemiliknya untuk merenew walaupun sudah lewat tanggal expired. Gw pernah masih bisa merenew domain yg tanggal expired-nya udah lewat seminggu tanpa dikenakan denda 🙂 Mudah-mudahan registrar domainnya Idban punya kebijakan serupa.

    Sabtu kemarin gw juga udah coba SMS Idban tapi gak masuk. Akun Yahoo!-nya juga gak kelihatan online bbrp hari ini. Entah Idban menghilang kemana…

  4. Kayaknya sih punya idban masih dalam tahap redemption. Harusnya masih bisa diperpanjang kok kalau domain registrar-nya bagus. Atau kalau sudah tidak bisa lagi, ya tinggal pakai jasa domain snipper.

    Hm… apa domain ku didaftar aja untuk 5 tahun ke depan? Google loved long-expiry domains 🙂

  5. iya, kayanya masih masuk redemption. cuma mungkin ini registrarnya agak nakal aja, dia pake domain2 yang masuk redemption untuk ngambil untung.

  6. Yup, setahu saya juga demikian. Kalau gak salah, masa renewal ketika expired cukup lama. Kalau misal udah masuk redemption period, tetep bisa diambil, tapi dengan harga yang lebih tinggi (tergantung registrar-nya kalau gak salah).

    Yah, kita tunggu saja deh.. 😀

  7. emang kalau menjelang masa expired gak ada pemberitahuan/alert sebelumnya ya? saya sendiri lupa kapan expiry datenya. gimana cara taunya? hubungi regsitrarnya?

    makasih infonya kang harry!

  8. firman – alertnya biasanya ada, tapi kalau dikirim ke alamat email yang sudah tidak kita pakai ? atau alamat email yang kita sudah lupa passwordnya ? dll 🙂
    .
    Kalau mau cek sendiri secara manual, bisa juga, dengan menggunakan software whois di unix. kalau versi web-nya bisa diakses disini.
    .
    semoga membantu.

  9. Jangankan telat perpanjangan. Baru whois di registrar nyari2 domain aja, kalau gak langsung dibeli kadang suka dibajak. Dan kalau diliat info whoisnya waktu belinya ternyata cuman selang beberapa menit setelah kita beli whois tadi.

  10. Q – betul, jadi ingat…. dulu awalnya saya ingin membuat bakso.com, search di internet – masih available. Lalu besoknya ketika akan dibeli ; lha, lha, sudah disambar orang lain 🙂
    .
    walhasil, jadilah pangsit.com, he he
    .
    Jadi ya betul itu, sewaktu lagi mencari2 domain pun perlu hati2, dan sudah siap untuk langsung membelinya begitu ketemu yang cocok.

  11. Well … kalo mau merampas domain perusahaan terkenal gimana ya?

    * me sebel pengen pake netcenter.com da dipake ma nescape .. 😛

  12. Sebenernya tergantung juga ya sama registrar-nya. Lebih baik ketika akan melakukan whois itu di registrar yang memang sudah terkenal baik reputasinya (seperti enom). Saya sendiri biasanya mencari domain melalui whois.sc

    Banyak nih domain yang bagus tapi engga kepake. Kalau dilepas, kayaknya sayang juga 😛

  13. Jadi inget, dulu pernah kehilangan domain karena masterwebnet lupa memperpanjang. Padahal sy udah transfer duitnya ke sana 🙁

  14. Today, I went to the beach front with my kids. I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She placed the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never wants to go back! LoL I know this is totally off topic but I had to tell someone!

  15. Good – I should certainly pronounce, impressed with your web site. I had no trouble navigating through all tabs and related info ended up being truly easy to do to access. I recently found what I hoped for before you know it in the least. Reasonably unusual. Is likely to appreciate it for those who add forums or anything, website theme . a tones way for your client to communicate. Excellent task..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *