Software Faroidh

Faroidh adalah ilmu hukum waris dalam Islam. Tidak banyak yang menguasai topik ini, dan karena itu kadang bagi yang awam mengalami kesulitan untuk mendapatkan kepastiannya.
Padahal biasanya kebutuhan akan hal ini terjadi pada saat yang penting (kematian keluarga) dan jawabannya dibutuhkan dalam waktu cepat.

Alhamdulillah sekitar 10 tahun yang lalu ada kawan saya, Bpk. Agung Yulianto, yang membuatkan software tersebut, dan mewakafkannya kepada publik.
[ Software Faroidh tersebut bisa di download dari halaman ini ]

Namun harap diperhatikan bahwa kemungkinan software tersebut belum sempurna 100%. Tadi pagi saya mendapatkan email terlampir. Jika Anda menggunakan software faroidh yang saya cantumkan diatas, sebaiknya bisa sambil memperhatikan juga isi email tersebut.

Semoga bermanfaat.

assalamualaikum,

Setelah kami download dan pergunakan program Faraidh dari Ust Agung yang disebarkan gratis di internet, kami mendapatkan kerancuan di beberapa masalah utamanya dalam Ijma ttg Ilmu Al-Mawarits, dalam program ini belum benar.

Dan saudari seibu tidak dicantumkan serta sudah jelas dalam surat An-Nisaa: 12, serta beberapa hal yang kami rasa perlu diteliti ulang lagi,

Mohon maaf jika kami salah
Untuk ishlah sesama muslim

Wassalam
Muhammad Jabal A.N, Lc
Majelis Al-Mawarits

29 thoughts on “Software Faroidh

  1. assalamu’alaikum…
    makasih ya mas……
    buat programnya..
    tapi setelah aku coba ada beberapa yang tidak sesuai dengan perhitungan yang saya lakukan…
    bisa tolong dikasih tau referensinya dan madzhab yang dipakai
    terima kasih
    wassalamu’alaikum…

  2. Kami selaku tim project system4inherit ingin memberitahu bahwa kami sebagai salah satu tim pendukung teknologi open source membuat aplikasi waris berbasis java..

    aplikasi dapat di download di:
    http://system4inherit.wordpress.com/

    saran dan komentar dapat menjadi motivasi bagi tim projek untuk selalu memperbaiki software sesuai kaidah islam

    regard,

    nb: aplikasi sementara bersifat alpha, dan dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan akan diperbaiki menjadi stable

  3. Assalamualaikum pak Hery

    Apa kabar pak..?
    kabar dari pemilik software tersebut sampai hari ini belum ada kabar nya pak? bisa gak ya pak share dengan orangnya langsung biar ada edisi revisinya gitu pak…masalahnya ini kan kaidah syar’i, takut makin banyak yang make program ini makin banyak terjadi kesalahan dalam penentuan waris.

    Atas partisipasinya kami ucapkan terimakasih

    Wassalam

    Muhammad Jabal A.N, Lc.

  4. Saya adalah Agung Yulianto penyusun software faroidh. Terhadap masukan dari Ust. Muhammad Jabal tentang Saudara Seibu sudah termasuk dalam no. 22 dan perhitungannya sudah benar yaitu mendapat 1/6 (seperenam).

    Untuk pelatihan silahkan selalu tekan F1 karena akan dijelaskan mengapa seseorang mendapat sekian. Software ini memiliki kelemahan2, sayangnya source code nya sudah hilang.

    Semoga bermanfaat bagi umat, dan menjadi shodaqoh jariyah bagi penyusunnya.

  5. alhamdulillah bisa berkomunikasi dengan ust. agung yulianto…kalo boleh kita komunikasi nya direct lewat e-mail ust? ana juga ingin menimba ilmu juga dari antum.

    Software ini memiliki kelemahan2, sayangnya source code nya sudah hilang…….> apa ana yang belum mahir memakainya atau memang benar ada beberapa ijma’ juga yang kurang setelah lama kami kaji hasil karya antum yang sangat mulia ini. tapi sayang ya source code nya hilang..bagaimana ust kalo ana jikadiperbolehkan ikut bantu dalam revisinya.

    mohon tanggapan lewat email: jabal_nasution@yahoo.com

    Syukron dan mohon maaf jika ada kesilapan

  6. Jadi ada beberapa kesepakatan Ijma’ sahabat (sebagai landasan utama yang ketiga dalam Ilmu Al-Mawarits) yang ketika dipakai software ini tidak sesuai dengan ijma’ tersebut,

    jika ini dipakai dalam menentukan hak waris dan terjadi masalah itu hasilnya tidak sesuai dengan konsensus sahabat, ini yang sangat utama ana ingin share dengan antum, bil khusus saudara/i seibu belum tercantum bahagiannya dan syaratnya dalam program ini.

    maaf jika salah

    Muhammad Jabal A.N

  7. Assalamualaikum
    YTH Ust. Agung Yulianto.
    sampai hari ini ana belum dapat e-mail langsung dari antum, karena hal ini sangat penting bagi ini dalam me-revisi hasil karya antum, ana sangat menunggu e-mail antum dan kita bisa bincangkan langkah-langkah kedepan dalam hal ini.

    Revisi tersebut sangat kami harapkan dari antum sendiri penyusun dan sudah berapa muslim yang memakai karya antum? gak kebayang bagi kami.

    sekali lagi kami sangat mengharapkan kita bisa berkomunikasi langsung.

    wassalam
    Muhammad Jabal Alamsyah

  8. Assalamualaikum
    YTH Ust. Agung Yulianto.
    Sampai hari ini ana belum dapat e-mail langsung dari antum, karena hal ini sangat penting dalam me-revisi hasil karya antum, ana sangat menunggu e-mail antum dan kita bisa bincangkan langkah-langkah kedepan dalam hal ini.

    Revisi tersebut sangat kami harapkan dari antum sendiri sebagai penyusun program tersebut dan sudah berapa muslim yang memakai karya antum? gak kebayang bagi kami jika program ini telah dipakai sampai puluh tahunan.

    sekali lagi kami sangat mengharapkan kita bisa berkomunikasi langsung.

    wassalam.
    mohon maaf jika salah
    Muhammad Jabal Alamsyah

  9. wah, terimakasih banyak pak. sofware ini akan sangat membantu sekali untuk orang yang malas menghitung dengan sesuai aturan agama. maklum, gak semua orang patuh terhadapa aturan agama pada zaman modern kayak gini..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *