Ahlul Kitab : masih ada ?

Pertanyaan yang sejak dahulu selalu terdengar kembali : apakah ahli kitab, seperti yang didefinisikan di dalam Al-Quran, masih ada ?

Satu kelompok berpendapat bahwa masih ada, dan menunjuk kepada kelompok agama seperti Kristen modern sebagai contohnya. Pendapat ini banyak ditolak karena agama Kristen modern telah mengalami banyak perubahan dan, terutama, berpendapat bahwa Yesus adalah Tuhan. Sebuah dogma yang secara khusus ditolak oleh Al-Quran, sehingga menjadi kontradiksi yang cukup jelas.

Satu kelompok lagi berpendapat bahwa ahlul kitab sudah tidak ada lagi.
Namun pendapat ini lebih sulit lagi untuk diterima, karena jika satu saja dari 5 milyar penduduk bumi ternyata masuk dalam definisi ahlul kitab versi Al-Quran, maka sudah cukup untuk membuat pendapat tersebut menjadi salah.

Hari ini kebetulan saya menemukan tentang Unitarian Christianity. Membaca keterangannya, menarik sekali; jelas ini berbeda dengan akidah Kristen mainstream :

  1. Percaya kepada Tuhan yang satu
  2. Injil adalah wahyu Tuhan, namun ditulis dan telah di edit oleh manusia.
  3. Percaya bahwa bayi terlahir tanpa dosa, namun kemudian memiliki kemampuan untuk menjadi baik ataupun jahat (free will).
  4. Percaya bahwa akal sehat dan sains dapat bersatu / tidak kontradiksi dengan doktrin agama
  5. Menjadikan Yesus sebagai idola / contoh teladan dalam menjalani kehidupan.

Unitarian adalah kelompok mayoritas dalam agama Kristen, sampai terjadinya Konsili Nicea. Setelah konsili yang kedua, para pengikut Unitarian dianggap sebagai pelaku bid’ah (heretic), dan dikejar serta dibunuh secara massal. Kelompok Trinitarian kemudian menjadi mayoritas dalam agama Kristen, dan terus mendominasi sampai sekarang.

Unitarian mulai berkembang lagi setelah munculnya kelompok Protestan. Banyak tokoh-tokoh dunia yang ternyata adalah penganut Unitarian (atau sekte-sektenya) :

  • Tim Berners-Lee
  • Alexander Graham Bell
  • Charles Dickens
  • Felix, Bishop of Urgel
  • Matt Groening
  • Thomas Jefferson
  • Isaac Newton
  • Florence Nightingale
  • Beatrix Potter
  • Christopher Reeve
  • Dan lain-lainnya

(Perlu diperhatikan bahwa ada banyak kelompok-kelompok Unitarian, beberapanya malah percaya bahwa Yesus adalah anak Tuhan. Jadi tidak semua kelompok yang bernama Unitarian otomatis mempercayai semua poin-poin yang tercantum di atas)

Browsing Internet hari ini menambah sebuah wawasan baru yang sangat menarik, alhamdulillah.

12 thoughts on “Ahlul Kitab : masih ada ?

  1. Kalau tidak salah Newton itu dibungkam agar tidak menyatakan dirinya kepada publik bahwa dia bukan seorang Kristen.

  2. bang harry, saya heran di indonesia mungkin banyak yang merasa dirinya ahli kitab, tapi sebenarnya bukan apa2nya dan memang tidak ada apa2nya alias tong kosong nyaring bunyinya, kalo di tanah suci dan negara lainnya kita tidak pernah atau lebih tepatnya hampir tak terdengar di berita2 google atau cnn yang intinya hanya mempermasalahkan sesuatu yang nggak begitu penting, contoh hari lebaran versi muhamadiyah dan versi pemerintah kadang berbeda. mungkin perlu adanya semacam penataran2 dari pemerintah kali ya…

  3. matt groening seorang unitarian? Wow.. baru tahu. Tapi ide-idenya tentang ekspresi keagamaan antara Homer, Bart, Lisa, dan Marge memang menarik. Jadi ingat waktu Homer dan Bart masuk Katolik, Marge langsung panik.. hehehehe…

    Bagaimana dengan para freemason seperti hmm.. Benjamin Franklin, Thomas Stamford Rafles? *jangan terpengaruh dengan hoax protokol zion. Freemason berasal dari kelompok kristen yang ingin bebas dari kekangan gereja, bukan bentukan Yahudi.

  4. Yang berkriteria seperti diatas bukan cuma Unitarian saja
    Yehovah Witness, United Church of God juga ber”mahzab” begitu

    Masalahnya Yesus sendiri yang menyatakan dirinya Tuhan di dalam Injil:

    “Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.” (Yoh 13 : 13)

    Masalahnya Injil yang sekarang itu IDENTIK dengan zaman SEBELUM MUHAMMAD saw. Nabi lahir th 600 Masehi. Injil yang ditemukan di Gua Qumran berasal dari th 100-an Masehi. Biasanya Muslim akan bilang: Alkitab udah dikutak-katik, udah gak murni sperti jaman Nabi dulu.

    Naaah…yang dodol siapa

    Yang duluan nulis Injil apa yang baru denger ttg Injil 600 tahun kemudian?

    Masa sih Allah swt gak tahu kitab yang sebelumnya
    Yang gak tahu atau pelupa itukan manusia saja

    Renungkanlah dan jujur dengan diri sendiri

  5. Quote from Blunt :
    “Masalahnya Yesus sendiri yang menyatakan dirinya Tuhan di dalam Injil: … (Yoh 13 : 13)”
    “Naaah…yang dodol siapa
    Yang duluan nulis Injil apa yang baru denger ttg Injil 600 tahun kemudian?”

    yg dodol adalah yg orang menerjemahkan “Curios” [lord, magisterus, le maitre, il signore, el senor, o senhor] menjadi “Tuhan” instead of “Tuan” demi mendukung Trinitarianism
    yg tertuduh adalah morfologi bahasa melayu [klasik] yg mempunyai “aspire [h]” selain “thrill [r]” sebagi salah satu jenis augmentatif. eg.: [h]utan, ma[h]u, ta[h]u, [h]aus..

    artikel menarik bisa dibaca di:
    http://kristentauhid.blogspot.com/2007/02/mencapai-pengenalan-yang-benar-akan.htmli

  6. Akal yang sehat akan selalu mencari kebenaran. Apakah Injil/Bible/Al Kitab sudah memenuhi kriteria sebuah petunjuk yang rational. Well, kitab suci adalah firman Tuhan, banyak “statement” yang tidak bisa dilogigakan. Tapi itu tidak berlaku utk semua firman tsb. Kitab kejadian, yang menjadi pembuka kitab suci ini menginformasikan tentang kejadian jagad raya ini dengan sgt tidak ilmiah dan bertentangan dgn fakta yang hrs diterima, suka atau tdk suka. Belum lagi ayat-ayat yang sgt pornografis:apa manfaatnya, kalau ditujukan sbg gambaran kebejatan moral pd masa lalu, kenapa digambarkan dgn sgt detail dan vulgar. Mampukah Anda membacakan YEHEZKIEL ttg perzinahan OHOLA OHOLIBA di dpn anak, menantu, atau ortu Anda ?Gunakanlah akal sehat ! Tidak ada salahnya anda mencoba meneliti Al Kitab ini secara diam2 dan jujurlah kpd diri sendiri dlm menilainya, jgn fanatis, fanatisme tidak dianjurkan dalam mempercayai apapun. Bandingkan dgn AL QUR’AN, semua ayat2nya s/d dgn detik ini blm terbukti bertentangan dgn fakta ilmiah, malah semakin byk ayat yang COMPATIBLE dgn Nya. Kita semua hanya mencintai dan mencari KEBENARAN.
    the sender : fachrialbanna@yahoo.com
    (sudah byk teman2 kristen/katolik/saksi yehovah saya yang tercerahkan dengan info ini)

  7. Ikut memberikan komentar nih, coba kaji, baca dan teliti Q.s 5:65-68 mungkin itu bisa menjawab siapa ahlul kitab. juga lihat cirinya Q.s 6:20. dengan demikian siapa mereka pada saat ini?

  8. untuk kunderemp:
    *jangan terpengaruh dengan hoax protokol zion. Freemason berasal dari kelompok kristen yang ingin bebas dari kekangan gereja, bukan bentukan Yahudi.

    ada dua kontroversi karena satu masalah dalam statement anda.

    kontroversi tersebut yaitu: 1. protocols of zion mungkin saja hoax, tapi gimana anda mau menerangkan bahwa kejadian-kejadian belakangan ini banyak sesuai dengan apa yang tercantum dalam the protocols? 2. Freemasonry berasal dari kristen, bukan yahudi, apakah anda yakin dengan pernyataan itu?

    masalah timbul karena anda tidak menyertakan referensi untuk dua pernyataan tersebut. jika saja anda sertakan referensi, tentu saya tak akan komentar. terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.