Dialog Blogger dengan Roy Suryo : laporan acara

Saya tiba agak terlambat di acara ini karena harus menghadiri pernikahan sepupu saya (penghulu: sah? hadirin: sah! saya: **langsung menuju tkp** πŸ™‚ ). Alhamdulillah Riyogarta dengan baik hati membookingkan 1 kursi untuk saya, sehingga saya masih bisa masuk, karena PENONTON MEMBLUDAK ! Luar biasa animo masyarakat untuk acara ini, penonton membanjir sampai ke Bina Nusantara.

“Lho, maksudnya ?”
Ternyata banyak yang hadir di gedung Bina Nusantara, dan menonton acara melalui saluran teleconference πŸ™‚
Di Universitas Budi Luhur sendiri penonton sampai rela berdiri untuk menonton acara ini, dan mengikutinya dengan antusias.

Acara saya lihat berjalan dengan agak lambat pada awalnya. Kedua pembicara berbicara dengan tempo biasa saling berganti-gantian, dengan diselingi oleh moderator (Abimanyu). Riyogarta berusaha mengarahkan acara ke topik yang dititipkan oleh komunitas blogger, sedangkan Roy Suryo cenderung mengelak, atau beberapa kali menyalahkan wartawan (salah kutip, dst).
Karena diskusi berjalan dengan biasa, moderator juga bisa menyelingi dan beberapa kali merangkum / mengarahkan, atau juga membahas hal lainnya yang relevan dengan yang sedang dibahas.

Ketika acara sudah hampir mendekati akhir sedangkan masih belum ada kesimpulan yang konklusif, Riyogarta kemudian mengambil inisiatif untuk lebih asertif.
Pernyataan-pernyataannya menjadi lebih to-the-point tanpa basa basi. Roy Suryo terus berusaha mengelak, namun kemudian mendapat kejutan ketika Riyogarta menyerahkan bingkisan yaitu sebuah blog dengan alamat roy.suryo.info πŸ™‚

Pada saat ini diskusi berjalan dengan tempo yang sangat cepat, moderator hanya minta izin kepada peserta untuk memperpanjang acara (yang diiyakan), dan setelah itu nyaris tidak ada menginterupsi lagi.

Sesi interaktif (karena bukan hanya pertanyaan, namun juga pernyataan) dari hadirin cukup menarik. Ada yang mengusulkan Roy untuk membuat blog (ini disampaikan sebelum penyerahan blog roy.suryo.info) karena menurut ybs kok sepertinya wartawan sering sekali salah mengutip. Jadi masyarakat pun bisa mendapatkan informasi yang lebih akurat.
Ada juga pembuat petisi Roy Suryo (Ardian Perdana Putra) menyampaikan pernyataannya.

Yang tidak kalah menarik adalah berikutnya, yaitu mas Rane (alias JaF).
Kalau tidak salah, beliau menyatakan keberatannya karena Roy menyalahkan wartawan, dan minta solusinya. Usulan dari beliau sendiri adalah Roy mulai menulis (bukan cuma SMS πŸ™‚ ), misalnya berupa blog.
Setelah itu beliau juga menanyakan kepada Riyogarta bahwa, untuk adilnya, bukankah memang ada juga blogger yang negatif ? Dijawab kemudian oleh Riyogarta bahwa keberatan blogger adalah karena generalisasi yang dilakukan oleh Roy, dimana dibuat seakan-akan semua blogger = hacker = negatif.

Diskusi cukup berjalan panas pada saat ini, Roy beberapa kali terlihat juga agak emosi. Namun moderator saya kira cukup berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Saya sampai ketawa mendengar joke2nya (“kalau ini adalah acara duel, daripada jadi moderator mendingan saya jadi bandar – dapat duit !” πŸ˜€ )
Suasana yang mulai panas selalu berhasil dicairkan kembali.

Di akhir acara saya mencari-cari mas Rane, tapi beliau sepertinya sudah pulang. Saya justru ketemu dengan mas Wibi πŸ™‚ Kita sama-sama surprise, bengong, lalu ketawa bersama. Akhirnya, ketemu juga πŸ™‚

Bertemu langsung dengan seseorang yang sudah kita kenal baik (di dunia maya) selalu adalah kejadian yang sangat, amat menyenangkan. Termasuk dengan Abimanyu – saya sudah kenal sejak zaman BBS (14 tahun??), tapi bertemu baru 2 kali: pertama kali sebagai saingan di sebuah tender proyek perusahaan MNC πŸ˜€ (dan baru belakangan saya sadar bahwa ada pak Abi disitu, haha). Dan kedua kalinya di acara ini. Kita berdua langsung difoto oleh nyonya Riyogarta (fotonya tolong email yaa, trims πŸ™‚ ).

OK, saya coba ringkas keseluruhan acara ini :

Riyogarta :
Tolong klarifikasi tuduhan-tuduhan Anda di media massa, seperti blogger = hacker, blogger negatif, dst

Roy Suryo :
1. Oh itu wartawan salah kutip (juga menyebut nama seperti Bobby/Indocommit)
2. Mari kita ngeblog yang positif

Riyogarta :
1. Aneh sekali lho kalau salah kutip bisa massal / kompak di semua media.
2. Ini ada bingkisan, yaitu blog di http://roy.suryo.info

Roy Suryo :
Oh, saya juga sudah punya kok roysuryo.info (hasil whois: valens?), tapi saya lebih memilih layer/jalur komunikasi saya sendiri (misal: SMS, HP, dst)

Riyogarta :
Lha pak, situ mengajak kita untuk blogging secara positif. Mbok ya tolong berikan contohnya, jadi kita bisa ikuti teladannya, begitu.
Sampeyan kan memberikan kita label blogger negatif, jadi tolonglah kasih contohnya blogger positif itu bagaimana.

Peserta :
Dengan adanya blog, maka Roy Suryo juga jadi bisa mengoreksi kalau ada keliru kutip dari wartawan.

Roy Suryo :
(bersikukuh bahwa hidup ini adalah pilihan, sepertinya dia tetap tidak akan ngeblog)

Peserta : (JaF/Rane) Mas Kuncoro sempat turun ke daerah untuk memperkenalkan blog, namun justru ditolak masyarakat karena “menurut Roy Suryo, blogger itu negatif/hacker”
Bagaimana ini ?

Roy Suryo : Membahas pengalaman dia sendiri memperkenalkan IT ke pelosok-pelosok daerah.

Roy Suryo : Wartawan tidak usah kutip saya lagi tidak apa.
Mulai sekarang kutip para bloggers saja.

Secara amat ringkas, kira-kiranya demikian. Bagi yang ingin tahu rekaman selengkapnya, bisa menikmatinya di situs Bina Nusantara.

Bersama dengan ini saya sebagai salah satu blogger Indonesia mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Riyogarta : yang telah berkenan menyampaikan aspirasi kita, mencurahkan segenap waktu & pikirannya untuk acara ini.
2. Universitas Budi Luhur : yang sangat suportif dan mendukung acara ini. Walaupun jadwal dari Roy Suryo berubah berkali-kali, mereka tetap memprioritaskan acara ini.
3. Universitas Bina Nusantara : yang telah menyediakan fasilitas live stream & arsip video acara. Well done !
4. Abimanyu : yang telah berkenan untuk menjadi moderator di acara ini, dan memandu acara dengan sangat baik.
5. Peserta : terimakasih untuk dukungan Anda semua. Bersatu kita teguh πŸ™‚
6. Dan tentu saja, Roy Suryo, yang telah berkenan hadir di acara ini. Jangan kapok ya pak πŸ™‚

Maju terus blogger Indonesia !

Rujukan :
[ Rekaman video acara “Dialog Blogger dengan Roy Suryo” ]
[ Laporan mata mas Wibi ]

Dari Okezone.com :
Siarkan Live Streaming Roy vs Blogger, Situs Binus Kebanjiran Pengakses

Situasi Panas, Roy diberi domain blog
Roy tolak domain blog dari blogger
Blogger hargai penolakan domain oleh Roy Suryo
Waktu Sempit, Blogger tak puas jawaban Roy Suryo
.
Kompas :
Roy Suryo: Mereka Pengecut !!
Serunya Roy vs Riyogarta

83 thoughts on “Dialog Blogger dengan Roy Suryo : laporan acara

  1. Hehehe, saya sendiri belum tulis nih, padahal udah ditagih kiri kanan :)) Saya kira sudah saatnya sekarang pers melihat, membuka mata lebar-lebar dengan tokoh yang saya undang ini. Kecuali jika Anda (para wartawan yang senang memberitakan Roy) ikhlas dikatakan suka memelintir pernyataan πŸ™‚

  2. wah seru mas boy…..
    berani juga si roy dateng….
    kirain gak akan dateng…

    kayaknya mesti cari produser tuh buat CATATAN si ROY…..weiceu….

  3. hihihi…..banyakan ngelesnya dan gak mau ngakuin kalo dia emang suka ngomong ngawur yak? πŸ˜€

  4. hemmm cuma seperti itu aja ternyata, ngundangnya saja ampun2an, ah ternyata jg ndak ada hasil yg memuaskan πŸ™‚

  5. seperti yang uda saya duga.
    lebih seru duel ‘you know who’ dengan harry potter.
    ga ada kutukan tak termaafkan.
    hehehe…

    maksud saya,
    RS ga berani membela pernyataannya.
    malah nyalahin wartawan.

    patut ditunggu,
    duel RS versus wartawan dengan topik ‘salah kutip ato salah ngomong’

    tak tunggu…..

  6. Hehehe.. kata Riyo, Mas Harry tidak langsung ngeh itu saya, masih mikir mikir siapa yah… tapi waktu disebut Budayawan Muda, Mas Harry baru ngeh dan bilang, “kok gak gondrong?”.. hehe

    BTW kita sekarang punya alternatif narasumber, praktisi IT sekaligus photography, semoga wartawan lebih sering confirm ke dia.

    *lirik riyo*

    Tapi kok kayaknya Riyo males kalo diminta komentar sama wartawan soal foto porno… hahahaha, cuma Roy yang bersedia untuk itu….

  7. Waduh, Harry meninggalkan pernikahan sepupu demi Roy :). Jadi di sana nggak makan di sini nggak makan donk :). Hati2 tuh, lambung dipelihara πŸ™‚ :).

  8. hehehe kemarin ikut liat via video streaming, si Roy terlalu banyak omong sepertinya. masa dia gak ngaku kalo statement yang dia keluarkan gak seperti yang dikutip di media2 ckckckckck

  9. wah asyik ya mas roy dapat blog gratis, dibuatin lagi, tinggal ngisi (kalau pilihannya mau begitu). aku mau juga dong dibuatin blog, hehehe.. Tapi menurut saya blog untuk mas Roy bukan roy.suryo.info melainkan kakang.demalung.info

  10. wah pak harry posisisnya didepan atau dmn nih pak, wah klo tau pak harry dateng pengen deh saya poto2..heheh kita kan pensnya pak harry gitu…hehehe

    hmmm iya tuh enak juga yah dapet hostingan gratisan heheh,

    “semua itu pilihan” πŸ˜›

  11. Maaf sejak gegap gempita kejadian ini saya masih tanda tanya, tujuan dan hasil yang dicapai acara ini apa ? Memberikan penjelasan kepada publik ttg blog/hack dsb ? Menghakimi RS ? Pembelaan blogger ttg tuduhan RS ? Atau mengajak media tidak mensitir RS ? Atau bagaimana ?

    Saya bingung membacanya, sebab koq banyak yang “emosi” dari kedua belah pihak. Koq kesannya jadi seperti yg ditulis seorang blogger, RS vs semua blogger dan hasilnya belum KO yang seperti diharapkan.

    Sorry Harry, kalau abis ini blog sampeyan rame, karena orang pada nggebukin saya.

  12. Memberikan penjelasan kepada publik ttg blog/hack dsb ?

    .
    Tepatnya memberi penjelasan pada publik bahwa definisi hacker dan blogger negatif dari RS itu keliru.
    .

    Menghakimi RS ?

    .
    Jelas tidak
    .

    Pembelaan blogger ttg tuduhan RS ?

    .
    Bukan tujuan tapi reaksi yang wajar jika diserang.
    .

    Atau mengajak media tidak mensitir RS ?

    .
    Riyo hanya menampilkan slide sebuah postingan Ndoro Kakung, lantas dia yang mengomentari dst…
    .

    Atau bagaimana ?

    .
    Tujuan utamanya adalah minta klarifikasi tentang ucapan beliau dan jawaban beliau adalah, itu hanya pelintiran PERS.
    .
    Oh ya Pak, beliau juga bilang PERS bertanggunng jawab dengan kesalahpahaman Pak Made pada beliau, sehingga Pak Made sempat mengatakan pelawak digital ketika satu proyek dengan beliau di situs Presiden.
    .
    It’s that right?

  13. Seingat saya, saya tidak pernah memakai stempel-stempel utk menilai orang, Bahkan menilai orang yang tidak terlalu saya kenalpun saya tidak berani (apalagi di tempat terbuka). Apakah itu salah pers ? Sulit menyatakan karena sering pers pun telah benar menulisnya, tapi konteks menyebabkan diterimanya secara lain. Bahasa dan bangsa Indonesia getuuuu lho.

    Kesan yang saya tangkap dari berbagai posting koq masih ada “ketidak puasan” karena RS tidak menerima blog atau tak mau menggunakan blog. Ya biarin aja ndak ngeblog (as medium) kan itu pilihan pribadi dan bukan menjadi pertanda ndak ngapa-ngapain kan ? (saya bisa sebutkan banyak nama orang TI yg banyak kontribusinya di Indonesia, tapi ndak pernah ngeblog). Sama dengan saya atau Anda tidak memakai SMS atau radio amatir.

    Seperti “teori jari” kelingking itu kecil fungsinya tapi penting, misal utk ngupil he he hehe

  14. Apakah itu salah pers ?

    .
    Begitulah menurut RS.
    .

    saya bisa sebutkan banyak nama orang TI yg banyak kontribusinya di Indonesia, tapi ndak pernah ngeblog

    .
    Setuju Pak, tapi mereka tak pernah bikin statement yang menyudutkan posisi Blog dimata publik.
    .
    Sebenarnya niat kami baik Pak, melihat posisi RS yang terdesak dengan simpang siurnya pelintiran media (paling tidak anggapan dia), maka kami menawarkan media Blog untuk klarifikasi.
    .
    Ini pernah dilakukan oleh Pak Yusril yang merasa media telah salah mengutipnya dan beliau menggunakan Blog sebagai media klarifikasi, its work πŸ™‚
    .
    Untuk RS kami menganjurkan solusi yang sama, tapi berhubung RS sudah punya stigma tentang Blog maka ia tolak, fine… seperti kata Riyo, kami iklas kok, take it or leave it.

  15. yak! ini yang saya tunggu-tunggu.
    Biar kesimpangsiuran ini selesai.
    Tapi koq malah membuka klarifikasi part II ya ?
    RS dengan pers main stream

  16. Saya mendapat info, bahwa saat ini beberapa media sudah memutuskan untuk tidak lagi meng-quote pernyataan2 RS. Bahkan beberapa media yang lain sudah menerapkan hal ini lebih dulu sebelum acara dialog dilangsungkan. Menurut info juga, mereka para wartawan saat ini juga sedang mengsosialisasikan kepada wartawan2 infotainment agar tidak mengutip pernyataan2 RS.

  17. Wah sebenernya beliau ini pakar di bidang apa ya ? kalo di bidang IT kok selalu mengelak jika di tanya ttg IT. bukannya kalo pakar itu bisa di jawab tanpa harus mengelak dan menyalahkan orang lain ?
    begitu gampangnya ya buat statement trus belakangan begitu salah langsung menyalahkan yg mengquote.
    weh weh weh …

  18. Eh… Oom Roy menolak hadiah blog (roy.suryo.info) yah? Daripada nganggur, buat aku aja klo gitu πŸ˜€

  19. >Setuju Pak, tapi mereka tak pernah bikin statement yang menyudutkan >posisi Blog dimata publik.

    Begitu “tingginya” kah martabat blog sebagai media ? Sehingga ketika ada yang menyudutkan perlu rame-rame dipaksa mengakui orang tersebut dan orangnya dipaksa menggunakan blog?

    Maaf kalau ada orang yang tidak mau memakai blog, ya ndak perlu dipaksa kan. Justru itu saya jadi bingung, sebetulnya ma ngapain sih. Kalau misalnya klarifikasi bahwa Priyadi atau Eko tidak melakukan deface, ini masih jelas.

  20. Wah.. komeng no 28 dari Mas Riyogarta. Kasihan juga “Pakar Telematika” kita itu jadinya. Tapi yo uwis lah.. semua adalah hasil dari yang dia lakukan.

  21. @ivo
    Ternyata detik bukan termasuk ‘beberapa’ media yang sudah memutuskan untuk tidak lagi meng-quote pernyataan2 RS.

    @IMW
    >Kesan yang saya tangkap dari berbagai posting koq masih ada β€œketidak puasan” karena RS tidak menerima blog atau tak mau menggunakan blog.

    Ya bgt deh, kata dialog saja akhirnya tersebar menjadi debat hehehe. Saya sendiri tidak memaksa RS untuk menggunakannya, hanya ingin melihat reaksinya πŸ˜‰ Toh semua kembali kepada kata, “pilihan”.

    jadi benar apa yang dikatakan Wibi, kami tidak memaksa sama sekali, dan tidak ada masalah bagi saya ketika tawaran ditolak.

    Btw, Bi, nama dan blogmu kecatut juga tuh di detik.com :p

  22. Kesannya kok jadi antiklimaks ya mas. Kurang seru nih, menurut saya (*sebelumnya mengharapkan ada adegan baku hantam :D)

  23. Wah sudah ramai, maaf saya masih sibuk dengan acara sepupu saya. Saya klarifikasi yang ini dulu :
    .
    Maaf kalau ada orang yang tidak mau memakai blog, ya ndak perlu dipaksa kan.
    .
    Tidak ada paksaan. Kita betul-betul ikhlas memberikan blog itu. Tidak dipakai juga tidak apa.
    .
    Yang penting kita sudah menunjukkan itikad baik dari komunitas blogger.
    .
    Justru itu saya jadi bingung, sebetulnya ma ngapain sih. Kalau misalnya klarifikasi bahwa Priyadi atau Eko tidak melakukan deface, ini masih jelas.
    .
    Wah kita sudah berusaha keras untuk melakukan itu. Tapi RS selalu mengelak, atau menyimpulkan bahwa wartawan yang salah kutip.
    .
    Begitu β€œtingginya” kah martabat blog sebagai media ? Sehingga ketika ada yang menyudutkan perlu rame-rame dipaksa mengakui orang tersebut dan orangnya dipaksa menggunakan blog?
    .
    Mm… ini prasangkanya sudah terlalu jauh.
    .
    Silahkan tolong tonton rekaman lengkap acaranya. Supaya tidak salah paham.

  24. #41, suka atau tidak suka, itu kesan yang ada. Mungkin teman-teman blogger berkata tidak “memaksa” tapi kesan itu yang ada. Saya tidak berprasangka, tapi saya hanya “mengkutip” apa yg ditulsikan di atas, “posisi blog disudutkan”.

    Justru karena saya sudah mendengar, membaca laporan pandangan mata, dan mendengar stream. Saya jadi bingung. he he he

    Sebentar saya siap siap pakai baju anti “serbuan” para blogger yg emosi. Soal Pri dan Eko, kalau klarifikasi sudah dilakukan dan RS tetap menolak ya biar saja πŸ™‚ Kan yang penting publik sudah mendapatkan informasi semestinya (itu kan tujuan klarifikasi itu ?).

    Saya sendiri tidak tahu apakah saya blogger atau tidak (walau saya sudah menulis ala blog sejak 98an), sebab saya ndak pakai wordpress, atau blog engine yang “normal” hi hi hi jadi ndak berani claim saya blogger.

  25. pak, sudah ada yang ke roysuryo.info belom ya??
    kok domain ni gi di parking?? mohon koreksinya kalo …maaf.. salah denger gitu. atau salah ketik gitu.
    thx

  26. emang tuh Roy, masih aja menyalahkan media. Ya sudahlah, yang penting kalo media mau kutip beliau, harus lebih hati2 aja

  27. daripada mikirin omongannya om oyi uyo, mendingan yuk kita berbuat yang terbaik untuk bangsa ini… semangat!!

  28. situsnya om Roy yg roysuryo.info kok ga ada ya? yg muncul malah tulisan free domain
    apa masih ‘rencana’ ?

    bagaimana tanggapan para wartawan..?

  29. Masalah blogger positif atau negatif bagi sebenarnya sangat subjektif. Kalau content blog tsb berguna atau menyenangkan hati sang pembaca, maka boleh lah dia mencap “blog positif”. Trus kalau misal suatu saat ada blog yang memprotes, mengkritik atau bahkan menghina sang pembaca secara naluri tentu dia akan memberi cap “blog negatif”.

    Masalahnya, kenapa kita dikritik jadi panas telinga…Harusnya kita berterima kasih ada orang yang mau meluangkan waktu mengkritik kita, jadi cermin diri kita. Karena kita tidak akan pernah tau kelemahan atau kekurangan diri kita tanpa bantuan mata orang lain. So, terima kasih dong atas sebuah kritik…

    Gimana kalau content blog yang kita baca bernada menghina kita, memprotes kita, membenci kita. Sadar dong Mr. Pembaca… Kalau begitu berarti sang empunya blog merasa tidak senang dengan tindakan kita. Artinya mungkin ada tindakan kita yang kurang pantas sehingga membuat komunitas blog menjadi kurang respek kepada kita.
    Jadi gimana dong? agar nggak ada posting/comment blog yang bernada ngggak enak thd kita…. itu mah gampang…

    “Siapa menabur maka dia akan menuai”
    Kalau perilaku kita baik dan suka menolong otomatis orang akan respek dan otomatis pula cerita tentang diri kita di blog akan positif… sebaliknya, tebak sendiri…. πŸ™‚

    Gitu aja koq repooot !!!
    ** Ngutip dar GusDUr**

  30. aduh, ternyata pak harry ada disamping saya yah duduknya, yang pake kemeja putih, aduh pas pak harry ketawa ngikik n nunduk2, malah saya cuekin bukannya kenalan**dodolnya diri ini***

    posisinya gini waktu itu

    pak harry – temannya pak harry – teman saya – saya

    yang pake kemeja item ituloh pak

    hehehe….gag inget yah pak…

  31. @arizane – hehehe….gag inget yah pak…
    .
    Ooo itu arizane tho, yang baterai laptopnya habis pas lagi ngeblog acara itu ya ? πŸ˜€
    Memang acaranya kelamaan sih, he he
    .
    Duh jadi ketahuan saya ngakak berat pas acara itu πŸ˜€ gak tahan dengar ngeles2nya pakar kita itu euy. Mules betul saya, hihi.

  32. @Syam al ideris – silahkan baca lagi penjelasan Riyogarta — masalahnya adalah Roy melakukan generalisasi, sehingga seakan2 **semua** blogger = negatif.
    .
    Tentu saja ini keliru total, mengingat :
    .
    All generalizations are false (including this one)

  33. @IMW – Saya sendiri tidak tahu apakah saya blogger atau tidak (walau saya sudah menulis ala blog sejak 98an), sebab saya ndak pakai wordpress, atau blog engine yang β€œnormal” hi hi hi jadi ndak berani claim saya blogger.
    .
    Sebelum kata blog ada sudah ada blogger Indonesia lainnya juga seperti pak IMW ini. Saya sendiri dulu juga ngeblog dengan engine buatan saya sendiri, hihi.
    .
    Pakai engine / cms karena saya terlalu malas untuk upload via FTP. HIkmahnya, jadi terpaksa bisa PHP πŸ™‚

  34. @sufehmi: jadi RS sebenernya beneran punya website/domain/blog atau whatever lah sebangsa itu, atau cuman …..?? Itu lho pak maksud pertanyaannya. Terima kasih.

  35. roysuryo.info diparking, pas waktu beliau nyebutin punya domain trus dengan bantuan hotspot BL, coba dicek..eh taunya koq ga bisa..

    hmmm…

    @pak harry
    hihi, iya pantes saya sempet berfikir “kyknya kenal deh” tapi sapa yah…

    ternyata itu pak haryy..hahaha ketawanya lucu juga…

    iya pak notebook sya batrenya cumang kuat 10 menit..coz udah jeboll…kebiasan batre gag pernah dilepas..

    aduh..nyesel deh gag kenalan ama pak harry T.T

  36. @bgung – saya juga tidak tahu duduk perkara sebenarnya dengan roysuryo.info
    .
    RS mengaku bahwa itu punya dia. Tapi kalau kita cek, roysuryo.info itu adalah milik Valens Riyadi.

  37. @fehmi: wah ribet juga ya pak. lagipula kayaknya gag mungkin untuk mengkonfirmasi masalah ini ke RS sendiri… paling-2 nanti dibilang salah kutip πŸ˜€ :)) O iya, RS ternyata masih laku juga lho d empat mata (16042008) Moga-2 gag ada yang ngutip RS di acara tersebut πŸ˜€ :))

    Thx pak

  38. @bgung:

    Iya eh kemarin, dan dia kekeuh pake istilah Blogger Negatif. Maunya aku tulis di Blog tapi males ah, nanti malah jadi perhatian lagi. Biar aja berlalu, gak usah dikutip.

    Yang menarik dicara Empat Mata itu hadir seorang mantan Hacker namanya Arief Nurhidayat yang menjelaskan definisi Hacker kepada Tukul.

    Menurut saya caranya menjelaskan kurang pas jadi kesannya hacker itu negatif.

  39. @bgung
    Setuju Mas, penjelasannya yang kurang tepat justru kelihatan malah membenarkan bahwa hacker itu perusak πŸ™ Meskipun diawal dia sedikit meklarifikasi hacker dan cracker. Sungguh disayangkan.

  40. Kulonuwun, saya Arief Nurhidayat yg kebetulan kemarin berkesempatan masuk di Empat Mata.

    Pertama2 saya mohon maaf kalau dalam waktu yg sangat sempit tsb tdk bs menjelaskan secara tepat apa itu hacker khususnya bagi komunitas IT.

    Melihat audience dan penonton (saya lihat dari data rating Trans7, acara Empat Mata, 65,5% ditonton keluarga yg latarbelakangnya pasti beragam dan kebanyakan awam IT) memang saya berusaha menganalogikan apa itu hacker, cracker, carding dengan perumpamaan yang mudah diterima.

    Dari beberapa feedback yg sy terima khususnya dari Mas Tukul, crew Trans7, tetangga, ortu teman anak saya, dll yg menurut saya lebih awam IT daripada kita, penjelasan yg disampaikan memang mudah diterima dan mereka bisa membedakan – berdasarkan analogi – kerja hacker dan cracker dll. yg negatif.

    Bagaimanapun juga sepotong informasi tentang hacker yang kita usahakan proporsional yang hanya 4 menit di Empat Mata tentunya masih kalah gencar dengan campaign yg dilakukan oleh orang yg dekat dengan media, selebritis, dan pemerintah.

    Rasanya kita harus mencari saluran2 lain yg bisa membantu menjelaskan kepada masyarakat.

    Sekali lagi saya mohon maaf bila saya belum bisa memenuhi ekspektasi komunitas IT pada umumnya dan khususnya tentang penjelasan hacker ini. Masukan dan diskusi dari teman2 akan sangat membantu.

    Terima kasih,
    Arief Nurhidayat (AriefNur@gmail.com)

  41. @Arief Nurhidayat:

    Salam hangat saya mas Arief.
    Saya sangat menghargai mas Arief bersedia hadir di acara tersebut sebagai narasumber. Kemudian lebih dari itu saya sangat menghargai mas Arief mau tampil di Blog mas Harry ini dan menanggapi komentar, sehingga bisa meluruskan sesuatu jika memang ada yang salah paham.

    Soal keterbatasan itu no big deal mas Arief. Siapapun akan menemui kesulitan dengan keterbatasan seperti itu, cuma mungkin perlu media yang memadai (bukan sms) untuk klarifikasi. Apa yang mas Arief lakukan saya rasa sudah menunjukan tanggungjawab yang mungkin tidak dimiliki oleh rekan seperguruan mas Arief, nyuwun sewu loh mas.

    Matur Nuwun

  42. @Arief Nurhidayat : Saya sempat nonton dari pas mas arief masuk sampai selesainya acara 4 mata.(meskipun sambil ngantuk-ngantuk). Ya memang waktu sedemikian singkat gag mungkin untuk menjelaskan sejarah hacker dari jaman prasejarah sampai sekarang :D.
    Tapi secara umum pengertian hacker, cracker maupun carder yang mas Arief bilang tersebut adalah tepat dan aktual untuk saat ini.
    O iya mas… boleh saya minta nomernya mba’ ella. fotonya satu juga gapapa. (becanda mode —> on):D :))

    @Wibi:
    [quote]
    Biar aja berlalu, gak usah dikutip.
    [/quote]
    bener pak, daripada dibilang salah kutip lagi.

    [quote]
    ..tanggungjawab yang mungkin tidak dimiliki oleh rekan seperguruan mas Arief
    [/quote]
    kemaren si RS ngaku satu guru satu ilmu lho sama mas Arif waktu di empat mata πŸ˜€

    Matur nuwun
    Pareng sedaya kemawon..

  43. Saya baru nonton acaranya nih. Ada suatu fenomena terlihat sangat lucu, ketika sang pakar kedepan dan nyeletuk β€œSaya juga dapat mengambil dari PDA nya mas Arief”, lalu menambahkan β€œsesama guru dan ilmu dilarang saling mengganggu” sambil tertawa-tawa. Yang lucu adalah jawaban dari Mas Arief β€œTapi beda Interest!

    Harusnya bilang pak itu anak 6 tahun juga bisa kalau cuman search device. Benar-benar Sang Pakar tidak tau mau..

  44. Ya Tuhan,
    Moga-moga si Roy “wannabie” Suryo sedang tidak membuat lelucon tak lucu dan garing.

    Tapi saya tetap menyalahkan para blogger, karena membawa-bawa masalah blog-blog2an. Lah wong kualifikasinya hanya menentukan apakah foto “panas” ini beneran foto si “artis” atau bukan, kok dibawa ke masalah blog?

    Maunya kemaren bawa poster cewek yang bugil trus wajahnya di montase lalu ditanyakan ke si roy apakah foto ini asli atau bukan.
    Dijamin anda akan mendapatkan jawaban yang “memuaskan”

    “kabur ahhhh”

  45. walah2… Mas Roy pake jurus ninjutsu, lempar bom asap, asap hilang bersamaan dgn hilang nya Roy Suryo… Jurus ngeles mlulu dia πŸ™

  46. saya kecewa dgn pertemuan tsb
    ternyata tidak seperti yg diharapkan
    wakil blogger tsb sangat mengecewakan banget
    moga2 diganti aja dgn yg laen yg lebih garang dan lebih yahud
    moga2 ada pertemuan berikutnya dgn judul
    Debat antara Roy Suryo VS Priyadi & Eko

    eh ternyata boleh ya mencatut nama orang utk dijadikan site/blog kita? terima kasih ^.^

  47. roy suryo dihadiahi blog itu jelas salah total lha wong dia internetan aja baru bisa buka google sama yahoo… dia itu ngga bisa apa2 sebenarnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *