Flashdisk + Write protect ?

Sudah beberapa waktu ini saya mencoba mencari Flashdisk (USB drive) yang ada switch write protect nya. Di luar dugaan, sampai saat ini saya masih gagal mendapatkannya.

Switch write-protect ini jadi memungkinkan kita untuk melindungi isi flashdisk tersebut. Mirip seperti tab write-protect di disket – jika diaktifkan, maka disket jadi tidak bisa ditulis. Hanya bisa dibaca.

Ini sangat berguna untuk flashdisk yang sering dibawa kemana-mana, karena jadi tidak bisa ditulari virus. Sebetulnya ini tidak terlalu pengaruh untuk saya karena komputer saya Linux dan Mac. Namun saya menghindari jangan sampai flashdisk saya dipasang di sebuah komputer Windows yang bervirus, lalu kemudian jadi menulari komputer Windows milik orang lain. Malu euy 🙂

.

Nah, menilik maraknya virus yang menular melalui flashdisk, saya pikir akan mudah untuk menemukan flashdisk / semua flashdisk pasti akan ada switch write-protect nya. Ternyata, tidak demikian. Ajaib 🙂

.

Adik saya punya flashdisk seperti ini. Jadinya enak, dia bisa pasang dimana-mana, namun tidak akan tertular virus. Tapi ketika saya tanya dimana saya bisa membelinya, dia mengaku bahwa flashdisk seperti itu memang sudah susah ditemui di pasaran pada saat ini.

Saya sudah mencari di beberapa tempat, tapi tidak mendapatkannya. Yang lebih lucu lagi, ketika saya bertanya kepada beberapa orang, jawabannya malah “Memangnya ada yang seperti itu ??” 🙂 

Anda tahu dimana saya bisa mendapatkan flashdisk seperti ini? Tolong kabari saya ya.
Terimakasih sebelumnya.

49 thoughts on “Flashdisk + Write protect ?

  1. Biasanya sih flashdisk+mp3 bikinan Cina gitu ada switch untuk key-lock mp3 playernya yang *ternyata* juga write protection. Mungkin bisa dicoba.

  2. Dulu aku sempet punya, ada switch write protect. Tapi ini versi lama banget ukurannya juga masih Mega-mega-an.

  3. Ane pakai SC card plus SD card reader yang mini. Kan ada switch di SD card itu. SD card reader mini yg cuman bisa baca SD doang kan ukurannya sama dengan thumbdrive.

    Selain itu ada merek SD card mahal yang kalo ditekuk, jadi konektor USB, lupa merek apa. Karena ini SD card, jelas ada switchnya

  4. Ane pakai SD card plus SD card reader yang mini. Kan ada switch di SD card itu. SD card reader mini yg cuman bisa baca SD doang kan ukurannya sama dengan thumbdrive.

    Selain itu ada merek SD card mahal yang kalo ditekuk, jadi konektor USB, lupa merek apa. Karena ini SD card, jelas ada switchnya

  5. Cara paling gampang : Beli SD card (kan ada switch write protectnya tuh) terus dimasukin USB card reader. Beres 🙂

  6. Dulu (sekitar 1,5 tahun yl) saya pernah beli u kawan bung Harry… merek UMAX di distro UMAX Harco Mangga Dua Lt 2 (atau Lt 3?),
    dari segi ukuran memang FlashDisk tsb lebih “gemuk” dari “sebayanya”; juga untuk kecepatan read/write & aksesori bawaan ya standard aja…
    – Belum sempat cek lagi apa UMAX masih mengeluarkan seri UFD tsb 🙁

  7. Dulu (sekitar 1,5 tahun yl) saya pernah beli u kawan, bung Harry… merek UMAX di distro UMAX Harco Mangga Dua Lt 2 (atau Lt 3?),
    dari segi ukuran memang FlashDisk tsb lebih “gemuk” dari “sebayanya”; juga untuk kecepatan read/write & aksesori bawaan ya standard aja…
    – Belum sempat cek lagi apa UMAX masih mengeluarkan seri UFD tsb 🙁

  8. halo salam kenal. saya pernah punya merk APACER 64MB dan 128MB. ketika zaman itu (zaman 2002), switch tersebut lebih condong mengganggu, sehingga memang sekarang sudah dilupakan, ketika virus sudah merajalela lewat flashdisk :p

  9. dipasangi antipirus portabel aja, jadi alo mau pake scan dulu 🙂

  10. saya dulu juga pernah punya. warna ungu 256MB, cuma gak tau udah jalan2 kemana barangnya 🙂

  11. Salam kenal,
    Maseko kalo nggak salah pernah ngasih tip program kecil yang bisa dimasukan ke flashdisk biasa biar bisa punya fungsi protected gitu deh

  12. Kalau di Surabaya, di Hi-Tech Mall ada mas.. Tapi kalo sampeyan kesini ongkosnya pasti lebih mahal dari harga flashdiscnya..

  13. sepertinya auliah punya, merknya V-Gen, di flashdisknya ada file bernama “Protect” gambarnya gembok. Baru beli tadi, 2 GB seharga Rp 75.000

  14. Ups… beruntung banget.

    Beberapa waktu lalu dapat (diberi) teman Flashdisk “aneh”. Ini apa ya warna hitam kecil gini ? Kayak switch. Tapi waktu itu ndak berfikir lama untuk cari tahu, benda apa yang tersembul ini.

    Ooo… untuk write protect ya ?

    Hhhmmm… syukur banget nih 🙂 (baca : tertawa gembira)

  15. mau cari FD seperti ini… terlalu byk virus berkeliaran..
    walaupun sy pake linux, windows tetap dibutuhkan 😀

  16. @Dedhi + Affan + rezzie — terimakasih, tapi mungkin agak sedikit kurang praktis ya, karena kita musti membawa card readernya juga.
    .
    Tapi tetap bisa menjadi solusi bagi yang memang sangat memerlukannya. Thanks.
    .
    @Oguth – thanks ! Di outlet UMAX ya ? OK, pas mampir ke Mangga Dua nanti saya coba cek juga.
    .
    @sir alex – sudah terlambat; begitu dipasang, biasanya sudah langsung kena virus 🙂 padahal kita baru mau menjalankan antivirusnya, he he.
    .
    @roi – betul, tapi setahu saya ini musti dijalankan dulu softwarenya di komputer yang dituju SEBELUM flashdisk tersebut kita tancapkan.
    .
    Lalu, karena ini proteksinya dari software, maka jadi bisa ditembus oleh virus.
    Lain halnya jika proteksinya secara hardware, seperti pada flashdisk dengan switch write-protect tsb.
    .
    @Yeni + Lex – thanks ! Saya berhasil menemukan beberapa penjual flashdisk TwinMos di Internet. Ini saya lagi browsing, mudah-mudahan salah satunya ada yang menjual yang tipe dengan switch write-protect tsb.
    .
    @Duit Gratisan – bisa gak ya kalau flashdisknya saja yang datang ke saya? Via Tiki 🙂 pembayaran via transfer bank, he he.
    .
    @auliahazza – kalau proteksi berupa software, seperti itu, kemungkinan tidak akan bisa 100% kebal virus. Biasanya sih begitu.
    .
    @aRul – betul sekali !
    .
    @All – terimakasih untuk semua urun rembuknya ya. Jika ada informasi lainnya, jangan ragu-ragu sharing disini. Terutama jika ada ketahuan penjual flashdisk ini yang bisa dipesan dari jarak jauh.
    .
    Terimakasih.

  17. yang pake swit ntu yang merk lama n terkenal pak, seperti twinmos (paling gede cuman 512 :)) ), Apacer.. n thoshiba…..
    saya males jualan yang gituu udah mahal… saya sering di komplen ma pembeli GAPTEK.. =))…. ” ini ko ga bisa di safe”>>??? ini itu lahhhh capek dehhhhhh…..
    dikasih yang bagus malah ngatain penjuallll.” saya beli mahal2 kok ga bisa di gini gituinnn…..” ???
    =))
    akhirnya saya jual yang murah meriah ajaaaaaaaaa
    kena virus….saya juga yang enak…. sekalli scannn 5000 =))

  18. Saya lagi pesan nih, datangnya 2 minggu lagi. Dan memang buatan Cina tanpa merk. Kalau berminta bisa kontak saya, 2GB harganya 145ribu

  19. Masih ada yang jual sampai sekarang
    mereknya IMATION
    typenya CLIP FLASH DRIVE
    Harganya 1GB 200 RB 2 GB 300 RB
    Tempat yang jual CARI DI MANGGA 2

  20. Saya pernah pake merek PQI 256mb, ada koncinya.. Dapet di Dusit M2. Nyari2 lagi merek ini susah banget padahal keren, tahan banting. Trus pake TwinMos 1GB di Dusit juga… Tapi teuteup lebih bagus PQI deh..

  21. aku juga lg nyari yg pake write protect…
    yg lama baru rusak.. :-((
    mereknya RITEK, nah waktu ngenet ke web RITEK sekarang RIDATA dia masih produksi UFD berwriteprotect tp di Ind. agennya dimana ya ?

  22. udah dapet FlashDiskn-ya apa blom bro??
    kebetulan aq jg lg nyari, aq temukan merek UMAX bro, Umax Apus 210-4GB harganya kisaran 200rb

    coba lihat di:
    http://www.computer-square.com/product_info.php?currency=IDR&products_id=3993
    ato lihat juga:
    http://www.glodokshop.com/detail_kategori_minor.php?urut=tipe&kat1=MTM=&kat2=NTI=&kat3=MTk3&halaman=1&nama_barang=

    sebaiknya kalo udah dpt ya di share bro, dpt di mana? hrg brapa? biar yg laen tahu informasinya. Gitu bro.

  23. Aq juga pake flashdisk seperti itu..bahkan cenderung butuh banyak. Kalau ada yg tahu ada yg jual tlg info aq ya..txs

  24. Additionally, it has become increasingly common for computers to be sold without floppy disk drives. USB ports, on the other hand, appear on almost every current[update] mainstream PC and laptop.

  25. A solid-state drive (SSD) is a data storage device that uses solid-state memory to store persistent data. A SSD emulates a hard disk drive interface, thus easily replacing it in most applications. A SSD using SRAM or DRAM (instead of flash memory) is often called a RAM-drive.

  26. Saya punya yg ada swicthnya tapi itu pertama kali saya beli, waktu pertama kali keluar flasdisk kira2 tahun 2002 merknya twinmos kapasitas yg lama cuma 256mb. Coba saja cari merk itu.

  27. Ada teman yang coba pakai SD untuk write protect.
    Ternyata saat dimasukkan card reader USB tidak bisa baca kalau write protect-nya tidak dibuka.
    Walah.. sama aja kalo gitu…

  28. saya mengalami kesulitan membuka USB flash saya yang terkena write protected 8GB file yang sudah ada didalam tidak bisa dihapus atw diformat saya coba melalui regedit HKey local machine/system/curent control set/control… storage device policies saya hapus write protected ataw saya berikan nilai nol value.+ refresh. tapi tetap saja write protected.
    tolong dong solusinya
    terima kasih.

  29. Wah aq always kingston tapi ngga ada kuncinya, ya jadinya kena virus terus hehe..

  30. Keep up the great work , I read few posts on this internet site and I believe that your blog is real interesting and has got lots of wonderful information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *