Sukses dengan berpikir berbeda

Kemarin adalah hari Jum’at, dan untuk melakukan sholat Jum’at saya memilih sebuah mesjid yang tidak menggunakan karpet di lantainya. Tidak hanya lebih menghemat uang umat, namun juga tidak menyesakkan nafas penderita alergi debu ini.

Setibanya disana, di luar dugaan ternyata lingkungan mesjid ini adalah masyarakat yang taat agama. Walaupun saya sudah tiba cukup awal, namun saya telah didahului sekitar 100 orang.
Sekitar 6 shaf telah terisi. Tidak mungkin bagi saya untuk bisa mendapatkan tempat duduk yang paling afdhol, di depan, tanpa menyakiti / menyenggol orang lain.

Tengok sedikit, ternyata ada bagian sayap mesjid. Dan, kosong melompong.

Dengan santai saya berjalan ke sebelah sayap mesjid, dan langsung mendapatkan posisi di paling depan tanpa susah payah, atau menyusahkan orang lain.

“Kenapa yang sedang duduk di dalam mesjid tersebut tidak justru memilih shaf depan di sayap mesjid juga ?”; euh, saya tidak tahu kenapa. Saya hanya melihat kesempatan, yang mungkin tidak terlihat oleh orang lain – dan saya memanfaatkannya.

Ada banyak aspek dari kreatifitas. Salah satunya adalah kemampuan untuk melihat peluang. Dan, berbeda dari perkiraan banyak orang, ini bisa dilatih.
Caranya yaitu dengan sering memaksa otak Anda bekerja.
Maka setelah beberapa waktu (dan banyak penderitaan dari sakit kepala yang cukup akut), maka Anda akan mampu melihat hal-hal yang tidak terlihat oleh orang lain.

Ketika sudah mendapatkan kemampuan ini, mudah-mudahan kemudian bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kebaikan semua pihak.

Selamat mencoba.

54 thoughts on “Sukses dengan berpikir berbeda

  1. Hi..hi..hi, saya tertawa waktu membaca komentar : “Caranya yaitu dengan sering memaksa otak Anda bekerja.
    Maka setelah beberapa waktu (dan banyak penderitaan dari sakit kepala yang cukup akut),” … ya ini pernah terjadi terhadap saya sendiri, karena saya memikirkan orang yang bagi saya ‘aneh’, orang tsb dekat sama saya bahkan bisa dikatakan keluarga karena tingkah laku dan kebiasaannya yang ‘aneh’ tsb memaksa otak saya untuk memikirkan alasan-alasan dia melakukan hal2 yang aneh tsb…lambat laun saya pun bisa mengerti maksud dibalik itu semua, walaupun terkadang ‘sakit kepala’ harus menyerang terlebih dahulu πŸ™‚ jadi inti dari semua ini yaitu ‘Dare to be different’…karena kita dilahirkan ‘freedom’ for everything!

  2. Joni – Thanks, saya kira Anda benar. Sedikit menambahkan, sebetulnya banyak orang yang kreatif. Namun, banyak juga yang memiliki kelemahan dalam soal komunikasi. Alhasil, ya mungkin jadi seperti saudara Anda yang Anda ceritakan itu, jadi kelihatan seperti orang aneh.
    .
    Setelah masalah komunikasi teratasi, ada lagi masalah-masalah lainnya; eksekusi, teamwork, dst.
    .
    Untuk mengatasi semua itu, sepertinya hanya bisa dilakukan oleh memiliki kepribadian yang positif.
    Seperti memudahkan bukan mempersulit, sabar, gigih, tekun, fokus pada kelebihan orang lain (bukan pada kelemahannya), empati, dst.
    .
    Sulit ya ? Hidup ini memang untuk berjuang πŸ™‚ dan hasilnya baru bisa dinikmati belakangan.

  3. kenapa sayap depan di mesjid gak laku? kalau pengeras suara mati, praktis susah untuk ngikutin imamnya πŸ™‚

  4. Kebetulan itu mesjid kecil, dan pengeras suaranya cukup bagus.
    .
    Tapi saya juga pernah sholat di mesjid tingkat 4, imam di lantai paling atas. Saya di lantai paling bawah, dan tiba-tiba speakernya mati. Enggak tahu deh gimana nasib keabsahan sholat ratusan orang yang sholat di lantai tersebut … πŸ™‚ πŸ™

  5. Orang harus dipaksa untuk berpikir kreatif, dan biasanya kreatifitas baru muncul di saat kepepet πŸ™‚

    Pengalaman pribadi sih, tapi kalau bisa di paksakan untuk muncul saat ini akan sangat baik sekali, apalagi kalau bisa menambah penghasilan

  6. Seperti katanya si Peter Fisk, β€œIngenuity” is the starting point because it is about seeing things differently…dari cara pandang yang beda inilah awal mula kebanyakan orang sukses

  7. “Caranya yaitu dengan sering memaksa otak Anda bekerja.”

    Mengapa harus memuja Tuhan bersama-sama? Apakah Anda pernah memaksa otak Anda bekerja utk memikirkan hal tsb?

  8. Bisa juga karena 100 orang itu tahu bahwa yang dideklarasikan sebagai masjid hanya bagian dalamnya, sehingga bagian sayapnya tidak terhitung sebagai tempat yang bisa dipakai i’tikaf. Kalau di masjid2 Singapura biasanya secara eksplisit dituliskan batas i’tikafnya (“Sempadan I’tikaf”), dan biasanya bagian sayap memang tidak tercakup.

  9. Pingin sih bisa berpikir beda, tapi saya juga lebih sering cenderung untuk berpikir simpel. Mungkin seperti kang Harry contohkan, orang lebih senang berada langsung dibelakang shaf yang sudah ada, bukannya malah di sayap.

    Tapi ya itu tadi kang, ada hikmahnya juga kan kalau ada yg berpikir simpel pasti ada yg berpikir beda πŸ™‚

    Sepertinya besok2 saya mesti melatih otak saya nih kalo gitu, biar bisa berpikir beda..hihi πŸ™‚

  10. berbeda dari pandangan umum kali yaaa, berpikir ke basic prinsiple akan menjadi lebih sederhana dan bermanfaat….orang kebanyakan berfikir ribet

  11. Menarik juga mas artikelnya.. berbeda pandangan alias tidak mengekor keberhasilan orang mungkin akan lebih baik.

    Termasuk di intrepreneur internet Indonesia yang seringkali ikut-ikutan trend usaha.

    Misal ada yang sukses bisnis MLM ataupun HYIP, rame-rame ikutan bisnis serupa dan membanjiri setiap web iklan indonesia.

    Web iklan gratispun awalnya dulu sedikit, kini jadi menjamur.

    Saya sendiri insya allah bikin terobosan yang agak berbeda dibidang internet marketing.

  12. saya ketawa ketiwi saat baca tulisan si Abang ni…
    kadang, untuk berpikir berbeda itu tidak mudah saat cara berfikir kita sudah tercetak sedemikian rupa terbiasa dg standard2 yg ada. memang perlu kerja keras untuk memperkerjakan otak yg sudah agak berkarat karena saking jarangnya dipake…he..he…terus berbagi bang agar kami ni termotivasi….

  13. wah memang kadang kesempatan tidak datang dua kali,,,dan kita harus memanfaatkan kesempatan itu supaya bisa lebih baik,,,ketika saudara dimasjid tadi ada kesempatan untuk mendapat shap yg lebih baik walau kadang orang enggan shalat dibarisan depan

    salam

    fikri

  14. betul
    orang sukses orang yg biasanya tidak ngikutin arus. mereka melihat peluang yg tak dpt dilihat orang baisa

  15. gmn ya mas caranya mengajak orang berpikir beda. saya punya saudara yg kalau diajak berpikir yg sedikit berbeda dan sedikit berat dia langsung pusing dan akhirnya saya sering gagal berdiskusi dengannya karena dia langsung kabur

  16. setuju sekali,pak…jaman sekarang kalo gak kreatif nggak bakalan bisa hidup…cuma..menurut saya untuk menjadi kretaif itu bukan persoalan mudah,pak..Mungkin gak ya kreativitas itu soal genetik atau keturunan gitu?he…:)

  17. benar sekali mas..jaman sekarang kalo nggak bisa kreatif nggak bakalan bisa survive..dan saya kira berfikir dari sisi yang berbeda ini nggak semua orang bisa…Menurut saya..krativitas atau bisa berfikir dari sisi yang berbeda ini merupakan salah satu kunci sukses dalam menjalani kehidupan..Salam kenal mas harry..

  18. saya jadi pengen katawa nih membaca komentar mas harry sendiri yg sholat di mesjid berlantai 4 …. hehe πŸ˜€
    apa jadinya ya mas, kalau boleh mengibaratkan… ya seperti anak ayam kehilangan induk πŸ™‚

    ngomong2, saya juga lebih suka sholat dengan lantai tanpa karpet… selain debu, ada hal yg membuat saya risih, gimana kalau ada kotoran (cicak, misalnya) apakah itu termasuk najis ya mas?

    mas harry… makasih banyak. jarang ada orang yg sebaik mas harry πŸ™‚
    Which is more profitable, Gold Bars or Jewelry?
    my-ping.sg
    my-opera

  19. Iya, Saya setuju, sebagian besar orang yg sukses yg saya tahu memang mengusung ide dasar yg berbeda dengan yg sudah establised

  20. ngga banyak yg berpikir sama dgn menikmati sepiring pizza berdua.. saingan sedikit..peluang banyak

  21. paradigma masih belum bergeser…masih sulit untuk bergeming dari wilayah nyaman kita, walau sebenarnya diluar sana peluang begitu baik dan menjanjikan….

  22. semangat untuk merebut peluang masih belum kita miliki. mental ikut2an menjadi dominan dalam benak untuk memulai usaha.

  23. saya suka dengan kalimat yang ini “Salah satunya adalah kemampuan untuk melihat peluang. Dan, berbeda dari perkiraan banyak orang, ini bisa dilatih”

    sukses terus pak harry πŸ™‚

  24. setuju sekali,pak…jaman sekarang kalo gak kreatif nggak bakalan bisa hidup…cuma..menurut saya untuk menjadi kretaif itu bukan persoalan mudah,pak..Mungkin gak ya kreativitas itu soal genetik atau keturunan gitu?he…:)

  25. Dimmable LED lamp bulbs can save hundreds of dollars as shortly as likened to traditional lamp bulbs and exert circle 80% fewer electricity to compose the same quantity of lamp, meanwhile, it also produce fewer heat. They do this without the mercury content which produces them a more attracting choice to traditional light. By the time one of these bulbs dies, factories assert you could have burned through 25 traditional bulbs which produce dimmable LED lamp bulbs also ideal option for consumer.

  26. Best iPhone 4S Transfer can help users transfer various mainstream media files to PC, such asmusic/movie/Pictures/TVShows/Podcast/iTunesU/eBooks/Camera Roll/Ringtone/SMS/Contacts/Voice memos/Camera shot, etc. Also, it enables you to copy all iPhone 4/white iPhone 4. Furthermore, it has wonderful Backup Function to change all your SMS, Contacts files to database files for safety.

    iphone 4s ringtone maker, a best assistant for iphone 4S users, can make iphone 4s ringtone from popular video, dvd or audio files including AVI, MPEG, WMV, MP4, FLV, MKV, H.264/MPEG-4, DivX, XviD, MOV, RM, DVD, RMVB, MP3, WMA, AAC.
    Newly released iPhone 4S will be greatly welcomed among young fans, so you may have got one and can’t wait to transfer iPad video files to iPhone 4S? If you have all your iPad songs in your iTunes, transferring music from iPad to iPhone 4Swould be pretty easy – just sync the music to your iPhone 4S.

  27. Menubuhkan pemikiran yang beda dan kreatif itu yang susah mas, saya sendiri merasakannya,,
    kalo udah begini apa yang bisa saya lakukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *