Waspada: Obral BUMN kepada Swasta

Salah satu posisi Menteri yang diganti pada reshuffle kabinet baru-baru ini adalah Menneg BUMN. Ini adalah saya kira yang paling mencemaskan.

Kita tentu masih ingat, bagaimana di zaman Megawati, banyak BUMN yang dilego dengan harga yang sangat merugikan negara. Kini, ada kemungkinan skenario tersebut akan terulang kembali.
Yang dirugikan nantinya tentu adalah rakyat kecil lagi.

Tapi ini bisa kita atasi, jika kita semua mau bekerjasama.
Komunitas IT Indonesia kemarin ini sudah berhasil menggagalkan MoU Pemerintah dengan Microsoft. Bersama-sama, kita bisa mencegah terjadinya berbagai proyek yang justru akan merugikan rakyat.

Bacaan lebih lanjut :

1. Hasil reshuffle kabinet
2. Konspirasi membidik posisi Menteri BUMN
3. Posisi Menneg BUMN diincar

9 thoughts on “Waspada: Obral BUMN kepada Swasta

  1. Seluruh karyawan BUMN pasti juga merasa tidak aman dilepas ke swasta. Tetapi pada bisnis yang kompetitif, menjadi BUMN itu tidak praktis, apalagi BUMN di tengah rimba permainan konglomerat hitam (kena lumpur misalnya). Mau lincah dikit, khawatir dituduh merugikan negara (bukan sekedar merugikan perusahaan), dan sudah sering terjadi. Mau inovatif dikit, dibilang tak mendukung iklim kompetisi. Dimaki2, harus diam, karena rakyat sebagai pemilik negara memang boleh memaki2 milik negara sekehendak hati. Begitu dilepas (mis Indosat), malah dituding jadi antek Singapore, bahkan antek Israel (mis. oleh Republika). Syukur saja Laksamana tumbang sebelum niatnya menjual Telkom terlaksana.
    So, daripada menyebar kekhawatiran lagi, gimana kalau kita merumuskan solusi saja?

  2. Ada usul dari editorial Jakarta Post, supaya go public.
    .
    Argumentasinya, karena perusahaan publik itu terikat dengan berbagai kewajiban profesional, sehingga tidak terlalu leluasa untuk bertingkah macam-macam.
    .
    Dari data yang mereka miliki, BUMN yang go public sejauh ini performanya pada bagus.
    .
    Triknya mungkin adalah supaya mayoritas saham tetap di tangan pemerintah ‘kali ya ?

  3. kalo menurut saya pribadi sih .. privatisasi ga selamanya negatif. mayoritas bumn yg diprivatisasi malah kinerjanya lebih bagus dari sebelumnya (telkom, bri, indosat). karna dgn jd perusahaan terbuka artinya pemilik sahamnya ga dimonopoli oleh 1 orang/entiti saja. logika sederhananya yg nanam saham pasti pengen dpt return/laba sehingga manajemen yg dipilih pun ga sembarangan/profesional (bukan sekedar ajang bagi-bagi jabatan berbau politis). kalau mau dicontoh mungkin telkom & bri. kalau pertamina setau saya masih setengah hati .. status udah PT (blm Tbk) tp aroma politisasi nya masih kental dan masih di-ninabobok-kan dgn monopoli mutlak.. kalau mau dibuat bersaing secara fair dgn oil company luar saya kira pertamina bakal tergelepar tak berdaya 🙂

  4. saya sangat nggak sepakat dengan nama privatisasi. Menurut saya diperlukan langkah yang efektif supaya hal ini tidak terjadi lagi.

  5. Hanya saja karena ada stigma yang lebih negatif soal perjodohan, maka saya membuat posting ini, yang memberikan contoh sebaliknya

  6. semoga ini tidak terulang lagi di masa yang akan datang 🙂

    “di zaman Megawati, banyak BUMN yang dilego dengan harga yang sangat merugikan negara”

  7. Wonderful VOB to MP4 Mac Converter brings Mac users much surprise to convert almost all video files like VOB, MPEG, FLV, MKV, MOD, WMV, ASF, MPEG1, MPEG2, MP4, 3GP, 3G2, MOV, AVI, M2TS, TOD, TS/TP (for HD Video), etc. Also can help you extract auido files MP3, MP2, MKA, M4A, AAC, AC3, APE, OGG, etc from videos.
    Perfectly played on all popular video/audio players like iPod touch, iPod classic, iPod nano, iPhone, Apple TV, PSP, PS3, Creative Zen, iRiver PMP, Archos, various video mobile phones and many other digital video and audio players.
    If you happenly want to convert VOB to MP4 on Mac, here I recommend this all-in-one Mac Video Converter — Emicsoft Video Converter Mac. It is the most professional VOB to MP4 Converting program running on Mac, which can convert not only VOB files to MP4 format, but also many other popular formats can be supported as input and output format, like AVI, MP4, MOV, MKV, WMV, DivX, XviD, MPEG-1/2, 3GP, 3G2, VOB Video, MP3, AAC, and AC3 Audio etc.

Leave a Reply

Your email address will not be published.