Laporan yang mencengangkan dari IDC – Microsoft yang nyaris 100% menguasai pasar…

Laporan yang mencengangkan dari IDC – Microsoft yang nyaris 100% menguasai pasar komputer (#), di tahun 2004 drop pangsa pasarnya sampai nyaris 50% karena Apple dkk, dan lalu sekarang drop lagi sekitar 60% karena Android. 

Pangsa pasar Microsoft kini tinggal 20%, sedangkan Apple 24%, dan pasar komputer kini dikuasai oleh Android sebesar 42%.

Sejak awal munculnya Android, saya sudah yakin bahwa ini yang akan menjadi raja, karena menilik pelajaran dari IBM PC di era 80-an— keterbukaannya / openness dari IBM PC membuatnya sukses menggusur nyaris semua kompetitornya 🙂

Dan, kini kembali sejarah terulang kembali 🙂

Microsoft harus segera berubah menyesuaikan diri dengan situasi ini, atau musti siap-siap tergusur menjadi semakin tidak relevan di dunia yang baru ini.

http://royal.pingdom.com/2012/12/28/happy-birthday-linus-linux/

(#) Consumer computing devices : komputer + tablet + smartphone

Linux now on 42% of consumer computing devices – happy birthday Linus
We say happy birthday to the Linus Torvalds, creator of Linux, as Android now runs on an estimated 42% of consumer computing devices.

Post imported by Google+Blog for WordPress.

9 thoughts on “Laporan yang mencengangkan dari IDC – Microsoft yang nyaris 100% menguasai pasar…

  1. Tapi untuk pengguna bisnis non-server, pangsa microsoft masih tetap tinggi, apalagi dengan aplikasi Microsoft Office-nya..bisa dibilang masih rajanya office deh 😀

  2. Saya pikir, kedepan produk Microsoft yg bisa bertahan itu hanya keluarga Office. Itu pun dengan catatan software tersebut bisa jalan di OS yg lain.

    Tapi entah juga dijaman cloud seperti sekarang, office cloud pun mendapat tantangan berat dari Google dengan layanan serupa.

  3. Office dari MS tetap paling hebat, harus diakui. Sampai ada ucapan: kompetitor Office hanyalah versi Office sebelumnya. Memang yang hebat tidak selalu berjaya, misal oleh pergeseran pengguna komputer, tapi hingga hari ini mengoperasikan Office tetap paling enak di desktop. Gawai untuk bersosialisasi. 🙂

  4. Microsoft emang rajanya pasar, tapi untuk bersaing di pasar menengah bawah rajanya adalah Android, hampir semua pruduk sekarang berikikan Android dan engak tau untu kedepanya apakah akan ada prudak baru yang akan bersaing di pasar komputer

  5. Querendo ou não, a Microsoft manteve o controle do mercado por muito tempo. Ainda tem seu marketshare preservado em alguns segmentos mas seus tempos áureos passaram. Espero que novas empresas entrem nesse mercado e apresentem seus modelos de negócios inovadores.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *