Anti-virus paling bagus ?

Apa sih anti-virus yang paling bagus ?“, adalah salah satu pertanyaan yang paling sering saya terima. Dan agak sulit saya jawab, karena sehari-hari saya bekerja dengan Mac & Linux. Sehingga saya tidak terlalu merasakan masalah virus dalam kegiatan saya sehari-hari.

Jadi kalau mendapat pertanyaan seperti itu, maka biasanya saya membuka situsΒ http://www.av-comparatives.org/seiten/comparatives.html, dan melihat hasil test nya yang terbaru.

Mudah untuk saya kerjakan, dan insyaAllah data yang ditampilkan disitu bisa dipertanggung jawabkan.

Untuk saat ini, sepertinya masih (lagi-lagi) NOD32 dari Eset yang bisa saya rekomendasikan – plus Avira.

OK, semoga bermanfaat.

53 thoughts on “Anti-virus paling bagus ?

  1. Saya sih dah 2 tahun ini pake avira antivir personal edtion classic yang gratis yang ikonnya payung merah, cukup mumpuni tuh..

  2. Antivirus paling bagus itu adalah…. otak!
    Sedikit training bagi pengguna komputer, akan mengamankan komputer tersebut 100% dari virus.

  3. wah, ternyata sama… saya juga sering ditanya, antivirus apa yg paling bagus? saya juga bingung, karena saya ga pake antivirus… hehe2x

  4. kayaknya susah buat nentuin antivirus terbaik secara obyektif. kalo yang di topreviews itu bener gak sih?

  5. Sampai sekarang masih pake kaspersky. Dulu sempat mau pindah ke lain hati karena ada blacklist, tapi setelah bisa diakali, ga jadi pindah..

  6. Saya sudah bertahun-tahun pakai Nod32. Memang mantap. Dulu pernah coba Kasperky, tapi rada berat dan kurang memuaskan. Ketika kenal Nod32, saya nggak bisa pindah lagi ke AV lain.

  7. Kalo aku paling percaya sama “AVG Internet Security” + “Windows Defender” menurut aku ini paling mantab. Aku belom pernah kena masalah cyber kalo pake kombinasi yang ini. Udah ngga berat-beratin komputer, proteksinya lengkap tapi kalo ngga bisa hacking untuk ngelabuhin yang buat ngecek windows asli apa palsu ga isa install windows defender. Kalo AVGnya gampang, cari aja di “www.cracks.am” ini paling enak.
    Dijamin lho…

  8. Secara personal pakai AVG Free… sayang sejak versi 8 OS WinXP “polos” dan SP1 tidak disupport lagi… karena spek kompu masih lama serta AVG Free v8 kelihatannya lebih “rakus” resource, jadi untuk sementara pakai Avira Free v8 yang kadang RTP (real time protection)-nya di non-aktifkan…
    Sejak pakai W2K/XP, lebih “berani” tidak pakai anti-virus (RTP) ketimbang melupakan firewall+content filtering dan men-disable-kan fitur autorun (CD/UFD/Removable Media lainnya) & login sbg user biasa…
    Kalau ada file yang dicurigai… periksa dengan minimal 3 AV versi command line dengan virus-data terbaru…
    Kalau di kantor… ya ikutan policy para bos aja deh… πŸ˜‰

  9. PCMAV paling ok buat saya, ampuh, ringan, simple, ga perlu install, gratis.

  10. @risiyanto – itu adalah jawaban yang paling tepat πŸ™‚
    .
    Sayangnya, tidak semua orang bisa/mau untuk diajari ini πŸ™‚
    .
    @nothing – Betul, tapi PCMAV hanya meng cover virus-virus lokal.
    .
    Untuk virus internasional, Anda perlu memasang anti-virus lainnya lagi.

  11. Salam Kenal Mas Harry.
    Bicara soal penyakit komputer (baca: Malware -> Virus/Trojan/Worm/Exploit/etc.), hampir semua orang termasuk saya malas membicarakannya, namun saat ini dan mungkin pada waktu kedepan nanti, mau-tidak mau kita mangkin harus terus membahas dan mengantisipasi kehadiran daripadanya di lingkungan mesin-mesin komputer kita, dengan mengingat mangkin maraknya orang-orang (bahkan Anak-Anak Bangsat Indonesia sendiri) yang iseng membuat daripada Malware (kebanyakan virus – dan kebanyakan pakai ilmu plagiarisme belaka) Ya apa jadinya bangsa kita ini.
    Untuk virus lokal memang seringkali PC Media AntiVirus bisa membantu memberantas, sayangnya:
    (1) Tool ini masih mengandalkan kolaborasi dengan ClamAV untuk memperbanyak virus database-nya
    (2) Tool ini seringkali tidak bisa meng-Cure the infected files, namun men-Deletenya. Ya kalo gini lebih baik kita coba berantas secara manual saja daripada kehilangan file penting kita tersebut.
    Sedang untuk Global Malware, saat ini saya pakai Kaspersky Internet Security 2009. Bagi saya, KIS 2009 nan cerdas ini masih menempati urutan teratas Anti-Malware Terbaik dari segi /dalam teknik protecting,scanning,blocking, & monitoring threats/possible threats/port,etc. Tool ini cukup sejajar dengan McAfee Internet Security terbaru. Dibawahnya ada NOD si Mr. Kuda Hitam yang cukup cerdas, kemudian di peringkat bawahnya: Norton AV, si Mr. Ribet.
    PCMAV apalagi ANSAV atau AVG atau avast? Hmm.. Terlalu Jauh di bawah mereka dan Belum bisa disejajarkan dengan sang Masterpieces.
    Namun pada intinya, AntiVirus/Anti-Malware terbaik adalah persiapan, kewaspadaan, kehati-hatian, dan Skill kita sendiri dalam mengantisipasi dan menghadapi kehadiran Threat apapun sewaktu-waktu di lingkungan kerja kita. Sehingga. sehebat apapun Tool AM/AVyang kita punya, tentu tidak akan lebih hebat/baik daripada otak manusia – otak kita sendiri bila kita mangkin membiasakan diri mempelajari dan mengakrabi penyakit-penyakit komputer itu.
    Halah, malah pidato! Anyway, Thank’s for approving my comment and for Reading it.
    ~ Warm Regards ~
    = Henry =

  12. memang KIS 2009 bagus bwt basmi virus global, karena banyak sekali fitur2 didalamnya. tp bwat komp. yang spek nya pas2an, sangat menyedihkan lambatnya. untuk yang cukup aman-aman saja sih menurut saya , Avira Antivir. heuristicnya bisa di set medium or high detection. coba dech..

  13. Saya pribadi mengatakan bahwa dari beberapa antivirus gratisan, avira-lah yang terburuk secara overall.
    saya bekerja sebagai admin warnet, saya telah mencoba banyak antivirus gratisan walaupun tetap saja melanggar term.

    kemampuan deteksi memang bagus, update lancar, tapi seting default yang interaktif dalam menindak virus adalah kesalahan terbesar saya dalam memilih antivirus ini.

    gui warningnya always ontop yang memaksa user mengeklik sebuah opsi. okelah mungkin opsi yang terampuh buat saya adalah delete. tapi, entah yang bodoh saya atau avira, virus kan selalu mereplikasi diri, seribu kali dihapus pun tetep muncul lagi kalau induknya tidak dibasmi.

    memang setingnya dapat diubah menjadi automatic -> delete, dan seharusnya ada checkbox “do this for other infection” tapi sangat jarang saya temui.

    kadang saya temukan 20 window warning yang jika saya klik satu, akan muncul satu lagi. dan satu-satunya yang bisa saya lakukan selain mengeklik warning itu sampai mouse rusak adalah menekan tombol reset cpu.

    semoga tidak terjadi pada siapapun lain selain saya.

  14. kalau menurut saya antivirus teramuh saat ini adalah ansap, karena bisa menghapus virus…… selamat mencoba…………

  15. Kalau menurut saya… antivirus terampuh saat ini hanyalah……… ansav . dengan gambar senjata api……. ampuh banget bos… selamt mencoba…………

  16. Kalo saya pake avg 7.5. Saya pake karena merasa cocok aja. Lagipula gratis. Trus kadang juga pake PCMAV, sepertinya bgs jg untuk antivirus lokal.

  17. kaspersky mantep, tpi versi bru agak berat trz gak gratisan,tlong ksh tau ya versi gratisannya

  18. wadoh anti-virus saya ( kaspersky ) gak di rekomendasikan nih ma om Harry.. hehehe.. anyway menurut saya kasperksy bagus juga and skg sudah mulai mengenali virus2 lokal, kekurangan di luar kemampuan mendeteksi virus cuma gada versi free alias gratisan… alias kudu beli.. avira deep scanning’a mantap cuma di kompter ku yg lambat kurang asik..

  19. tapi kenapa ya tiap kali saya pasang/install antivirus avira kok komputer jadi lemot?tolong ajari saya.trims

  20. There are a lot of free antivirus softwares running in the net right now though some needs a serial or something but you could really find your self one having full downloads with crack.

  21. satu lagi. dan satu-satunya yang bisa saya lakukan selain mengeklik warning itu sampai mouse rusak adalah menekan tombol reset cpu.

    semoga tidak terjadi pada siapapun lain selain saya.

  22. This entry was posted on Saturday, August 2nd, 2008 at 16:52 and is filed under Teknoblogia, security. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

  23. Pingback: virusremovals
  24. Thanks for sharing superb informations. Your site is very cool. I am impressed by the details that you have on this web site. It reveals how nicely you perceive this subject. Bookmarked this website page, will come back for more articles. You, my friend, ROCK! I found simply the information I already searched all over the place and just couldn’t come across. What a great web site.

  25. Glad to enjoy your good blog.I have read your blog.I like it very much.I would be your Loyal readers.Expecting your next blog.If u do not mind ,u can go to our website ,and communciate with each other.Many thanks.chenlu/comment201110blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *