Royalty-free ==/== gratis !

Beberapa bulan yang lalu saya dikabari oleh seorang kawan mengenai Corbis. “Wah, gambarnya bagus-bagus, dan gratis lho !”

Saya bingung. Gratis di sebelah mananya ya ?
Misalnya bisa dilihat disini, foto dengan resolusi yang paling jelek saja harganya masih SGD$ 105. Kalau resolusi tinggi, yang diperlukan untuk pencetakan, kita jadi perlu mengeluarkan US$ 535 per Foto.

Ternyata, sepertinya dia salah paham dengan istilah “Royalty-free” 🙂
Dia kira gratis. Lalu, dia cari2 saja mana gambar yang bagus, lalu klik kanan, dan pilih menu “Save Image As” 😀 *gdubrak*

Maksud royalti-free adalah, kita hanya membayar satu kali, lalu selanjutnya bisa menggunakan gambar tersebut berkali-kali tanpa membayar lagi.
Bukannya gratis.

Ini perlu diperhatikan, apalagi jika kita menggunakan foto-foto tersebut untuk situs di Internet. Mudah ketahuan bahwa kita menggunakan gambar bajakan, dan bisa dituntut / dipermalukan di depan umum.

Lalu ada lagi yang memberitahu tentang situs sxc.hu. Nah, yang ini betul-betul gratis, bahkan untuk keperluan komersil (kecuali resell). Namun, kadang kualitasnya kurang bagus.

Untuk kualitas tinggi, ada Veer.com. Ini direkomendasikan oleh berbagai web designer terkemuka seperti Cameron Moll. Atau, ada lagi yang lebih murah dan kualitasnya tetap lumayan, seperti LuckyOliver.com, harganya mulai dari US$ 1 per foto.

Nah, itu dia berbagai pilihan untuk stock photos. Apakah anda tahu situs lainnya yang foto-fotonya :

  • Gratis, atau terjangkau harganya
  • Lisensinya boleh untuk keperluan komersial
  • Tidak perlu meng credit / meminta izin dulu kepada fotografer ybs
  • Kualitasnya bagus-bagus

Silahkan di sharing informasinya di forum komentar posting ini.
Thanks.

16 thoughts on “Royalty-free ==/== gratis !

  1. Free photos.com is an archive of images, where the photographers have agreed to donate the photos for use by others at no charge. The photos can be used personally or commercially.

  2. Saya pakai photos.com. Memag agak mahal, tapi nggak ribet untuk royalti. Kualitasnya nomer satu.

    Menurut saya, lebih banyak pilihannya di photos.com ketimbang veer.com

  3. istockphoto.com

    kalo mau butuh gambar buat keperluan pro, sebaiknya jangan pake gratisan (ada yang gratisan kok, tapi lupa dimana).

    alasannya: gratisan == pasaran, terutama gambar resepsionis atau staf call center hehehe.

  4. Saya sendiri kenal Corbis 3 tahun yang lalu dan langsung dimasukkan di blog saya sebagai link.

    Memang gambarnya bagus-bagus dan tidak gratis. Kalau kita save images masih ada tulisan Corbis dalam bentuk watermark. Sampai sekarang saya berpikiran kalau watermark Corbis itu ingin tidak ada harus beli.

    Malah, kalau saya punya foto yang bagus hasil jepretan sendiri rencananya mau dijual di Corbis 😀

    Sampai saat ini saya masih meletakkan foto Corbis di http://360.yahoo.com/auliahazza, belum ada masalah … mudah-mudahan tidak ada masalah 😀

    Bahkan buat kartu lebaran ;)) dan masih nyantol kartu lebarannya.

  5. klo mau pakai gambar-gambar walt disney itu royaltynya bagaimana? maksudnya gambar-gambarnya kita pakai untuk motif desain produk kita. kasih infonya dong klo ada yang tau, thanks sebelumnya…

  6. Blu Ray Disc Copy is a professional and practical software which supports Blu ray movies copying as well as DVD copying. You can use this Blu Ray Disc Copy software to copy Bluray disc, Bluray folder, or Blueray ISO file without any quality loss. All the contents can be copied to the target file/disc quickly and perfectly. Blu Ray Disc Copy supports all Blu ray and DVD discs and it can remove AASC, CSS, and region protection from them. So that enjoying your Blu ray discs and DVDs freely and conveniently is no longer a problem for you.....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *