Oldies but Goodies

Tidak terasa sudah cukup lama saya nge blog. Mulai dari blog buatan sendiri sejak tahun 2001 yang sangat sederhana di pangsit.com, sampai akhirnya menggunakan WordPress versi terbaru di server ini. Sejak dahulu saya berusaha agar posting yang ada bisa bermanfaat bagi orang lain, walaupun hanya untuk 1 orang saja.

Sudah beberapa tahun ini saya melihat fenomena yang sangat menarik. Ada banyak posting lama saya yang perlahan-lahan, namun pasti, menjadi makin populer. Artikel yang baru justru tidak selalu demikian.

Padahal trend yang biasa kita lihat biasanya adalah para blogger berusaha agar content blognya selalu fresh. Blog saya justru makin ramai walaupun makin jarang saya update karena kesibukan akhir-akhir ini. Ini belum pernah saya temukan dibahas sebelumnya.

Posting lama yang makin populer itu tidak hanya ramai dikunjungi, namun kadang juga diskusinya menghangat kembali. Akhirnya impian saya menjadi kenyataan; yaitu membuat artikel yang “hidup”, dengan memanfaatkan platform blog. Artikel-artikel yang selalu terus up to date dengan sendirinya, walaupun kontribusi dari saya sudah nyaris tidak ada.

Beberapa di antaranya :

[ 1 ] RT – TV : diskusi tentang pemancar TV & Radio.

Ide artikel ini adalah karena keinginan saya untuk membuat pemancar TV sebagai ganti dari acara stasiun TV yang ada, yang kebanyakan tidak layak untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Artikel pada tahun 2005 ini kemudian makin ramai dikunjungi oleh berbagai pihak – penjual pemancar TV, pakar bidang penyiaran, pelajar yang mencari informasi teknis, dan orang-orang yang juga ingin membuat pemancar sendiri. Luar biasa.

[ 2 ] Rokok : cara mati pelan-pelan yang menyakitkan

Paman saya, yang sangat baik kepada saya waktu masih kecil, dan juga kepada keluarga kami, meninggal dunia dalam kesakitan yang luar biasa akibat rokok. Sejak itu saya selalu berusaha mencoba menyampaikan mengenai bahaya rokok.

Ketika blog ini dibuat, maka suatu hari di awal tahun 2005 saya membuat artikel ini.
Sampai sekarang, artikel ini terus ramai dikunjungi orang. Mudah-mudahan makin banyak yang bisa mendapat manfaat darinya.

[ 3 ] PC World sucks !

Niat menolong kawan, yang terjadi adalah penderitaan. Komputer bermerek belum tentu jaminan kualitas.
Detail masalah yang saya alami (tidak ada driver untuk komputer) kemudian saya rinci di artikel ini. Di luar dugaan, sampai akhir-akhir ini artikel yang dibuat pada tahun 2004 tersebut terus dikunjungi dan dikomentari orang. Beberapa komentator menuliskan solusi yang mereka temukan, dan sepertinya telah berhasil membantu cukup banyak orang. Speechless deh saya 🙂

[ 4 ] Cara cepat belajar PHP

Ini adalah artikel paling populer di situs ini, sampai muncul updatenya.
Updatenya ini kemudian menjadi artikel paling populer di blog ini, walaupun dibuat berdasarkan dari sebuah artikel yang telah berumur hampir 3 tahun !

Dan masih banyak lagi. Apa kesimpulan yang bisa kita tarik dari sini ?

1. Quality Content is King :

Bukan status fresh atau basbang (basi banget). Content yang berkualitas akan terus bermanfaat bagi banyak orang, tanpa peduli waktu.

2. Perbaharui content Anda :

Sebagai layanan publik, jika ada artikel Anda yang populer namun sudah tidak up to date, coba sisihkan waktu untuk memperbaharuinya. Maka artikel tersebut akan menjadi semakin bermanfaat secara signifikan.

3. Jangan matikan fasilitas komentar

Memang spammer adalah salah satu hal paling menyebalkan di blog, namun mematikan komentar bukan solusinya. Plugin Spam karma 2 adalah salah satu solusi paling ampuh untuk melawan mereka.

Pasang spamkarma 2, hidupkan fasilitas komentar – dan amati dengan penuh rasa takjub bagaimana artikel-artikel lama Anda kemudian jadi hidup kembali !

4. Backup

Artikel yang berkualitas itu seperti anggur – makin lama maka semakin diminati. Lindungi dengan melakukan backup blog/website Anda secara rutin.

Bagaimana dengan blog Anda ? Apakah ada juga banyak artikel “uzur” yang justru makin populer ?
Bagilah ceritanya dengan kami disini!

8 thoughts on “Oldies but Goodies

  1. Postingan yang berguna bagi khalayak banyak ibarat amal jari’ah. Pahala-nya akan terus mengalir karena elmu yang kita share bermanfaat bagi orang lain.

  2. kami disini justru banyak yg masih menanyakan via komentar, kontak kandank jurank doank (sekolah alam dikDOANK). Padahal posting-nya sudah dua tahun lalu.

    mungkin karena sekolah alam-nya belum ada situs, jadi banyak yg masuk ke kita. Jadi bagus juga blog yang menulis satu komunitas/institusi yang belum mempunyai situs atau blog, membantu orang yang kebetulan sedang mencari…

  3. Mirip kayak Free Download MP3 ku. Padahal cuma membahas tentang kesukaan orang-orang mencari MP3 gratis. Tapi lumayan menyumbang traffic yang cukup tinggi 🙂

    Saran : Mas, kalo bisa fungsi Notify me of followup comments via e-mail dibuat uncheck untuk defaultnya. Soalnya kalo kelupaan bisa jadi spam di email neh

Leave a Reply

Your email address will not be published.